Menjelajahi Wisata Sejarah Di Trowulan, Mojokerto

Wisata Sejarah Mojokerto
Wisata Sejarah Mojokerto from jalanlagi.com

Indonesia memiliki sejarah yang sangat kaya, dan salah satu tempat yang menyimpan banyak cerita adalah Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur. Trowulan dulunya merupakan ibu kota Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 hingga ke-15. Saat ini, Trowulan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Indonesia.

Sejarah Trowulan

Trowulan, dulunya dikenal dengan sebutan Wwatan Trowulan, merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit pada masa lalu. Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu terbesar di Indonesia pada masa kejayaannya, yang berkuasa dari tahun 1293 hingga 1500-an. Trowulan menjadi pusat pemerintahan setelah Raja Jayanegara memindahkan ibu kota dari Singosari ke Trowulan pada tahun 1294.

Di Trowulan, terdapat banyak peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit, termasuk candi, batu-batu prasasti, dan bekas-bekas rumah para raja. Saat ini, Trowulan menjadi sebuah kompleks wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Trowulan

Candi Tikus

Candi Tikus merupakan salah satu candi yang paling terkenal di Trowulan. Candi ini ditemukan pada tahun 1914 oleh seorang arkeolog Belanda bernama W.F. Stutterheim. Candi Tikus memiliki bentuk seperti kolam, dengan ukuran panjang 13 meter, lebar 9 meter, dan kedalaman 1,5 meter. Di dalam candi terdapat sebuah ruangan kecil yang berfungsi sebagai tempat penyucian.

Padepokan

Padepokan merupakan bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat tinggal para raja Majapahit. Saat ini, bangunan ini telah direnovasi dan dibuka untuk umum sebagai salah satu tempat wisata di Trowulan. Di dalam Padepokan, terdapat berbagai macam benda dan artefak peninggalan Kerajaan Majapahit, seperti patung-patung, arca-arca, dan prasasti-prasasti.

Baca Juga:  Temukan Keindahan Tersembunyi: Wisata Alam dan Budaya di Pohuwato

Batu-batu Prasasti

Batu-batu prasasti adalah salah satu peninggalan sejarah yang paling penting di Trowulan. Batu-batu ini berisi tulisan-tulisan dalam bahasa Sanskrit yang menceritakan tentang sejarah Kerajaan Majapahit. Beberapa batu prasasti yang terkenal di Trowulan antara lain Prasasti Wurare, Prasasti Kudadu, dan Prasasti Jajawa.

Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu merupakan candi Hindu yang terletak di tengah-tengah sawah di Trowulan. Candi ini memiliki ukuran yang kecil, namun sangat indah dan terawat dengan baik. Di sekitar candi, terdapat banyak pohon beringin yang tumbuh dengan rimbun, sehingga menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman.

Cara Menuju Trowulan

Trowulan terletak sekitar 25 kilometer dari kota Mojokerto, Jawa Timur. Untuk menuju ke Trowulan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkutan kota. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalan raya Mojokerto – Jombang dan belok ke arah timur hingga sampai di Trowulan.

Tips Berkunjung ke Trowulan

Pilih Waktu yang Tepat

Untuk menghindari kerumunan pengunjung, sebaiknya Anda berkunjung ke Trowulan di hari kerja atau di luar musim liburan. Selain itu, datanglah pada pagi hari atau sore hari, karena cuaca di Trowulan sangat panas di siang hari.

Pakailah Pakaian yang Tepat

Karena Trowulan merupakan tempat wisata sejarah, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu ketat. Selain itu, gunakanlah alas kaki yang nyaman, karena Anda akan banyak berjalan dan mendaki di Trowulan.

Bawa Air Minum

Karena cuaca di Trowulan sangat panas, sebaiknya Anda membawa air minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berkunjung. Anda juga bisa membeli air minum di toko-toko yang ada di sekitar Trowulan.

Baca Juga:  Temukan Pesona Tersembunyi Kabupaten Minahasa: Panduan Wisata yang Tak Terlupakan

Bawa Kamera

Trowulan memiliki banyak spot foto yang sangat indah dan instagramable. Sebaiknya Anda membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen berharga saat berkunjung ke Trowulan.

FAQ’s

Apa yang membuat Trowulan menjadi tempat wisata yang menarik?

Trowulan menjadi tempat wisata yang menarik karena merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit pada masa lalu. Di Trowulan, terdapat banyak peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit, seperti candi, batu-batu prasasti, dan bekas-bekas rumah para raja.

Bagaimana cara menuju Trowulan?

Untuk menuju ke Trowulan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau angkutan kota. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengikuti jalan raya Mojokerto – Jombang dan belok ke arah timur hingga sampai di Trowulan.

Apakah ada tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Trowulan?

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Trowulan, seperti memilih waktu yang tepat, mengenakan pakaian yang sopan dan nyaman, membawa air minum yang cukup, dan membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera plan your trip dan jelajahi wisata sejarah di Trowulan, Mojokerto. Selamat berlibur!

Check Also

tempat wisata alam di asia tenggara

Pesona Alam Asia Tenggara: Surga Tersembunyi yang Menanti Dijelajahi

Tempat wisata alam di Asia Tenggara merujuk pada destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam, seperti …