Jelajahi Pesona Tersembunyi: Tempat Wisata di Kota Palopo


Jelajahi Pesona Tersembunyi: Tempat Wisata di Kota Palopo

Tempat wisata di Kota Palopo merupakan destinasi yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke Sulawesi Selatan. Kota Palopo menawarkan berbagai macam pilihan tempat wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Kota Palopo adalah Danau Tempe, danau terbesar di Sulawesi Selatan yang menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan dan burung.

Selain wisata alam, Kota Palopo juga memiliki beberapa situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Benteng Besse’ dan Museum Sawerigading. Benteng Besse’ merupakan benteng peninggalan Kerajaan Luwu yang dibangun pada abad ke-16, sedangkan Museum Sawerigading menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah terkait Kerajaan Luwu.

Kota Palopo juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, seperti kapurung, palumara, dan lawa. Kapurung merupakan makanan khas Palopo yang terbuat dari tepung sagu dan disajikan dengan kuah ikan. Palumara adalah sejenis bubur yang terbuat dari beras dan santan, sedangkan lawa adalah makanan yang terbuat dari daging kerbau atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah.

Tempat Wisata di Kota Palopo

Kota Palopo di Sulawesi Selatan menawarkan berbagai tempat wisata menarik, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga kuliner. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui:

  • Alam yang indah: Danau Tempe, Air Terjun Latuppa, Gunung Bawakaraeng
  • Sejarah yang kaya: Benteng Besse’, Museum Sawerigading, Makam Raja Luwu
  • Kuliner yang lezat: Kapurung, Palumara, Lawa
  • Budaya yang unik: Tari Ma’dondang, Musik Gandrang Bulo, Kerajinan Tangan
  • Destinasi religi: Masjid Agung Palopo, Gereja Katedral Hati Kudus Yesus
  • Transportasi yang mudah: Bandara Bua, Terminal Mungkasa, Pelabuhan Tanjung Ringgit
  • Akomodasi yang beragam: Hotel, Guest House, Homestay
  • Harga yang terjangkau: Cocok untuk semua kalangan wisatawan
  • Keamanan yang terjamin: Kota Palopo dikenal sebagai kota yang aman dan nyaman
  • Pengalaman yang tak terlupakan: Wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang berkesan di Kota Palopo

Selain aspek-aspek tersebut, Kota Palopo juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti masyarakatnya yang ramah, udaranya yang sejuk, dan pemandangannya yang indah. Hal ini menjadikan Kota Palopo sebagai destinasi wisata yang sangat direkomendasikan.

Alam yang indah

Kota Palopo di Sulawesi Selatan memiliki potensi wisata alam yang sangat indah. Beberapa di antaranya adalah Danau Tempe, Air Terjun Latuppa, dan Gunung Bawakaraeng. Ketiga tempat wisata ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Palopo.

Danau Tempe merupakan danau terbesar di Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan dan burung. Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Tempe dengan berkeliling menggunakan perahu atau sekadar bersantai di tepi danau. Air Terjun Latuppa terletak di lereng Gunung Bawakaraeng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun dan keindahan alam sekitar. Gunung Bawakaraeng merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.830 meter. Pengunjung dapat mendaki Gunung Bawakaraeng untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Ketiga tempat wisata ini menjadi bagian penting dari “Tempat Wisata di Kota Palopo”. Keindahan alam yang ditawarkan oleh ketiga tempat wisata ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Pemerintah Kota Palopo terus berupaya untuk mengembangkan potensi wisata alam yang ada di Kota Palopo. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Palopo.

Sejarah yang kaya

Kota Palopo menyimpan kekayaan sejarah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Benteng Besse’, Museum Sawerigading, dan Makam Raja Luwu merupakan bukti nyata perjalanan sejarah Kota Palopo dan Kerajaan Luwu.

Benteng Besse’ dibangun pada abad ke-16 oleh Raja Luwu ke-9, Datu Batara Guru. Benteng ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan Kerajaan Luwu. Museum Sawerigading menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah terkait Kerajaan Luwu, termasuk mahkota dan senjata tradisional. Sementara Makam Raja Luwu merupakan tempat persemayaman raja-raja Luwu, termasuk Sawerigading, tokoh legendaris dalam mitologi Bugis-Makassar.

Tempat-tempat wisata sejarah ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk belajar tentang sejarah dan budaya Kota Palopo. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata ini, wisatawan dapat merasakan langsung atmosfer sejarah yang masih kental di Kota Palopo.

Kuliner yang Lezat

Kota Palopo tidak hanya menawarkan keindahan alam dan kekayaan sejarah, tetapi juga memiliki kuliner yang sangat lezat. Kuliner Kota Palopo sangat dipengaruhi oleh budaya Bugis-Makassar, dengan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Beberapa kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Kota Palopo adalah kapurung, palumara, dan lawa.

Baca Juga:  Pesona Tersembunyi: Jelajahi Surga Wisata di Kabupaten Sarmi

  • Kapurung
    Kapurung merupakan makanan khas Kota Palopo yang terbuat dari tepung sagu dan disajikan dengan kuah ikan. Kuah ikannya biasanya terbuat dari ikan bandeng atau ikan kakap. Kapurung memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan cita rasa yang gurih dan sedikit asam.
  • Palumara
    Palumara adalah sejenis bubur yang terbuat dari beras dan santan. Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan creamy, dengan cita rasa yang manis dan gurih. Palumara biasanya disajikan dengan ikan asin goreng atau telur rebus.
  • Lawa
    Lawa adalah makanan yang terbuat dari daging kerbau atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah. Bumbu rempah yang digunakan dalam pembuatan lawa biasanya adalah bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, dan kunyit. Lawa memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan tekstur daging yang empuk.

Kuliner Kota Palopo sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau sekadar dinikmati selama berwisata. Dengan cita rasanya yang khas dan menggugah selera, kuliner Kota Palopo akan menambah kesan berwisata di Kota Palopo menjadi lebih lengkap dan tak terlupakan.

Budaya yang Unik

Mengeksplorasi kekayaan budaya menjadi bagian tak terpisahkan saat berwisata ke suatu daerah. Kota Palopo, Sulawesi Selatan, memiliki budaya yang unik dan menarik, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Tari Ma’dondang, Musik Gandrang Bulo, dan Kerajinan Tangan.

  • Tari Ma’dondang
    Tari Ma’dondang merupakan tarian tradisional masyarakat Luwu yang biasa ditampilkan pada acara-acara adat dan penyambutan tamu. Tarian ini dibawakan oleh sekelompok penari dengan gerakan yang lincah dan ekspresif, diiringi oleh musik gendang dan gong.
  • Musik Gandrang Bulo
    Musik Gandrang Bulo merupakan musik tradisional masyarakat Luwu yang dimainkan menggunakan alat musik gendang dan gong. Musik ini memiliki tempo yang cepat dan ritme yang dinamis, sehingga mampu membangkitkan semangat dan kegembiraan.
  • Kerajinan Tangan
    Kota Palopo juga dikenal dengan kerajinan tangannya yang unik, seperti tenun ikat, ukir kayu, dan anyaman rotan. Kerajinan tangan ini biasanya dibuat oleh masyarakat setempat secara turun-temurun, sehingga memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

Keunikan budaya Kota Palopo ini menjadi bagian penting dari “Tempat Wisata di Kota Palopo”. Dengan mengenal dan menikmati budaya lokal, wisatawan dapat memperoleh pengalaman yang lebih mendalam dan berkesan selama berwisata ke Kota Palopo.

Destinasi religi

Menjelajahi “Tempat Wisata di Kota Palopo” tidak lengkap rasanya tanpa menyinggung destinasi religi yang ada di kota ini. Masjid Agung Palopo dan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus merupakan dua bangunan ibadah yang tidak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang patut dikunjungi.

  • Arsitektur yang Menawan
    Kedua bangunan ibadah ini memiliki arsitektur yang unik dan megah. Masjid Agung Palopo memadukan gaya arsitektur Timur Tengah dan tradisional Bugis, sementara Gereja Katedral Hati Kudus Yesus bergaya arsitektur Eropa klasik. Keindahan arsitekturnya menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan.
  • Pusat Kegiatan Keagamaan
    Masjid Agung Palopo dan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus merupakan pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat Kota Palopo. Di kedua tempat ibadah ini, wisatawan dapat menyaksikan langsung bagaimana masyarakat menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing.
  • Toleransi Beragama
    Keberadaan Masjid Agung Palopo dan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus berdampingan secara damai mencerminkan toleransi beragama yang tinggi di Kota Palopo. Kedua bangunan ibadah ini menjadi simbol kerukunan antarumat beragama yang patut diapresiasi.

Destinasi religi seperti Masjid Agung Palopo dan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus tidak hanya menjadi tempat beribadah, tetapi juga bagian penting dari “Tempat Wisata di Kota Palopo”. Keunikan arsitekturnya, nilai sejarahnya, dan perannya sebagai pusat kegiatan keagamaan menjadikan kedua bangunan ibadah ini layak untuk dikunjungi dan dihargai oleh wisatawan.

Transportasi yang mudah

Kota Palopo memiliki akses transportasi yang sangat mudah, menjadikannya destinasi wisata yang mudah dijangkau. Terdapat Bandara Bua yang melayani penerbangan dari dan ke kota-kota besar di Indonesia. Terminal Mungkasa melayani bus dan angkutan umum dari dan ke berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Pelabuhan Tanjung Ringgit melayani kapal feri dari dan ke Kalimantan dan Sulawesi Tengah.

Kemudahan transportasi ini sangat mendukung berkembangnya sektor pariwisata di Kota Palopo. Turis dapat dengan mudah mencapai Kota Palopo dan menjelajahi berbagai tempat wisata yang ada. Misalnya, wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Tempe dapat menggunakan bus dari Terminal Mungkasa menuju Pelabuhan Tanjung Ringgit, kemudian menyeberang ke Pulau Batusitanduk menggunakan kapal feri. Wisatawan yang ingin mendaki Gunung Bawakaraeng dapat menggunakan bus dari Terminal Mungkasa menuju Desa Salu Rongkong, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau berjalan kaki.

Baca Juga:  Jelajahi Pesona Tempat Wisata Kabupaten Pekalongan: Temukan Surga Tersembunyi!

Keberadaan transportasi yang mudah juga memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Palopo. Sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang utama pendapatan daerah. Selain itu, kemudahan transportasi juga memudahkan distribusi hasil pertanian dan perikanan dari Kota Palopo ke daerah lain.

Akomodasi yang Beragam

Kota Palopo menawarkan beragam pilihan akomodasi, dari hotel berbintang hingga guest house dan homestay yang nyaman. Keberagaman ini menjadi pendukung penting bagi sektor pariwisata di Kota Palopo.

  • Kenyamanan dan Kemewahan
    Bagi wisatawan yang mencari kenyamanan dan kemewahan, hotel berbintang di Kota Palopo siap memanjakan Anda. Hotel-hotel ini menawarkan fasilitas lengkap, seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran.
  • Harga Terjangkau dan Nyaman
    Bagi wisatawan yang mencari akomodasi dengan harga terjangkau, guest house dan homestay di Kota Palopo menjadi pilihan yang tepat. Guest house dan homestay menawarkan suasana kekeluargaan dan keramahan khas masyarakat Kota Palopo.
  • Lokasi Strategis
    Sebagian besar akomodasi di Kota Palopo berlokasi strategis, dekat dengan tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan kuliner. Hal ini memudahkan wisatawan untuk menjelajahi Kota Palopo.
  • Dukungan Pariwisata
    Keberagaman akomodasi di Kota Palopo mendukung perkembangan pariwisata. Wisatawan dapat menyesuaikan pilihan akomodasi dengan kebutuhan dan anggaran mereka, sehingga semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Kota Palopo.

Dengan pilihan akomodasi yang beragam, wisatawan dapat menikmati keindahan alam, kekayaan sejarah, dan kuliner lezat di Kota Palopo dengan nyaman dan menyenangkan.

Harga yang Terjangkau

Kota Palopo menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan dengan harga yang terjangkau. Keindahan alam, kekayaan sejarah, dan kuliner lezat dapat dinikmati oleh semua kalangan wisatawan tanpa perlu menguras kantong.

  • Wisata Alam yang Gratis
    Keindahan Danau Tempe, Air Terjun Latuppa, dan Gunung Bawakaraeng dapat dinikmati tanpa biaya masuk. Wisatawan hanya perlu menyiapkan biaya transportasi dan makanan selama perjalanan.
  • Kuliner Lezat dengan Harga Murah
    Kapurung, palumara, dan lawa, kuliner khas Kota Palopo, dapat ditemukan di warung-warung makan dengan harga yang ramah di kantong. Wisatawan dapat menikmati kelezatan kuliner lokal tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.
  • Akomodasi yang Terjangkau
    Kota Palopo menawarkan beragam pilihan akomodasi, mulai dari guest house hingga hotel berbintang. Wisatawan dapat menyesuaikan pilihan akomodasi dengan anggaran dan kebutuhan mereka.
  • Transportasi yang Murah
    Transportasi umum di Kota Palopo sangat terjangkau. Wisatawan dapat menggunakan bus, angkutan kota, atau ojek dengan harga yang tidak akan menguras kantong.

Dengan harga yang terjangkau, Kota Palopo menjadi destinasi wisata yang ideal bagi semua kalangan wisatawan, baik yang memiliki anggaran terbatas maupun yang ingin berwisata secara mewah.

Keamanan yang terjamin

Kota Palopo dikenal sebagai kota yang aman dan nyaman, menjadikannya destinasi wisata yang tepat bagi wisatawan. Keamanan dan kenyamanan menjadi faktor penting yang mendukung perkembangan pariwisata di Kota Palopo.

Wisatawan dapat berwisata dengan tenang di Kota Palopo, tanpa perlu khawatir akan tindak kejahatan. Hal ini didukung oleh aparat keamanan yang berjaga 24 jam dan masyarakat yang ramah dan saling menjaga keamanan lingkungannya.

Keamanan dan kenyamanan yang terjamin memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata di Kota Palopo. Wisatawan merasa aman dan betah untuk tinggal lebih lama, sehingga dapat mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Kota Palopo secara lebih maksimal.

Sebagai contoh, wisatawan dapat dengan nyaman menikmati keindahan Danau Tempe dengan berkeliling menggunakan perahu atau sekadar bersantai di tepi danau. Wisatawan juga dapat dengan aman mendaki Gunung Bawakaraeng dan menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Keamanan yang terjamin menjadi nilai tambah tersendiri bagi “Tempat Wisata di Kota Palopo”. Wisatawan dapat berwisata dengan tenang dan nyaman, sehingga dapat memperoleh pengalaman wisata yang tak terlupakan di Kota Palopo.

Pengalaman yang tak terlupakan

Kota Palopo menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam, kekayaan sejarah, dan kuliner lezat yang dimiliki Kota Palopo menjadi daya tarik utama yang mampu memberikan kesan mendalam bagi wisatawan.

Danau Tempe, Air Terjun Latuppa, dan Gunung Bawakaraeng merupakan tiga destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi di Kota Palopo. Keindahan alam yang ditawarkan ketiga tempat wisata ini sangat menakjubkan dan mampu membuat wisatawan terkesima. Selain itu, Kota Palopo juga memiliki beberapa situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Benteng Besse’, Museum Sawerigading, dan Makam Raja Luwu. Situs-situs sejarah ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Kota Palopo dan Kerajaan Luwu.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Tersembunyi di Indragiri Hulu: Pesona Wisata Alam dan Budaya Menanti Anda!

Kuliner Kota Palopo juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kapurung, palumara, dan lawa merupakan tiga kuliner khas Kota Palopo yang wajib dicoba. Kuliner-kuliner ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera, sehingga dapat memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Selain keindahan alam, kekayaan sejarah, dan kuliner lezat, Kota Palopo juga menawarkan pengalaman wisata budaya yang unik. Tari Ma’dondang, Musik Gandrang Bulo, dan Kerajinan Tangan merupakan tiga budaya khas Kota Palopo yang dapat memberikan pengalaman wisata budaya yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Dengan segala keindahan alam, kekayaan sejarah, kuliner lezat, dan pengalaman wisata budaya yang unik, Kota Palopo menjadi destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang “Tempat Wisata di Kota Palopo”

Apakah Kota Palopo aman untuk dikunjungi?

Ya, Kota Palopo dikenal sebagai kota yang aman dan nyaman. Wisatawan dapat berwisata dengan tenang tanpa perlu khawatir akan tindak kejahatan.

Apakah biaya wisata di Kota Palopo mahal?

Tidak, Kota Palopo menawarkan wisata dengan harga yang terjangkau. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, kekayaan sejarah, dan kuliner lezat tanpa perlu menguras kantong.

Bagaimana cara menuju Kota Palopo?

Kota Palopo dapat diakses melalui jalur udara, darat, dan laut. Bandara Bua melayani penerbangan dari dan ke kota-kota besar di Indonesia. Terminal Mungkasa melayani bus dan angkutan umum dari dan ke berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Pelabuhan Tanjung Ringgit melayani kapal feri dari dan ke Kalimantan dan Sulawesi Tengah.

Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Palopo?

Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kota Palopo antara lain Danau Tempe, Air Terjun Latuppa, Gunung Bawakaraeng, Benteng Besse’, Museum Sawerigading, Makam Raja Luwu, Masjid Agung Palopo, Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, dan masih banyak lagi.

Apa saja kuliner khas Kota Palopo yang wajib dicoba?

Beberapa kuliner khas Kota Palopo yang wajib dicoba antara lain kapurung, palumara, lawa, dan masih banyak lagi. Kuliner-kuliner ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Kota Palopo?

Selain mengunjungi tempat-tempat wisata, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan menarik di Kota Palopo, seperti berkeliling Danau Tempe dengan perahu, mendaki Gunung Bawakaraeng, mengunjungi situs-situs sejarah, menikmati kuliner khas, dan mempelajari budaya lokal.

Tips Berwisata ke Kota Palopo

Kota Palopo menawarkan beragam tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Agar perjalanan wisata semakin berkesan, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Rencanakan perjalanan dengan matang

Sebelum berangkat, rencanakan perjalanan dengan baik. Tentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi, cari tahu waktu terbaik untuk berkunjung, dan pesan akomodasi serta transportasi jauh-jauh hari agar mendapatkan harga terbaik.

2. Bawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai

Kota Palopo memiliki cuaca yang cukup panas dan lembap. Bawalah pakaian yang nyaman, ringan, dan menyerap keringat. Jangan lupa juga membawa perlengkapan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari terik matahari.

3. Siapkan uang tunai

Meskipun banyak tempat wisata yang sudah menerima pembayaran non-tunai, ada baiknya untuk menyiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup. Beberapa warung makan dan toko kecil di Kota Palopo mungkin belum menyediakan fasilitas pembayaran non-tunai.

4. Manfaatkan transportasi umum

Kota Palopo memiliki sistem transportasi umum yang cukup baik. Wisatawan dapat menggunakan bus, angkutan kota, atau ojek untuk berkeliling kota dengan harga yang terjangkau.

5. Hormati budaya setempat

Kota Palopo memiliki budaya yang unik dan menarik. Hormati budaya setempat dengan berpakaian sopan, bersikap ramah, dan menjaga kebersihan lingkungan.

6. Cicipi kuliner khas Kota Palopo

Kota Palopo terkenal dengan kulinernya yang lezat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas seperti kapurung, palumara, dan lawa.

Dengan mengikuti tips-tips ini, wisatawan dapat menikmati perjalanan wisata yang aman, nyaman, dan berkesan di Kota Palopo.

Selamat berlibur!

Kesimpulan

Kota Palopo menyimpan pesona wisata yang beragam, mulai dari keindahan alam, kekayaan sejarah, kuliner lezat, hingga budaya yang unik. Pemerintah Kota Palopo terus berupaya untuk mengembangkan potensi wisata yang ada, sehingga Kota Palopo semakin dikenal oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Dengan segala keindahan dan keunikan yang dimilikinya, Kota Palopo layak menjadi destinasi wisata pilihan Anda. Rasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan di Kota Palopo, dan ciptakan kenangan indah yang akan selalu tersimpan di hati Anda.

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Buton Selatan

Pesona Tersembunyi Kabupaten Buton Selatan: Jelajahi Surga Alam dan Budaya

Tempat Wisata Kabupaten Buton Selatan adalah tujuan wisata yang terletak di Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kabupaten …