Pesona Pulau Derawan Kalimantan Timur

Surga Tersembunyi di Pulau Derawan Kalimantan Timur Tagar
Surga Tersembunyi di Pulau Derawan Kalimantan Timur Tagar from www.tagar.id

Menikmati Keindahan Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kalimantan Timur yang masih perawan dan belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini mempesona siapa saja yang mengunjunginya dengan keindahan alamnya yang masih asli dan keanekaragaman hayati di bawah lautnya. Derawan merupakan gugusan kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau kecil, di antaranya Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, dan Pulau Kakaban. Keempat pulau tersebut memiliki keindahan alam yang berbeda-beda dan menawarkan pengalaman yang berbeda pula bagi para pengunjung.

Pulau Derawan sendiri terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih dan air lautnya yang jernih. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam atau sunrise yang memukau. Selain itu, Pulau Derawan juga terkenal dengan penyu hijau yang berkembang biak di pantai ini. Setiap tahunnya, penyu hijau ini datang ke pantai untuk bertelur. Pengunjung dapat menyaksikan momen ini dengan menyewa perahu nelayan setempat yang menyediakan jasa pengantar ke pantai tempat penyu hijau bertelur.

Sedangkan, Pulau Sangalaki terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Pulau ini merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk melakukan snorkeling dan diving. Di bawah lautnya, terdapat terumbu karang yang masih terjaga dan beraneka ragam ikan hias yang berenang bebas. Selain itu, Pulau Sangalaki juga terkenal dengan penangkaran hewan langka di bawah laut, yaitu pari manta. Pari manta adalah ikan hiu yang sangat besar dan langka. Para pengunjung dapat melihat pari manta ini dengan melakukan snorkeling atau diving di Pulau Sangalaki.

Pulau Maratua juga tidak kalah menarik dengan Pulau Derawan dan Pulau Sangalaki. Pulau ini terkenal dengan gua bawah lautnya yang spektakuler. Gua bawah laut di Pulau Maratua merupakan gua terbesar di Asia Tenggara dan menjadi tempat favorit para diver. Di dalam gua ini, terdapat stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan dan terumbu karang yang masih terjaga.

Sedangkan, Pulau Kakaban terkenal dengan danau ubur-uburnya yang menyimpan keunikan tersendiri. Di dalam danau ini, terdapat ubur-ubur yang tidak memiliki sengat dan tidak beracun. Ubur-ubur ini unik karena terpisah dari laut dan hanya hidup di dalam danau ini. Pengunjung dapat berenang dan bermain-main dengan ubur-ubur ini di dalam danau.

Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Derawan

Tidak hanya menikmati keindahan alamnya, di Pulau Derawan pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru lainnya. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Derawan:

1. Snorkeling dan diving di Pulau Sangalaki

2. Menyaksikan penyu hijau bertelur di Pulau Derawan

3. Menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Derawan

4. Berenang dengan ubur-ubur di Danau Kakaban

5. Mencoba kuliner khas Kalimantan Timur, seperti sate banjar dan mi celor

6. Berkeliling Pulau Derawan dengan menyewa perahu

7. Menyaksikan penangkaran pari manta di Pulau Sangalaki

FAQs

1. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Derawan?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Derawan adalah dari bulan Maret hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca cukup cerah dan air lautnya cukup jernih untuk melakukan snorkeling dan diving.

2. Bagaimana cara menuju ke Pulau Derawan?

Untuk menuju ke Pulau Derawan, pengunjung harus terlebih dahulu menuju ke kota Berau. Dari sana, pengunjung dapat menggunakan kapal atau speedboat menuju ke Pulau Derawan. Perjalanan dari Berau ke Pulau Derawan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

3. Apa saja fasilitas yang tersedia di Pulau Derawan?

Di Pulau Derawan, terdapat beberapa penginapan yang dapat dipilih oleh pengunjung. Selain itu, terdapat juga restoran yang menyediakan berbagai macam kuliner lokal dan internasional. Terdapat juga beberapa toko yang menjual perlengkapan diving dan snorkeling.

4. Apakah ada biaya masuk untuk masuk ke Pulau Derawan?

Ya, terdapat biaya masuk untuk masuk ke Pulau Derawan. Biaya masuk ini biasanya sudah termasuk biaya konservasi alam dan tiket masuk ke pulau-pulau di sekitar Derawan.

5. Apakah aman untuk berenang dengan ubur-ubur di Danau Kakaban?

Ya, aman untuk berenang dengan ubur-ubur di Danau Kakaban. Ubur-ubur di dalam danau ini tidak memiliki sengat dan tidak beracun.

Pulau Derawan memang tidak sepopuler Bali atau Lombok, namun keindahan alamnya yang masih asli dan keanekaragaman hayati di bawah lautnya membuatnya pantas untuk dikunjungi. Bagi para pecinta alam dan keindahan bawah laut, Pulau Derawan adalah destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Check Also

Panduan Liburan Ke Pantai Kuta Bali: Sejarah, Deskripsi, dan Panduan Liburan

Pantai Kuta Bali: Sejarah, Deskripsi, dan Panduan Liburan.¬†Pantai Kuta Bali adalah salah satu destinasi wisata …