Tempat Wisata Mahakam Ulu: Pesona Alam dan Budaya yang Memikat


Tempat Wisata Mahakam Ulu: Pesona Alam dan Budaya yang Memikat

Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu adalah destinasi wisata yang terletak di Kalimantan Timur, Indonesia. Kabupaten ini memiliki berbagai macam tempat wisata alam yang indah, seperti air terjun, sungai, dan pegunungan. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Kabupaten Mahakam Ulu adalah Air Terjun Jantur.

Selain wisata alam, Kabupaten Mahakam Ulu juga memiliki beberapa tempat wisata budaya, seperti rumah adat Lamin dan Museum Lamin. Rumah adat Lamin merupakan rumah tradisional masyarakat Dayak Kenyah yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Museum Lamin menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah dan budaya masyarakat Dayak Kenyah.

Kabupaten Mahakam Ulu memiliki potensi besar untuk pengembangan wisata. Hal ini didukung oleh keindahan alam dan budaya yang unik. Pemerintah daerah setempat juga terus berupaya untuk mengembangkan sektor wisata, seperti dengan membangun infrastruktur dan promosi wisata. Pengembangan wisata diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur menyimpan banyak pesona wisata alam dan budaya. Berikut adalah 8 aspek penting yang akan membuat Anda terpesona:

  • Air terjun yang indah
  • Sungai yang jernih
  • Pegunungan yang menawan
  • Budaya Dayak yang unik
  • Rumah adat Lamin yang bersejarah
  • Museum Lamin yang menyimpan koleksi benda-benda budaya
  • Potensi wisata yang besar
  • Dukungan pemerintah untuk pengembangan wisata

Pesona alam Kabupaten Mahakam Ulu dapat dilihat dari air terjunnya yang indah, seperti Air Terjun Jantur yang terkenal. Sungai-sungainya yang jernih, seperti Sungai Mahakam, menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam sambil menyusuri sungai. Pegunungannya yang menawan, seperti Pegunungan Muller, memberikan pemandangan yang menakjubkan dan menjadi tempat yang tepat untuk hiking dan berkemah.

Budaya Dayak yang unik menjadi daya tarik tersendiri di Kabupaten Mahakam Ulu. Rumah adat Lamin yang menjadi ciri khas masyarakat Dayak Kenyah memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Museum Lamin menyimpan berbagai koleksi benda-benda budaya Dayak Kenyah, seperti pakaian adat, peralatan tradisional, dan senjata.

Kabupaten Mahakam Ulu memiliki potensi wisata yang besar, didukung oleh keindahan alam dan budaya yang dimilikinya. Pemerintah daerah setempat juga memberikan dukungan untuk pengembangan wisata, seperti dengan membangun infrastruktur dan promosi wisata. Pengembangan wisata diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Air terjun yang indah – Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur menyimpan banyak pesona wisata alam, salah satunya adalah air terjun yang indah. Air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Salah satu air terjun yang terkenal di Kabupaten Mahakam Ulu adalah Air Terjun Jantur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang membuat pemandangannya semakin indah.

Selain Air Terjun Jantur, ada juga beberapa air terjun lainnya yang tidak kalah indah di Kabupaten Mahakam Ulu, seperti Air Terjun Long Bagun, Air Terjun Long Pahangai, dan Air Terjun Long Apari. Air terjun-air terjun ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada yang memiliki ketinggian yang tinggi, ada juga yang memiliki debit air yang besar. Namun, semuanya memiliki keindahan yang sama.

Kehadiran air terjun yang indah di Kabupaten Mahakam Ulu menambah daya tarik wisata di daerah ini. Air terjun ini menjadi tempat yang tepat untuk refreshing dan menikmati keindahan alam. Selain itu, air terjun ini juga bisa menjadi tempat untuk melakukan aktivitas olahraga, seperti arung jeram dan panjat tebing.

Sungai yang jernih – Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Sungai yang jernih menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Keberadaan sungai-sungai yang jernih ini menambah keindahan alam di daerah ini dan menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik.

  • Sungai untuk transportasi
    Sungai-sungai yang jernih di Kabupaten Mahakam Ulu menjadi jalur transportasi yang penting bagi masyarakat setempat. Sungai Mahakam, sungai terbesar di Kalimantan Timur, membentang sepanjang kabupaten ini dan menjadi jalur transportasi utama. Selain Sungai Mahakam, ada juga beberapa sungai lain yang bisa dilayari, seperti Sungai Belayan, Sungai Jantur, dan Sungai Long Pahangai.
  • Sungai untuk wisata
    Keindahan sungai-sungai yang jernih di Kabupaten Mahakam Ulu juga menarik minat wisatawan. Sungai-sungai ini menjadi tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas wisata, seperti berperahu, memancing, dan berenang. Arus sungai yang tenang dan airnya yang jernih membuat aktivitas wisata ini semakin menyenangkan.
  • Sungai untuk sumber air
    Sungai-sungai yang jernih di Kabupaten Mahakam Ulu juga menjadi sumber air yang penting bagi masyarakat setempat. Air sungai digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk minum, mandi, mencuci, dan mengairi sawah. Kejernihan air sungai menunjukkan bahwa kualitas airnya masih baik dan belum tercemar.
  • Sungai untuk habitat ikan
    Sungai-sungai yang jernih di Kabupaten Mahakam Ulu menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan. Ikan-ikan ini menjadi sumber protein bagi masyarakat setempat dan juga menjadi daya tarik wisata. Wisatawan dapat memancing ikan di sungai-sungai ini atau sekadar mengamati keindahan ikan-ikan yang berenang di air yang jernih.
Baca Juga:  Kuantan Singingi: Destinasi Wisata Alam dan Budaya yang Menjanjikan

Keberadaan sungai-sungai yang jernih di Kabupaten Mahakam Ulu menambah pesona wisata di daerah ini. Sungai-sungai ini menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat. Kejernihan air sungai juga menunjukkan bahwa kualitas lingkungan di daerah ini masih terjaga dengan baik.

Pegunungan yang menawan

Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur menyimpan banyak pesona wisata. Salah satunya adalah pegunungan yang menawan. Pegunungan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Keindahan pegunungan ini tak kalah dengan pesona wisata lainnya di Kabupaten Mahakam Ulu.

  • Keindahan alam
    Pegunungan yang menawan di Kabupaten Mahakam Ulu memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pemandangannya yang indah dapat dinikmati dari berbagai sudut. Keindahan alam ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.
  • Tempat hiking dan berkemah
    Pegunungan yang menawan di Kabupaten Mahakam Ulu menjadi tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas hiking dan berkemah. Aktivitas ini sangat cocok dilakukan bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan petualangan. Selama melakukan hiking dan berkemah, wisatawan dapat menikmati keindahan alam pegunungan dari dekat.
  • Habitat flora dan fauna
    Pegunungan yang menawan di Kabupaten Mahakam Ulu menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna. Keanekaragaman flora dan fauna ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai wisata alam. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan hewan di pegunungan ini.
  • Sumber mata air
    Pegunungan yang menawan di Kabupaten Mahakam Ulu menjadi sumber mata air bagi masyarakat sekitar. Mata air ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk minum, mandi, dan mengairi sawah. Keberadaan mata air ini sangat penting bagi masyarakat sekitar.

Pegunungan yang menawan di Kabupaten Mahakam Ulu menambah pesona wisata di daerah ini. Keindahan alamnya yang luar biasa, cocok untuk aktivitas hiking dan berkemah, menjadi habitat flora dan fauna, serta menjadi sumber mata air, menjadikan pegunungan ini sebagai destinasi wisata yang menarik.

Budaya Dayak yang unik

Budaya Dayak merupakan salah satu daya tarik wisata yang unik di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Keunikan budaya Dayak ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian adat, dan upacara adat.

  • Rumah adat Lamin

    Rumah adat Lamin merupakan rumah tradisional masyarakat Dayak Kenyah yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Rumah adat ini biasanya terbuat dari kayu ulin yang kuat dan tahan lama, dan berbentuk panggung dengan atap yang terbuat dari daun rumbia. Rumah adat Lamin dapat menampung hingga ratusan orang dan menjadi tempat tinggal bersama bagi beberapa keluarga.

  • Pakaian adat Dayak

    Pakaian adat Dayak sangat unik dan berwarna-warni. Pakaian adat ini biasanya terbuat dari kain tenun dengan motif-motif khas Dayak. Untuk pakaian adat pria, biasanya terdiri dari baju lengan pendek, celana panjang, dan penutup kepala. Sedangkan untuk pakaian adat wanita, biasanya terdiri dari baju lengan panjang, rok panjang, dan selendang.

  • Tarian adat Dayak

    Tarian adat Dayak sangat beragam dan memiliki makna yang berbeda-beda. Beberapa tarian adat Dayak yang terkenal antara lain Tari Kancet Papatai, Tari Hudoq, dan Tari Gong. Tarian-tarian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara adat, seperti pesta panen, pernikahan, dan pemakaman.

  • Upacara adat Dayak

    Upacara adat Dayak juga sangat beragam dan memiliki makna yang penting bagi masyarakat Dayak. Beberapa upacara adat Dayak yang terkenal antara lain Ngayau, Mamat, dan Tiwah. Upacara-upacara ini biasanya dilakukan untuk memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan masyarakat Dayak, seperti kelahiran, pernikahan, dan kematian.

Baca Juga:  Temukan Pesona Tersembunyi Kabupaten Minahasa: Panduan Wisata yang Tak Terlupakan

Budaya Dayak yang unik ini menjadi daya tarik wisata yang kuat di Kabupaten Mahakam Ulu. Wisatawan dapat mengunjungi rumah adat Lamin, melihat pertunjukan tari adat Dayak, dan mengikuti upacara adat Dayak. Pengalaman ini akan memberikan wisatawan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya Dayak yang unik dan kaya.

Rumah adat Lamin yang bersejarah

Rumah adat Lamin yang bersejarah menjadi daya tarik wisata yang unik di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Rumah adat ini merupakan warisan budaya masyarakat Dayak Kenyah yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

  • Simbol budaya Dayak Kenyah

    Rumah adat Lamin merupakan simbol budaya masyarakat Dayak Kenyah. Rumah adat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga sebagai tempat berkumpul, bermusyawarah, dan melakukan upacara adat.

  • Arsitektur yang unik

    Rumah adat Lamin memiliki arsitektur yang unik dan khas. Rumah adat ini biasanya terbuat dari kayu ulin yang kuat dan tahan lama, dan berbentuk panggung dengan atap yang terbuat dari daun rumbia. Rumah adat Lamin dapat menampung hingga ratusan orang dan menjadi tempat tinggal bersama bagi beberapa keluarga.

  • Tempat wisata budaya

    Rumah adat Lamin menjadi tempat wisata budaya yang menarik di Kabupaten Mahakam Ulu. Wisatawan dapat mengunjungi rumah adat Lamin, melihat arsitekturnya yang unik, dan belajar tentang budaya masyarakat Dayak Kenyah.

  • Potensi pengembangan wisata

    Rumah adat Lamin memiliki potensi pengembangan wisata yang besar. Wisatawan dapat menginap di rumah adat Lamin, mengikuti kegiatan adat, dan belajar tentang budaya Dayak Kenyah. Pengembangan wisata ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Rumah adat Lamin yang bersejarah merupakan bagian penting dari Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu. Rumah adat ini menjadi simbol budaya Dayak Kenyah, memiliki arsitektur yang unik, menjadi tempat wisata budaya yang menarik, dan memiliki potensi pengembangan wisata yang besar.

Museum Lamin yang menyimpan koleksi benda-benda budaya – Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Museum Lamin merupakan salah satu tempat wisata budaya yang menarik di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda budaya masyarakat Dayak Kenyah, seperti pakaian adat, peralatan tradisional, dan senjata.

Keberadaan Museum Lamin sangat penting bagi pengembangan wisata di Kabupaten Mahakam Ulu. Museum ini menjadi tempat untuk menyimpan, melestarikan, dan memamerkan kekayaan budaya masyarakat Dayak Kenyah. Dengan adanya museum ini, wisatawan dapat mempelajari dan mengenal lebih dalam tentang budaya Dayak Kenyah.

Selain itu, Museum Lamin juga berperan sebagai pusat penelitian dan pendidikan budaya Dayak Kenyah. Museum ini bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan peneliti untuk melakukan penelitian dan dokumentasi tentang budaya Dayak Kenyah. Hasil penelitian dan dokumentasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan dan bahan ajar tentang budaya Dayak Kenyah.

Dengan demikian, Museum Lamin yang menyimpan koleksi benda-benda budaya memiliki peran penting dalam pengembangan wisata di Kabupaten Mahakam Ulu. Museum ini menjadi tempat untuk melestarikan dan memamerkan kekayaan budaya masyarakat Dayak Kenyah, serta menjadi pusat penelitian dan pendidikan budaya Dayak Kenyah.

Potensi wisata yang besar – Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur memiliki potensi wisata yang besar. Potensi wisata ini didukung oleh keindahan alam dan budaya yang dimilikinya. Keindahan alam Kabupaten Mahakam Ulu dapat dilihat dari air terjunnya yang indah, sungai-sungainya yang jernih, dan pegunungannya yang menawan. Sementara itu, kekayaan budaya Kabupaten Mahakam Ulu dapat dilihat dari budaya Dayak yang unik, rumah adat Lamin yang bersejarah, dan Museum Lamin yang menyimpan koleksi benda-benda budaya.

Potensi wisata yang besar ini menjadi peluang bagi Kabupaten Mahakam Ulu untuk mengembangkan sektor pariwisata. Pengembangan sektor pariwisata dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Selain itu, pengembangan sektor pariwisata juga dapat membantu melestarikan keindahan alam dan budaya Kabupaten Mahakam Ulu.

Untuk mengembangkan sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu perlu melakukan beberapa upaya, seperti membangun infrastruktur, promosi wisata, dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan potensi wisata yang besar di Kabupaten Mahakam Ulu dapat terwujud menjadi kenyataan.

Dukungan pemerintah untuk pengembangan wisata – Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Dukungan pemerintah sangat penting untuk pengembangan wisata di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Dukungan ini dapat berupa pembangunan infrastruktur, promosi wisata, dan pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan bandara, akan memudahkan wisatawan untuk mengakses tempat-tempat wisata di Kabupaten Mahakam Ulu. Promosi wisata, seperti melalui media sosial dan pameran wisata, akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang potensi wisata di Kabupaten Mahakam Ulu. Pengembangan sumber daya manusia, seperti pelatihan bagi pelaku wisata, akan meningkatkan kualitas pelayanan wisata di Kabupaten Mahakam Ulu.

Dengan dukungan pemerintah, Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu dapat berkembang dengan pesat. Hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, pengembangan wisata juga dapat membantu melestarikan keindahan alam dan budaya Kabupaten Mahakam Ulu.

Pertanyaan Umum tentang Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Bagi para wisatawan yang tertarik menjelajahi pesona wisata Kabupaten Mahakam Ulu, berikut beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan:

Pertanyaan 1: Apa saja daya tarik wisata utama di Kabupaten Mahakam Ulu?

Kabupaten Mahakam Ulu menawarkan beragam pesona wisata, seperti air terjun yang indah, sungai yang jernih, pegunungan yang menawan, budaya Dayak yang unik, rumah adat Lamin yang bersejarah, dan Museum Lamin yang menyimpan koleksi benda-benda budaya.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengakses tempat wisata di Kabupaten Mahakam Ulu?

Untuk mencapai Kabupaten Mahakam Ulu, wisatawan dapat menggunakan pesawat terbang ke Bandara Melak, atau menempuh jalur darat melalui jalan darat yang menghubungkan Balikpapan dengan Kabupaten Mahakam Ulu.

Pertanyaan 3: Apakah ada akomodasi yang tersedia di Kabupaten Mahakam Ulu?

Ya, terdapat beberapa pilihan akomodasi di Kabupaten Mahakam Ulu, mulai dari hotel, guest house, hingga rumah adat Lamin yang menawarkan pengalaman menginap yang unik.

Pertanyaan 4: Apakah ada makanan khas yang wajib dicoba di Kabupaten Mahakam Ulu?

Kuliner khas Kabupaten Mahakam Ulu yang sayang untuk dilewatkan antara lain ikan bakar bumbu khas Dayak, nasi bakar daun bambu, dan kue apang yang manis dan legit.

Pertanyaan 5: Apa oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Kabupaten Mahakam Ulu?

Wisatawan dapat membawa pulang oleh-oleh khas Kabupaten Mahakam Ulu, seperti kerajinan tangan dari manik-manik, kain tenun Dayak, dan produk kopi lokal yang berkualitas tinggi.

Pertanyaan 6: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Kabupaten Mahakam Ulu?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kabupaten Mahakam Ulu adalah selama musim kemarau, yaitu sekitar bulan April hingga September, di mana cuaca cerah dan kondisi jalan lebih baik.

Dengan segala pesona wisata dan kemudahan akses yang ditawarkan, Kabupaten Mahakam Ulu siap menyambut wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan budaya yang memukau.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu yang akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Tips Menjelajahi Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Bagi wisatawan yang ingin memaksimalkan pesona wisata Kabupaten Mahakam Ulu, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

Tip 1: Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Sebelum memulai perjalanan, luangkan waktu untuk merencanakan tujuan wisata, akomodasi, dan transportasi. Kabupaten Mahakam Ulu memiliki banyak tempat wisata yang tersebar, jadi perencanaan yang matang akan memastikan pengalaman perjalanan yang efisien dan memuaskan.

Tip 2: Siapkan Peralatan yang Nyaman

Banyak tempat wisata di Kabupaten Mahakam Ulu melibatkan aktivitas alam, seperti trekking dan menyusuri sungai. Pastikan untuk membawa sepatu yang nyaman, pakaian yang menyerap keringat, dan perlengkapan dasar seperti senter dan obat-obatan pribadi.

Tip 3: Hormati Budaya Lokal

Kabupaten Mahakam Ulu memiliki budaya yang unik dan kaya. Hormati adat istiadat setempat, berpakaianlah dengan sopan, dan mintalah izin sebelum mengambil gambar atau memasuki tempat ibadah.

Tip 4: Manfaatkan Pemandu Wisata Lokal

Pemandu wisata lokal dapat memberikan wawasan berharga tentang budaya, sejarah, dan tempat wisata Kabupaten Mahakam Ulu. Mereka juga dapat membantu wisatawan menemukan tempat wisata tersembunyi dan pengalaman yang autentik.

Tip 5: Cicipi Kuliner Khas

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Kabupaten Mahakam Ulu, seperti ikan bakar bumbu Dayak, nasi bakar daun bambu, dan kue apang yang manis. Makanan lokal ini akan menambah pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Tip 6: Beli Oleh-oleh Unik

Bawa pulang kenangan dari Kabupaten Mahakam Ulu dengan membeli oleh-oleh unik, seperti kerajinan tangan dari manik-manik, kain tenun Dayak, dan produk kopi lokal yang berkualitas tinggi.

Dengan mengikuti tips ini, wisatawan dapat memaksimalkan perjalanan mereka ke Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu dan membawa pulang pengalaman yang tak terlupakan.

Pesona Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu

Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur menyimpan pesona wisata alam dan budaya yang memikat. Air terjun yang indah, sungai yang jernih, pegunungan yang menawan, budaya Dayak yang unik, rumah adat Lamin yang bersejarah, hingga Museum Lamin yang menyimpan koleksi benda-benda budaya, menjadi daya tarik yang patut dijelajahi.

Potensi wisata yang besar, didukung oleh dukungan pemerintah, menjanjikan masa depan cerah bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Mahakam Ulu. Keindahan alam dan budaya yang terjaga akan terus menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jelajahi pesona Tempat Wisata Kabupaten Mahakam Ulu, lestarikan keindahannya, dan jadilah bagian dari pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Mari kita dukung kemajuan Kabupaten Mahakam Ulu sebagai destinasi wisata unggulan yang menawarkan keindahan alam dan budaya yang tak tertandingi.

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Jelajahi Surga Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya

Tempat Wisata Kabupaten Murung Raya adalah destinasi wisata yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten …