Keindahan Candi Borobudur: Wisata Yang Menenangkan

53 Tempat Wisata Di Jogja Candi Borobudur Galeri Wisata Keren
53 Tempat Wisata Di Jogja Candi Borobudur Galeri Wisata Keren from galeriwisatakeren.blogspot.com

Pengenalan

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra. Candi ini terdiri dari 10 tingkat yang dihiasi oleh 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief yang menceritakan kisah Buddha. Candi Borobudur dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Sejarah

Candi Borobudur dibangun pada masa kejayaan dinasti Syailendra pada abad ke-8. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu andesit dan dihiasi dengan relief yang menceritakan kisah Buddha. Candi Borobudur kemudian ditinggalkan dan tertimbun selama bertahun-tahun karena letusan gunung Merapi. Pada tahun 1814, Raffles menemukan kembali Candi Borobudur dan dilakukan upaya restorasi pada tahun 1907 hingga 1911 oleh Belanda.

Keindahan

Candi Borobudur memiliki keindahan yang luar biasa. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan dihiasi dengan relief yang sangat detail. Setiap relief menceritakan kisah Buddha dengan sangat jelas. Di Candi Borobudur juga terdapat 72 stupa yang dihiasi dengan patung-patung Buddha. Setiap patung Buddha memiliki posisi tangan yang berbeda dan memiliki arti yang berbeda pula. Candi Borobudur juga memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama pada saat matahari terbit atau terbenam.

Tips Berkunjung

Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur, sebaiknya datang pada pagi hari untuk menghindari kepadatan pengunjung. Selain itu, bawa perlengkapan yang cukup seperti topi, kacamata hitam, dan sunblock karena cuaca di Candi Borobudur cukup terik. Sebaiknya bawa air minum dan makanan ringan karena di dalam kompleks Candi Borobudur tidak banyak tersedia tempat makan dan minum.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Candi Borobudur pada tahun 2023 adalah Rp 500.000 untuk wisatawan asing dan Rp 30.000 untuk wisatawan domestik.

FAQ’s

1. Apa saja yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Candi Borobudur?

Sebaiknya datang pada pagi hari, bawa perlengkapan yang cukup, dan bawa air minum dan makanan ringan.

2. Berapa harga tiket masuk Candi Borobudur?

Harga tiket masuk Candi Borobudur pada tahun 2023 adalah Rp 500.000 untuk wisatawan asing dan Rp 30.000 untuk wisatawan domestik.

3. Apa yang membuat Candi Borobudur begitu istimewa?

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan dihiasi dengan relief yang sangat detail yang menceritakan kisah Buddha. Selain itu, Candi Borobudur juga memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama pada saat matahari terbit atau terbenam.

4. Kapan Candi Borobudur ditemukan kembali?

Candi Borobudur ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh Raffles.

5. Siapa yang membangun Candi Borobudur?

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra.

Kesimpulan

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang sangat indah. Selain memiliki arsitektur yang indah, Candi Borobudur juga dihiasi dengan relief yang sangat detail. Keindahan Candi Borobudur juga diperindah dengan pemandangan yang sangat indah, terutama pada saat matahari terbit atau terbenam. Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur, sebaiknya datang pada pagi hari untuk menghindari kepadatan pengunjung dan bawa perlengkapan yang cukup. Harga tiket masuk Candi Borobudur pada tahun 2023 adalah Rp 500.000 untuk wisatawan asing dan Rp 30.000 untuk wisatawan domestik.

Check Also

5 Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Bisa Didaki

Mendaki gunung tertinggi di Indonesia seperti sebuah perjalanan menuju puncak harapan dalam kehidupan. Setiap langkah …