Nikmati Keindahan Tersembunyi: Jelajahi Tempat Wisata Kabupaten Negara Bali


Nikmati Keindahan Tersembunyi: Jelajahi Tempat Wisata Kabupaten Negara Bali

Tempat wisata di kabupaten negara Bali adalah tujuan wisata populer yang menawarkan berbagai macam atraksi, mulai dari pantai yang indah, budaya yang kaya, hingga pemandangan alam yang menakjubkan. Kabupaten ini memiliki beberapa tempat wisata paling terkenal di Bali, seperti Tanah Lot, Pura Ulun Danu Bratan, dan Air Terjun Gitgit.

Selain keindahan alamnya, kabupaten negara Bali juga memiliki budaya yang kaya dan beragam. Kabupaten ini adalah rumah bagi beberapa pura dan kuil Hindu yang paling penting di Bali, serta berbagai upacara dan festival tradisional. Pengunjung dapat mempelajari tentang budaya Bali dengan mengunjungi museum, menghadiri pertunjukan tari, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar desa-desa tradisional.

Selain pantai dan budayanya, kabupaten negara Bali juga menawarkan berbagai macam kegiatan petualangan. Pengunjung dapat melakukan trekking di hutan hujan, arung jeram di sungai, atau bersepeda gunung di pegunungan. Kabupaten ini juga merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan melepas penat, dengan berbagai pilihan spa, pusat kesehatan, dan resor.

Tempat wisata di kabupaten negara bali

Kabupaten negara Bali memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan beragam. Beberapa aspek penting yang membuat tempat wisata di kabupaten negara Bali begitu istimewa antara lain:

  • Pantai yang indah
  • Budaya yang kaya
  • Pemandangan alam yang menakjubkan
  • Pura dan kuil yang penting
  • Upacara dan festival tradisional
  • Kegiatan petualangan
  • Spa dan pusat kesehatan
  • Resor yang mewah

Semua aspek ini menjadikan kabupaten negara Bali tujuan wisata yang lengkap dan tak terlupakan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, belajar tentang budaya Bali yang unik, dan memanjakan diri dengan berbagai pilihan relaksasi dan petualangan. Kabupaten negara Bali benar-benar memiliki sesuatu untuk ditawarkan setiap orang.

Pantai yang indah


Pantai Yang Indah, Wisata

Kabupaten negara Bali terkenal dengan pantainya yang indah, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Pantai-pantai ini menawarkan berbagai macam aktivitas, mulai dari berenang dan berjemur hingga selancar dan snorkeling. Beberapa pantai paling populer di kabupaten negara Bali antara lain:

  • Pantai Kuta: Pantai Kuta adalah salah satu pantai paling terkenal di Bali, dan merupakan tempat yang tepat untuk berselancar, berjemur, dan menikmati kehidupan malam.
  • Pantai Legian: Pantai Legian berdekatan dengan Pantai Kuta, dan menawarkan suasana yang lebih tenang dengan pasir putih dan air yang jernih.
  • Pantai Seminyak: Pantai Seminyak adalah pantai yang trendi dan mewah, dengan banyak restoran, bar, dan butik kelas atas.
  • Pantai Jimbaran: Pantai Jimbaran terkenal dengan restoran seafoodnya, di mana pengunjung dapat menikmati makan malam sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

Selain pantai-pantai yang disebutkan di atas, kabupaten negara Bali juga memiliki banyak pantai tersembunyi dan belum terjamah, yang menawarkan keindahan yang sama menakjubkannya. Pantai-pantai ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Bali.

Budaya yang kaya


Budaya Yang Kaya, Wisata

Kabupaten negara Bali memiliki budaya yang kaya dan beragam, yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, termasuk seni, musik, tari, dan arsitektur. Budaya Bali yang unik dan menarik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, dan menjadikannya salah satu tujuan wisata budaya paling populer di dunia.

Salah satu aspek terpenting dari budaya Bali adalah agamanya, yaitu agama Hindu Dharma. Agama Hindu Dharma telah membentuk banyak aspek kehidupan masyarakat Bali, termasuk seni, arsitektur, dan upacara keagamaan. Pengaruh agama Hindu Dharma dapat dilihat di mana-mana di kabupaten negara Bali, dari pura-pura yang megah hingga upacara keagamaan yang penuh warna.

Selain agamanya, budaya Bali juga dipengaruhi oleh budaya Jawa, Tionghoa, dan India. Perpaduan budaya yang unik ini telah menciptakan budaya Bali yang kaya dan beragam, yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

Budaya Bali yang kaya tercermin dalam berbagai tempat wisata di kabupaten negara Bali. Pengunjung dapat mengunjungi pura-pura yang megah, menghadiri upacara keagamaan yang penuh warna, dan menikmati pertunjukan seni tradisional. Pengunjung juga dapat belajar tentang budaya Bali dengan mengunjungi museum, galeri seni, dan desa-desa tradisional.

Pemandangan alam yang menakjubkan


Pemandangan Alam Yang Menakjubkan, Wisata

Kabupaten negara Bali terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Pemandangan alam ini menawarkan berbagai macam pilihan aktivitas, mulai dari trekking di hutan hujan hingga bersepeda gunung di pegunungan. Beberapa pemandangan alam paling populer di kabupaten negara Bali antara lain:

  • Gunung Agung: Gunung Agung adalah gunung berapi aktif tertinggi di Bali, dan merupakan salah satu simbol paling ikonik dari pulau ini. Gunung ini adalah tempat yang populer untuk trekking, dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari puncaknya.
  • Danau Bratan: Danau Bratan adalah danau kawah yang terletak di pegunungan Bedugul. Danau ini dikelilingi oleh hutan hujan yang rimbun, dan merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.
  • Air Terjun Gitgit: Air Terjun Gitgit adalah air terjun tertinggi di Bali, dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling populer di pulau ini. Air terjun ini terletak di hutan hujan yang rimbun, dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan.
  • Pantai Atuh: Pantai Atuh adalah pantai tersembunyi yang terletak di Nusa Penida. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan airnya yang jernih. Pantai ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.
Baca Juga:  Jelajahi Surga Alam NTB: Pesona Tersembunyi yang Menakjubkan!

Selain tempat-tempat wisata alam yang disebutkan di atas, kabupaten negara Bali juga memiliki banyak tempat wisata alam lainnya yang tidak kalah menakjubkan. Pengunjung dapat menjelajahi hutan hujan yang rimbun, mendaki gunung berapi, atau sekadar bersantai di pantai. Kabupaten negara Bali benar-benar memiliki sesuatu untuk ditawarkan setiap orang.

Pura dan kuil yang penting


Pura Dan Kuil Yang Penting, Wisata

Pura dan kuil adalah bagian penting dari budaya Bali, dan banyak di antaranya yang terletak di kabupaten negara Bali. Pura dan kuil ini tidak hanya memiliki nilai religius, tetapi juga merupakan karya seni dan arsitektur yang menakjubkan. Pengunjung dapat belajar tentang budaya Bali dan sejarahnya dengan mengunjungi pura dan kuil-kuil ini.

  • Pura Besakih: Pura Besakih adalah pura terbesar dan terpenting di Bali, dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di kabupaten negara Bali. Pura ini terletak di lereng Gunung Agung, dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan.
  • Pura Ulun Danu Bratan: Pura Ulun Danu Bratan adalah pura yang indah yang terletak di tepi Danau Bratan. Pura ini didedikasikan untuk Dewi Danu, dewi air, dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di kabupaten negara Bali.
  • Pura Tanah Lot: Pura Tanah Lot adalah pura yang terletak di sebuah batu besar di laut. Pura ini merupakan salah satu tempat wisata paling ikonik di Bali, dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan saat matahari terbenam.
  • Pura Goa Gajah: Pura Goa Gajah adalah pura yang terletak di dalam gua. Pura ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik, dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di kabupaten negara Bali.

Selain pura-pura yang disebutkan di atas, kabupaten negara Bali juga memiliki banyak pura dan kuil lainnya yang tidak kalah pentingnya. Pura dan kuil ini merupakan bagian integral dari budaya Bali, dan merupakan tempat yang tepat untuk belajar tentang sejarah dan agama Bali.

Upacara dan festival tradisional


Upacara Dan Festival Tradisional, Wisata

Upacara dan festival tradisional merupakan bagian penting dari budaya Bali, dan banyak di antaranya yang diselenggarakan di kabupaten negara Bali. Upacara dan festival ini tidak hanya memiliki nilai religius, tetapi juga merupakan daya tarik wisata yang unik dan menarik. Pengunjung dapat belajar tentang budaya Bali dan sejarahnya dengan menghadiri upacara dan festival tradisional ini.

Salah satu upacara tradisional yang paling terkenal di kabupaten negara Bali adalah upacara Ngaben. Upacara ini diadakan untuk mengantarkan jenazah ke alam baka, dan melibatkan prosesi yang rumit dan penuh warna. Upacara Ngaben biasanya berlangsung selama beberapa hari, dan merupakan kesempatan bagi keluarga dan masyarakat untuk berkumpul dan merayakan kehidupan orang yang meninggal.

Selain upacara Ngaben, kabupaten negara Bali juga memiliki banyak festival tradisional yang menarik. Salah satu festival yang paling populer adalah Festival Nyepi. Festival ini diadakan pada hari Tahun Baru Saka, dan merupakan hari raya yang suci bagi umat Hindu Bali. Selama Festival Nyepi, semua kegiatan di Bali dihentikan, termasuk penggunaan listrik dan kendaraan bermotor. Festival Nyepi adalah kesempatan bagi umat Hindu Bali untuk melakukan introspeksi dan pemurnian diri.

Upacara dan festival tradisional di kabupaten negara Bali merupakan daya tarik wisata yang unik dan menarik. Pengunjung dapat belajar tentang budaya Bali dan sejarahnya dengan menghadiri upacara dan festival ini. Upacara dan festival ini juga merupakan kesempatan untuk mengalami keindahan budaya Bali secara langsung.

Kegiatan petualangan


Kegiatan Petualangan, Wisata

Kabupaten negara Bali tidak hanya menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya, tetapi juga berbagai macam kegiatan petualangan yang menarik. Kegiatan-kegiatan ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung, sekaligus menjadi daya tarik wisata yang unik dan menantang.

  • TrekkingKabupaten negara Bali memiliki banyak jalur trekking yang indah, yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat memilih jalur trekking yang sesuai dengan tingkat kebugaran mereka, mulai dari jalur yang mudah hingga jalur yang menantang. Beberapa jalur trekking paling populer di kabupaten negara Bali antara lain:
    • Jalur trekking Gunung Agung
    • Jalur trekking Danau Bratan
    • Jalur trekking Air Terjun Gitgit
  • Arung jeramSungai-sungai di kabupaten negara Bali menawarkan pengalaman arung jeram yang seru dan menantang. Pengunjung dapat memilih sungai yang sesuai dengan tingkat keterampilan mereka, mulai dari sungai yang tenang hingga sungai yang berarus deras. Beberapa sungai yang populer untuk arung jeram di kabupaten negara Bali antara lain:
    • Sungai Ayung
    • Sungai Telaga Waja
    • Sungai Melangit
  • Bersepeda gunungKabupaten negara Bali memiliki banyak jalur bersepeda gunung yang menantang dan menyenangkan. Pengunjung dapat memilih jalur yang sesuai dengan tingkat keterampilan mereka, mulai dari jalur yang mudah hingga jalur yang ekstrem. Beberapa jalur bersepeda gunung paling populer di kabupaten negara Bali antara lain:
    • Jalur bersepeda gunung Kintamani
    • Jalur bersepeda gunung Bedugul
    • Jalur bersepeda gunung Ubud
  • Panjat tebingKabupaten negara Bali memiliki banyak tebing batu kapur yang cocok untuk panjat tebing. Pengunjung dapat memilih tebing yang sesuai dengan tingkat keterampilan mereka, mulai dari tebing yang mudah hingga tebing yang sulit. Beberapa tebing panjat yang populer di kabupaten negara Bali antara lain:
    • Tebing panjat Sangeh
    • Tebing panjat Jimbaran
    • Tebing panjat Uluwatu
Baca Juga:  Temukan Pesona Tersembunyi di Balik Tempat Wisata Jogja di Tengah Kota

Kegiatan petualangan di kabupaten negara Bali memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya menantang dan menyenangkan, tetapi juga menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam Bali yang menakjubkan. Kabupaten negara Bali benar-benar memiliki sesuatu untuk ditawarkan bagi setiap orang, termasuk bagi mereka yang mencari petualangan.

Spa dan pusat kesehatan


Spa Dan Pusat Kesehatan, Wisata

Spa dan pusat kesehatan merupakan bagian penting dari tempat wisata di kabupaten negara Bali. Hal ini dikarenakan Bali dikenal sebagai salah satu tujuan wisata kesehatan dan kebugaran terkemuka di dunia. Banyak wisatawan yang datang ke Bali untuk menikmati perawatan spa dan pusat kesehatan yang berkualitas tinggi.

Spa dan pusat kesehatan di Bali menawarkan berbagai macam perawatan, mulai dari pijat tradisional Bali hingga perawatan kecantikan modern. Perawatan ini dirancang untuk membantu wisatawan rileks, menyegarkan diri, dan meremajakan tubuh dan pikiran mereka. Beberapa perawatan spa dan pusat kesehatan yang populer di Bali antara lain:

  • Pijat Bali
  • Perawatan wajah
  • Manikur dan pedikur
  • Yoga dan meditasi
  • Terapi air

Selain menawarkan perawatan yang berkualitas tinggi, spa dan pusat kesehatan di Bali juga terletak di lingkungan yang indah. Banyak spa dan pusat kesehatan yang terletak di tengah sawah yang subur, hutan hujan yang rimbun, atau di tepi pantai yang indah. Hal ini membuat wisatawan dapat menikmati perawatan spa dan pusat kesehatan sambil menikmati keindahan alam Bali.

Spa dan pusat kesehatan merupakan bagian penting dari tempat wisata di kabupaten negara Bali. Hal ini dikarenakan spa dan pusat kesehatan menawarkan berbagai macam perawatan yang dirancang untuk membantu wisatawan rileks, menyegarkan diri, dan meremajakan tubuh dan pikiran mereka. Selain itu, spa dan pusat kesehatan di Bali juga terletak di lingkungan yang indah, sehingga wisatawan dapat menikmati perawatan spa dan pusat kesehatan sambil menikmati keindahan alam Bali.

Resor yang mewah


Resor Yang Mewah, Wisata

Resor yang mewah merupakan bagian penting dari tempat wisata di kabupaten negara Bali. Hal ini dikarenakan Bali dikenal sebagai salah satu tujuan wisata mewah terkemuka di dunia. Banyak wisatawan yang datang ke Bali untuk menikmati pengalaman menginap di resor yang mewah.

  • Fasilitas dan layanan eksklusifResor mewah di Bali menawarkan berbagai fasilitas dan layanan eksklusif, seperti kamar yang luas dan nyaman, kolam renang pribadi, restoran fine dining, dan spa. Fasilitas dan layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan bagi wisatawan.
  • Lokasi yang strategisResor mewah di Bali biasanya terletak di lokasi yang strategis, seperti di tepi pantai, di tengah sawah yang subur, atau di lereng bukit dengan pemandangan yang menakjubkan. Lokasi yang strategis ini memberikan wisatawan kemudahan akses ke tempat-tempat wisata dan atraksi lainnya di Bali.
  • Pengalaman budayaBanyak resor mewah di Bali yang menawarkan pengalaman budaya bagi wisatawan. Pengalaman ini dapat berupa kelas memasak tradisional Bali, pertunjukan tari tradisional Bali, atau kunjungan ke pura terdekat. Pengalaman budaya ini memberikan wisatawan kesempatan untuk belajar tentang budaya Bali yang unik dan menarik.
  • Harga yang mahalResor mewah di Bali biasanya memiliki harga yang mahal. Hal ini dikarenakan resor mewah menawarkan fasilitas dan layanan eksklusif, lokasi yang strategis, dan pengalaman budaya yang tak terlupakan. Namun, harga yang mahal ini sepadan dengan pengalaman menginap yang luar biasa yang akan didapatkan wisatawan.

Resor mewah merupakan bagian penting dari tempat wisata di kabupaten negara Bali. Hal ini dikarenakan resor mewah menawarkan fasilitas dan layanan eksklusif, lokasi yang strategis, pengalaman budaya, dan harga yang mahal. Resor mewah di Bali memberikan wisatawan pengalaman menginap yang tak terlupakan dan menjadi bagian penting dari daya tarik wisata Bali.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Tempat Wisata di Kabupaten Negara Bali

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang tempat wisata di Kabupaten Negara Bali:

Pertanyaan 1: Apa saja tempat wisata alam yang populer di Kabupaten Negara Bali?

Jawaban: Kabupaten Negara Bali memiliki banyak tempat wisata alam yang populer, seperti Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pantai Jimbaran, Gunung Agung, Danau Bratan, Air Terjun Gitgit, dan Pantai Atuh.Pertanyaan 2: Apa saja pura dan kuil penting yang ada di Kabupaten Negara Bali?

Jawaban: Kabupaten Negara Bali memiliki beberapa pura dan kuil penting, seperti Pura Besakih, Pura Ulun Danu Bratan, Pura Tanah Lot, dan Pura Goa Gajah.Pertanyaan 3: Apa saja upacara dan festival tradisional yang diadakan di Kabupaten Negara Bali?

Jawaban: Kabupaten Negara Bali memiliki beberapa upacara dan festival tradisional, seperti upacara Ngaben dan Festival Nyepi.Pertanyaan 4: Apa saja kegiatan petualangan yang bisa dilakukan di Kabupaten Negara Bali?

Jawaban: Kabupaten Negara Bali menawarkan berbagai kegiatan petualangan, seperti trekking, arung jeram, bersepeda gunung, dan panjat tebing.Pertanyaan 5: Apa saja spa dan pusat kesehatan yang terkenal di Kabupaten Negara Bali?

Jawaban: Kabupaten Negara Bali memiliki beberapa spa dan pusat kesehatan yang terkenal, seperti The Spa at Four Seasons Resort Bali Jimbaran, The Spa at The Ritz-Carlton, Bali, dan The Spa at COMO Shambhala Estate.Pertanyaan 6: Apa saja resor mewah yang ada di Kabupaten Negara Bali?

Jawaban: Kabupaten Negara Bali memiliki beberapa resor mewah, seperti The St. Regis Bali Resort, The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali, dan The Mulia, Bali.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang tempat wisata di Kabupaten Negara Bali. Kabupaten Negara Bali menawarkan berbagai macam tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata petualangan, hingga wisata kesehatan. Kabupaten Negara Bali merupakan destinasi wisata yang lengkap dan tak terlupakan.

Baca Juga:  Jelajahi Pesona Indonesia: Beragam Jenis Wisata yang Menanti

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Negara Bali.

Tips Berwisata ke Kabupaten Negara Bali

Kabupaten Negara Bali memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan beragam. Untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Rencanakan Perjalanan Anda dengan Baik
Rencanakan perjalanan Anda dengan baik dan tentukan tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Kabupaten Negara Bali memiliki banyak tempat wisata, jadi penting untuk memilih tempat yang sesuai dengan minat Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan waktu perjalanan dan anggaran Anda.

Tip 2: Cari Akomodasi yang Sesuai
Kabupaten Negara Bali memiliki berbagai pilihan akomodasi, dari hotel mewah hingga guesthouse yang terjangkau. Pilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda ingin menginap di dekat pantai, carilah hotel di kawasan Kuta atau Seminyak. Jika Anda ingin menginap di daerah yang lebih tenang, carilah hotel di kawasan Ubud atau Sanur.

Tip 3: Sewa Kendaraan
Cara terbaik untuk berkeliling Kabupaten Negara Bali adalah dengan menyewa kendaraan. Anda dapat menyewa mobil, motor, atau sepeda. Sewa kendaraan akan memudahkan Anda untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang berbeda dan berkeliling sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga dapat menggunakan jasa transportasi umum, seperti taksi atau bus, tetapi hal ini akan lebih memakan waktu dan biaya.

Tip 4: Hormati Budaya Lokal
Bali adalah daerah yang kaya akan budaya dan tradisi. Hormati budaya lokal dengan berpakaian sopan, berperilaku baik, dan menghindari tindakan yang tidak pantas. Selalu minta izin sebelum mengambil foto atau video orang Bali. Anda juga harus belajar beberapa frasa dasar bahasa Bali, seperti “terima kasih” dan “tolong”.

Tip 5: Bersiaplah dengan Cuaca yang Tidak Terduga
Cuaca di Bali bisa berubah dengan cepat. Selalu bersiaplah dengan membawa jas hujan atau payung. Anda juga harus memakai tabir surya dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari. Jika Anda berencana untuk berenang atau berselancar, bawalah baju ganti dan handuk.

Summary of key takeaways or benefits
Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan Anda ke Kabupaten Negara Bali akan aman, menyenangkan, dan berkesan.

Transition to the article’s conclusion
Kabupaten Negara Bali adalah tujuan wisata yang luar biasa dengan banyak hal yang ditawarkan. Dengan perencanaan yang matang dan dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan pengalaman berwisata Anda di Bali.

Kesimpulan

Tempat wisata di Kabupaten Negara Bali sangatlah beragam dan menarik. Kabupaten ini memiliki pantai yang indah, budaya yang kaya, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu, Kabupaten Negara Bali juga menawarkan berbagai macam kegiatan petualangan, spa dan pusat kesehatan, serta resor yang mewah.

Dengan perencanaan yang matang dan dengan mengikuti tips-tips yang telah diuraikan di atas, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan Anda ke Kabupaten Negara Bali akan aman, menyenangkan, dan berkesan. Kabupaten Negara Bali adalah tujuan wisata yang luar biasa dengan banyak hal yang ditawarkan. Nikmati keindahan alamnya, pelajari budayanya yang unik, dan manjakan diri Anda dengan berbagai pilihan relaksasi dan petualangan yang tersedia.

Images References


Images References, Wisata

Check Also

latar belakang bali sebagai tempat wisata

Menyingkap Rahasia Bali Sebagai Surga Wisata

Latar belakang Bali sebagai tempat wisata tidak terlepas dari keindahan alamnya yang memukau, budayanya yang …