Home / Wisata Poso / Tempat Wisata Poso Kota @ Sulawesi Tengah

Tempat Wisata Poso Kota @ Sulawesi Tengah

Anda sedang berada Poso, berikut merupakan tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di sekitar kota Poso Sulawesi Tengah. Wisata di Kabupaten ini memiliki sejarah panjang, yang dijadikan sebagai tempat terbaik untuk belajar sambil wisata. Poso Sulawesi Tengah memiliki potensi yang tempat wisata yang unik.

Kalian mungkin mengetahuai bahwa wisata Poso yang dikenal adalah Danau, namun hal tersebut kurang tepat, karena terdapat tempat wisata yang memukau di Poso.  Namun tidak dapat dipungkiri, Poso memiliki danau yang merupakan destinasi wisata andalan pariwisata di Sulawesi Tengah.  Selain wisata danau anda dapat mengunjungi beberapa tempat seperti gunung, sungai, pantai, air terjun, dan objek wisata sejarah seperti museum, artefak.

Beberapa obyek wisata keren dan unik yang ada di sekitar Kabupaten Poso yaitu patung megalit, Danau Poso, air terjun Sulewana,  Danau Wanga, Danau Tambing, dan lembah hijau di Dataran Napu, Bada dan Besoa. Beberapa benda purbukala yang tersebar di banyak tempat di Lore Utara, Lore Timur, Lore Selatan, Lore Barar, dan Lore Piore selama ini banyak menyedot para wisatawan mancanegara.

Berikut ini adalah tempat wisata di poso kota sulawesi tengah yang dikumpulkan dari berbagai sumber yaitu :

1. Tempat Wisata Danau di Poso

Wisata Danau di Poso

Anda butuh hiburan? Coba perhatikan gambar di samping. Mungkin dapat memberikan inspirasi kemana anda harus berlibur sehingga rasa jenuh menurun. Dalam foto tersebut terlihat adalah tempat wisata berupa danau.

Poso memiliki segudang destinasi wisata eksotis yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Hanya saja akses jalan perlu mendapat perhatian pemerintah daerah.

Sejumlah obyek wisata danau yang menarik dan unik yang terdapat di Kabupaten Poso. Beberapa danau seperti Danau Poso, Danau Wanga, Danau Tambing. Sebagian besar wisatawan mancanegara yang datang ke obyek wisata tersebut adalah pelajar, mahasiswa dan peneliti. Pemerintah Kabupaten Poso harus memberikan perhatian lebih besar terhadap sektor pariwisata dengan membenahi infranstruktur. Beberapa perbaikan infrastruktur seperti prasana jalan, listrik, dan telekomunikasi, guna menarik lebih banyak wisatawan mancanegara.

Selengkapnya tempat wisata danau di Poso Baca :

  1. Wisata Alam Danau Tambing
  2. Danau Wanga Poso Sulawesi Tengah
  3. Potensi Wisata Danau Poso

Selain beberapa infranstruktur dimaksud, juga sarana dan fasilitas yang ada di sekitar lokasi wisata perlu disediakan secara memadai. Dengan begitu,  wisatawan akan tinggal dalam jangka waktu lebih lama. Semakin lama mereka tinggal, tentu semakin besar biaya yang mereka keluarkan.

Selain peningkatan pendapatan daerah dan perolehan devisa, juga masyarakat sekitarnya bisa menikmati dampak positif jika mereka mampu memanfaatkan kehadiran para wisatawan. Salah satunya dengan menjual berbagai kuliner atau oleh-oleh menarik yang dapat dibawa pulang ke negara mereka.

2. Tempat Wisata Air Terjun di Poso Kota

Jika sekarang Anda berada pada kondisi sangat galau atau memang sedang jenuh karena terdapat masalah dengan teman kerjaan atau lainnya. Sebaiknya Anda memulia untuk mencari wisata air terjun yang dekat dengan kota Poso. Beberapa tempat Wisata Air Terjun yang ada di Poso dapat anda kunjungi yaitu :

  1. Air Terjun Saluopa
  2. Air Terjun Salewana

Selanjutnya setelah anda berkunjung maka Anda akan menjadi fresh dengan menikmati aktiitas keseharian anda. Kaum millennial mengatakan di jaman now memang beberapa tempat unik untuk di nikmati sebagai pengalaman yang menjadi bahan mencari jati diri.

Objek wisata air tejun saluopa kabupaten posoOjek wisata Air Terjun Saluopa di Poso merupakan tempat wisata yang memukau dan terkenal di Sulawesi Tengah. Keindahan alam yang sangat memukau menjadi magnet bagi para wisatawan. Pelancong lokal maupun mancanegara sering mengunjungi tempat ini, bahkan menyebutkan jika air Terjun Saluopa ini sebagai salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia. Air Terjun Saluopa terletak di Desa TonusuPamona UtaraPosoSulawesi Tengah.

Air terjun ini juga dijuluki dengan sebutan Air Luncur Saluopa. Karena Air Terjun Saluopa memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter. Air Terjun Saluopa ini terlihat sangat cantik dan termasuk unik karena memiliki 12 tingkatan dan di setiap tingkatannya tersebut membentuk sebuah kolam kecil yang juga dapat digunakan oleh Anda untuk berenang atau sekedar berendam, serta tangga batu yang dapat dinaiki oleh Anda karena batu-batu tersebut tidak licin.

Air Terjun Saluopa ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih sehingga batu-batuan yang di lewati oleh aliran air terjun akan terlihat dengan sangat jelas. Untuk tangga yang terbuat dari batu, walaupun sudah terkena air hujan dan sudah berlumut tetapi tangga tersebut tidaklah licin sehingga masih bisa di pergunakan sebagai akses untuk menuju pada tingkatan-tingkatan air terjun. Selain di pergunakan sebagai akses menuju tingkatan-tingkatan air terjun, tangga yang terbuat dari batu tersebut juga bisa anda manfaaatkan untuk berfoto.

Selanjutnya adalah Air Terjun Salewana. Salah satu Air terjun yang berada di Poso tepatnya di Sulewana. Jarak dari kota Poso sekitar 30 kilometer hingga anda menemukan lokasi Air Terjun Sulewana. Itu pun yang bisa dilewati kendaraan bermotor. Setelah kendaraan bermotor tidak bisa lagi melintas, maka anda bisa berjalan kaki setidaknya 10 sampai 15 menit.

Baca : Air Terjun dan Danau di Poso

3. Tempat Wisata Goa di Poso

Melakukan wisata di Goa, anda dapat mengamati sebagai keindahan alam yang unik. Namun, beberapa orang menganggap bahawa goa memiliki aura mistis. Sehingga, sebaiknya anda menikmati hiburan yang dapat membuat hati menjadi tenang. Sering-seringlah mengunjungi tempat wisata agar keseharianmu selalu penuh tawa yang ceria.

Tempat Wisata Goa yang ada di Poso dapat anda kunjungi yaitu :

  1. Goa Pamona
  2. Goa Tangkaboba

Goa Pamona tempat wisata posoGoa Pamona merupakan satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Poso yang memiliki nilai bersejarah. Dapat dikatakan, goa ini bukti keberadaan leluhur masyarakat di Poso dari awal hingga sekarang. Goa Pamona berada di Desa Sangele, Pamona Utara. Lebih jelasnya, terletak di sebelah sisi Danau Poso. Goa Pamona memiliki 8 ruang yang digunakan oleh masyarakat leluhur untuk menyimpan jenazah. Di ruang ini ditemukan tengkorak dan keranda yang masih ada di dalam goa. Tidak heran jika pemerintah pun menetapkan Goa Pamona sebagai situs sejarah dan dilindungi.

Goa Tangkaboba tempat wisata di PosoSelanjutnya adalah Goa Tangkaboba yang juga memiliki nilai sejarah. Goa ini terletak di Desa Sangele, Kecamatan Pamona Pusulemba. Isi di dalam Goa Tangkaboba kurang lebih sama dengan yang ada di Goa Pamona atau pun Goa Latea I dan II. Di dalmnya terdapat peti jenazah yang ditumpuk di tepi dinding. Ada pula kerangka dan tengkorak manusia. Tengkorak-tengkorak tersebut awalnya berada di dalam peti, tetapi kemudian dikeluarkan supaya dapat terlihat.

Kedua goa diatas merupakan bukti kebesaran nenek moyang orang masyarakat poso. Kebudayaan akan berkembang dengan tidak melupakan sejarah yang terukir. Oleh karena ajaklah generasi muda untuk mengunjungi tempat wisata ini.

4. Objek Wisata Pantai di Kota Poso

Seperti yang dikemukakan, tempat wisata pantai di kabupaten Poso ini akan memberikan inspirasi untuk segera berlibur. Oleh karena itu, Anda dapat kirimkan kepada teman-teman di WhatsApp. Namun, bisa juga upload di status WhatsApp kamu! Siapa tau Si doi ingin berkunjung bersamanya. Agar lebih keren dengan kesenangan kepada orang lain, bisa juga sih kamu sebarkan di Facebook atau Instagram!. Berikut Objek wisata Pantai yang ada di Poso :

  1. Pantai Imbo
  2. Pantai Madale

Pantai Imbo adalah salah satu tempat wisata yang sangat potensial di Kabupaten Poso. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki pasir yang putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang variatis serta indah. Kamu yang suka snorkeling sangat direkomendasikan ke Pantai Imbo saat berada di Poso. Selain itu, letakknya juga tidak jauh dari pusat kota, bahkan masih ada di kawasan Kota Poso. Tepatnya ada di Desa Tegalrejo, sebelah utara Kota Poso. Untuk fasilitasnya sendiri masih banyak yang harus ditambahi, tetapi hal itu tidak mengurangi kesenangan bermain di Pantai Imbo.

Ke Poso jangan sampai lupa tancap gas langsung ke Pantai Madale. Lokasinya hanya 5 km dari Kota Poso, lebih tepatnya di sebelah timur laut Kota Poso. Pantai ini sering dijadikan tempat snorkeling karena airnya yang jernih dan terumbu karangnya yang cantik. Di sekelilingnya pun banyak hutan mangrove yang adem berwarna hijau. Di Pantai Madale ini juga ada Rumah Katu Marine Park, yaitu sebuah taman air laut yang menyajikan banyak permainan seperti banana boat dan lain-lain.

5. Wisata sambil Belajar Sejarah Poso

Setelah memperhatikan gambar yang ada di atas, silahkan tentukan kemana anda kan berlibur. Namun jangan lupa untuk wisata sambil belajar sejarah poso. Berikut tempat yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar sambil wisata di Poso :

  1. Patung Megalitik
  2. Lembah Bada
  3. Taman Nasional Lore Lindu

Bisa juga anda mengamati sebagai selingan di kala liburan sekolah atau di malam minggu saat memiliki waktu luang. Tetapi, alangkah baiknya anda menikmati hiburan yang dapat membuat hati menjadi tenang. Sering-seringlah mengunjungi tempat wisata agar keseharianmu penuh semangat dan senyum yang ceria.

6. Aktivitas Tempat Wisata Di Poso Kota

puncak-panorama-tentena-(ayo-ke-tentena!)

Puncak Panorama Tentena (ayo Ke Tentena!)

Duration: 03:41. Views: 500

► Watch

 

gong-perdamaian-nusantara

Gong Perdamaian Nusantara

Duration: 05:36. Views: 1000+

► Watch

 

pantai-tumbelaka---wisata-tourism-beaches-in-palu-sulawesi-tengah-[hd]

Pantai Tumbelaka Wisata Tourism Beaches In Palu Sulawesi Tengah [hd]

Duration: 02:49. Views: 395

► Watch

 

Sesuai yang telah di sebutkan di atas, foto dan ideo ini mungkin akan memberikan inspirasi untuk segera mengunjunginya, jika kamu sebarkan kepada teman-teman di WhatsApp Anda. Namun, boleh juga sih anda upload di status WhatsApp kamu! Siapa tau Si doi ingin berkunjung bersamanya. Supaya lebih keren untuk membagi kesenangan kepada orang lain, bisa juga sih kamu share di Facebook atau Instagram!.

Itulah sekian foto yang dapatkan dari berbagai sumber yang dapat anda gunakan sebagai referensi melakukan perjalanan wisata di Palu. Sekiranya anda kirim ke teman-teman anda untuk melakukan perencanan kunjungan wisata dikala liburan.

Check Also

Danau Wanga Poso Sulawesi Tengah

Danau Wanga Poso – Sulawesi Tengah memiliki banyak sumber daya alam yang sangat potensial untuk …