Breaking News
Wisata Donggala Palu yang Populer Wajib Dikunjungi

Wisata Donggala Palu yang Populer Wajib Dikunjungi

Ads By Google

Wisata Donggala Palu – memiliki banyak tempat wisata yang populer wajib di kunjungi. Wisata pantai yang indah dan mempesona dengan pasir putih serta tempat yang cukup dekat dari kota Palu, menjadi pilihan wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini. Bagi para wisatawan tidak perlu ragu untuk mencari penginapan disekitar wisata donggala palu karena anda dapat menemukan Hotel di Tanjung Karang Donggala Beach ataupun penginapan yang cukup murah.

Berikut beberapa tempat wisata donggala palu yang populer wajib dikunjungi :

Wisata Donggala Palu – Pusat Laut

Tempat wisata donggala palu yang cukup unik, dengan nama Pusat Laut Kabupaten Donggala. Pusat Laut ini berada di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Waktu tempuh dari kota Palu sekitar 1,5 jam dengan jarak sekitar 45 kilometer.

Wisata Donggala Palu Pusat Laut

Pusat Laut Donggala berupa sebuah sumur raksasa yang berdiameter sekitar sepuluh meter dan mempunyai kedalaman sekitar tujuh meter. Sumur tersebut terbentuk secara alami dan mempunyai ukiran bebatuan. Air di dalamnya berwarna biru jernih dan berasa asin seperti air laut. Uniknya, air di dalam sumur tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang menggunakannya untuk berenang ataupun menyelam.

Keunikan lainnya adalah, air di dalam sumur raksasa ini akan pasang bila air laut sedang surut dan akan surut ketika air laut sedang pasang. Masyarakat setempat pun percaya bahwa air di dalam sini bisa mengobati segala macam penyakit. Maka tak jarang, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai oleh-oleh. Biasanya mereka meminta tolong anak-anak setempat yang berenang di dalam Pusat Laut untuk mengambilkan air, tentu saja dengan upah sepantasnya.

Anda pun bisa juga berenang di dalam Pusat laut ini, namun harus dengan keahlian khusus ya, mengingat kedalamannya yang tak biasa. Selain itu, sempatkan juga untuk menikmati indahnya Pantai Tanjung Karang yang letaknya tidak begitu jauh dari Pusat Laut ini. Pantai tersebut cukup terkenal. Selain memiliki hamparan pasir berwarna putih, juga merupakan salah satu tempat favorit untuk snorkeling maupun diving.

Fasilitas di Pusat Laut Donggala dan sekitarnya ini sudah cukup lengkap karena sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Tersedia juga beberapa penginapan dan tempat makan di lokasi ini.

Wisata Donggala Palu – Pantai Kalukku atau Kelapa

Wisata Donggala Palu dengan pantai cantik untuk libur akhir pekan bernama Pantai Kaluku. Suasananya yang masih sepi bak pantai pribadi. Penduduk setempat, Kaluku berasal dari bahasa Kaili yang berarti pohon kelapa. Sesuai dengan arti namanya, pantai Kaluku dipenuhi dengan pohon Kelapa yang menjulang tinggi. Pantai Kaluku terletak di Kabupaten Donggala, sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Palu.

Wisata Donggala Palu Pantai Kalukku

Objek wisata Pantai Kaluku di Desa Limboro, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dalam beberapa bulan terakhir semakin berkibar karena mulai dipadati masyarakat untuk berwisata. Objek wisata donggala palu dengan pesona pantai pasirnya yang putih dan jejeran kelapa dalam itu, hingga Sabtu petang masih dipadati pengunjung.

Ratusan orang masih bertahan hingga jelang waktu magrib hanya untuk menyaksikan matahari tenggelam di atas permukaan Selat Makassar. Pantai Kaluku memiliki garis pantai yang cukup lebar. Di saat siang, wilayah pasir pantainya akan terlihat luas karena adanya pasang surut yang menyebabkan perahu-perahu ditambatkan di kejauhan. Tidak banyak perahu nelayan yang tertambat.

Terik matahari sedang menjadi-jadi saat saya mengunjungi pantai ini. Pantai ini memiliki air yang jernih meskipun tidak ada spot untuk snorkling seperti di Tanjung Karang. Selain masih cukup sepi, pantai ini masih tergolong alami, tenang dan eksotik. Belum banyak tangan jahil di sini. Cocok untuk bersantai. Enaknya lagi, di sini tidak ada pungutan alias gratis masuk dan free parking.

Di sepanjang pantai Kaluku, sudah ada yang mendirikan gazebo-gazebo sederhana yang disewakan untuk sekadar beristirahat. Tak hanya itu, pantai ini memiliki cukup banyak spot untuk berfoto. Sepertinya sih buatan dari penduduk setempat. Mulai dari ayunan hingga kalimat-kalimat romantis yang bisa dimanfaatkan untuk pre wedding.

Wisata Donggala Palu – Pantai Tanjung Karang

Pantai tanjung karang palu donggala termasuk kedalam tempat wisata populer yang ada di palu. Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan kisaran waktu 1 jam atau sekitar 35 kilometer dengan menggunakan mobil atau motor. Wilayah tanjung karang memang terkenal dengan pantai pasir putihnya dan air laut yang sangat jernih.

Di objek wisata ini anda bisa berang di air laut yang mempunyai ombak kecil. Selain itu anda juga snorkeling dan melihat indahnya biota laut yang terdapat di tanjung karang.

Bagi yang hobbi snorkling dan diving pantai tanjung karang menjadi pesona para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri. Wilayah pantai tanjung karang banyak dijumpai para wisatawan dari mancenegara yang berkunjung sekedar untuk menikmati pantai dan wisata bawah laut yang menawarkan keindahan sangat eksotik.

Wisata tanjung karang berupa snorkling dan diving. Menyewa jenis alat snorkling dengan harga sewa sekitar Rp.200.000 – 300.000/set. Bagi yang tidak membawa kamera bawah air anda dapat bisa menyewa dengan harga sekitar Rp. 150.000 – 250.000. Bagi anda yang tidak profesional menyelam, di pantai tanjung karang palu donggala ada pemandu lokal yang dapat membantu para wisatawan menemukan spot snorkling yang indah, selain itu dapat membantu mengambil gambar bawah air. Anda tidak perlu menyewa pemandu karena sudah include dengan sewa alat snorkling.

Pesisir pantai tanjung karang palu yang letaknya di pinggiran sebuah teluk. Banyaknya hamparan pantai di lokasi yang berbeda mulai dari pusat kota hingga ke kabupaten Donggala menjadi incaran bagi pelancong. Beragam aktivitas dengan pemandangan laut sepanjang perjalanan menuju pantai tanjung karang palu.

Wisata Donggala Palu – Pantai Boneoge

Pantai Boneoge merupakan kawasan wisata yang terletak di tepian pantai berpasir putih dengan panorama yang indah dan menawan. Warga penduduk di kawasan ini bermata pencarian sebagai nelayan. Keindahan matahari terbit pada saat fajar dan disaat senja ketika terbenamnya sangat mempesona untuk dinikmati dari tempat ini.

Pantai ini juga menyimpan potensi yang sangat menarik bagi para pencinta olahraga memancing. Selain itu, kita juga bisa menikmati keindahan desa-desa pesisir yang menyajikan panorama alam yang masih asri, dengan aktivitas keseharian warganya dalam berinteraksi dengan alam. Pnati Boneoge Terletak di Kecamatan Banawa.

 

Scroll To Top