Sejuknya Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso

Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso Sulawesi Tengah – adalah Air terjun yang terletak di Desa Tonusu yang memiliki sumber mata air dari pegunungan Poso yang sangat jernih. Air yang meluncur dari air terjun ini sangat deras dengan ketinggian sekitar kurang lebih 25 meter. Keindahan yang terdapat pada air terjun ini bukan hanya dari keindahan alamnya saya, melainkan terdapat 12 tingkatan dan dari setiap tingkatan membentuk kolam-kolam kecil. Hal inilah menjadi nilai plus dari air terjun ini. Bukan hanya itu saja, keindahan lainnya terkadang diantara air terjun muncul pelangi yang sangat memanjakan mata dan momen-momen seperti ini dapat di jadikan sebagai latar foto Anda.

Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso

Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso

Air terjun saluopa kabupaten poso Sulawesi Tengah terletak di Desa Tonusu, tepatnya di kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso. Jika Anda dari Kota Tentena, memerlukan waktu sekitar 12 kilometer atau sekitar 54 kilometer jika dari arah tenggara Kabupaten Poso. Jika Anda berencana berkunjung ke objek wisata ini dan ingin menginap kami sarankan untuk mencari tempat penginapan di Kota Tentena. Karena di sekitar objek wisata ini belum tersedia fasilitas untuk menginap.


Air terjun saluopa kabupaten poso masuk ke dalam wilayah Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Poso. Dari kota ini, Anda harus menempuh jarak sekitar sekitar 54 km menuju Kota Tentena. Selanjutnya, Anda masih harus menempuh jarak sekitar 12 km untuk tiba di area parkir objek wisata ini. Untuk tiba di lokasi, Anda masih harus berjalan kaki sejauh 500 meter.

Keindahan alam ini sudah bisa Anda nikmati selama perjalanan menuju air terjun ini. Hijaunya hutan tropis dengan udaranya yang segar, suara-suara binatang, serta kicauan burung yang banyak hidup di sana semakin menambah indahnya perjalanan Anda.

Untuk urusan makan dan minum, di sekitar lokasi terdapat beberapa warung makan yang siap melayani Anda. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari penginapan, lokasi terdekat untuk menemukannya adalah Kota Tentena.

Demikianlah sekilas info tentang Eksotisme Tempat Wisata Air Terjun Saluopa. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Jika anda menginap di hotel bintang 4 yang dekat dengan Air Terjun Saluopa Kabupaten Poso, maka tempatnya hanya ada di kota Palu seperti Best Western Plus Coco Palu, Palu, Indonesia. Daftar Hotel yang ada di Kota Palu

Kawasan air terjun saluopa kabupaten Poso Sulawesi Tengah dan sekitarnya dikaruniai keindahan alam yang luar biasa. Alam tropis dengan matahari cerah sepanjang hari merupakan anugerah yang tentu tidak selamanya dinikmati negara-negara empat musim seperti Asia Utara, Eropa, Australia, dan Amerika. Dipadu dengan keindahan pantai dan pulau-pulau serta taman laut yang indah, serta keunikan adat-istiadat masyarakat lokal yang unik, tentulah merupakan daya tarik wisata yang tidak akan ditemui di tempat lain. Adapun ikon utama pariwisata Poso dan sekitarnya adalah:

1. Danau Poso

Terletak di Kota Tentena dan berada di lintasan yang strategis antara Toraja, Poso, Gorontalo dan Manado. Poso adalah danau ketiga terbesar yang ada di Indonesia. Air danau yang biru, serta pemandangan di sekitar danau menjadi daya tarik utamanya.

2. Air Luncur Sulewana

Tidak jauh dari Danau Poso, sekitar 12 Km adalah Air Luncur Sulewana. Nama objek wisata ini berasal dari bahasa setempat yang bermakna “Sule” (jantung) dan “Wanna” (hutan). Uniknya, air ini mampu menghasilkan tenaga listrik 800 Megawatts

3. Air Terjun Saluopa

Salah satu air terjun terkenal di Poso adalah Saluopa. Air terjun ini berada sekitar 11 km dari Tentena dan 3Km dari Desa Tonusu. Keunikan Air Luncur Saluopa lantaran memiliki 12 tingkat, air yang mengalir sangat jernih.

4. Goa Pamona

Ini merupakan tempat penyimpanan mayat Suku Pamona yang sudah berumur ratusan tahun. Goa ini terletak tepat di pinggiran Danao Poso Terletak sekitar 63 KM dari Kota Poso dan dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

5. Lembah Bada

Banyak terdapat patung-patung megalitik dan kalamba, rumah-rumah tadisional dan pakaian adat di Lembah Bada. Obyek Wisata yang satu ini bisa Anda temukan sekitar 3 jam dari Kota Tentena.

6. Taman Nasional Lore Lindu

Dari lima tempat di atas, Lore Lindu lah yang memiliki formasi lakustrin, umunya dataran danau yang datar atau berawan dan alivium yang umumnya berbentuk kipas aluvial/koluvial atau dataran hasil deposisi sungai seperti teras atau rawa belakang

Danau Poso yang terletak di daerah Tentena merupakan salah satu danau terdalam dan terindah di Indonesia. Bentangan danau seluas kurang lebih 32.000 ha dengan kedalaman sampai 510 m ini menawarkan keindahan alam yang menantang untuk dinikmati dan ditelusuri. Pinggirannya berpasir putih keemasan dan airnya yang jernih berombak seperti laut. Selain mengundang wisatawan, danau Poso juga menarik minat para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Karakteristik air danau juga mengundang investor yang kini mengembangkan ikan jenis-jenis tertentu untuk pasaran ekspor. Danau Poso masih menyisakan banyak peluang dan tantangan dieksplorasi untuk pengembangan lebih lanjut.

Festival Danau Poso merupakan pekan budaya rakyat Poso yang diadakan setiap tahun di kawasan danau Poso. Keunikan budaya yang dipadu dengan keindahan alami danau Poso menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menikmati festival ini setiap tahun.

Air Terjun Saluopa, merupakan air terjun bersusun 12 tingkat yang dikelilingi hutan tropis yang menawan. Air terjun ini terletak di terletak di sebelah barat kota Tentena, Poso. Wisatawan dapat naik ke tingkat yang tertinggi melalui bebatuan di bawah derasnya air. Pemandangan sekitarnya membawa keteduhan alami.

Gua Pamona dan Latea merupakan penanda tradisi Toraja yang hadir di kawasan ini sejak lama. Dalam gua ini dapat ditemukan tengkorak dan tulang-tulang mayat persis yang dapat dilihat di gua-gua alam pemakaman Tana Toraja. Gua ini terletak di daerah Tentena.

Masih banyak eksotisme wisata alam Poso dan sekitarnya siap memanjakan siapapun yang datang menyapa kawasan ini. Pesona alamnya lengkap, mulai dari pesona pantai dan kepulauan sampai ke pesona keindahan pegunungan. Wisatawan yang menyukai perjalanan alam (trekking) akan mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Bagi Anda yang penat dengan rutinitas kota maka suasana tenang dengan pemandangan asri dan udara segar mungkin menjadi hal yang sangat dirindukan. Ambillah waktu libur untuk mengembalikan semangat pikiran Anda dengan mengunjungi keindahan Danau Poso, di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Anda juga dapat memilih pintu masuk lainnya seperti melalui Kota Pendolo.

Check Also

Objek Wisata Di Poso Sulawesi Tengah

Keren !! Mendapatkan objek wisata di poso sulawesi tengah merupakan menawarkan keindahan sehingga tepat anda …