Home / Budaya / Mengenang Gempa dan Tsunami Palu @Kisah Sedih

Mengenang Gempa dan Tsunami Palu @Kisah Sedih

Mengenang Gempa dan Tsunami Palu  – Pada hari ini tanggal 28 September 2019 adalah tepat untuk mengenang 1 tahun bencana gempa dan Tsunami Palu. Setahun sudah, hari ini tepat setahun bencana gempa Palu dan masih terasa jelas di ingatan kita ketika itu. Gempa dan Tsunami mengguncang kota Palu, Donggala dan Sigi serta Parigi Moutong.

Mengenang kembali peristiwa naas menimpah kota Palu, berikut ini wisatapalu.com membagikan gambar-gambar dan vidio peristiwa bencana kota Palu 28 September 2018.

Gambar peristiwa gempa palu

Tak lama setelah gempa terjadi, tsunami menghantam bibir pantai kota Palu, Donggala, dan Mamuju. Gempa pertama yang terjadi pada pukul 14.00 WIB, mengakibatkan satu orang meninggal dunia, 10 orang luka, dan puluhan rumah rusak di Sirenja, Kabupaten Donggala.

Kemudian berturut-turut gempa susulan terjadi. Pada pukul 17.02 WIB, gempa dengan kekuatan 7,4 menerjang kembali. Adapun pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di jalur sesar Palu Koro. Saat itu, gempa membawa serta bencana tsunami ke perairan di Teluk Palu.

Gambar peristiwa gempa palu

Mengenang 1 tahun bencana kota palu

Mengenang 1 Tahun Bencana Gempa dan Tsunami Palu, ribuan korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Kota Palu, melakukan zikir, ceramah agama dan doa bersama di kawasan bekas tsunami Patung Kuda, Pantai Talise, pada Jumat petang.

Tua, muda, anak-anak, remaja dan orang dewasa berbondong-bondong memadati ruas Jalan Rajamoili di pesisir Teluk Palu di Kelurahan Besusu dan Talise sejak pukul 16.00 WITA untuk mengenang peristiwa tersebut sambil mendoakan seluruh korban bencana meninggal yang dipimpin pimpinan Majelis Zikir Nurul Khairat, Habib Soleh Alaydrus atau Habib Rotan.

Seluruh jamaah nampat khusyuk melantunkan zikir dan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar Sulteng terhindar dari bencana yang serupa mendoakan semua korban bencana yang telah meninggal dan hilang.

Sebelumnya masyarakat kota Palu melakukan zikir bersama yang dilaksanan tiap pekan setiap Jumat. Dimulai dari  sepekan pascabencana untuk mendoakan para korban bencana. Tidak ada niat lain semata-mata untuk beribadah dan mendapat siraman rohani dari ulama dan habaib yang hadir dalam kesempatan itu.

Mengenang 1 tahun bencana kota paluMengenang 1 tahun bencana gempa kota palu Mengenang tsunami dan gempa kota palu Mengenang 1 tahun bencana kota palu Mengenang peristiwa Gempa dan Tsunami Palu Mengenang peristiwa likuifaksi dan Gempa Palu Mengenang peristiwa Gempa dan Tsunami Palu Mengenang Gempa dan Tsunami Palu Mengenang Gempa dan likuifaksi Palu

Video Mengenang Gempa dan Tsunami Palu

Detik-detik Gempa, Likuifaksi dan Tsunami di Palu Indonesia

Video ini adalah kumpulan cuplikan detik-detik terjadinya gempa, kemudian disusul terjadinya likuifaksi dan tsunami di berbagai tempat yaitu wilayah donggala, sigi, kota palu, sulawesi tengah.

Sungguh betapa dahsyatnya tragedi yang terjadi 28 september 2018 itu. Perististiwa ini telah membawa duka yang cukup mendalam bagi masyarakat palu, sulawesi dan tentunya indonesia telah berduka.

Video ini mempersembahkan dokumentasinya, diantaranya :

  • Detik detik 3 anak kecil yang sedang asik bermain HP didalam rumah
  • Gempa terjadi di depan pom bensin di kota palu
  • Seorang perempuan sedang kebingungan terjebak gempa dengan membawa bayinya
  • Kepanikan warga di tempat umum ketika ada gempa
  • Penampakan likuifaksi yang sangat dahsyat, sungguh hebat orang yang sempat mendokumentasikan kejadian dalam video ini
  • Detik detik tsunami menghantam pelabuhan palu
  • Kisah sedih pria yang menangis ketika tsunami terjadi didepannya
  • Detik detik jembatan palu jebol diterjang tsunami
  • Seorang ibu bersama 2 anaknya terjebak tsunami
  • Kisah sedih korban tsunami
  • Video pasca likuifaksi terjadi

Tsunami Palu Indonesia 2018

Video kompilasi ini berdasarkan tempat yang sama dalam waktu bersamaan. Semoga dengan adanya video ini kita bisa mengambil hikmah atau pelajaran di kehidupan mendatang

Demikian untuk Mengenang 1 Tahun Bencana Gempa dan Tsunami di Kota palu dan sekitarnya semoga kita diberi ketabahan mengahdapi segala bencana.

Check Also

Bagaimana Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu

Keren !! Kota Palu dari atas bukit dengan mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu …