Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Terpopuler 28+ Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Kabupaten Lumajang Jawa
Terpopuler 28+ Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Kabupaten Lumajang Jawa from www.gepics.com

Pendahuluan

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu keindahan alam yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 120 meter dan memiliki formasi yang sangat unik. Air Terjun Tumpak Sewu terdiri dari beberapa aliran air yang menjulang tinggi seperti tirai air yang jatuh ke bawah dan membentuk kolam air yang indah. Keindahan alam yang dimiliki oleh Air Terjun Tumpak Sewu membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu, Air Terjun Tumpak Sewu juga memiliki legenda yang menarik untuk dipelajari. Legenda ini mengisahkan tentang seorang raja yang mempunyai putri cantik yang kemudian jatuh cinta pada seorang petani miskin. Bagaimana kisah selengkapnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki sejarah yang sangat menarik. Konon, air terjun ini dibentuk oleh erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada zaman dahulu kala. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk karena adanya pecahan batuan yang tercipta dari erupsi tersebut. Pecahan batuan ini kemudian membentuk aliran air yang menjulang tinggi dan membentuk kolam air yang indah. Selain itu, Air Terjun Tumpak Sewu juga memiliki legenda yang sangat menarik. Legenda ini mengisahkan tentang seorang raja yang mempunyai putri cantik yang jatuh cinta pada seorang petani miskin. Sang putri mengalami kesulitan untuk menyatakan perasaannya pada sang petani karena perbedaan status sosial yang mereka miliki. Namun, sang putri akhirnya berhasil menyatakan perasaannya dan mereka berdua hidup bahagia selamanya.

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu keindahan alam yang sangat menakjubkan. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki beberapa formasi air yang jatuh ke bawah dan membentuk tirai air yang sangat indah. Air Terjun Tumpak Sewu juga memiliki kolam air yang sangat jernih dan bersih sehingga sangat cocok untuk berenang atau sekadar bermain air. Selain itu, Air Terjun Tumpak Sewu juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di sekitar air terjun terdapat pepohonan dan tanaman yang hijau dan lebat sehingga membuat suasana semakin asri dan menenangkan. Pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu juga sangat indah saat matahari terbit atau terbenam sehingga sangat cocok untuk berfoto.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan objek wisata yang sangat populer di Lumajang. Oleh karena itu, di sekitar air terjun terdapat beberapa fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di Air Terjun Tumpak Sewu di antaranya adalah:

1. Area Parkir

Untuk memudahkan para wisatawan, di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu telah disediakan area parkir yang luas dan aman. Area parkir ini dilengkapi dengan penjagaan 24 jam dan juga CCTV sehingga kendaraan para wisatawan aman dan terjaga.

2. Area Istirahat

Di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu juga terdapat area istirahat yang nyaman dan bersih. Di area ini terdapat warung makan dan juga tempat duduk yang bisa digunakan para wisatawan untuk beristirahat sejenak.

3. Area Camping

Bagi para wisatawan yang ingin merasakan sensasi camping, di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu juga terdapat area camping yang luas dan aman. Area camping ini dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti tenda, matras, dan juga toilet umum.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dengan maksimal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu:

1. Persiapkan Fisik

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki akses yang cukup sulit dijangkau. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan fisik sebelum berkunjung ke sana. Pastikan Anda dalam keadaan sehat dan bugar.

2. Pakai Sepatu yang Nyaman

Di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu terdapat banyak tanah yang berbatu dan licin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang nyaman dan anti slip untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bawa Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu, pastikan Anda membawa peralatan yang dibutuhkan seperti kamera, sunblock, topi, dan juga air minum.

FAQ

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Air Terjun Tumpak Sewu:

1. Apa yang membuat Air Terjun Tumpak Sewu begitu indah?

Air Terjun Tumpak Sewu begitu indah karena memiliki formasi air yang unik dan juga pemandangan alam yang sangat asri dan menenangkan.

2. Apakah ada biaya masuk untuk berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu?

Ya, ada biaya masuk untuk berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu. Biaya masuk ini digunakan untuk menjaga kebersihan dan juga keamanan di sekitar air terjun.

3. Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu adalah pada pagi hari atau sore hari. Pada waktu ini pemandangan alam di sekitar air terjun sangat indah dan cocok untuk berfoto.

Kesimpulan

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu keindahan alam yang sangat menakjubkan. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi air yang unik dan juga pemandangan alam yang sangat asri dan menenangkan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu, pastikan untuk mempersiapkan fisik dan membawa peralatan yang dibutuhkan. Selamat menikmati keindahan alam Indonesia!

Check Also

5 Gunung Tertinggi Di Indonesia Yang Bisa Didaki

Mendaki gunung tertinggi di Indonesia seperti sebuah perjalanan menuju puncak harapan dalam kehidupan. Setiap langkah …