Jelajahi Pesona Tempat Wisata Banjarmasin yang Menakjubkan!


Jelajahi Pesona Tempat Wisata Banjarmasin yang Menakjubkan!

Tempat Wisata di Kota Banjarmasin adalah destinasi wisata yang terletak di ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Kota ini menawarkan beragam tempat wisata menarik, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner.

Beberapa tempat wisata populer di Banjarmasin antara lain:

  • Siring Tendean: Kawasan tepian sungai Martapura yang menjadi pusat kuliner dan hiburan.
  • Pasar Terapung Lok Baintan: Pasar terapung yang menjual berbagai hasil pertanian dan buah-buahan.
  • Masjid Raya Sabilal Muhtadin: Masjid terbesar di Kalimantan Selatan dengan arsitektur yang megah.
  • Museum Lambung Mangkurat: Museum yang menyimpan koleksi sejarah dan budaya Kalimantan Selatan.
  • Taman Hutan Raya Sultan Adam: Hutan kota yang menjadi tempat rekreasi dan konservasi.

Kota Banjarmasin juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, seperti soto Banjar, nasi kuning, dan ketupat kandangan. Selain itu, Banjarmasin juga menjadi pusat perdagangan dan bisnis di Kalimantan Selatan.

Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk menjelajahi tempat-tempat wisata menarik di Kota Banjarmasin. Kota ini menawarkan pengalaman wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga belanja.

Tempat Wisata di Kota Banjarmasin

Kota Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan, menawarkan beragam tempat wisata menarik. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat mengeksplorasi tempat wisata di Kota Banjarmasin:

  • Wisata Alam: Sungai Martapura, Taman Hutan Raya Sultan Adam
  • Wisata Budaya: Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Museum Lambung Mangkurat
  • Wisata Kuliner: Soto Banjar, Nasi Kuning, Ketupat Kandangan
  • Wisata Belanja: Pasar Terapung Lok Baintan, Pasar Sudimampir
  • Wisata Sejarah: Benteng Tatas, Makam Sultan Suriansyah
  • Wisata Religi: Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Makam Sultan Suriansyah
  • Wisata Edukasi: Museum Lambung Mangkurat, Museum Wasaka
  • Wisata Hiburan: Siring Tendean, Duta Mall Banjarmasin
  • Wisata Olahraga: Stadion Lambung Mangkurat, GOR Hasanuddin HM
  • Wisata Kesehatan: Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, Rumah Sakit Ansari Saleh

Selain aspek-aspek tersebut di atas, Kota Banjarmasin juga memiliki potensi wisata lainnya, seperti wisata sungai, wisata kuliner khas Banjar, dan wisata belanja oleh-oleh. Dengan beragam pilihan tempat wisata yang ditawarkan, Kota Banjarmasin menjadi destinasi wisata yang lengkap dan menarik bagi wisatawan.

Wisata Alam

Kota Banjarmasin terkenal dengan wisata alamnya yang indah, seperti Sungai Martapura dan Taman Hutan Raya Sultan Adam. Kedua tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Sungai Martapura merupakan sungai yang membelah Kota Banjarmasin. Sungai ini menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Banjarmasin dan menjadi salah satu ikon wisata kota ini. Di sepanjang Sungai Martapura, wisatawan dapat menikmati pemandangan kota dari atas kapal atau perahu. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan yang terletak di atas Sungai Martapura.

Taman Hutan Raya Sultan Adam merupakan hutan kota yang terletak di pinggiran Kota Banjarmasin. Hutan kota ini menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat dan menikmati udara segar. Di Taman Hutan Raya Sultan Adam, wisatawan dapat berjalan-jalan, bersepeda, atau sekadar bersantai di bawah rindangnya pepohonan.

Kedua tempat wisata alam ini menjadi bagian penting dari Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Keindahan alamnya yang masih terjaga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Selain itu, kedua tempat wisata ini juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

Wisata Budaya

Kota Banjarmasin memiliki kekayaan budaya yang tercermin dalam berbagai tempat wisatanya, termasuk Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Museum Lambung Mangkurat. Kedua tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Banjarmasin.

  • Masjid Raya Sabilal Muhtadin

    Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan masjid terbesar di Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu ikon wisata Kota Banjarmasin. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan kubah dan menara yang menjulang tinggi. Di dalam masjid, wisatawan dapat melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah, seperti mimbar dan bedug.

  • Museum Lambung Mangkurat

    Museum Lambung Mangkurat merupakan museum yang menyimpan koleksi sejarah dan budaya Kalimantan Selatan. Di museum ini, wisatawan dapat melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah, seperti senjata tradisional, pakaian adat, dan peralatan rumah tangga. Selain itu, museum ini juga memiliki diorama yang menceritakan tentang sejarah Kalimantan Selatan.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Tersembunyi: Tempat Wisata Kabupaten Kayong Utara

Kedua tempat wisata budaya ini menjadi bagian penting dari Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Keberadaannya menjadi bukti kekayaan budaya Banjarmasin yang patut untuk dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Wisata Kuliner

Kuliner merupakan salah satu daya tarik wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke suatu daerah. Kota Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan memiliki kekayaan kuliner yang khas dan menggugah selera. Sebut saja Soto Banjar, Nasi Kuning, dan Ketupat Kandangan yang menjadi kuliner wajib coba ketika berada di Banjarmasin.

  • Soto Banjar

    Soto Banjar merupakan kuliner khas Banjarmasin yang sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Soto Banjar memiliki cita rasa yang khas dengan kuah kaldu yang gurih dan segar. Soto Banjar biasanya disajikan dengan ketupat, ayam kampung, dan perkedel.

  • Nasi Kuning

    Nasi Kuning merupakan kuliner khas Banjarmasin yang biasanya disajikan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan dan syukuran. Nasi Kuning memiliki warna kuning yang berasal dari kunyit. Nasi Kuning biasanya disajikan dengan lauk pauk, seperti ayam goreng, telur rebus, dan abon.

  • Ketupat Kandangan

    Ketupat Kandangan merupakan kuliner khas Banjarmasin yang terbuat dari ketupat yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Ketupat Kandangan memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Ketupat Kandangan biasanya disajikan dengan opor ayam atau daging sapi.

Ketiga kuliner khas Banjarmasin ini menjadi bagian penting dari Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Keberadaannya menjadi bukti kekayaan kuliner Banjarmasin yang patut untuk dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Wisata Belanja

Kota Banjarmasin sebagai pusat perdagangan di Kalimantan Selatan, menawarkan pengalaman wisata belanja yang unik dan menarik. Dua pasar tradisional yang wajib dikunjungi adalah Pasar Terapung Lok Baintan dan Pasar Sudimampir.

  • Pasar Terapung Lok Baintan

    Pasar Terapung Lok Baintan merupakan pasar tradisional yang berada di atas Sungai Martapura. Keunikan pasar ini adalah transaksi jual beli dilakukan di atas perahu. Pengunjung dapat membeli berbagai hasil pertanian, buah-buahan, dan makanan khas Banjarmasin.

  • Pasar Sudimampir

    Pasar Sudimampir merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga oleh-oleh khas Banjarmasin. Pasar ini menjadi pusat grosir terbesar di Kalimantan Selatan dan menjadi tujuan belanja bagi wisatawan.

Kedua pasar tradisional tersebut menjadi bagian penting dari Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Keberadaannya sebagai pusat perdagangan dan budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Wisata Sejarah

Kota Banjarmasin memiliki nilai sejarah yang tinggi, terbukti dengan adanya berbagai tempat wisata sejarah di kota ini. Dua di antaranya adalah Benteng Tatas dan Makam Sultan Suriansyah.

  • Benteng Tatas

    Benteng Tatas merupakan benteng pertahanan yang dibangun pada masa Kesultanan Banjar. Benteng ini menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Banjarmasin melawan penjajah Belanda. Saat ini, Benteng Tatas menjadi salah satu objek wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

  • Makam Sultan Suriansyah

    Makam Sultan Suriansyah merupakan makam raja pertama Kesultanan Banjar. Makam ini terletak di dalam kompleks Masjid Sultan Suriansyah. Makam ini menjadi tempat wisata religi dan sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kedua tempat wisata sejarah tersebut menjadi bagian penting dari Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Keberadaannya menjadi bukti kekayaan sejarah Banjarmasin yang patut untuk dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Wisata Religi

Kota Banjarmasin memiliki kekayaan wisata religi yang tidak boleh dilewatkan, yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Makam Sultan Suriansyah. Kedua tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah dan budaya Islam di Banjarmasin.

  • Masjid Raya Sabilal Muhtadin

    Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan masjid terbesar di Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu ikon wisata Kota Banjarmasin. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan kubah dan menara yang menjulang tinggi. Di dalam masjid, wisatawan dapat melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah, seperti mimbar dan bedug.

  • Makam Sultan Suriansyah

    Makam Sultan Suriansyah merupakan makam raja pertama Kesultanan Banjar. Makam ini terletak di dalam kompleks Masjid Sultan Suriansyah. Makam ini menjadi tempat wisata religi dan sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Tersembunyi di Halmahera Tengah: Pesona Alam dan Budaya yang Menanti!

Keberadaan Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Makam Sultan Suriansyah menjadi bukti kekayaan wisata religi di Kota Banjarmasin. Kedua tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah dan budaya Islam di Banjarmasin.

Wisata Edukasi

Kota Banjarmasin, sebagai ibu kota Kalimantan Selatan, menawarkan beragam tempat wisata menarik, termasuk wisata edukasi. Dua museum yang wajib dikunjungi adalah Museum Lambung Mangkurat dan Museum Wasaka.

Museum Lambung Mangkurat menyimpan koleksi sejarah dan budaya Kalimantan Selatan, sedangkan Museum Wasaka menyajikan informasi tentang perjuangan rakyat Banjarmasin melawan penjajah. Kedua museum ini menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang sejarah dan budaya Banjarmasin.

Keberadaan museum-museum ini memperkaya Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Wisata edukasi menjadi bagian penting dalam memperkenalkan sejarah dan budaya Banjarmasin kepada wisatawan. Selain itu, museum-museum ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat, terutama generasi muda.

Dengan mengunjungi Museum Lambung Mangkurat dan Museum Wasaka, wisatawan dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan tentang Kalimantan Selatan. Hal ini akan memberikan pengalaman wisata yang lebih mendalam dan berkesan.

Wisata Hiburan

Kota Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan memiliki beragam tempat wisata menarik, termasuk wisata hiburan. Siring Tendean dan Duta Mall Banjarmasin merupakan dua destinasi wisata hiburan yang wajib dikunjungi saat berada di Banjarmasin.

Siring Tendean merupakan kawasan tepian Sungai Martapura yang menjadi pusat kuliner dan hiburan. Di Siring Tendean, wisatawan dapat menikmati berbagai kuliner khas Banjarmasin sambil menikmati pemandangan Sungai Martapura. Selain itu, di Siring Tendean juga terdapat panggung hiburan yang menampilkan pertunjukan musik dan seni tradisional Banjarmasin.

Duta Mall Banjarmasin merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Kalimantan Selatan. Di Duta Mall Banjarmasin, wisatawan dapat berbelanja berbagai kebutuhan, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga oleh-oleh khas Banjarmasin. Selain itu, di Duta Mall Banjarmasin juga terdapat berbagai fasilitas hiburan, seperti bioskop, arena bermain anak-anak, dan food court.

Keberadaan Siring Tendean dan Duta Mall Banjarmasin melengkapi Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Wisata hiburan menjadi bagian penting dalam memberikan pengalaman wisata yang lengkap dan berkesan bagi wisatawan.

Dengan mengunjungi Siring Tendean dan Duta Mall Banjarmasin, wisatawan dapat menikmati berbagai hiburan dan fasilitas yang tersedia. Hal ini akan memberikan pengalaman wisata yang lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

Wisata Olahraga

Kota Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan tidak hanya kaya akan wisata alam, budaya, dan kuliner, tetapi juga memiliki tempat wisata olahraga yang menarik. Dua di antaranya adalah Stadion Lambung Mangkurat dan GOR Hasanuddin HM.

Stadion Lambung Mangkurat merupakan stadion sepak bola terbesar di Kalimantan Selatan. Stadion ini menjadi markas klub sepak bola Barito Putera dan sering digunakan untuk pertandingan sepak bola nasional dan internasional. Selain itu, Stadion Lambung Mangkurat juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara olahraga dan hiburan.

GOR Hasanuddin HM merupakan gedung olahraga terbesar di Kalimantan Selatan. GOR ini memiliki fasilitas lengkap untuk berbagai cabang olahraga, seperti bulu tangkis, basket, dan voli. GOR Hasanuddin HM sering digunakan untuk pertandingan olahraga tingkat daerah, nasional, dan internasional.

Keberadaan Stadion Lambung Mangkurat dan GOR Hasanuddin HM melengkapi Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Wisata olahraga menjadi bagian penting dalam memberikan pengalaman wisata yang lengkap dan berkesan bagi wisatawan.

Dengan mengunjungi Stadion Lambung Mangkurat dan GOR Hasanuddin HM, wisatawan dapat menyaksikan pertandingan olahraga yang seru dan merasakan atmosfer olahraga yang luar biasa. Hal ini akan memberikan pengalaman wisata yang lebih menyenangkan dan tidak terlupakan.

Wisata Kesehatan

Bicara soal Tempat Wisata di Kota Banjarmasin, tentu tak hanya terbatas pada wisata alam, budaya, kuliner, belanja, atau hiburan saja. Kota ini juga menawarkan wisata kesehatan yang tak kalah menarik, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dan Rumah Sakit Ansari Saleh.

Baca Juga:  Jelajahi Little Tokyo Jogja: Rahasia Kuliner dan Budaya yang Menggugah Selera

  • Rumah Sakit yang Berstandar Internasional

    Kedua rumah sakit ini merupakan rumah sakit besar dan modern yang telah terakreditasi internasional. Rumah Sakit Ulin Banjarmasin bahkan menjadi rumah sakit rujukan regional untuk Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

  • Pelayanan Kesehatan yang Lengkap

    Rumah Sakit Ulin Banjarmasin dan Rumah Sakit Ansari Saleh menyediakan pelayanan kesehatan yang lengkap, mulai dari layanan rawat jalan, rawat inap, hingga tindakan operasi. Kedua rumah sakit ini juga memiliki tenaga medis yang profesional dan berpengalaman.

  • Fasilitas yang Modern

    Kedua rumah sakit ini dilengkapi dengan fasilitas yang modern, seperti peralatan medis canggih, ruang operasi yang steril, dan kamar perawatan yang nyaman. Hal ini memastikan pasien mendapatkan perawatan yang terbaik selama menjalani pengobatan.

  • Lokasi yang Strategis

    Rumah Sakit Ulin Banjarmasin dan Rumah Sakit Ansari Saleh terletak di lokasi yang strategis, mudah dijangkau dari berbagai daerah di Kota Banjarmasin. Hal ini memudahkan wisatawan yang ingin mendapatkan layanan kesehatan selama berada di Banjarmasin.

Dengan adanya Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dan Rumah Sakit Ansari Saleh, wisatawan dapat merasa tenang dan nyaman selama berwisata di Kota Banjarmasin. Kedua rumah sakit ini menjadi penunjang wisata kesehatan yang semakin lengkap di Banjarmasin.

Tanya Jawab Seputar Tempat Wisata di Kota Banjarmasin

Berikut ini adalah pertanyaan yang sering diajukan seputar Tempat Wisata di Kota Banjarmasin beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja tempat wisata alam yang populer di Banjarmasin?

Jawaban: Sungai Martapura dan Taman Hutan Raya Sultan Adam

Pertanyaan 2: Di mana saya bisa menemukan kuliner khas Banjarmasin yang enak?

Jawaban: Pasar Terapung Lok Baintan, Soto Banjar, Nasi Kuning, Ketupat Kandangan

Pertanyaan 3: Apa saja tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Banjarmasin?

Jawaban: Benteng Tatas, Makam Sultan Suriansyah

Pertanyaan 4: Bagaimana cara saya berbelanja oleh-oleh khas Banjarmasin?

Jawaban: Pasar Sudimampir

Pertanyaan 5: Apa saja tempat wisata yang cocok untuk keluarga di Banjarmasin?

Jawaban: Siring Tendean, Duta Mall Banjarmasin

Pertanyaan 6: Di mana saya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik di Banjarmasin?

Jawaban: Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin, Rumah Sakit Ansari Saleh

Demikianlah pertanyaan dan jawaban seputar Tempat Wisata di Kota Banjarmasin. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat perjalanan wisata Anda semakin berkesan.

Jelajahi juga bagian artikel lainnya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Banjarmasin.

Tips Berwisata ke Tempat Wisata di Kota Banjarmasin

Kota Banjarmasin menawarkan beragam tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat perjalanan wisata Anda semakin berkesan:

Tip 1: Rencanakan Itinerary dengan Baik

Sebelum berangkat, rencanakan itinerary perjalanan Anda dengan baik. Tentukan tempat wisata mana saja yang ingin Anda kunjungi dan susun jadwal yang realistis. Hal ini akan membantu Anda memaksimalkan waktu dan menikmati wisata tanpa terburu-buru.

Tip 2: Cari Informasi Terkini

Sebelum berkunjung ke suatu tempat wisata, carilah informasi terkini tentang jam operasional, biaya masuk, dan fasilitas yang tersedia. Anda dapat mencari informasi melalui internet, media sosial, atau bertanya kepada warga setempat.

Tip 3: Siapkan Dana yang Cukup

Siapkan dana yang cukup untuk biaya transportasi, tiket masuk, makanan, dan oleh-oleh. Pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya karena tidak semua tempat wisata menerima pembayaran elektronik.

Tip 4: Jaga Kesehatan dan Keselamatan

Jaga kesehatan dan keselamatan Anda selama berwisata. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, bawa obat-obatan pribadi, dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar.

Tip 5: Hormati Budaya dan Tradisi Setempat

Hormati budaya dan tradisi masyarakat setempat. Berpakaianlah dengan sopan, bersikaplah ramah, dan hindari perilaku yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

Dengan mengikuti tips di atas, perjalanan wisata Anda ke Tempat Wisata di Kota Banjarmasin akan semakin menyenangkan dan berkesan.

Selamat berwisata!

Kesimpulan

Tempat Wisata di Kota Banjarmasin menawarkan pesona yang tiada tara, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, belanja, hiburan, hingga kesehatan. Keanekaragaman tempat wisata ini menjadikan Banjarmasin sebagai destinasi wisata yang lengkap dan menarik.

Dengan keindahan Sungai Martapura, kekayaan sejarah di Benteng Tatas dan Makam Sultan Suriansyah, serta kelezatan kuliner khas Banjarmasin, kota ini siap memanjakan wisatawan dari berbagai penjuru. Kunjungi Banjarmasin dan rasakan sendiri pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Buton Selatan

Pesona Tersembunyi Kabupaten Buton Selatan: Jelajahi Surga Alam dan Budaya

Tempat Wisata Kabupaten Buton Selatan adalah tujuan wisata yang terletak di Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kabupaten …