Pesona Pariwisata Parigi Moutong: Surga Tersembunyi Sulawesi Tengah


Pesona Pariwisata Parigi Moutong: Surga Tersembunyi Sulawesi Tengah

Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong adalah destinasi wisata yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki beragam tempat wisata alam, seperti pantai, air terjun, dan danau yang indah.

Beberapa tempat wisata yang populer di Kabupaten Parigi Moutong antara lain Pantai Parigi, Air Terjun Saluopa, dan Danau Poso. Pantai Parigi merupakan pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Air Terjun Saluopa memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Selain tempat wisata alam, Kabupaten Parigi Moutong juga memiliki beberapa tempat wisata budaya, seperti Museum Karawo dan Benteng Otanaha. Museum Karawo merupakan museum yang menyimpan koleksi kain karawo, yaitu kain tradisional khas Parigi Moutong. Benteng Otanaha merupakan benteng peninggalan Kerajaan Moutong yang dibangun pada abad ke-16.

Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Kabupaten Parigi Moutong memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu Anda ketahui tentang tempat wisata di Parigi Moutong:

  • Pantai yang indah
  • Air terjun yang menakjubkan
  • Danau yang memesona
  • Budaya yang unik
  • Sejarah yang panjang
  • Kuliner yang lezat
  • Akses yang mudah
  • Harga yang terjangkau
  • Keramahan penduduk
  • Keselamatan dan keamanan

Dengan begitu banyak hal yang ditawarkan, tidak heran jika Parigi Moutong menjadi tujuan wisata yang populer. Apakah Anda mencari pantai yang indah untuk bersantai, air terjun yang menakjubkan untuk dijelajahi, atau danau yang memesona untuk memancing, Parigi Moutong adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Pantai yang indah

Pantai yang indah merupakan salah satu daya tarik utama Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Dengan garis pantainya yang panjang dan pasir putihnya yang lembut, pantai-pantai di Parigi Moutong menawarkan tempat yang sempurna untuk bersantai, berenang, dan menikmati keindahan alam.

  • Pantai Parigi merupakan salah satu pantai terpopuler di Parigi Moutong. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat berenang, berjemur, atau sekadar bersantai di tepi pantai.
  • Pantai Moutong merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Moutong. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan cocok untuk berenang dan snorkeling. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di pantai ini.
  • Pantai Salopa merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Salopa. Pantai ini memiliki pasir hitam yang unik dan ombak yang cukup besar. Pengunjung dapat berselancar atau sekadar menikmati pemandangan pantai yang indah.
  • Pantai Donggala merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Donggala. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat berenang, berjemur, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

Keindahan pantai-pantai di Parigi Moutong menjadikannya tujuan wisata yang populer. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, berenang, berjemur, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Pantai-pantai di Parigi Moutong merupakan tempat yang sempurna untuk liburan yang menyenangkan dan menyegarkan.

Air terjun yang menakjubkan – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Kabupaten Parigi Moutong memiliki banyak air terjun yang menakjubkan, menjadikannya tujuan wisata yang populer bagi pecinta alam. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan tempat yang sempurna untuk menyegarkan diri dari panasnya daerah tropis.

Salah satu air terjun yang paling populer di Parigi Moutong adalah Air Terjun Saluopa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Pengunjung dapat berenang di kolam alami di bawah air terjun atau sekadar menikmati pemandangan dari atas.

Air terjun lainnya yang patut dikunjungi di Parigi Moutong adalah Air Terjun Tinombo. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat dengan ketinggian total sekitar 100 meter. Pengunjung dapat mendaki ke tingkat yang berbeda dan menikmati pemandangan air terjun dari berbagai sudut.

Selain Air Terjun Saluopa dan Tinombo, masih banyak air terjun lainnya yang dapat dikunjungi di Parigi Moutong, seperti Air Terjun Tahi Lamo, Air Terjun Uwelinta, dan Air Terjun Matantimali. Masing-masing air terjun memiliki keunikan tersendiri dan menawarkan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung.

Baca Juga:  Nikmati Pesona Balikpapan: Destinasi Wisata Impian Terungkap!

Keberadaan air terjun yang menakjubkan di Parigi Moutong menjadikannya tujuan wisata yang populer. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah, tempat yang sempurna untuk bersantai, dan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Danau yang memesona – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Kabupaten Parigi Moutong memiliki danau yang memesona yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satu danau yang paling populer adalah Danau Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Danau Poso memiliki air yang jernih dan tenang, dikelilingi oleh perbukitan hijau yang subur. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan berenang, berperahu, atau sekadar bersantai di tepi danau. Danau Poso juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk memancing.

Selain Danau Poso, terdapat beberapa danau lainnya di Parigi Moutong yang juga patut dikunjungi, seperti Danau Tambing, Danau Sidodadi, dan Danau Rano. Danau-danau ini memiliki keindahan yang berbeda-beda, menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung.

Keberadaan danau yang memesona di Parigi Moutong menjadikannya tujuan wisata yang populer. Danau-danau ini menawarkan pemandangan yang indah, tempat yang sempurna untuk bersantai, dan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Budaya yang unik – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Budaya yang unik merupakan salah satu daya tarik utama Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Dengan beragam suku dan adat istiadat, Parigi Moutong menawarkan pengalaman budaya yang kaya dan berkesan bagi wisatawan.

Salah satu suku yang paling terkenal di Parigi Moutong adalah suku Pamona. Suku Pamona memiliki budaya yang unik, seperti rumah adat yang disebut “sojol”, tarian tradisional yang disebut “maveka”, dan upacara adat yang disebut “mombeka”. Wisatawan dapat mengunjungi desa-desa adat suku Pamona untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan tradisi mereka.

Selain suku Pamona, terdapat beberapa suku lainnya di Parigi Moutong, seperti suku Tolaki, suku Kaili, dan suku Bugis. Masing-masing suku memiliki budaya dan tradisi yang berbeda, sehingga Parigi Moutong menjadi tujuan wisata yang sangat kaya akan keberagaman budaya.

Budaya yang unik di Parigi Moutong juga tercermin dalam berbagai acara dan festival budaya yang diadakan sepanjang tahun. Acara-acara ini menampilkan pertunjukan seni tradisional, musik, dan tari, serta pameran kerajinan tangan dan kuliner khas Parigi Moutong.

Sejarah yang panjang

Kabupaten Parigi Moutong memiliki sejarah yang panjang dan kaya, yang telah membentuk budaya dan tradisi masyarakatnya, serta meninggalkan warisan yang dapat dilihat dalam berbagai tempat wisata di daerah tersebut.

  • Situs Arkeologi
    Parigi Moutong memiliki beberapa situs arkeologi yang menunjukkan sejarah panjang daerah tersebut. Salah satu situs yang paling terkenal adalah situs megalitik di Desa Bada. Situs ini berisi ratusan batu besar yang diyakini berasal dari zaman prasejarah.
  • Bangunan Bersejarah
    Parigi Moutong juga memiliki beberapa bangunan bersejarah yang berasal dari masa kolonial Belanda. Bangunan-bangunan ini termasuk Benteng Otanaha di Desa Otanaha dan Kantor Bupati Lama di Kota Parigi.
  • Tradisi Lisan
    Masyarakat Parigi Moutong memiliki tradisi lisan yang kuat, yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Tradisi lisan ini mencakup cerita rakyat, legenda, dan mitos, yang memberikan wawasan tentang sejarah dan budaya masyarakat Parigi Moutong.
  • Upacara Adat
    Parigi Moutong memiliki beragam upacara adat yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Upacara-upacara ini mencerminkan tradisi dan kepercayaan masyarakat Parigi Moutong, dan menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk mengalami budaya daerah tersebut secara langsung.

Sejarah yang panjang dan kaya dari Kabupaten Parigi Moutong telah meninggalkan warisan yang kaya dalam bentuk tempat-tempat wisata budaya dan sejarah. Tempat-tempat wisata ini menawarkan wawasan tentang masa lalu daerah tersebut dan memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengalami budaya masyarakat Parigi Moutong secara langsung.

Kuliner yang lezat – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Kuliner yang lezat merupakan salah satu daya tarik utama Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Dengan beragam kuliner khas yang menggugah selera, Parigi Moutong menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Salah satu kuliner khas Parigi Moutong yang paling terkenal adalah ikan bakar. Ikan bakar di Parigi Moutong biasanya dibumbui dengan bumbu khas yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kemiri. Ikan bakar disajikan dengan nasi putih dan sambal, sehingga menciptakan perpaduan rasa yang sangat lezat.

Selain ikan bakar, terdapat beberapa kuliner khas Parigi Moutong lainnya yang patut dicoba, seperti nasi kuning, lawa, dan sate. Nasi kuning adalah nasi yang dimasak dengan kunyit dan santan, sehingga memiliki warna kuning yang khas. Nasi kuning biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti telur rebus, ayam goreng, dan ikan asin. Lawa adalah makanan khas Parigi Moutong yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan kelapa parut, cabai, dan rempah-rempah. Sate adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging yang ditusuk dan dibakar. Sate di Parigi Moutong biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam.Keberadaan kuliner yang lezat di Parigi Moutong menjadikannya tujuan wisata yang populer. Kuliner khas Parigi Moutong menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan tak terlupakan bagi wisatawan.

Baca Juga:  Jelajahi Pesona Tempat Wisata Kota Ambon yang Tak Terlupakan

Akses yang mudah – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Salah satu daya tarik utama Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong adalah aksesnya yang mudah. Kabupaten ini memiliki infrastruktur yang baik, sehingga memudahkan wisatawan untuk mencapai berbagai tempat wisata yang ada.

Wisatawan dapat mencapai Parigi Moutong melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh melalui jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Parigi Moutong dengan kota-kota besar lainnya di Sulawesi. Jalur laut dapat ditempuh melalui Pelabuhan Parigi yang melayani kapal penumpang dan kapal feri. Jalur udara dapat ditempuh melalui Bandara Torabelo yang melayani penerbangan dari dan ke beberapa kota besar di Indonesia.

Selain akses yang mudah, Kabupaten Parigi Moutong juga memiliki fasilitas pendukung pariwisata yang baik, such as as hotel, restoran, dan tempat hiburan. Hal ini tentu sangat memudahkan wisatawan untuk menikmati liburan mereka di Parigi Moutong.

Harga yang terjangkau

Salah satu alasan yang menjadikan Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong begitu menarik adalah harganya yang terjangkau. Dengan biaya yang relatif murah, Anda dapat menikmati berbagai tempat wisata yang indah dan menakjubkan di Parigi Moutong.

  • Transportasi

    Biaya transportasi di Parigi Moutong sangat terjangkau. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan dengan harga yang relatif murah. Selain itu, banyak tempat wisata yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda.

  • Akomodasi

    Tersedia berbagai pilihan akomodasi di Parigi Moutong, mulai dari hotel mewah hingga guesthouse yang ramah anggaran. Anda dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

  • Makanan dan minuman

    Makanan dan minuman di Parigi Moutong sangat terjangkau. Anda dapat menikmati makanan lezat dengan harga yang ramah kantong. Ada banyak warung makan dan restoran yang menawarkan berbagai pilihan kuliner.

  • Tiket masuk tempat wisata

    Tiket masuk ke tempat wisata di Parigi Moutong juga sangat terjangkau. Anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan berkesan di Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan Anda ke Parigi Moutong dan nikmati keindahan alamnya yang menakjubkan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Keramahan Penduduk – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Salah satu aspek yang membuat Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong begitu menarik adalah keramahan penduduknya. Masyarakat Parigi Moutong terkenal dengan sikapnya yang ramah dan bersahabat terhadap wisatawan. Mereka selalu bersedia membantu dan memberikan informasi kepada wisatawan yang membutuhkan.

Keramahan penduduk Parigi Moutong sangat penting bagi perkembangan pariwisata di daerah tersebut. Penduduk setempat berperan sebagai duta wisata yang mempromosikan keindahan alam dan budaya Parigi Moutong kepada wisatawan. Mereka juga membantu menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat, sehingga wisatawan merasa betah dan ingin kembali berkunjung.

Selain itu, keramahan penduduk Parigi Moutong juga berdampak positif pada perekonomian daerah. Dengan adanya wisatawan yang merasa nyaman dan senang berkunjung, maka akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Parigi Moutong. Hal ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat, terutama yang bergerak di bidang pariwisata, such as as hotel, restoran, dan tempat wisata.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa keramahan penduduk merupakan salah satu faktor penting yang mendukung perkembangan pariwisata di Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Masyarakat Parigi Moutong yang ramah dan bersahabat menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat, sehingga wisatawan merasa betah dan ingin kembali berkunjung.

Keselamatan dan keamanan – Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Keamanan dan keselamatan merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan pariwisata di Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Pariwisata yang aman dan nyaman akan menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung, sehingga berdampak positif pada perekonomian daerah.

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan dan keselamatan wisatawan. Salah satu langkah tersebut adalah dengan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Pariwisata. TRC Pariwisata bertugas untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada wisatawan yang mengalami masalah atau membutuhkan bantuan selama berada di Parigi Moutong.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong juga bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk meningkatkan keamanan di tempat-tempat wisata. Patroli rutin dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan memastikan keamanan wisatawan.

Baca Juga:  Jelajahi Pesona Purwakarta: Destinasi Wisata yang Menjanjikan

Selain upaya dari pemerintah, masyarakat setempat juga berperan penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan. Masyarakat Parigi Moutong dikenal ramah dan bersahabat, sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman saat berkunjung.

Dengan adanya jaminan keamanan dan keselamatan, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan budaya Parigi Moutong dengan tenang dan nyaman. Hal ini akan meningkatkan citra positif Parigi Moutong sebagai tujuan wisata yang aman dan layak dikunjungi.

Pertanyaan Umum tentang Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong

Bagi Anda yang ingin menjelajahi pesona Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong, berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang mungkin terlintas di benak Anda. Yuk, simak jawabannya untuk mempersiapkan liburan Anda dengan lebih baik!

Pertanyaan 1: Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Parigi Moutong?

Jawaban: Parigi Moutong kaya akan destinasi wisata alam yang memukau, mulai dari pantai berpasir putih seperti Pantai Parigi dan Pantai Moutong, air terjun yang indah seperti Air Terjun Saluopa dan Air Terjun Tinombo, hingga danau yang memesona seperti Danau Poso dan Danau Tambing. Jangan lewatkan juga pesona budaya setempat dengan mengunjungi desa-desa adat atau menyaksikan pertunjukan seni tradisional.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menuju ke Parigi Moutong?

Jawaban: Anda dapat menempuh jalur darat melalui jalan Trans Sulawesi, jalur laut melalui Pelabuhan Parigi, atau jalur udara melalui Bandara Torabelo. Akses yang mudah ini membuat Parigi Moutong dapat dijangkau dari berbagai daerah.

Pertanyaan 3: Apakah biaya wisata di Parigi Moutong mahal?

Jawaban: Salah satu keunggulan berwisata ke Parigi Moutong adalah harganya yang terjangkau. Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Transportasi, akomodasi, dan makanan tersedia dengan harga yang ramah kantong.

Pertanyaan 4: Apakah masyarakat di Parigi Moutong ramah terhadap wisatawan?

Jawaban: Masyarakat Parigi Moutong terkenal dengan keramahan dan sikap bersahabatnya. Mereka dengan senang hati membantu wisatawan yang membutuhkan informasi atau bantuan. Suasana yang nyaman dan bersahabat ini akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Pertanyaan 5: Apakah Parigi Moutong aman untuk dikunjungi?

Jawaban: Keamanan dan keselamatan wisatawan menjadi prioritas di Parigi Moutong. Pemerintah daerah telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) Pariwisata dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan di tempat-tempat wisata. Anda dapat menikmati liburan dengan tenang dan nyaman.

Pertanyaan 6: Apa saja tips untuk merencanakan perjalanan ke Parigi Moutong?

Jawaban: Sebelum berlibur ke Parigi Moutong, disarankan untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, termasuk transportasi, akomodasi, dan perkiraan biaya. Bawa pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas wisata yang akan dilakukan. Hormati adat istiadat setempat dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menikmati pesona Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Selamat berlibur dan ciptakan kenangan indah di surga tropis Sulawesi Tengah ini!

Jelajahi pesona Parigi Moutong lebih dalam dengan membaca artikel selanjutnya.

Tips Jelajahi Pesona Parigi Moutong

Bersiaplah untuk terpukau oleh keindahan alam dan budaya Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan pengalaman perjalanan Anda:

Tip 1: Rancang Perjalanan dengan Saksama

Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, tentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi dan alokasikan waktu yang cukup untuk setiap destinasi. Riset tentang tempat wisata, transportasi, dan akomodasi untuk memastikan perjalanan yang lancar.

Tip 2: Nikmati Alam yang Menakjubkan

Parigi Moutong dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Jelajahi pantai berpasir putih, kagumi air terjun yang menawan, dan berlayarlah di danau yang tenang. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen menakjubkan ini.

Tip 3: Rasakan Budaya Lokal

Kagumi kekayaan budaya Parigi Moutong dengan mengunjungi desa adat, menyaksikan pertunjukan seni tradisional, dan mencicipi kuliner lokal yang menggugah selera. Interaksi dengan masyarakat setempat akan memperkaya pengalaman perjalanan Anda.

Tip 4: Hormati Alam dan Budaya

Hormatilah alam dan budaya setempat. Buang sampah pada tempatnya, hindari merusak lingkungan, dan bersikap sopan kepada masyarakat sekitar. Sikap yang baik akan membuat perjalanan Anda lebih berkesan dan menyenangkan.

Tip 5: Cari Pengalaman Unik

Selain destinasi wisata populer, carilah pengalaman unik yang ditawarkan Parigi Moutong. Jelajahi gua yang tersembunyi, nikmati wisata kuliner di pasar lokal, atau berinteraksi dengan satwa liar di habitat aslinya.

Jadilah wisatawan yang bijak dan bertanggung jawab. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan pesona Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong dan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan.

Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong, Pesona yang Tak Terlupakan

Pesona Tempat Wisata Kabupaten Parigi Moutong telah kita bahas bersama. Keindahan alamnya yang memukau, budaya lokalnya yang kaya, dan masyarakatnya yang ramah menjadi daya tarik tersendiri yang sulit ditolak. Kini saatnya bagi Anda untuk merencanakan perjalanan dan menyaksikan sendiri keajaiban Parigi Moutong.

Jadilah bagian dari cerita yang akan Anda kenang seumur hidup. Jelajahi pesona Parigi Moutong, nikmati keindahannya, dan bawa pulang kenangan yang tak ternilai. Kabupaten ini menanti Anda dengan tangan terbuka, siap menyambut Anda dengan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Bondowoso

Pesona Wisata Bondowoso, Surga Tersembunyi yang Menanti untuk Dijelajahi

Tempat Wisata Kabupaten Bondowoso adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kabupaten …