Home / Wisata Palu / Objek Wisata Kabupaten Poso : Air Terjun dan Danau

Objek Wisata Kabupaten Poso : Air Terjun dan Danau

Objek Wisata Kabupaten Poso – Berikut merupakan salah satu objek wisata palu yang dapat anda kunjungi yang berada di kabupaten Poso, berupa air terjun dan danau. Keindahan wisata yang berupa air terjun sangat tepat dilakukan pagi pelancong yang senang dengan keindahan gunung, dan bunyi desir air yang jatuh dari pegunungan. Selain air terjun di Salewana, anda dapat meneruskan perjalanan untuk sampai ke danau Poso. Keindahan danau, yang bagaikan laut di tengah daratan akan menambah keindahan untuk memanjakan diri menikmati keindahan alam.

Objek Wisata Kabupaten Poso : Air Terjun Salewana

Objek Wisata Kabupaten Poso yang merupakan salah satu objek wisata palu di Sulawesi Tengah yang dapat di jangkau melalui kota Palu yang bisa anda kunjungi. Wisata Di Sulawesi Tengah sangat banyak yang anda dapat temukan air terjun yang sangat indah. Salah satunya adalah Air terjun yang berada di Sulewana yang berada berada di kabupaten Poso. Jarak dari kota Poso sekitar 30 kilometer hingga anda menemukan lokasi Air Terjun Sulewana. Itu pun yang bisa dilewati kendaraan bermotor. Setelah kendaraan bermotor tidak bisa lagi melintas, maka anda bisa berjalan kaki setidaknya 10 sampai 15 menit.

Air Terjun Salewana Poso

Keunggulan yang dimiliki air terjun ini yaitu airnya sangat alami dengan aliran debit sangat besar, sehingga air yang jatuh memiliki volume yang sangat besar yang berasal dari tebing. Olehnya itu anda tidak disarankan berada tepat di bawah air terjun Sulewana ini. Karena debit air ini dianggap dapat menjadi penggerak pembangkit listrik tenaga air. Jika ingin mencoba saja tidak masalah. Karena ada danau terbentuk alami dari air terjun Sulewana ini yang dapat anda jadikan tempat berelaksasi, bermain air, berenang dengan kesejukan air terjun yang deras ini.

Objek Wisata Kabupaten Poso dengan menikmati Air Terjun Sulewana tidak hanya sebatas berada di bawah tebing saja. Jika anda punya nyali lebih, biasanya ada pemandu wisata yang dapat anda sewa juga untuk menyewa peralatan rafting. Arus deras di atas tebing dengan aliran sungai untuk menikmati rafting dengan teman-teman atau keluarga.


Karakteristik air terjun Sulewana ini berbatu besar. Sehingga tak heran hempasan dan aliran airnya begitu deras. Di Poso, tidak hanya air terjun Sulewana ini yang bisa anda nikmati, sebelumnya Danau Poso pun bisa anda nikmati, ada juga Goa Pamona, dan masih banyak lagi wisata alam di Poso ini. Sehingga anda bisa sekali jalan untuk beberapa kali lokasi wisata alam sehingga bisa menghemat waktu anda menikmati semua keindahan yang ada di Kabupaten Poso. Anda juga dapat mengunjungi Objek Wisata Kabupaten Poso berupa air terjun Saluopa Kabupaten Poso Sulawesi Tengah dengan keindahan menakjubkan

Jarak terdekat untuk sampai ke Kabupaten Poso dapat di tempuh melalui pesawat langusung dari Makassar, atau melalui perjalanan Darat dari Kota Palu. Perjalanan menuju Poso melalui Makassar cukup mudah, namun pesawat yang dapat mendarat masih tergolong kecil. Namun jika memilih melewati Kota Palu melalui darat banyak daerah yang dapat di lalui, dengan berbagai keindahan yang ditawarkan. Perjalanan darat dari Kota Palu ditempuh sekitar 4-5 jam perjalanan untuk mencapai Poso.

Biaya yang harus anda pikirkan tentu tiket pesawat, persewaan kendaraan (mobil/motor) serta biaya menginap di hotel/penginapan. Jika di kota anda, tidak ada jadwal penerbangan untuk sampai ke Palu, anda bisa memilih untuk penerbangan ke Makasar terlebih dahulu. Transit. Kemudian melanjutkan ke Palu. Kemudian sewa kendaran perhari biasanya (mobil) bisa mencapai Rp 500.000 per hari belum termasuk bahan bakarnya, dan untuk hotel bervariasi.

Objek Wisata Kabupaten Poso berupa Danau

Danau posos merupakan salah satu objek wisata palu yang berupa danau. Beberapa keindahan wisata yang dapat dinikamati berupa indahnya pasir berwarna kuning keemasan, paduan air danau yang berwarna hijau di pinggir dan di tengah berwarna biru, ditambah gelombang airnya yang mirip seperti air laut. Danau Poso menawan hati siapapun yang memandang. Setiap tempat wisata memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi suatu keunggulan dari destinasi wisata tersebut. Begitu pula dengan Danau Poso yag terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini. Tepatnya di kota Tentena. Bagi Anda yang sudah cukup penat dengan segala rutinitas di kota, berkunjunglah ke tempat wisata ini. Anda akan merasakan suasana yang tenang dengan pemandangan danau yang asri.Danau Poso

Danau Poso merupakan danau terdalam di Indonesia. Dengan kedalamannya itu Ia memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Danau Poso juga merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara an Danau Singkarak di Sumatera barat. Danau yang berada di ketinggian 657 m dpl ini membentang dari utara ke selatan dengan luas 32 ribu Ha dengan kedalaman 510 m.

Berkunjung ke Danau ini sudah pasti menjadi pilihan para wisatawan terutama pecinta alam. Menariknya tempat wisata ini ialah kawasan ini dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Ia berbunga pada bulan Juli hingga November, saat itu aroma cengkeh yang khas semerbak di sana. Di danau Poso hidup sejenis ikan sidat (sogili) yang terbesar di dunia. Kawasan ini juga menjadi tempat pelestarian tanaman anggrek terbesar di Indonesia terutama anggrek hitamnya.

Kegiatan Objek Wisata Kabupaten Poso

Kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan di tempat wisata yang jernih ini adalah berenang, bersampan, berkeliling, berjalan-jalan santai di seputar danau atau pergi ke perkampungan masyarakat. Jika bosan, hiking saja di gunung sekitar danau. Beberapa keindahan yang dapat anda nikmati berupa bunga Anggrek dapat anda temukan di Desa Bancea yang mengembangkan bunga anggrek di Taman Anggrek Bancea. Di daerah ini terdapat berbagai macam jenis anggrek, dan terdapat 55 jenis  langkah yang dapat anda temukan, beserta jenis anggrek anggrek liar yang banyak terdapat di hutan-hutan.

Beberapa hal yang tidak dapat dilewatkan yaitu festival terbesar yang diadakan setiap tahunnya Festival Danau Poso yang dilaksanakan sekitar bulan Agustus. Festipal budaya ini mempertontonkan berbagai jenis pertunjukkan kesenian tradisional dari berbagai daerah dari kabupaten di Sulawesi Tengah.

Kuliner yang dapat dinikmati

Kuliner khas yang wajib Anda nikmati ketika melakukan wisata palu saat berkunjung ke Danau Poso yaitu ikan sogili bakar dan lebih dikenal dengan belut air tawar. Racikan bumbu dengan rasa pedas dengan perasan jeruk nipis, tomat dan bawang merah yang dikenal dengan nama rica-rica atau dabu-dabu. Menikmati sajian ini dapat di temui di hampir setiap warung makan di Danau Poso.

Tempat Menginap di Danau Poso

Menginap didanau poso, tidak perlu mencari terlalu jauh karena beberapa hotel yang terletak di sekitar Danau Poso, dengan tarif yang cukup murah setiap hari Rp. 50.000 sampai Rp. 250.000, sehingga anda dapat menyesuaikan dengan isi kocek anda. Jika ingin lebih ramai anda dapat memilih menginap di Kota Tentena.

Perjalanan dan Trasportasi

Jarak Danau Poso dari arah selatan kota Palu adalah sekitar 283 km dan 56 km dari Kota Poso. Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat dengan estimasi waktu tempuh 8 jam dan 1,5 jam dari Kota Poso. Danau Poso terletak di rute jalur utama dari Toraja bagian selatan, Gorontalo dan Manado di bagian Utara.

Kapan sebaiknya mengunjungi danau poso

Waktu berkunjung terbaik adalah pada bulan Oktober hingga Aptil, saat itu air Danau Poso nampak sangat jernih dengan hamparan pasir putihnya. Untuk Anda yang hobi berenang, siapkan peralatan dan baju renang Anda. Karena godaan air jernih Danau ini akan mengusik siapapun yang berkunjung ke sana.

Demikian objek wisata palu yang dapat di sampaikan semoga dapat memberikan manfaat dan petunjuk dalam rangka melakukan wisata di sulawesi khususnya wisata di Sulawesi Tengah.

Check Also

Tempat Wisata Di Poso Kota & Sekitarnya..!!

Menakjuubkan !! tempat wisata di poso kota merupakan sesuatu yang menakjubkan oleh karena itu tepat …