Jelajahi Pesona Tersembunyi: Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur


Jelajahi Pesona Tersembunyi: Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur adalah tujuan wisata yang patut dijelajahi karena menawarkan beragam pilihan tempat wisata yang menarik dan menghibur. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, hingga pusat perbelanjaan modern, Jakarta Timur memiliki banyak hal yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Selain menawarkan berbagai pilihan tempat wisata, Jakarta Timur juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya. Wilayah ini menjadi rumah bagi beberapa situs bersejarah penting, seperti Museum Lubang Buaya dan Taman Mini Indonesia Indah. Jakarta Timur juga merupakan pusat budaya Betawi, dengan banyak tradisi dan adat istiadat yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata populer di Jakarta Timur:

  • Taman Mini Indonesia Indah
  • Museum Lubang Buaya
  • Setu Cipayung
  • Hutan Kota Bambu Apus
  • Pusat Grosir Cililitan

Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Kota Administrasi Jakarta Timur menawarkan beragam tempat wisata yang menarik dan menghibur. Mulai dari wisata alam, situs bersejarah, hingga pusat perbelanjaan modern, Jakarta Timur memiliki banyak hal yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

  • Wisata Alam
  • Situs Sejarah
  • Pusat Perbelanjaan
  • Kuliner Khas
  • Budaya Betawi
  • Taman Kota
  • Museum
  • Setu (Danau)
  • Hutan Kota
  • Pasar Tradisional

Beragamnya tempat wisata di Jakarta Timur menjadikannya destinasi wisata yang lengkap dan cocok untuk semua kalangan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di Taman Mini Indonesia Indah atau bersantai di Hutan Kota Bambu Apus. Bagi yang tertarik dengan sejarah, dapat mengunjungi Museum Lubang Buaya atau Taman Prasasti. Sementara itu, pecinta kuliner dapat berwisata kuliner di Pusat Grosir Cililitan atau mencicipi kuliner khas Betawi di Warung Betawi Setu Babakan.

Wisata Alam

Jakarta Timur mungkin dikenal dengan kawasan bisnis dan industrinya yang ramai, tetapi tahukah kamu bahwa kota ini juga memiliki beragam pilihan wisata alam yang memesona? Dari taman kota yang asri hingga hutan kota yang menyegarkan, Jakarta Timur menawarkan oase hijau yang sempurna untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam.

  • Taman Kota

    Jakarta Timur memiliki beberapa taman kota yang indah, seperti Taman Mini Indonesia Indah, Taman Ismail Marzuki, dan Taman Lapangan Banteng. Taman-taman ini menawarkan ruang terbuka hijau yang luas untuk bersantai, berolahraga, atau sekadar menikmati pemandangan.

  • Hutan Kota

    Selain taman kota, Jakarta Timur juga memiliki beberapa hutan kota, seperti Hutan Kota Bambu Apus dan Hutan Kota Cawang. Hutan kota ini memberikan udara segar dan suasana yang tenang di tengah hiruk pikuk kota.

  • Setu (Danau)

    Jakarta Timur memiliki beberapa setu atau danau yang indah, seperti Setu Cipayung dan Setu Rawa Dongkal. Setu ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi tempat yang tepat untuk bersantai atau memancing.

  • Sungai

    Jakarta Timur dilintasi oleh beberapa sungai, seperti Sungai Ciliwung dan Sungai Sunter. Sungai-sungai ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi tempat yang tepat untuk berolahraga atau sekadar menikmati suasana.

Keindahan wisata alam di Jakarta Timur menjadikannya destinasi wisata yang lengkap dan cocok untuk semua kalangan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di tengah hiruk pikuk kota, tanpa harus pergi jauh dari pusat kota.

Situs Sejarah – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Kota Administrasi Jakarta Timur menyimpan banyak situs sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang bangsa Indonesia. Situs-situs sejarah ini tidak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Salah satu situs sejarah yang paling terkenal di Jakarta Timur adalah Museum Lubang Buaya. Museum ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yang terkait dengan peristiwa G30S/PKI. Selain itu, ada juga Taman Prasasti yang menjadi tempat dimakamkan para pahlawan nasional Indonesia.

Selain museum dan taman prasasti, Jakarta Timur juga memiliki beberapa bangunan bersejarah yang masih berdiri hingga saat ini. Misalnya, Gereja Katedral Jakarta Timur yang dibangun pada tahun 1901, dan Stasiun Klender yang merupakan stasiun kereta api tertua di Jakarta.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Tersembunyi: Wisata Cirebon Penuh Pesona

Keberadaan situs-situs sejarah di Jakarta Timur menjadikannya destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin mempelajari sejarah Indonesia. Situs-situs sejarah ini juga menjadi pengingat akan perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pusat Perbelanjaan – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Pusat perbelanjaan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur. Kehadiran pusat perbelanjaan tidak hanya memberikan kemudahan bagi warga untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Jakarta Timur memiliki beberapa pusat perbelanjaan besar yang menjadi tujuan wisata belanja bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pusat perbelanjaan tersebut antara lain:

  • Mall Grand Indonesia
  • Mall Kelapa Gading
  • Mall Artha Gading
  • Mall Bassura City
  • Mall Cipinang Indah

Pusat perbelanjaan di Jakarta Timur tidak hanya menawarkan berbagai macam barang dan jasa, tetapi juga memiliki konsep yang menarik dan unik. Misalnya, Mall Grand Indonesia yang mengusung konsep kota dalam kota dengan berbagai zona belanja, hiburan, dan kuliner. Mall Kelapa Gading yang memiliki taman burung di dalam pusat perbelanjaan. Mall Artha Gading yang memiliki akuarium raksasa. Dan Mall Bassura City yang memiliki konsep Arabian Night dengan dekorasi khas Timur Tengah.

Keberadaan pusat perbelanjaan di Jakarta Timur tidak hanya memberikan dampak positif bagi perekonomian, tetapi juga bagi pariwisata. Pusat perbelanjaan menjadi salah satu tujuan wisata utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Jakarta Timur. Wisatawan dapat berbelanja berbagai macam barang dan jasa, menikmati hiburan, dan mencicipi kuliner khas Jakarta Timur.

Kuliner Khas – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Menjelajahi tempat wisata di Kota Administrasi Jakarta Timur tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Kekayaan kuliner Betawi yang melegenda menawarkan cita rasa yang menggugah selera dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

  • Kuliner Legendaris

    Jakarta Timur menjadi rumah bagi kuliner legendaris Betawi seperti Soto Betawi, Nasi Uduk, dan Kerak Telor. Kuliner-kuliner ini dapat dengan mudah ditemukan di warung makan atau restoran tradisional, memberikan pengalaman kuliner otentik bagi wisatawan.

  • Pasar Kuliner

    Untuk menjelajahi beragam kuliner khas Jakarta Timur, wisatawan dapat mengunjungi pasar kuliner seperti Pasar Santa dan Pasar Rawamangun. Pasar-pasar ini menawarkan berbagai macam pilihan kuliner, mulai dari makanan berat hingga jajanan tradisional.

  • Pusat Kuliner Modern

    Selain kuliner tradisional, Jakarta Timur juga memiliki pusat kuliner modern seperti La Piazza Kelapa Gading dan Mall of Indonesia. Pusat kuliner ini menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman dari berbagai belahan dunia, memberikan pengalaman kuliner yang lebih beragam.

  • Street Food

    Bagi yang ingin mencicipi kuliner kaki lima khas Jakarta Timur, dapat mengunjungi Jalan Jatinegara Barat. Jalan ini menjadi surga kuliner malam dengan berbagai pilihan makanan seperti sate, nasi goreng, dan mie ayam.

Kekayaan kuliner khas Jakarta Timur melengkapi pesona tempat wisata di kota ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, situs sejarah, dan pusat perbelanjaan, sambil dimanjakan dengan cita rasa kuliner Betawi yang menggugah selera.

Budaya Betawi – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Budaya Betawi yang unik dan kaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur. Budaya Betawi yang kental tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Jakarta Timur, termasuk dalam bidang pariwisata.

Salah satu contoh nyata perpaduan antara Budaya Betawi dan Tempat Wisata di Jakarta Timur adalah Setu Babakan. Setu Babakan merupakan sebuah kawasan wisata budaya yang menyuguhkan pengalaman otentik kehidupan masyarakat Betawi. Di kawasan ini, wisatawan dapat menyaksikan rumah-rumah adat Betawi, pertunjukan seni tradisional, dan mencicipi kuliner khas Betawi.

Selain Setu Babakan, ada juga beberapa tempat wisata lain di Jakarta Timur yang kental dengan Budaya Betawi, seperti Kampung Budaya Betawi di Marunda dan Museum Betawi di Condet. Tempat-tempat wisata ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengenal dan memahami lebih dalam tentang kebudayaan Betawi.

Keberadaan Budaya Betawi dalam Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur menjadi nilai tambah yang unik bagi pariwisata daerah ini. Budaya Betawi memberikan ciri khas dan daya tarik tersendiri yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hal ini memperkaya khazanah pariwisata Jakarta Timur dan menjadikannya destinasi wisata yang menarik dan berkesan.

Taman Kota – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Taman kota merupakan salah satu komponen penting dalam pengembangan Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur. Keberadaan taman kota tidak hanya memberikan ruang terbuka hijau bagi masyarakat, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga:  Jelajahi Kabupaten Lanny Jaya: Pesona Alam dan Budaya Papua yang Mengagumkan

Beberapa taman kota di Jakarta Timur yang menjadi tujuan wisata favorit antara lain Taman Mini Indonesia Indah, Taman Ismail Marzuki, dan Taman Lapangan Banteng. Taman-taman ini menawarkan keindahan alam, fasilitas rekreasi, dan pusat pertunjukan seni budaya.

Selain memberikan keindahan dan kenyamanan, taman kota juga memiliki peran penting dalam pelestarian lingkungan hidup. Taman kota menjadi paru-paru kota yang menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen. Selain itu, taman kota juga dapat berfungsi sebagai daerah resapan air hujan, sehingga dapat mengurangi risiko banjir.

Keberadaan taman kota dalam Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan wisatawan. Taman kota menjadi tempat yang tepat untuk bersantai, berolahraga, dan menikmati keindahan alam. Selain itu, taman kota juga menjadi sarana edukasi tentang lingkungan hidup dan budaya.

Museum – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Museum merupakan salah satu jenis tempat wisata yang dapat ditemukan di Kota Administrasi Jakarta Timur. Museum menawarkan pengalaman belajar dan hiburan yang unik, menjadikannya tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan dari segala usia.

  • Sejarah dan Budaya

    Museum di Jakarta Timur menyajikan berbagai koleksi sejarah dan budaya, seperti Museum Lubang Buaya yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah terkait peristiwa G30S/PKI, dan Museum Betawi yang menampilkan kehidupan dan budaya masyarakat Betawi.

  • Seni dan Lukisan

    Bagi pecinta seni, Jakarta Timur memiliki Museum Seni Rupa dan Keramik yang memamerkan karya-karya seni rupa dan keramik dari berbagai periode sejarah.

  • Ilmu Pengetahuan Alam

    Untuk menjelajahi dunia ilmu pengetahuan alam, wisatawan dapat mengunjungi Museum Geologi yang menyajikan koleksi fosil, batuan, dan mineral.

  • Transportasi

    Museum Transportasi menyuguhkan koleksi berbagai jenis kendaraan dari masa lampau hingga modern, memberikan wawasan tentang sejarah transportasi di Indonesia.

Kehadiran museum di Jakarta Timur melengkapi beragam pilihan tempat wisata yang tersedia. Museum menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk memperkaya pengetahuan, menikmati keindahan seni, dan memahami sejarah dan budaya Indonesia. Dengan mengunjungi museum, wisatawan dapat memperoleh pengalaman wisata yang bermakna dan berkesan.

Setu (Danau) – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Jakarta Timur memiliki beberapa setu atau danau yang indah, seperti Setu Cipayung dan Setu Rawa Dongkal. Setu-setu ini menawarkan pemandangan yang indah dan menjadi tempat yang tepat untuk bersantai atau memancing. Keberadaan setu-setu ini menjadikannya sebagai salah satu komponen penting dalam pengembangan Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur.

Setu-setu di Jakarta Timur memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, setu-setu ini berfungsi sebagai daerah resapan air hujan, sehingga dapat mengurangi risiko banjir. Kedua, setu-setu ini menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna, sehingga dapat meningkatkan keanekaragaman hayati. Ketiga, setu-setu ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata dan rekreasi, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Sebagai tempat wisata, setu-setu di Jakarta Timur menawarkan berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar setu, bersantai di pinggir setu, atau memancing. Selain itu, di sekitar setu-setu ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan dan minuman khas Betawi.

Hutan Kota – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Keberadaan hutan kota di Jakarta Timur melengkapi pengembangan Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur. Hutan kota tidak hanya memberikan ruang terbuka hijau bagi masyarakat, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

  • paru-paru kota

    Hutan kota berperan sebagai paru-paru kota yang menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen. Keberadaannya sangat penting untuk menjaga kualitas udara di Jakarta Timur yang padat penduduk dan banyak kendaraan.

  • daerah resapan air

    Selain itu, hutan kota juga berfungsi sebagai daerah resapan air hujan. Hal ini dapat mengurangi risiko banjir di Jakarta Timur yang rawan mengalami genangan air saat hujan deras.

  • habitat flora dan fauna

    Hutan kota menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Wisatawan dapat mengamati beragam jenis tanaman dan hewan di hutan kota, sehingga dapat menambah wawasan tentang keanekaragaman hayati.

  • tempat wisata dan rekreasi

    Hutan kota juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata dan rekreasi. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar hutan kota, bersantai di bawah rindangnya pepohonan, atau berolahraga di jalur-jalur yang tersedia.

Dengan demikian, keberadaan hutan kota di Jakarta Timur memiliki banyak manfaat, baik bagi masyarakat maupun wisatawan. Hutan kota memberikan ruang terbuka hijau, menjaga kualitas udara, mengurangi risiko banjir, menjadi habitat flora dan fauna, serta menjadi tempat wisata dan rekreasi.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Manokwari Selatan: Jelajah Alam, Budaya, dan Sejarah yang Menakjubkan

Pasar Tradisional – Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Pasar tradisional merupakan salah satu komponen penting dalam pengembangan Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur. Keberadaannya tidak hanya memberikan kebutuhan pokok bagi masyarakat, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

  • Pusat Kuliner

    Pasar tradisional di Jakarta Timur menyuguhkan berbagai macam kuliner khas Betawi, seperti soto Betawi, nasi uduk, dan kerak telor. Wisatawan dapat menikmati cita rasa kuliner otentik sambil berwisata kuliner di pasar tradisional.

  • Pusat Belanja Oleh-oleh

    Selain kuliner, pasar tradisional juga menjadi pusat belanja oleh-oleh khas Jakarta Timur. Wisatawan dapat membeli berbagai macam oleh-oleh, seperti batik Betawi, kerajinan tangan, dan makanan ringan khas Betawi.

  • Menikmati Suasana Khas

    Berkunjung ke pasar tradisional memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati suasana khas kehidupan masyarakat Betawi. Wisatawan dapat mengamati aktivitas sehari-hari masyarakat, melihat berbagai macam dagangan, dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

  • Pusat Kerajinan Tangan

    Beberapa pasar tradisional di Jakarta Timur juga menjadi pusat kerajinan tangan. Wisatawan dapat membeli berbagai macam kerajinan tangan khas Betawi, seperti tas anyaman, topi anyaman, dan kerajinan bambu.

Dengan demikian, keberadaan pasar tradisional di Jakarta Timur tidak hanya memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang unik dan khas. Pasar tradisional menawarkan pengalaman wisata kuliner, belanja oleh-oleh, menikmati suasana khas, dan membeli kerajinan tangan, sehingga melengkapi ragam Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur.

Pertanyaan Umum Seputar Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Bagi kamu yang berencana liburan ke Jakarta Timur, berikut ini beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan seputar tempat wisata di sana:

Pertanyaan 1: Tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Jakarta Timur?

Jakarta Timur punya banyak tempat wisata menarik, seperti Taman Mini Indonesia Indah, Setu Cipayung, Hutan Kota Bambu Apus, Museum Lubang Buaya, dan Pusat Grosir Cililitan.

Pertanyaan 2: Apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di Jakarta Timur?

Selain mengunjungi tempat wisata, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner khas Betawi, berbelanja oleh-oleh di pasar tradisional, atau sekadar bersantai di taman kota.

Pertanyaan 3: Apakah Jakarta Timur ramah untuk wisatawan?

Tentu saja! Masyarakat Jakarta Timur terkenal ramah dan siap menyambut wisatawan yang datang. Akses transportasi dan akomodasi juga mudah ditemukan.

Pertanyaan 4: Berapa biaya yang dibutuhkan untuk liburan ke Jakarta Timur?

Biaya liburan tergantung pada kebutuhan dan preferensi kamu. Tapi jangan khawatir, Jakarta Timur menawarkan banyak pilihan tempat wisata dan aktivitas yang ramah di kantong.

Pertanyaan 5: Apa saja tips untuk liburan seru di Jakarta Timur?

Datanglah saat cuaca cerah, kenakan pakaian yang nyaman, bawa kamera untuk mengabadikan momen, dan jangan lupa cicipi kuliner khas Betawi!

Dengan segala pesona dan keunikannya, Jakarta Timur siap memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Yuk, rencanakan liburanmu sekarang juga!

Beralih ke bagian artikel selanjutnya >>

Tips Berwisata Seru di Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur

Untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan di Jakarta Timur, simak tips seru berikut ini:

Tip 1: Datang Saat Cuaca Cerah

Cuaca yang cerah akan membuat perjalanan semakin menyenangkan. Kamu bisa puas mengeksplorasi tempat wisata tanpa khawatir kehujanan.

Tip 2: Kenakan Pakaian yang Nyaman

Banyak tempat wisata di Jakarta Timur yang mengharuskan kamu berjalan kaki. Pastikan memakai sepatu dan pakaian yang nyaman agar tidak mudah lelah.

Tip 3: Bawa Kamera untuk Mengabadikan Momen

Jangan lewatkan mengabadikan momen-momen indah selama liburan. Bawa kamera atau gawai dengan kamera yang bagus untuk menangkap setiap sudut menarik.

Tip 4: Cicipi Kuliner Khas Betawi

Jakarta Timur terkenal dengan kuliner khas Betawinya yang menggugah selera. Sempatkan mencoba hidangan seperti Soto Betawi, Nasi Uduk, dan Kerak Telor.

Tip 5: Manfaatkan Transportasi Umum

Jakarta Timur memiliki jaringan transportasi umum yang memadai. Gunakan busway atau kereta api untuk mempermudah akses ke tempat wisata.

Tip 6: Cari Tahu Jadwal Event

Jakarta Timur sering mengadakan berbagai event menarik, seperti festival budaya dan pertunjukan seni. Cari tahu jadwal event dan sempatkan hadir untuk menambah pengalaman liburanmu.

Tip 7: Ikuti Tur Panduan

Untuk menambah wawasan tentang sejarah dan budaya Jakarta Timur, ikuti tur panduan yang tersedia di beberapa tempat wisata, seperti Museum Lubang Buaya.

Tip 8: Beli Oleh-oleh Khas Jakarta Timur

Jangan lupa beli oleh-oleh khas Jakarta Timur untuk orang tersayang. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan oleh-oleh di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh.

Dengan mengikuti tips di atas, dijamin liburanmu di Tempat Wisata Kota Administrasi Jakarta Timur akan semakin seru dan berkesan!

Kembali ke bagian artikel sebelumnya <<

Kesimpulan

Setelah menjelajahi beragam pesona Tempat Wisata Kota Administrasi jakarta Timur, kita dapat melihat bahwa wilayah ini menawarkan destinasi wisata yang lengkap dan menarik untuk semua kalangan. Dari wisata alam hingga sejarah, kuliner hingga budaya, Jakarta Timur menyuguhkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Keberadaan tempat wisata yang beragam di Jakarta Timur tidak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat dan wisatawan, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya dan sejarah Indonesia. Keindahan alamnya, situs bersejarahnya, dan kekayaan kulinernya menjadi daya tarik yang membuat Jakarta Timur semakin bersinar sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Jelajahi Surga Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya adalah destinasi wisata yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten …