Menjelajahi Keindahan Hutan Pinus Pengger Bantul

Pinus Pengger, Terong, Bantul, Yogyakarta Indonesia bucket list en
Pinus Pengger, Terong, Bantul, Yogyakarta Indonesia bucket list en from www.pinterest.com
Hutan Pinus Pengger Bantul

Pengantar

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata yang populer di Bantul adalah Hutan Pinus Pengger. Hutan ini terletak di Desa Pengger, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger menawarkan pemandangan yang menakjubkan, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang. Oleh karena itu, Hutan Pinus Pengger menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Sejarah Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger sebenarnya merupakan hutan buatan yang dibangun pada tahun 1996 oleh PT. Jati Luhur Agro Industri. Awalnya, tujuan dibangunnya hutan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan kayu bagi perusahaan tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, hutan ini menjadi semakin terkenal sebagai tempat wisata yang menarik. Oleh karena itu, PT. Jati Luhur Agro Industri kemudian membuka akses untuk umum pada tahun 2000. Saat ini, Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Bantul.

Keindahan Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang memberikan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Di dalam hutan, terdapat berbagai spot foto yang instagramable seperti jembatan gantung, spot selfie, dan spot panorama. Selain itu, terdapat juga beberapa spot untuk berkemah dan bermain air. Di samping itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dari atas bukit di Hutan Pinus Pengger.

Spot Foto

Salah satu hal yang paling menarik di Hutan Pinus Pengger adalah spot foto. Ada beberapa spot foto yang paling populer di antaranya adalah jembatan gantung dan spot selfie. Jembatan gantung ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto karena memberikan suasana yang sangat unik dan menarik. Sedangkan, spot selfie terletak di puncak bukit yang memberikan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Spot Berkemah

Bagi para penggemar camping, Hutan Pinus Pengger juga menyediakan beberapa spot untuk berkemah. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Di samping itu, berkemah juga menjadi salah satu cara yang tepat untuk menikmati keindahan alam di sekitar hutan.

Spot Bermain Air

Di Hutan Pinus Pengger, terdapat beberapa spot untuk bermain air. Salah satunya adalah Sungai Oya yang terletak di sekitar hutan. Sungai ini sangat cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Selain itu, terdapat juga beberapa kolam yang disediakan di dalam hutan yang sangat cocok untuk bermain air bersama keluarga atau teman-teman.

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Pengger

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkunjung ke Hutan Pinus Pengger, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1. Persiapkan fisik

Hutan Pinus Pengger memiliki medan yang cukup berat untuk dijelajahi. Oleh karena itu, siapkan fisik sebelum berkunjung ke tempat ini. Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan bugar agar bisa menikmati seluruh keindahan yang ada di dalam hutan.

2. Pakai pakaian yang tepat

Hutan Pinus Pengger memiliki suhu yang sejuk. Pastikan Anda memakai pakaian yang tepat seperti jaket atau sweater agar tidak kedinginan ketika berada di dalam hutan. Selain itu, gunakan sepatu yang nyaman untuk berjalan di medan yang cukup berat.

3. Bawa perlengkapan yang dibutuhkan

Sebelum berkunjung ke Hutan Pinus Pengger, pastikan Anda membawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti tenda, sleeping bag, dan matras. Jika ingin bermain air, bawa juga pakaian ganti dan handuk.

FAQ

1. Apakah Hutan Pinus Pengger cocok untuk wisata keluarga?

Ya, Hutan Pinus Pengger sangat cocok untuk wisata keluarga karena memiliki berbagai spot yang menarik untuk anak-anak maupun dewasa. Selain itu, suasana yang tenang dan alami membuat tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga.

2. Apakah ada tempat parkir di Hutan Pinus Pengger?

Ya, ada tempat parkir yang luas di Hutan Pinus Pengger. Biaya parkir hanya sekitar Rp 5.000,- per kendaraan.

3. Apakah di dalam Hutan Pinus Pengger tersedia toilet?

Ya, di dalam Hutan Pinus Pengger tersedia beberapa toilet yang bersih dan terawat.

4. Apakah di dalam Hutan Pinus Pengger tersedia warung makan?

Tidak, di dalam Hutan Pinus Pengger tidak tersedia warung makan. Oleh karena itu, siapkan bekal makanan dan minuman sebelum berkunjung ke tempat ini.

Kesimpulan

Hutan Pinus Pengger merupakan tempat wisata yang menarik di Bantul, Yogyakarta. Hutan ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, udara yang sejuk, dan suasana yang tenang. Di samping itu, Hutan Pinus Pengger juga menyediakan berbagai spot foto, spot berkemah, dan spot bermain air yang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung ke Bantul, jangan lupa untuk menyempatkan diri ke Hutan Pinus Pengger.

Check Also

5 Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Bisa Didaki

Mendaki gunung tertinggi di Indonesia seperti sebuah perjalanan menuju puncak harapan dalam kehidupan. Setiap langkah …