Jelajahi Keajaiban Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Waropen


Jelajahi Keajaiban Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Tempat Wisata Kabupaten Waropen merupakan salah satu pesona wisata yang patut dikunjungi di Papua. Kabupaten Waropen memiliki banyak tempat-tempat wisata yang menarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal adalah Pulau Auri, yang merupakan pulau kecil dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, ada juga Danau Waropen, yang merupakan danau terbesar di Papua dan menjadi habitat bagi berbagai macam flora dan fauna.

Selain wisata alam, Kabupaten Waropen juga memiliki beberapa wisata budaya yang menarik, seperti Kampung Adat Mankiwa, yang merupakan kampung adat suku Moi yang masih mempertahankan tradisi dan budaya leluhur mereka. Ada juga Museum Saireri, yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah dan budaya dari Kabupaten Waropen.

Kabupaten Waropen juga memiliki beberapa wisata sejarah, seperti Benteng Kwatisore, yang merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1856. Selain itu, ada juga Monumen Perjuangan Rakyat Waropen, yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Waropen dalam melawan penjajah Belanda.

Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Kabupaten Waropen memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata sejarah. Berikut ini adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui tentang tempat wisata di Kabupaten Waropen:

  • Keindahan alam
  • Keanekaragaman budaya
  • Kekayaan sejarah
  • Aksesibilitas yang mudah
  • Harga terjangkau
  • Keramahan penduduk
  • Keunikan tradisi
  • Keindahan panorama
  • Kebersihan lingkungan
  • Keamanan terjamin

Semua aspek tersebut saling terkait dan berkontribusi terhadap daya tarik tempat wisata di Kabupaten Waropen. Misalnya, keindahan alam Waropen dapat dilihat dari jernihnya air laut di Pulau Auri dan hijaunya hutan hujan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Keanekaragaman budaya Waropen dapat dirasakan melalui berbagai upacara adat dan tarian tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat. Kekayaan sejarah Waropen dapat ditelusuri melalui peninggalan-peninggalan sejarah, seperti Benteng Kwatisore dan Monumen Perjuangan Rakyat Waropen.

Keindahan alam

Kabupaten Waropen memiliki banyak tempat wisata alam yang indah, seperti pantainya yang berpasir putih, air lautnya yang jernih, dan hutan hujannya yang masih alami. Keindahan alam ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Waropen.

  • Pantai berpasir putih

    Waropen memiliki beberapa pantai berpasir putih yang indah, seperti Pantai Auri dan Pantai Waropko. Pantai-pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, sehingga cocok untuk berenang, berjemur, atau sekadar bersantai.

  • Air laut yang jernih

    Air laut di Waropen sangat jernih, sehingga wisatawan dapat melihat dengan jelas keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Kejernihan air laut ini membuat Waropen menjadi tempat yang ideal untuk snorkeling dan diving.

  • Hutan hujan yang masih alami

    Waropen memiliki hutan hujan yang masih alami dan luas. Hutan hujan ini menjadi habitat bagi berbagai macam flora dan fauna, termasuk beberapa spesies yang langka dan dilindungi. Wisatawan dapat menjelajahi hutan hujan ini dengan mengikuti jalur-jalur trekking yang telah disediakan.

  • Sungai yang indah

    Waropen juga memiliki beberapa sungai yang indah, seperti Sungai Waropen dan Sungai Wapoga. Sungai-sungai ini memiliki air yang jernih dan mengalir deras, sehingga cocok untuk aktivitas arung jeram atau kayak.

Keindahan alam Waropen merupakan aset yang sangat berharga bagi kabupaten ini. Keindahan alam ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam Waropen agar dapat terus dinikmati oleh generasi mendatang.

Keanekaragaman budaya – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Keanekaragaman budaya merupakan salah satu daya tarik utama tempat wisata di Kabupaten Waropen. Kabupaten Waropen memiliki beragam suku dan budaya, yang masing-masing memiliki tradisi dan adat istiadat yang unik. Keanekaragaman budaya ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Waropen, termasuk dalam seni, musik, tarian, dan makanan.

Keberagaman budaya di Waropen memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan pariwisata di kabupaten ini. Misalnya, wisatawan dapat mengunjungi Kampung Adat Mankiwa untuk mempelajari tentang budaya suku Moi, atau mengunjungi Museum Saireri untuk melihat koleksi benda-benda bersejarah dan budaya dari Kabupaten Waropen. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya tradisional, seperti tarian perang suku Moi dan tarian suanggi suku Biak.

Baca Juga:  Jelajahi Kabupaten Lanny Jaya: Pesona Alam dan Budaya Papua yang Mengagumkan

Keanekaragaman budaya di Waropen tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan, tetapi juga menjadi sumber kekayaan dan kebanggaan bagi masyarakat setempat. Masyarakat Waropen sangat menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadat leluhur mereka, dan mereka selalu berusaha untuk melestarikan budaya mereka. Keanekaragaman budaya di Waropen merupakan aset yang sangat berharga, dan menjadi salah satu pilar utama pembangunan pariwisata di kabupaten ini.

Kekayaan sejarah – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Kekayaan sejarah merupakan salah satu aspek penting yang mendukung perkembangan tempat wisata di Kabupaten Waropen. Kabupaten Waropen memiliki banyak situs dan peninggalan sejarah yang menarik, seperti Benteng Kwatisore, Monumen Perjuangan Rakyat Waropen, dan Museum Saireri. Situs-situs sejarah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Waropen.

Benteng Kwatisore merupakan salah satu situs sejarah yang paling terkenal di Waropen. Benteng ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1856 dan menjadi pusat pemerintahan Belanda di wilayah Waropen. Benteng Kwatisore memiliki arsitektur yang unik dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Waropen melawan penjajah Belanda.

Selain Benteng Kwatisore, Kabupaten Waropen juga memiliki situs sejarah lainnya, seperti Monumen Perjuangan Rakyat Waropen dan Museum Saireri. Monumen Perjuangan Rakyat Waropen dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Waropen dalam melawan penjajah Belanda. Museum Saireri menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah dan budaya dari Kabupaten Waropen.

Kekayaan sejarah di Kabupaten Waropen menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ini. Wisatawan dapat belajar tentang sejarah Waropen melalui situs-situs sejarah yang ada. Kekayaan sejarah ini juga menjadi sumber kebanggaan bagi masyarakat Waropen.

Aksesibilitas yang mudah

Kabupaten Waropen memiliki aksesibilitas yang mudah, sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata di kabupaten ini. Kabupaten Waropen dapat diakses melalui jalur darat, laut, dan udara.

  • Jalur darat

    Kabupaten Waropen dapat diakses melalui jalur darat dari Kota Jayapura. Perjalanan darat dari Kota Jayapura ke Waropen memakan waktu sekitar 6-8 jam.

  • Jalur laut

    Kabupaten Waropen juga dapat diakses melalui jalur laut dari Kota Jayapura. Perjalanan laut dari Kota Jayapura ke Waropen memakan waktu sekitar 4-6 jam.

  • Jalur udara

    Kabupaten Waropen memiliki bandar udara yang bernama Bandar Udara Udenti. Bandar udara ini melayani penerbangan dari Kota Jayapura dan beberapa kota lainnya di Papua.

Selain aksesibilitas yang mudah, Kabupaten Waropen juga memiliki infrastruktur yang cukup baik. Jalan-jalan di Waropen sudah beraspal dan dalam kondisi yang baik. Hal ini membuat wisatawan dapat dengan mudah melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata di Waropen.

Harga terjangkau

Selain memiliki tempat wisata yang beragam, Kabupaten Waropen juga menawarkan harga yang terjangkau bagi wisatawan. Hal ini membuat Waropen menjadi tujuan wisata yang ideal bagi wisatawan dengan anggaran terbatas.

  • Harga makanan dan minuman yang terjangkau

    Harga makanan dan minuman di Waropen relatif terjangkau dibandingkan dengan daerah lain di Papua. Wisatawan dapat menikmati makanan dan minuman dengan harga yang tidak akan menguras kantong.

  • Harga penginapan yang terjangkau

    Waropen juga menawarkan berbagai pilihan penginapan dengan harga yang terjangkau. Wisatawan dapat menemukan penginapan yang sesuai dengan anggaran mereka, mulai dari guest house hingga hotel berbintang.

  • Harga transportasi yang terjangkau

    Transportasi di Waropen juga cukup terjangkau. Wisatawan dapat menggunakan jasa ojek, angkot, atau menyewa mobil untuk berkeliling Waropen dengan harga yang tidak mahal.

  • Harga tiket masuk tempat wisata yang terjangkau

    Harga tiket masuk tempat wisata di Waropen juga sangat terjangkau. Wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat wisata tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Harga yang terjangkau menjadi salah satu daya tarik utama tempat wisata di Kabupaten Waropen. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Waropen, kekayaan budaya Waropen, dan sejarah Waropen tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Keramahan penduduk – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Keramahan penduduk merupakan salah satu faktor penting yang mendukung perkembangan tempat wisata di Kabupaten Waropen. Penduduk Waropen dikenal ramah dan bersahabat terhadap wisatawan. Mereka selalu menyambut wisatawan dengan senyuman dan senang membantu wisatawan yang membutuhkan bantuan.

Keramahan penduduk Waropen membuat wisatawan merasa nyaman dan betah selama berkunjung ke Waropen. Mereka merasa diterima dan dihargai oleh masyarakat setempat. Hal ini membuat wisatawan ingin kembali lagi ke Waropen untuk menikmati keindahan alamnya, kekayaan budayanya, dan sejarahnya.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Selain itu, keramahan penduduk Waropen juga membuat wisatawan merasa aman dan terlindungi. Mereka tidak perlu khawatir akan tindak kejahatan atau pelecehan selama berkunjung ke Waropen. Masyarakat Waropen sangat menghormati wisatawan dan selalu berusaha untuk membuat wisatawan merasa nyaman.

Keramahan penduduk merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh Kabupaten Waropen. Keramahan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan menjadi salah satu faktor utama yang membuat wisatawan ingin kembali lagi ke Waropen.

Keunikan tradisi – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Keunikan tradisi merupakan salah satu daya tarik utama tempat wisata di Kabupaten Waropen. Kabupaten Waropen memiliki beragam suku dan budaya, yang masing-masing memiliki tradisi dan adat istiadat yang unik. Keunikan tradisi ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Waropen, termasuk dalam seni, musik, tarian, dan makanan.

Keberagaman tradisi di Waropen memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan pariwisata di kabupaten ini. Misalnya, wisatawan dapat mengunjungi Kampung Adat Mankiwa untuk mempelajari tentang tradisi suku Moi, atau mengunjungi Museum Saireri untuk melihat koleksi benda-benda bersejarah dan budaya dari Kabupaten Waropen. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya tradisional, seperti tarian perang suku Moi dan tarian suanggi suku Biak.

Keunikan tradisi di Waropen tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan, tetapi juga menjadi sumber kekayaan dan kebanggaan bagi masyarakat setempat. Masyarakat Waropen sangat menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadat leluhur mereka, dan mereka selalu berusaha untuk melestarikan budaya mereka. Keunikan tradisi di Waropen merupakan aset yang sangat berharga, dan menjadi salah satu pilar utama pembangunan pariwisata di kabupaten ini.

Keindahan panorama – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Kabupaten Waropen memiliki keindahan panorama yang sangat memukau. Keindahan ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Waropen. Hamparan hutan hujan yang masih alami, pantai-pantai berpasir putih, dan air laut yang jernih menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Keindahan panorama ini menjadi salah satu alasan mengapa Waropen menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Papua.

Keindahan panorama Waropen tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga memiliki makna yang lebih dalam. Keindahan alam ini menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Waropen. Hutan hujan menyediakan kayu dan hasil hutan lainnya yang menjadi sumber pendapatan utama masyarakat. Pantai dan laut menjadi sumber makanan dan mata pencaharian bagi nelayan. Keindahan alam Waropen juga menjadi sumber inspirasi bagi seniman dan budayawan setempat. Banyak karya seni dan budaya Waropen yang terinspirasi dari keindahan alam sekitar.

Pemerintah Kabupaten Waropen sangat menyadari pentingnya keindahan panorama bagi perkembangan pariwisata di daerahnya. Pemerintah daerah terus berupaya untuk melestarikan dan menjaga keindahan alam Waropen. Pemerintah juga terus membangun infrastruktur dan fasilitas wisata untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan Waropen. Keindahan panorama Waropen merupakan aset yang sangat berharga bagi daerah ini. Keindahan ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat.

Kebersihan lingkungan – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang mendukung perkembangan tempat wisata di Kabupaten Waropen. Lingkungan yang bersih dan asri akan membuat wisatawan merasa nyaman dan betah selama berkunjung. Selain itu, lingkungan yang bersih juga akan memberikan kesan positif bagi wisatawan dan membuat mereka ingin kembali lagi ke Waropen.

Pemerintah Kabupaten Waropen sangat menyadari pentingnya kebersihan lingkungan bagi perkembangan pariwisata di daerahnya. Pemerintah daerah terus berupaya untuk menjaga kebersihan lingkungan di tempat-tempat wisata. Pemerintah juga terus mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kepada masyarakat setempat.

Masyarakat setempat juga memiliki peran yang penting dalam menjaga kebersihan lingkungan di tempat-tempat wisata. Masyarakat setempat dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman, dan tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak lingkungan.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat membuat tempat wisata di Kabupaten Waropen menjadi lebih menarik dan nyaman bagi wisatawan. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan pariwisata di Waropen dan akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Keamanan terjamin – Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Keamanan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam pengembangan tempat wisata. Wisatawan ingin merasa aman dan nyaman saat berkunjung ke suatu tempat wisata. Kabupaten Waropen merupakan salah satu daerah di Papua yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Waropen.

Pemerintah Kabupaten Waropen sangat memperhatikan keamanan di tempat-tempat wisata. Pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak keamanan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tempat-tempat wisata. Selain itu, masyarakat setempat juga ikut berperan dalam menjaga keamanan di lingkungan mereka.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Manokwari Selatan: Jelajah Alam, Budaya, dan Sejarah yang Menakjubkan

Dengan adanya jaminan keamanan, wisatawan dapat merasa tenang dan nyaman saat berkunjung ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Waropen. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Waropen, kekayaan budaya Waropen, dan sejarah Waropen tanpa harus khawatir akan keselamatan mereka.

Pertanyaan Umum tentang Tempat Wisata Kabupaten Waropen

Sebelum berkunjung ke tempat wisata di Kabupaten Waropen, ada baiknya untuk mengetahui beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah Kabupaten Waropen aman untuk dikunjungi?

Ya, Kabupaten Waropen merupakan daerah yang aman untuk dikunjungi. Pemerintah daerah dan masyarakat setempat sangat memperhatikan keamanan di tempat-tempat wisata. Wisatawan dapat merasa tenang dan nyaman saat berkunjung ke Waropen.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menuju ke Kabupaten Waropen?

Kabupaten Waropen dapat diakses melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh dari Kota Jayapura dengan waktu tempuh sekitar 6-8 jam. Jalur laut dapat ditempuh dari Kota Jayapura dengan waktu tempuh sekitar 4-6 jam. Jalur udara dapat ditempuh dari Kota Jayapura dan beberapa kota lainnya di Papua.

Pertanyaan 3: Apa saja tempat wisata yang menarik di Kabupaten Waropen?

Kabupaten Waropen memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Pulau Auri, Danau Waropen, Kampung Adat Mankiwa, Museum Saireri, Benteng Kwatisore, dan Monumen Perjuangan Rakyat Waropen.

Pertanyaan 4: Apakah biaya wisata di Kabupaten Waropen mahal?

Tidak, biaya wisata di Kabupaten Waropen relatif terjangkau. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Waropen, kekayaan budaya Waropen, dan sejarah Waropen tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mendapatkan informasi lebih lanjut tentang tempat wisata di Kabupaten Waropen?

Informasi lebih lanjut tentang tempat wisata di Kabupaten Waropen dapat diperoleh dari Dinas Pariwisata Kabupaten Waropen atau dari situs web resmi Kabupaten Waropen.

Pertanyaan 6: Apa pesan terakhir yang ingin disampaikan?

Kabupaten Waropen memiliki potensi wisata yang sangat besar. Keindahan alamnya yang masih alami, kekayaan budayanya yang beragam, dan sejarahnya yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pemerintah daerah dan masyarakat setempat terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata di Waropen. Ayo, kunjungi Kabupaten Waropen dan nikmati keindahannya!

Dengan adanya informasi ini, semoga dapat membantu wisatawan dalam merencanakan perjalanan wisata ke Kabupaten Waropen. Waropen siap menyambut wisatawan dengan keindahan alamnya, kekayaan budayanya, dan sejarahnya.

Selain menjawab pertanyaan umum, wisatawan juga dapat mencari informasi lebih lanjut tentang tempat wisata di Kabupaten Waropen melalui internet atau media sosial. Dengan sedikit persiapan, wisatawan dapat menikmati perjalanan wisata yang menyenangkan dan berkesan di Kabupaten Waropen.

Tips Berwisata di Kabupaten Waropen

Kabupaten Waropen memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Agar perjalanan wisata Anda semakin menyenangkan, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Rencanakan perjalanan Anda dengan baik

Sebelum berangkat, rencanakan perjalanan Anda dengan baik. Tentukan tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, cari tahu cara menuju ke sana, dan pesan akomodasi jika diperlukan. Dengan perencanaan yang matang, perjalanan wisata Anda akan lebih efisien dan menyenangkan.

Tip 2: Bawa perlengkapan yang diperlukan

Bawa perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan wisata Anda, seperti pakaian yang nyaman, sepatu yang kuat, kamera, dan obat-obatan pribadi. Jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas di alam terbuka, seperti trekking atau snorkeling, bawalah perlengkapan yang sesuai.

Tip 3: Hormati budaya setempat

Hormati budaya setempat selama perjalanan wisata Anda. Berpakaianlah dengan sopan, bersikaplah ramah, dan ikuti adat istiadat setempat. Dengan menghormati budaya setempat, Anda akan membuat pengalaman wisata Anda lebih berkesan dan bermakna.

Tip 4: Bijak dalam menggunakan uang

Bijaklah dalam menggunakan uang selama perjalanan wisata Anda. Tetapkan anggaran dan patuhi anggaran tersebut. Cari tahu harga barang dan jasa sebelum membeli atau menggunakannya. Dengan bijak menggunakan uang, Anda dapat menikmati perjalanan wisata Anda tanpa khawatir menghabiskan terlalu banyak uang.

Tip 5: Jaga kesehatan dan keselamatan

Jaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan wisata Anda. Minumlah banyak air, makan makanan yang sehat, dan cukup istirahat. Hindari aktivitas yang dapat membahayakan Anda, seperti berenang di perairan yang berbahaya atau mendaki gunung tanpa pemandu yang berpengalaman. Dengan menjaga kesehatan dan keselamatan, Anda dapat menikmati perjalanan wisata Anda dengan tenang dan nyaman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk perjalanan wisata yang menyenangkan dan berkesan di Kabupaten Waropen. Selamat berwisata!

Kesimpulan

Kabupaten Waropen memiliki potensi wisata yang sangat besar. Keindahan alamnya yang masih alami, kekayaan budayanya yang beragam, dan sejarahnya yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pemerintah daerah dan masyarakat setempat terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata di Waropen.

Ayo, kunjungi Kabupaten Waropen dan nikmati keindahannya! Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan dan berkesan di Waropen. Waropen siap menyambut Anda dengan keindahan alamnya, kekayaan budayanya, dan sejarahnya.

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Jelajahi Surga Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya adalah destinasi wisata yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten …