Home / Wisata Palu / Tanjung Karang Palu Donggala dan Wisata Pantai

Tanjung Karang Palu Donggala dan Wisata Pantai

Sebuah tanjung yang berada di kabupaten Donggala merupakan ujung daratan bagian Utara kota Palu. Tanjung ini memiliki banyak karang sehingga menjadi sebuah objek wisata bagi masyarakat kota Palu. Kendahannya menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang indah dan menarik. Menjadi tempat paling favorite bagi wisatawan, baik dari mancanegara maupun lokal. Keindahan pantai terlihat dari hamparan pasir putih yang indah dengan suasana yang alami. Adanya dukungan pemandangan laut yang sangat indah menjadi salah satu daya tarik yang menonjol dalam berwisata. Tempat ini adalah tanjung karang donggala.

Pantai Tanjung karang yang terlihat begitu sangat indah indah. Keindahan dengan air yang jernih, bersih dan hamparan pinggiran pantai yang luas berisi pasir putih yang sangat halus. pantai ini sering digunakan oleh para menyelam untuk melihat dan menikmati keindahan bawah laut pantai tanjung karang.

Wisata tanjung karang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat indah di Sulawesi tengah yang saat ini belum terjamah dan masih asri. Wisata tanjung karang berjarak sekitar 32 km dari kota Palu. Pantai yang begitu indah dengan pasir putih. Air laut yang berwarna kebiru-biruan dan jernih merupakan salah satu dari sekian banyak kelebihan yang dimilikinya.

Bagi yang hobbi snorkling dan diving pantai tanjung karang menjadi pesona para penyelam baik dari dalam maupun luar negeri. Wilayah pantai tanjung karang banyak dijumpai para wisatawan dari mancenegara. Mereka berkunjung sekedar untuk menikmati pantai dan wisata bawah laut yang menawarkan keindahan sangat eksotik.

Pesisir pantai tanjung karang palu yang letaknya di pinggiran sebuah teluk. Hamparan pantai yang begitu luas berada di beberapa lokasi. Garis pantai bermula dari pusat kota hingga ke kabupaten Donggala menjadi incaran bagi pelancong. Beragam aktivitas dengan pemandangan laut sepanjang perjalanan menuju pantai tanjung karang palu.

Bila memulai perjalanan dari Jakarta, ibukota provinsi Sulawesi Tengah ini bisa di capai lewat penerbangan udara dengan kota Makassar sebagai persinggahan. Dari bandara Hassanudin-Makassar ke bandara Mutiara di kota Palu membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Demikian juga, dari kota Palu ke Tanjung karang Donggala ditempub dengan waktu sekitar 1 jam. Dari Palu, pantai tanjung karang dapat ditempuh dengan perjalanan darat dengan kendaraan bermotor ke arah timur laut kota Palu dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Penginapan di tanjung karang

Salah satu fasilitas wisata yang wajib adalah penginapan. Urusan penginapan di tanjung karang anda dapat memilih menginap di tanjung karang palu, atau bahkan menginap di kota palu. Penginapan di tanjung karang palu donggala dapat berupa cottage yang merupakan milik penduduk ataupun pengusaha lokal. Berbagai macam harga mulai dari Rp. 250.000 – Rp750.000/malam.

Salah satu penginapan di tanjung karang palu donggala yang terkenal adalah Prince John Dive Resort. Resort ini sangat luas dan bertaraf international karena berbagai fasilitas tersedia di dalamnya, resort umumnya dihuni oleh para wisatawan asing. Harga yang ditawarkan cukup mahal antara Rp. 1.000.000 sampai Rp. 1.600.000, namun dengan harga ini sebanding dengan fasilitasyang disediakan. Fasilitas yang disediakan berupa, lemari pendingin, air panas sampai kasur yang empuk. Beberapa kamar dalam resort ini tidak memiliki AC karena menginkan suasana alam dengan tiupan angin pantai yang sepoi-sepoi.

Pelancong yang ingin menginap di palu anda bisa memilih Hotel Mercure, Hotel Sutan Raja, atau Swissbel Hotel dan berbagai Hotel Populer di Palu Sulawesi Tengah yang ada di pinggir teluk palu, yang ada di kota ini. Bagi para wisatawan yang suka wisata bawah air anda bisa menyewa alat-alat snorkling maupun diving yang disediakan di sekitar wilayah ini, dengan harga yang sangat bervariasi. Anda juga dapat menemukan berbagai hotel yang sangat menarik dan berbintang dengan jarak sekitar 30 Km dari pantai tanjung krang yang berlokasi di kota palu yaitu Tanjung Karang Donggala Beach.

Biaya Wisata

Wisata tanjung karang berupa snorkling dan diving. Menyewa jenis alat snorkling dengan harga sewa sekitar Rp.200.000 – 300.000/set. Bagi yang tidak membawa kamera bawah air anda dapat bisa menyewa dengan harga sekitar Rp. 150.000 – 250.000. Bagi anda yang tidak profesional menyelam, di pantai tanjung karang palu donggala ada pemandu lokal yang dapat membantu para wisatawan menemukan spot snorkling yang indah, selain itu dapat membantu mengambil gambar bawah air. Anda tidak perlu menyewa pemandu karena sudah include dengan sewa alat snorkling.

Di sekitar pantai tanjung karang donggala juga tersedia banyak kapal-kapal yang bisa disewa untuk menemukan spot snorkling yang indah. Kapal-kapal ini bernama taksi air, anda bisa menyewa ke salah satu spot yang terkenal yaitu “Laut Tengah” yang merupakan salah satu lokasi yang dikelilingi oleh karang. Sewa taksi laut bervariasi tergantung jenis kapalnya, berkisar antara Rp. 250.000 – 500.000. Bagi anda yang tidak bisa berenang ataupun alergi dengan air laut tetapi sangat ingin menikmati wisata bawah alut anda bisa menyewa kapal kaca, pemandangan laut dapat anda saksikan dengan indah di atas kapal.

Sebuah kapal karang yang mendiami perairan tanjung karang palu donggala adalah Gili Raja. Lokasinya kapal karam di perairan tanjung karang palu berada di sebelah selatan pesisir pantai. Bunga karang yang telah tumbuh pada bagian kapal dengan panjang 80 meter menjadi obyek pemandangan yang cantik bagi para penyelam. Biota laut yang mediami kapal menjadikan tempat tinggal mereka. Keaneka ragaman hayati bawah laut dan keunikan bentuk dan warna  binatang laut memberikan panorama tersendiri.

tanjung karang palu

Kapal karam Gili Raja yang berada di kedalaman 40 meter sangat jauh, anda dapat mengungjungi kapal karam lainnya yaitu wreck dan kapal bernama mutiara yang berada di kedalaman yang lebih rendah, yaitu sekitar 20 meter. Meski tak terlalu dalam, pemandangan indah masih tetap bisa di saksikan di bangkai kapal yang tergolek di jarak 2 Km dari bibir pantai ini. Selain bangkai kapal, perairan tanjung karang palu donggala memiliki 17 gugusan bunga karang sebagai pelengkap keindahan bawa laut. Beberapa gugusan bunga bawah laut adalah Natural Reef, Irmis block, Alex Point, Rocky Point, Green Wall, House Reef, Anchor Reef dan lain-lain. Berbagai Fasilitas Wisata Pantai Tanjung Karang dapat anda temukan.

Check Also

Tempat Wisata Dingin di Sulawesi Tengah

Tempat Wisata Dingin di Sulawesi Tengah – telah dikenal dikalangan wisatawan asing maupun lokal akan keindahan …