Wisata Candi Cetho Di Karanganyar Yang Sedang Viral

Candi Cetho, Candi Megah di Atas Awan Lereng Gunung Lawu (2019)
Candi Cetho, Candi Megah di Atas Awan Lereng Gunung Lawu (2019) from blog.tripcetera.com

Wisata Candi Cetho di Karanganyar sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Terletak di lereng Gunung Lawu, tempat ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta sejarah yang kental. Candi Cetho menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah dan keindahan alam.

Sejarah Candi Cetho

Candi Cetho dibangun pada masa pemerintahan Raja Mataram Islam, Panembahan Senapati. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-15 dan dipersembahkan kepada Dewi Sri, yang merupakan dewi kesuburan dalam kepercayaan Hindu-Budha. Candi ini kemudian dipugar pada tahun 1976 dan kembali dibuka untuk umum pada tahun 1985.

Keindahan Alam Candi Cetho

Candi Cetho terletak di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut, sehingga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari atas bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Selain itu, di sekitar candi terdapat kebun-kebun teh yang mempesona.

Arsitektur Candi Cetho

Candi Cetho memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Candi ini terdiri dari 13 tingkat dan dibangun dengan menggunakan batu andesit. Di setiap tingkat, terdapat beberapa bangunan kecil yang disebut dengan punden berundak. Punden berundak ini memiliki fungsi sebagai tempat persembahan bagi para dewa.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Cetho

Selain menikmati keindahan alam dan sejarah, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik di Candi Cetho. Salah satunya adalah trekking ke puncak Gunung Lawu. Pengunjung juga dapat melakukan camping di sekitar candi atau berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan.

Fasilitas di Candi Cetho

Candi Cetho menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat area parkir yang luas, toilet, area bermain anak, dan warung makan. Pengunjung juga dapat menyewa guide atau membeli oleh-oleh di toko-toko souvenir yang terdapat di sekitar candi.

Tiket Masuk dan Jam Buka Candi Cetho

Tiket masuk Candi Cetho cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 per orang. Candi Cetho buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Namun, disarankan untuk datang pada pagi hari agar pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan lebih maksimal.

FAQ’s

1. Apa yang membuat Candi Cetho menjadi tempat wisata yang viral?

Candi Cetho menjadi tempat wisata yang viral karena menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta sejarah yang kental. Selain itu, lokasinya yang terletak di lereng Gunung Lawu membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menyejukkan mata.

2. Berapa harga tiket masuk Candi Cetho?

Tiket masuk Candi Cetho cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 per orang.

3. Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di Candi Cetho?

Di Candi Cetho, pengunjung dapat menikmati keindahan alam, sejarah, melakukan trekking ke puncak Gunung Lawu, camping, dan berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang menakjubkan.

4. Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Candi Cetho?

Disarankan untuk datang pada pagi hari agar pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan lebih maksimal.

5. Apa saja fasilitas yang disediakan di Candi Cetho?

Candi Cetho menyediakan fasilitas area parkir yang luas, toilet, area bermain anak, warung makan, guide, dan toko-toko souvenir.

Check Also

Perbandingan Harga Jetski Seadoo

Perbandingan Harga Jetski Seadoo: Menemukan Pilihan Terbaik untuk Petualangan Air Anda

Membandingkan Harga Jetski Seadoo. Penggemar kegiatan air sering kali tertarik untuk memiliki jetski Seadoo, merek …