Baju Adat Tanah Laut

Baju Adat Tanah Laut – Daftar baju adat komplit Indonesia memiliki sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Tanah Laut karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah yakni salah satu elemen kebudayaan tempat. Elemen kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang cocok dengan pesan-pesan nilai budaya yang ada di dalamnya. Selain itu, berhubungan secara langsung dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman tradisi dan adat-istiadatnya di sebagian tempat seperti Baju Adat Tanah Laut masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari budaya sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Tanah Laut, baju adat persewaan baju karnaval

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Tanah Laut) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat merupakan pakaian dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan jati diri dari suatu kategori masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Tanah Laut?

Bukan hanya di Indonesia, tiap negara di seluruh dunia juga mempunyai Baju Adat Tanah Laut masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Sebab baju adat adalah baju yang dibuat dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tersebut.

Tiap-tiap Baju Adat Tanah Laut biasanya terdiri dari sebagian bagian komplit dari kepala sampai kaki. Berikut ini merupakan bagian bagian biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan adalah bagian inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif pantas dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan merupakan pasangan dari atasan yang juga ialah komponen penting. Modelnya juga bisa bervariasi, semisal ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya adalah penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya merupakan kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang umumnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya dijumpai pada baju khas wanita yakni gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi komponen komplementer komponen bawah, modelnya beragam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Tanah Laut

baju adat sulawesi utara tradisikita 300 x 223 · jpeg baju adat sulawesi utara tradisikita from www.tradisikita.my.id
info terkini pakaian adat betawi keluarga 830 x 556 · jpeg info terkini pakaian adat betawi keluarga from fashionskebaya.blogspot.com

ragam baju adat  sulawesi tengah pariwisata indonesia 450 x 300 · jpeg ragam baju adat sulawesi tengah pariwisata indonesia from pariwisataindonesia.id
baju adat kei maluku tenggara baju adat tradisional 1280 x 853 · jpeg baju adat kei maluku tenggara baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

baju adat nusa tenggara timur ntt beserta gambar  penjelasannya tradisi tradisional 400 x 279 · jpeg baju adat nusa tenggara timur ntt beserta gambar penjelasannya tradisi tradisional from tradisi-tradisional.blogspot.com
baju adat persewaan baju karnaval 1131 x 1600 · jpeg baju adat persewaan baju karnaval from purnamakostum.wordpress.com

sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa 741 x 926 · jpeg sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa from pengantinnusantaradotcom.blogspot.com
sanggar nusantara dot  jakarta paket rias pengantin melayu deli hub 1080 x 719 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta paket rias pengantin melayu deli hub from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

syubidu kesenian  kebudayaan bali 222 x 320 · jpeg syubidu kesenian kebudayaan bali from khantydwi.blogspot.com
sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju melayu  jakarta hub telepon 1080 x 1350 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju melayu jakarta hub telepon from sanggarnusantaradotcom.blogspot.co.id

kebudayaan  kesenian daerah kebudayaan papua 336 x 430 · jpeg kebudayaan kesenian daerah kebudayaan papua from likaardila.blogspot.com
pakaian adat sulawesi utara beserta gambarnya 750 x 450 · jpeg pakaian adat sulawesi utara beserta gambarnya from www.yuksinau.id

galeri pakaian adat sumatera barat djangki 600 x 580 · jpeg galeri pakaian adat sumatera barat djangki from djangki.wordpress.com
sewa busana betawi dot   ph      sewa baju 1066 x 1600 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat ialah tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu bentuk melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menunjukkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap daerah, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Identitas Tiap Daerah

Pakaian adat yang berbeda-beda ini yakni suatu label tiap daerah. Teman-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu tempat via Baju Adat Tanah Laut yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi label masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai label setiap daerah, pakaian adat ini juga banyak diterapkan pada bermacam acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di tiap daerah akan mengaplikasikan baju adat.

Baju Adat Tanah Laut ini juga akan memutuskan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan mengenakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Tanah Laut juga kerap diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan baju adat dengan berbagai dekorasinya.

Malahan pada sebagian daerah, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang menggunakan hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu malahan penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga sekarang di beberapa daerah pakaian adat mempunyai berbagai fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, yaitu sebagian baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Tanah Laut

1. Permasalahan ekonomi manakah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang

Pertanyaan: 1. Permasalahan ekonomi manakah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang bertempat tinggal di pedesaan?
A.ketersediaan bahan pangan
B.sumber air bersih
C.fasilitas pendidikan
D.pagelaran seni tradisional

2. Berikut ini yang termasuk usaha pemerintah dalam mengatasi harga mahal di wilayah Indonesia timur sebagai akibat kelangkaan barang adalah….
A.bantuan langsung tunai
B.membangun tol laut
C.membangun fasilitas pendidikan
D.menurunkan sekecil mungkin harga barang

3.Perhatikan contoh-contoh kebutuhan berikut ini; ikut vaksinasi , berkunjung ke rumah nenek, membeli obat-obatan, jalan santai dengan keluarga. Manakah yang termasuk kebutuhan rokhani?
A.jalan santai dengan B.keluarga
C.membeli obat-obatan
D.berkunjung ke rumah nenek
ikut melakukan vaksinasi

4.Berdasarkan waktu penggunaannya, keikutsertaan dalam tabungan haji merupakan usaha manusia dalam rangka memenuhi….
A.kebutuhan rokhani
B.kebutuhan jasmani
C.kebutuhan pribadi
D.kebutuhan yang akan datang

5.Manakah pernyataan di bawah ini yang benar?
A.kebutuhan tersier dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer
B.kebutuhan jasmani dapat dipenuhi setelah kebutuhan rokhani
C.”resik kampung” merupakan salah satu kebutuhan kelompok
D.berolahraga dan pendidikan tinggi, termasuk kebutuhan yang akan datang

6.Upacara adat pemakaman mayat di tanah Toraja, ada yang dilakukan dengan penyembelihan kerbau dengan jumlah berbeda-beda. Hal ini menggambarkan bahwa pemenuhan kebutuhan juga dipengaruhi oleh….
A.tingkat pendidikan
B.status sosial
C.lingkungan masyarakat
D.selera

7.Bagaimanakah hubungan antara tingkat pendidikan dengan kebutuhan manusia?
A.tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap kebutuhan
B.semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka semakin mampu memperkecil C.kebutuhan
semakin sedikit jumlah kebutuhannya menggambarkan semakin rendah pendidikannya
D.tingkat pendidikan dan jumlah kebutuhannya memiliki hubungan berlawanan

8.Perbandingan sifat antara alat pemenuhan kebutuhan manusia dengan kebutuhan manusia adalah….
A.mudah terpenuhi : sulit terpenuhi
B.sulit terpenuhi : terbatas
C.terbatas : tak terbatas
D.tak terbatas : mudah terpenuhi

9.Alat pemenuhan/ pemuas kebutuhan manusia ada yang berupa barang ada yang berupa jasa. Manakah yang termasuk jasa?
A.barber
B.payung
C.cutter
D.hanger

10.Manakah yang bukan dasar pengelompokkan alat pemenuhan kebutuhan manusia?
A.menurut tujuan penggunaannya
B.menurut hubungan dengan barang lain
C.menurut subyek penggunanya
D.menurut cara memperolehnya

11.Perhatikan pasangan barang komplementer berikut; layang-layang – udara, cikar – sapi, sepeda motor – bensin dan kipas angin paling tepat jika dilengkapi dengan….
A.lampu hias
B.stiker
C.listrik
D.pewangi

12.Jika kita membicarakan tentang baju, sepatu, tas maka sebenarnya kita membahas seputar….
A.barang produksi
B.barang jadi
C.barang setengah jadi
D.barang mewah1. Permasalahan ekonomi manakah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang bertempat tinggal di pedesaan?
A.ketersediaan bahan pangan
B.sumber air bersih
C.fasilitas pendidikan
D.pagelaran seni tradisional

2. Berikut ini yang termasuk usaha pemerintah dalam mengatasi harga mahal di wilayah Indonesia timur sebagai akibat kelangkaan barang adalah….
A.bantuan langsung tunai
B.membangun tol laut
C.membangun fasilitas pendidikan
D.menurunkan sekecil mungkin harga barang

3.Perhatikan contoh-contoh kebutuhan berikut ini; ikut vaksinasi , berkunjung ke rumah nenek, membeli obat-obatan, jalan santai dengan keluarga. Manakah yang termasuk kebutuhan rokhani?
A.jalan santai dengan B.keluarga
C.membeli obat-obatan
D.berkunjung ke rumah nenek
ikut melakukan vaksinasi

4.Berdasarkan waktu penggunaannya, keikutsertaan dalam tabungan haji merupakan usaha manusia dalam rangka memenuhi….
A.kebutuhan rokhani
B.kebutuhan jasmani
C.kebutuhan pribadi
D.kebutuhan yang akan datang

5.Manakah pernyataan di bawah ini yang benar?
A.kebutuhan tersier dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer
B.kebutuhan jasmani dapat dipenuhi setelah kebutuhan rokhani
C.”resik kampung” merupakan salah satu kebutuhan kelompok
D.berolahraga dan pendidikan tinggi, termasuk kebutuhan yang akan datang

6.Upacara adat pemakaman mayat di tanah Toraja, ada yang dilakukan dengan penyembelihan kerbau dengan jumlah berbeda-beda. Hal ini menggambarkan bahwa pemenuhan kebutuhan juga dipengaruhi oleh….
A.tingkat pendidikan
B.status sosial
C.lingkungan masyarakat
D.selera

7.Bagaimanakah hubungan antara tingkat pendidikan dengan kebutuhan manusia?
A.tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap kebutuhan
B.semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka semakin mampu memperkecil C.kebutuhan
semakin sedikit jumlah kebutuhannya menggambarkan semakin rendah pendidikannya
D.tingkat pendidikan dan jumlah kebutuhannya memiliki hubungan berlawanan
Plis jawab dikumpulin jam 09.50

Jawaban:

1.C

2.D

3.D

4.D

5.D

6.B

7.C

8.C

9.A

10.C

11.C

12.B

Penjelasan:

Semoga membantu

Pls jawab pls soal nya dikumpulkan hari ini 2. Bacalah

Pertanyaan: Pls jawab pls soal nya dikumpulkan hari ini 2. Bacalah teks di bawah ini kemudian rangkum menjadi satu paragraf yang utuh! Jangan lupa diberi judul, tulis yang rapi, dan perhatikan tanda baca! Kebudayaan Jawa Barat, Mulai dari Bahasa hingga Kesenian Jawa Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Kebudayaan di Jawa Barat didominasi oleh kebudayaan Sunda dan Cirebon. Kebudayaan Sunda berkembang di Tataran Sunda, Tanah Pasundan, dan Tanah Priangan. Sementara kebudayaan Cirebon berkembang di daerah bekas karesidenan Cirebon kawasan bagian utara. Masyarakat di Jawa Barat memiliki bahasa yang dikenal sebagai bahasa Sunda, basa Sunda, atau aksara Sunda. Bahasa ini merupakan cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Pada zaman dahulu, pakaian adat di Jawa Barat dibedakan melalui status sosialnya. Untuk kaum bangsawan, mereka mengenakan kebaya beludru hitam yang di sulam dengan benang emas dan kain kebat motif rereng. Kaum menengah mengenakan baju bedahan putih dan kain kebat batik. Sedangkan kaum bawah mengenakan baju kampret atau baju salontren dengan sarung poleng yang diselempangkan di bahu.

gua gak tau lu banyak banget nulis nya

Jawaban:

coba tanya mbah google

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C

Pertanyaan: A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia, antara lain berfungsi sebagai ….
a. Sumber barang elektronik
b. Alat untuk membuat tanaman
c. Sumber minuman
d. Alat untuk bahan bakar

2. Selain manusia, tumbuhan juga membutuhkan air antara lain untuk proses ….
a. Respirasi
b. Fotosintesis
c. Pengguguran
d. Pelapukan

3. Ikan-ikan di sungai akan mati  jika tidak ada air, hal ini mennandakan bahwa ada jenis hewan yang membutuhkan air sebagai ….
a. Sumber makanan
b. Alat transportasi
c. Tempat hidupnya

Ads by optAd360

d. Alat berkembangbiak

4. Kegiatan manusia di bawah ini yang memanfaatkan air dalam bidang pertanian adalah ….
a. Pak Jaya mencuci mobil dengan air sumur
b. Pak Budi memelihara ikan di tambak
c. Bu Dwi menggunakan air untuk mencuci piring
d. Pak Jayus mengairi sawahnya dengan air sungai

5. Bu Rani mengambil air di sumur untuk mencuci baju keluarganya yang kotor, hal ini merupakan contoh bahwa air mempunyai fungsi bagi manusia dalam ….
a. Menjaga kebersihan
b. Menjaga kemananan
c. Mencegah kekeringan
d. Membunuh penyakit

6. Bagi tumbuhan air juga dapat berfungsi sebagai pelarut ….
a. Zat hara
b. Oksigen

Ads by optAd360

c. Cahaya matahari
d. Hama dan gulma

7. Air di bumi mengalami siklus yang terus berputar, proses penguapan air laut dalam siklus air disebut juga dengan ….
a. Kondensasi
b. Evaporasi
c. Presipitasi
d. Infiltrasi

8. Uap air yang ada di atsmosfer akan berubah menjadi titik-titik air ketika suhu udara ….
a. Naik
b. Stabil
c. Turun
d. Memanas

9. Air tanah mengalami proses perembesan ke danau atau sungai. Proses ini dinamakan dengan ….
a. Respirasi
b. Evaporasi
c. Kondensasi
d. Infiltrasi

10. Sebagai manusia kita harus turut serta menjaga kelestarian air di bumi karena ….

Ads by optAd360

a. Air merupakan sumber daya alam yang penting bagi penunjang kehidupan makhluk hidup di bumi
b. Air merupakan sumber daya alam yang mempunyai harga yang relatif murah di bumi
c. Air dibutuhkan manusia untuk mengolah semua jenis hewan dan tumbuhan di bumi
d. Air yang ada di bumi bersifat sangat langka dan sangat sulit untuk diperbaharui keberadaannya

11. Indonesia mempunyai keragaman rumah adat di setiap daerah antara lain karena Indonesia mempunyai ….
a. Beragam warna kulit
b. Beragam suku  bangsa
c. Banyak gunung berapi
d. Laut yang  luas

12. Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, namun penduduk Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi antar daerah karena memiliki ….

Ads by optAd360

a. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
b. UUD 1945 sebagai dasar negara
c. Satu presiden yang sama
d. Garuda Pancasila sebagai lambang negara

13. Betang, Joglo dan Gadang adalah contoh kergaman budaya Indonesia berupa ….
a. Pakaian adat
b. Tarian daerah
c. Lagu daerah
d. Rumah adat

14. Tari Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor berasal dari provinsi ….
a. Sulawesi Utara
b. Jawa Timur
c. Papua Barat
d. Sumatra Utara

15. Pakaian adat berikut ini yang tidak berasal dari daerah di pulau Sumatra adalah ….
a. Ulos
b. Aesan Gede
c. Kebaya

Ads by optAd360

d. Bundo Kaduang

16. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak  dalam bidang sumber daya alam disebut ….
a. Usaha alam
b. Usaha agraris
c. Usaha ektraktif
d. Usaha pasif

17. Berikut ini yang merupakan contoh usaha ekstraktif adalah ….
a. Pertanian
b. Pertambangan
c. Perkantoran
d. Perburuan

18. Contoh hasil usaha dari perkebunan adalah ….
a. Padi dan jagung
b. Jati dan rotan
c. Stroberi dan anggur
d. Emas dan perak

19. Batubara dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari ….
a. Pertambangan
b. Perikanan

Ads by optAd360

c. Pertanian
d. Perhutanan

20. Jenis usaha yang kegiatannya berupa mengolah barang jadi atau setengah jadi menggunakan sarana dan peralatan tertentu dinamakan ….
a. Perdagangan
b. Pendistribusian
c. Perindustrian
d. Perkantoran

21. Contoh jenis pekerjaan di bawah ini yang menghasilkan jasa adalah ….
a. Pedagang
b. Petani
c. Peternak
d. Sopir

22. Pak Riko adalah seorang yang membeli barang-barang dari pabrik, lalu ia menjualnya kembali di tokonya yang berada di desa. Usaha Pak Riko ini termasuk jenis usaha ….
a. Distributor
b. Industri
c. Perdagangan
d. Kolektor

Ads by optAd360

23. Pekerjaan ayah dan ibu Riska termasuk dalam bidang jasa. Ayah Riska adalah seorang dokter dan ibunya adalah seorang bidan. Kedua orang tua Riska bermanfaat bagi masyarakat berupa ….
a. Memberikan layanan pendidikan
b. Memberikan layanan kesehatan
c. Memberikan layanan wisata
d. Memberikan layanan trasportasi

24. Nada diatonis mayor mempunyai ciri-ciri antara lain adalah ….
a. Memiliki 3 nada dasar
b. Bertempo sangat cepat
c. Diawali dengan tangga nada re
d. bersifat riang gembira​

Jawaban:

1.C.SUMBER MINUMAN

2.B.FOTISINTESIS

3.C.TEMPAT HIDUPNYA

4.D.PAK JAYUSMENGAIRI SAWAHNYA DENGAN AIR SUNGAI

5.A.MENJAGA KEBERSIHAN

6.B.OKSIGEN

7.B.EVAPORASI

8.C.TURUN

9.C.KONDENSASI

10.A.AIR MERUPAKAN SUMBER DAYA ALAM YANG PENTING BAGI PENUNJANG KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP DI BUMI

11.B.BERAGAM SUKU BANGSA

12.A.BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERSATUAN

13.A.PAKAIAN DAERAH

14.D.SUMATRA UTARA

15.A.ULOS

16.B.USAHA AGRARIS

17.B.PERTAMBANGAN

18.C.STROBERI DAN ANGGUR

19.A.PERTAMBANGAN

20.B.PENDISTRIBUSIAN

21.D.SOPIR

22.A.DISTRIBUTOR

23.B.MEMBERIKAN LAYANAN KESEHATAN

24.D.BERSIFAT RIANG GEMBIRA

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAAT

FOLLOW ME

8. Pertumbuhan penduduk dapat dipengaruhi oleh faktor kelahiran, kamatian dan

Pertanyaan: 8. Pertumbuhan penduduk dapat dipengaruhi oleh faktor kelahiran, kamatian dan migrasi. Dari faktor – faktor tersebut yang bersifat mengurangi jumlah penduduk adalah …. *
A. kematian dan imigrasi
B. imigrsi dan emigrasi
C. kelahiran dan kematian
D. emigrasi dan kematian
9. Rasio ketergantungan penduduk suatu negara dapat dihitung dari komposisi penduduk menurut …. *
A. agama
B. usia
C. pendidikan
D. mata pencaharian
10. Angklung, tifa, kolintang, dan gamelan merupakan bagian dari …. *
A. alat musik tradisional
B. senjata tradisional
C. alat musik modern
D. tarian adat
11. Begitu banyak keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah baju adat yang dipakai laki – laki untuk keseharian dari Yogyakarta, namanya …. *
A. jas
B. makuta
C. surjan
D. beskap
12. Penampakan bentuk muka bumi yang tidak rata disebut dengan …. *
A. kontur bumi
B. wajah muka bumi
C. sketsa bumi
D. relief muka bumi
13. Berdasarkan kondisi geologi Indonesia terletak pada 3 lempeng. yang akibat dari tumbukan lempeng tersebut akan menyebabkan keadan alam Indonesia …. *
A. kaya sumber daya alam
B. banyak gunung berapi
C. terdapat tanah humus
D. dikelilingi perairan
14. Angin muson barat laut yang bertiup melalui perairan Samudera Hindia membawa uap air yang banyak, sehingga sifatnya basah dan di Indonesia akan berakibat terjadinya musim …. *
A. kemarau
B. tropis
C. sub tropis
D. penghujan
15. Pada saat terjadinya musim penghujan sering terjadi cuaca buruk dan gelombang laut cukup besar, sehingga membahayakan keselamatan para nelayan. Maka kegiatan pelayaran akan dikurangi dan ikan juga lebih sulit ditangkap. Hal ini akan berakibat …. *
A. mahalnya harga ikan
B. berkurangnya pedagang ikan
C. jumlah konsumen ikan berkurang
D. para nelayan berganti mata pencaharian
16. Garis Webber dan Garis Wallace adalah garis yang membatasi fauna Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Berdasarkan pembagian wilayah fauna tersebut Pulau Sulawesi termasuk fauna Indonesia …. *
A. barat
B. tengah
C. timur
D. utara​

tolong ya kak hehe

Jawaban:

8)D.emigrasi dan kematian.

9)B.usia

10)A.alat musik tradisional

11)C.surjan

12)D.relief muka bumi

13) B.banyak gunung berapi

14) D.Penghujan

15)A.Mahal harga ikan

16)C.t8mur

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang berbatasan dengan

Pertanyaan: Jawa Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Kebudayaan di Jawa Barat didominasi oleh kebudayaan Sunda dan Cirebon. Kebudayaan Sunda berkembang di Tataran Sunda, Tanah Pasundan, dan Tanah Priangan. Sementara kebudayaan Cirebon berkembang di daerah bekas karesidenan Cirebon kawasan bagian utara. Masyarakat di Jawa Barat memiliki bahasa yang dikenal sebagai bahasa Sunda, basa Sunda, atau aksara Sunda. Bahasa ini merupakan cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Pada zaman dahulu, pakaian adat di Jawa Barat dibedakan melalui status sosialnya. Untuk kaum bangsawan, mereka mengenakan kebaya beludru hitam yang di sulam dengan benang emas dan kain kebat motif rereng. Kaum menengah mengenakan baju bedahan putih dan kain kebat batik. Sedangkan kaum bawah mengenakan baju kampret atau baju salontren dengan sarung poleng yang diselempangkan di bahu. 2. Bacalah teks di atas ini kemudian rangkum menjadi satu paragraf yang utuh! Jangan lupa diberi judul, tulis yang rapi, dan perhatikan tanda baca!

Jawaban:

Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang berbatasan dengan Laut Jawa di utara. Kebudayaannya di dominasi oleh kebudayaan Sunda dan Cirebon. Kebudayaan Sunda berkembang di tanah priangan. Sedangkan Cirebon berkembang di daerah bekas keresidenan Cirebon di bagian utara. Masyarakat Jawa Barat mempunyai bahasa daerah yang di kenal dengan bahasa sunda. pada zaman dahulu pakaian adat di Jawa Barat di bedakan sesuai status sosialnya

1. Berikut ini contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah

Pertanyaan:

1. Berikut ini contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah asalnya adalah …

a. Ulos dari Sumatra Utara

c. Baju Kurung dari Sumatra Selatan

b. Beskap dari Riau

d. Kebaya dari Kalimantan Selatan

2. Permainan tradisional Dhingklik Oglak Aglik dimainkan di Jawa Tengah , dan permainan

Perepet Jengkol dimainkan di …

a. Nusa Tenggara Barat

c. Jawa Barat

b. Jawa Timur

d. Sulawesi utara

3.Sikap yang harus kita miliki untuk menghadapi keragaman jenis pekerjaan yang ada di

sekitar kita adalah …

a. tidak mau menghargai jerih payah orang lain

b. menganggap rendah pekerjaan orang lain

c. bersikap sopan dan tidak mudah mencela pakerjaan orang lain

d. menganggap bahwa pekerjaan orang lain lebih rendah dari pekerjaan sendiri

4. Kekayaan budaya Indonesia sebaiknya dilestarikan dan dikelola dengan baik sebagai …

a. kemunduran budaya bangsa

c. proses runtuhnya budaya

b. modal dasar pembangunan

d. modal utama hancurnya bangsa

Perhatikan peta pikiran berikut ini !

Jenis Usaha

Masyarakat

Perindustrian

Perdagangan

Pertanian

Jasa

5. Peta pikiran di atas membahas tentang …

a. pengertian jenis usaha

b. jenis – jenis usaha masyarakat

c. jenis usaha yang menghasilkan barang

d. jenis usaha yang menghasilkan jasa

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 6

Air hujan yang tidak meresap ke dalam tanah akan terus mengalir menjadi air

permukaan. Lalu air itu menuju tempat yang lebih rendah , seperti sungai,danau, dan laut. Air

permukaan adalah air air hujan yang tidak meresap ke dalam tanah , sehingga mengalir di atas

permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor , karena

mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa berbagai macam material dari proses

erosi.

6. Paragraf di atas menjelaskan tentang …

a. air tanah

c. air sumber

b. air hujan

d. air permukaan

Plis jawab hanya 6 soal aja

Jawaban:

1. A.Ulos dari Sumatra Utara

2. C Jawa barat

3. C bersikap sopan dan tidak mudah mencela pakerjaan orang lain

4 . B modal dasar pembangunan

6. B air hujan

NO asal-asalan jawab yah THANKS ✨Soal IPS !1. Garis khayal

Pertanyaan: NO asal-asalan jawab yah THANKS ✨

Soal IPS !

1. Garis khayal yang menghubungkan kutub utara hingga kutub selatan untuk menentukan lokasi di bumi pada globe atau peta disebut garis…….

ekuator
bujur
khatulistiwa
lintang

2. GMT menjadi patokan waktu seluruh dunia,Greenwich adalah kota yang dilalui garis bujur 0 derajad (meredian utama), kota Greenwich berada di negara…….

Italia
Inggris
Prancis
Singapura

3. Unsur dalam peta yang dipakai sebagai acuan untuk menentukan isi dari peta adalah…….

judul peta
indek
legenda
skala inset

4.Di dalam peta terdapat beberapa simbol yang menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan,simbol garis dalam peta menunjukkan…….

gunung
sawah
danau
sungai

5. Jika jarak kota A ke kota B pada peta menunjukkan 5 cm,sedangkan skala peta adalah 1 : 1.500.000.jarak sesungguhnya adalah…….km.

150
25
75
15

6. Berdasarkan letak geografisnya Indonesia terletak diantara Benua Asia da Benua……………

Eropa
Amerika
Australia
Afrika

7. Berikut dibawah ini merupakan contoh sumber daya alam anorganik yaitu………..

peternakan
batuan
pertanian
minyak

8. Salah satu pulau Indonesia,karena kekayaannya disebut dengan nama swarnadipa atau pulau emas,pula yang dimaksud adalah pulau……

Kalimantan
Sulawesi
Sumatera
Jawa

9. Tanah yang berasal dari hasil letusan gunung berapi yang telah mengalami proses pelapukan disebut tanah……….

aluvial
vulkanis
litosol
organosol

10. Tanah yang terbentuk dari bahan-bahan organik atau tumbuhan rawa yang telah mengalami pembusukan bertahun-tahun lamanya disebut tanah………..

laterit
potsol
organosol
aluvial

11. Berikut yang tidak termasuk manfaat air sebagai pendukung kehidupan adalah……….

sumber energi
tempat rekreasi
prasarana lalulintas air
pusat pemerintahan

12. Daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya hutan salah satunya sebagai penghasil kayu cendana,yaitu pulau………..

Sulawesi
Jawa Barat
Nusa Tenggara
Sumatera Barat

13. Salah satu suku bangsa Indonesia yang ada di Papua antara lain,suku bangsa…………

Asmat
Dayak
Baju
Mandailing

14. Pegunungan Sirkum Mediterania yang melewati Indonesia berakhir di………..

Selat Sunda
Laut Tiongkok
Laut Banda
Pegunungan himalaya

15. Relief daratan yang berupa lembah yang lereng-lerengnya curam disebut……

dataran
bukit
pegunungan
ngarai

16. Relief dasar laut yang memiliki kedalaman antara 0 – 200 m, disebut……..

palung laut
gunung laut
lubuk laut
dangkalan
17. Musim kemarau di Indonesia dipengaruhi oleh angin muzon………..

utara
barat daya
timur laut
barat laut

18. Pada saat matahari berada di utara khatulistiwa (ekuator),sebagian willayah Indonesia mengalami musim…………

dingin
penghujan
semi
kemarau

19. Jenis hewan komodo yang hidup di pulau Komodo NTT adalah hewan tipe………..

australis
asiatis
campuran
peralihan

20. Faktor penarik terjadinya urbanisasi adalah…….

lapangan kerja terbatas
upah tenaga kerja lebih tinggi
upah tenaga kerja rendah
kurangnya fasilitas di desa

21. Di dalam peta terdapat beberapa simbol yang menggambarkan keadaan sebenarnyadi lapangan,simbul segitiga dalam peta menunjukkan……

danau
gunung
sawah
sungai

22. Berikut dibawah ini merupakan contoh sumber daya alam organik yaitu………..

minyak
batuan
intan
bijih besi

23. Orang atau sekelompok orang yang menerima pesan disebut………

komunikan
komunikator
media
kondouktor

24. Sifat seseorang yang memberi sugesti pada orang lain umumnya…………

berwibawa
memiliki banyak teman
ramah
suka bergaul

25. Simpati mendalam terhadap orang lain dengan memposisikan diri kita terhadap orang lain disebut…………..

identivikasi
imitasi
sugesti
empati

26. Di era globalisasi sekarang ini,seakan dunia menjadi sempit terutama dalam hal kontak
perdagangan bebas
internet
surat menyurat
media cetak

27. Posisi Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng bumi,menyebabkan Indonesia sering terjadi…..

gempa bumi
badai dan guntur
angin putting beliung
gunung berapi

28. Cara-cara mengurangi perbedaan antarindividu atau antarkelompok guna mencapai suatu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan bersama disebut…..

diferensiasi
toleransi
asimilasi
identivikasi

29. Panduan,tatanan dan pengendali tingkah laku yang sesuai dengan harapan masyarakat disebut………..

norma
budaya
nilai
adat

30. Tradisi adalah kebiasaan yang berlaku di masyarakat,tradisi dilakukan oleh sebagian besar kelompok masyarakat,ciri utama tradisi adalah……..

kebiasaan adat turun temurun
berlaku hanya saat itu saja
hanya rakyat tertentu yang melakukannya
disukai seluruh rakyat

No Asal asal lan jawab yah THANKS ✨​

Jawaban:

1.Bujur

2.Inggris

3.Judul peta

1. Permasalahan ekonomi manakah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang

Pertanyaan: 1. Permasalahan ekonomi manakah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang bertempat tinggal di pedesaan?
A.ketersediaan bahan pangan
B.sumber air bersih
C.fasilitas pendidikan
D.pagelaran seni tradisional

2. Berikut ini yang termasuk usaha pemerintah dalam mengatasi harga mahal di wilayah Indonesia timur sebagai akibat kelangkaan barang adalah….
A.bantuan langsung tunai
B.membangun tol laut
C.membangun fasilitas pendidikan
D.menurunkan sekecil mungkin harga barang

3.Perhatikan contoh-contoh kebutuhan berikut ini; ikut vaksinasi , berkunjung ke rumah nenek, membeli obat-obatan, jalan santai dengan keluarga. Manakah yang termasuk kebutuhan rokhani?
A.jalan santai dengan B.keluarga
C.membeli obat-obatan
D.berkunjung ke rumah nenek
ikut melakukan vaksinasi

4.Berdasarkan waktu penggunaannya, keikutsertaan dalam tabungan haji merupakan usaha manusia dalam rangka memenuhi….
A.kebutuhan rokhani
B.kebutuhan jasmani
C.kebutuhan pribadi
D.kebutuhan yang akan datang

5.Manakah pernyataan di bawah ini yang benar?
A.kebutuhan tersier dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer
B.kebutuhan jasmani dapat dipenuhi setelah kebutuhan rokhani
C.”resik kampung” merupakan salah satu kebutuhan kelompok
D.berolahraga dan pendidikan tinggi, termasuk kebutuhan yang akan datang

6.Upacara adat pemakaman mayat di tanah Toraja, ada yang dilakukan dengan penyembelihan kerbau dengan jumlah berbeda-beda. Hal ini menggambarkan bahwa pemenuhan kebutuhan juga dipengaruhi oleh….
A.tingkat pendidikan
B.status sosial
C.lingkungan masyarakat
D.selera

7.Bagaimanakah hubungan antara tingkat pendidikan dengan kebutuhan manusia?
A.tingkat pendidikan tidak memiliki pengaruh terhadap kebutuhan
B.semakin tinggi tingkat pendidikannya, maka semakin mampu memperkecil C.kebutuhan
semakin sedikit jumlah kebutuhannya menggambarkan semakin rendah pendidikannya
D.tingkat pendidikan dan jumlah kebutuhannya memiliki hubungan berlawanan

8.Perbandingan sifat antara alat pemenuhan kebutuhan manusia dengan kebutuhan manusia adalah….
A.mudah terpenuhi : sulit terpenuhi
B.sulit terpenuhi : terbatas
C.terbatas : tak terbatas
D.tak terbatas : mudah terpenuhi

9.Alat pemenuhan/ pemuas kebutuhan manusia ada yang berupa barang ada yang berupa jasa. Manakah yang termasuk jasa?
A.barber
B.payung
C.cutter
D.hanger

10.Manakah yang bukan dasar pengelompokkan alat pemenuhan kebutuhan manusia?
A.menurut tujuan penggunaannya
B.menurut hubungan dengan barang lain
C.menurut subyek penggunanya
D.menurut cara memperolehnya

11.Perhatikan pasangan barang komplementer berikut; layang-layang – udara, cikar – sapi, sepeda motor – bensin dan kipas angin paling tepat jika dilengkapi dengan….
A.lampu hias
B.stiker
C.listrik
D.pewangi

12.Jika kita membicarakan tentang baju, sepatu, tas maka sebenarnya kita membahas seputar….
A.barang produksi
B.barang jadi
C.barang setengah jadi
D.barang mewah
Plis dikumpulin jam 09.50

Jawaban:

A

A

A

A

A

C

B

C

A

D

C

A

Penjelasan:

TOLONG DITERJEMAHKAN DALAM BAHASA INGGRIS. TUGAS BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS

Pertanyaan: TOLONG DITERJEMAHKAN DALAM BAHASA INGGRIS.

TUGAS
BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS

DESKRIPSI KAMPUNG HALAMANKU
NEGERI AKOON

JEANETH WATTIMENA
KELAS X-2

SMA NEGERI SIWALIMA AMBON
APRIL 2017

KAMPUNG HALAMANKU DESA AKOON KECAMATAN NUSALAUT KABUPATEN MALUKU TENGAH

Negeri Akoon terletak di Pulau Nusalaut, kecamatan Nusalaut, kabupaten Maluku Tengah. Negeri Akoon didomisili oleh masyarakat yang mayoritasnya beragama Kristen; dengan aliran Kristen Protestan, Geraja Masehi Advent Hari Ke Tujuh, dan Gereja Sidang Jemaat Allah.

Gambar 1. Papan Pengenal Negeri dengan Gereja Bethesda Jemaat Akoon
Pemandangan negeri Akoon begitu terlihat indah ketika sang mentari pagi muncul di pagi hari.

Gambar 2. Suasana Pagi di Negeri Akoon
Suara ayam berkokok mengisi senyapnya udara setiap pagi di negeri Akoon. Mata hari pagi pun bersinar menyelimuti pemandangan pagi di negeri Akoon yang menyejukan. Suasana hati menjadi lebih nyaman ketika memandang sang mentari pagi terbit di ufuk timur dari arah laut Banda.
Pemandangan di tepi pantai depan negeri, terpapar sebuah batu besar yang disebut dalam sebutan masyarakat negeri sebagai “Batu Anyo-anyo”. Menurut cerita sejarahnya, “Batu Anyo-anyo” terjadi karena para leluhur menyihir kapal Portugis yang datang ke negeri Akoon dengan tujuan yang tidak jelas. Para nakoda dan pasukan kapal tersebut disihir menjadi cecak, sedangkan barang-barang dan kapalnya berubah menjadi batu. Hingga saat ini, masih nampak ada bentuk batu yang menyerupai koper dan barang-barang lain seperti lampu, senter, arloji, dan sebagainya.
Gambar 3. Pemandangan Batu ANyo-anyo dari Sisi Samping dan Depan
Potensi wisata di negeri Akoon yang belum ditelusuri adalah Pemandangan bawah lautnya. Sering dalam istilah masyarakat di Akoon, disebut sebagai “Mulu Hol”. Wilayah bawah laut “Mulu Hol” sudah dikunjungi oleh wisatawan beberapa negara seperti Belanda, Amerika, Jerman, Inggris, dan Australia. Wisatawan dalam negeri pun sudah banyak melakukan penyelaman di daerah “Mulu Hol” antara lain dari Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Kelautan Ambon, para pengunjung dari Ambon, Jakarta, Kalimantan, dan Papua.
Gambar 4. Suasana Laut Daerah “Mulu Hol” di Negeri Akoon

Salah satu acara adat yang selalu dijalani adalah prosesi pelatikan kepala desa atau di sebut Raja. Prosesi tersebut dikenal masyarakat negeri Akoon dengan istilah “Lantik Raja”. Pada tahun 2014, negeri Akoon memperoleh Raja Definitif, yang selanjutnya dilantik oleh Bupati Maluku Tengah. Seluruh kegiatan proses pelantikan yang dimulai dari penjemputan Bapa Raja menuju “Negeri Lama” negeri Akoon sebagai asal marga Tahapary (karena Tahapary berasal dari negeri lama gunung Hataumau, Wattimena dari gunung Tounussa, dan Berhitu dari gunung Utuhahani); maka prosesi tersebut selalu dikawal dengan berbagai ritual adat dan pendampingan sejumlah ornamen adat seperti baileo, baju hitam, lenso adat, “kuli bia/tahuri”, bahasa tanah, upacara adat, dan upacara pelantikan oleh Bapak Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal.
Gambar 5. Baileo Negeri Akoon (saat ini dalam proses Revitalisasi)

Baileo sebagai rumah adat negeri Akoon merupakan tempat berkumpul masyarakat negeri untuk membicarakan masalah negeri, dan melakukan upacara adat berdasarkan aturan adat yang berlaku.
Gambar 6. Prosesi Pengawalan Bapa Raja ke Negeri Lama Hatumau
Gambar 7. Prosesi Upacara Adat Setelah Tiba di Negri Lama Hatumau
Gambar 8. Ornamaen “Kuli Bia/Tahuri” untuk Prosesi Upacara Adat
Gambar 9. Upacara Pelantikan Raja Oleh Bapak Bupati Maluku Tengah

DESCRIPTION hometown
STATE AKOON

JEANETH WATTIMENA
CLASS X-2

SMA NEGERI SIWALIMA AMBON
APRIL 2017

DISTRICT VILLAGE hometown AKOON Nusalaut MALUKU CENTRAL DISTRICT

Akoon country located on the island Nusalaut, Nusalaut sub-district, Central Maluku district. State Akoon didomisili by majority Christian society; the Kristen Protestan denominations, Geraja Seventh-day Adventist Church, and the Assemblies of God.

Figure 1. Identification of State Boards of Church of Bethesda Church of Akoon
Akoon country scenery so look beautiful when the morning sun appears in the morning.

Figure 2. Atmosphere morning in State Akoon
Rooster crowing sound fills the air senyapnya Akoon each morning in the country. Eyes shining enveloped by morning was the morning view of the country Akoon soothing. The mood became more comfortable when he looked at the morning sun rising in the east of the sea Banda.
The scenery on the beach front land, exposed to a large stone called the domestic community designation as “Stone anyo-anyo”. According to the story of its history, “Stone anyo-anyo” occurs because the ancestors conjured Portuguese ships that came to the country Akoon with unclear objectives. The Nakoda and the vessel troops bewitched into lizards, while the goods and the ship turned to stone. Until now, still seems no stone forms that resemble suitcases and other items such as lamps, flashlights, watches, and so on.
Figure 3. Landscape Stone anyo-anyo of Side and Front Side
Akoon tourism potential in the country that have not been searched is underwater scenery. Often in terms of society in Akoon, referred to as “Mulu Hol”. Underwater territory “Mulu Hol” has been visited by some countries such as the Netherlands, USA, Germany, Britain, and Australia. Domestic travelers also have a lot to dive in the area “Mulu Hol” among others from the Agency for the Assessment and Development of Marine Technology Ambon, the visitors from Ambon, Jakarta, Kalimantan, and Papua.
Figure 4. Sea Area Atmosphere “Mulu Hol” in the State Akoon

One traditional event that is always served with a procession pelatikan called village chief or king. The procession Akoon country known to the public as “Inaugurates King”. In 2014, the country gained Akoon King Definitively, which in turn appointed by the Central Maluku district chief. All activities inauguration process that starts from pick Father King headed “Old State” country of origin clan Akoon as Tahapary (because Tahapary came from the old country mountain Hataumau, Wattimena of mountain Tounussa, and Berhitu of mountain Utuhahani); the procession is always accompanied by a variety of traditional rituals and customs facilitation number of ornaments such as baileo, black shirt, custom Lenso, “porters bia / tahuri”, the language of the land, ceremonies, and the inauguration ceremony by the Central Maluku Regent Abua Tuasikal.
Figure 5. State Baileo Akoon (currently in the process of revitalization)

Baileo as custom home country Akoon a community gathering place for the country to talk about the country, and conduct traditional ceremonies based on customary rules applicable.
Figure 6. The procession escorts the Old State to the King Father Hatumau
Figure 7. Procession Ceremony After Arriving in Negri Lama Hatumau
Figure 8. Ornamaen “Kuli Bia / Tahuri” for Procession Ceremony
Figure 9. The inauguration ceremony of King By Mr. Regent Central Maluku

5. Bu Rani mengambil air di sumur untuk mencuci baju

Pertanyaan: 5. Bu Rani mengambil air di sumur untuk mencuci baju keluarganya yang kotor, hal ini merupakan contoh bahwa air mempunyai fungsi bagi manusia dalam ….
a. Menjaga kebersihan
b. Menjaga kemananan
c. Mencegah kekeringan
d. Membunuh penyakit

6. Bagi tumbuhan air juga dapat berfungsi sebagai pelarut ….
a. Zat hara b. Oksigen c. Cahaya matahari d. Hama dan gulma

7. Air di bumi mengalami siklus yang terus berputar, proses penguapan air laut dalam siklus air disebut juga dengan….
a. Kondensasi b. Evaporasi c. Presipitasi d. Infiltrasi

8. Uap air yang ada di atsmosfer akan berubah menjadi titik-titik air ketika suhu udara ….
a. Naik b. Stabil c. Turun d. Memanas

9. Air tanah mengalami proses perembesan ke danau atau sungai. Proses ini dinamakan dengan ….
a. Respirasi b. Evaporasi c. Kondensasi d. Infiltrasi

10. Sebagai manusia kita harus turut serta menjaga kelestarian air di bumi karena ….
a. Air merupakan sumber daya alam yang penting bagi penunjang kehidupan makhluk hidup di bumi
b. Air merupakan sumber daya alam yang mempunyai harga yang relatif murah di bumi
c. Air dibutuhkan manusia untuk mengolah semua jenis hewan dan tumbuhan di bumi
d. Air yang ada di bumi bersifat sangat langka dan sangat sulit untuk diperbaharui keberadaannya

11. Indonesia mempunyai keragaman rumah adat di setiap daerah antara lain karena Indonesia mempunyai ….
a. Beragam warna kulit
b. Beragam suku bangsa
c. Banyak gunung berapi
d. Laut yang luas

12. Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, namun penduduk Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi antar daerah karena memiliki ….
a. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan c. Satu presiden yang sama
b. UUD 1945 sebagai dasar negara d. Garuda Pancasila sebagai lambang negara

13. Betang, Joglo dan Gadang adalah contoh kergaman budaya Indonesia berupa ….
a. Pakaian adat b. Tarian daerah c. Lagu daerah d. Rumah adat

14. Tari Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor berasal dari provinsi ….
a. Sulawesi Utara b. Jawa Timur c. Papua Barat d. Sumatra Utara

15. Pakaian adat berikut ini yang tidak berasal dari daerah di pulau Sumatra adalah ….
a. Ulos b. Aesan Gede c. Kebaya d. Bundo Kaduang

16. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam bidang sumber daya alam disebut ….
a. Usaha alam b. Usaha agraris c. Usaha ektraktif d. Usaha pasif

17. Berikut ini yang merupakan contoh usaha ekstraktif adalah ….
a. Pertanian b. Pertambangan c. Perkantoran d. Perburuan

18. Contoh hasil usaha dari perkebunan adalah ….
a. Padi dan jagung b. Jati dan rotan c. Stroberi dan anggur d. Emas dan perak

19. Batubara dan minyak bumi adalah contoh sumber daya alam yang dihasilkan dari ….
a. Pertambangan b. Perikanan c. Pertanian d. Perhutanan

20. Jenis usaha yang kegiatannya berupa mengolah barang jadi atau setengah jadi menggunakan sarana dan peralatan tertentu dinamakan ….
a. Perdagangan b. Pendistribusian c. Perindustrian d. Perkantoran

21. Contoh jenis pekerjaan di bawah ini yang menghasilkan jasa adalah ….
a. Pedagang b. Petani c. Peternak d. Sopir

22. Pak Riko adalah seorang yang membeli barang-barang dari pabrik, lalu ia menjualnya kembali di tokonya yang berada di desa. Usaha Pak Riko ini termasuk jenis usaha ….
a. Distributor b. Industri c. Perdagangan d. Kolektor

23. Pekerjaan ayah dan ibu Riska termasuk dalam bidang jasa. Ayah Riska adalah seorang dokter dan ibunya adalah seorang bidan. Kedua orang tua Riska bermanfaat bagi masyarakat berupa ….
a. Memberikan layanan pendidikan
b. Memberikan layanan kesehatan
c. Memberikan layanan wisata
d. Memberikan layanan trasportasi

5. A
6. A
7.B
8. C
9. C
10. A
11. B
12.A
13.D
14. D
15. C
16. B
17. B
18. A
19. A
20. B
21. D
22. A
23. B

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Tanah Laut, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti NO asal-asalan jawab, 1. Permasalahan ekonomi, 8. Pertumbuhan penduduk, 1. Permasalahan ekonomi, dan 1. Berikut ini.

Check Also

Baju Adat Hulu Sungai Tengah

Baju Adat Hulu Sungai Tengah – Daftar pakaian adat komplit Indonesia memiliki sebanyak 34 pakaian …