liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Tambrauw

Baju Adat Tambrauw – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Tambrauw karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah merupakan salah satu unsur kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang pantas dengan pesan-pesan poin kultur yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berhubungan secara seketika dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Tambrauw masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap daerah di Indonesi?. Tiap wilayah di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Tambrauw, aurel hermansyah beberkan alasan pakai baju adat minang  syukuran akad

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di beberapa tempat (Baju Adat Tambrauw) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat yakni pakaian diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga merupakan baju khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Tambrauw?

Bukan cuma di Indonesia, tiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Tambrauw masing-masing mewakili klasifikasi masyarakat mereka. Sebab pakaian adat yaitu baju yang diwujudkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Tiap Baju Adat Tambrauw biasanya terdiri dari sebagian bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini yakni komponen komponen lazimnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan adalah bagian inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama pakaian seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga adalah bagian penting. Modelnya juga dapat bervariasi, misalnya ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian selanjutnya yakni penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplementer selanjutnya yaitu kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap daerah mempunyai khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Tapi tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan lazimnya dijumpai pada baju khas wanita ialah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Sedangkan alas kaki menjadi komponen komplemen bagian bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Tambrauw

baju adat betawi filosofi  jenis jenisnya budayanesia 768 x 1152 · jpeg baju adat betawi filosofi jenis jenisnya budayanesia from budayanesia.com
culture  indonesia berbagai baju adat  berbagai macam budaya daerah 380 x 417 · jpeg culture indonesia berbagai baju adat berbagai macam budaya daerah from putrifatma10.blogspot.com

adat minangkabau warisan minangkabau 320 x 236 · jpeg adat minangkabau warisan minangkabau from menangkerbau.blogspot.com
baju adat melayu pria sebenarnya baju kurung  perpaduan  kebudayaan melayu 984 x 984 · jpeg baju adat melayu pria sebenarnya baju kurung perpaduan kebudayaan melayu from citrausmani.blogspot.com

ide gambar baju adat palembang anak nikies diary 1000 x 1000 · jpeg ide gambar baju adat palembang anak nikies diary from nikiesdiary.blogspot.com
sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju adat kalimantan barat paket rias melayu 640 x 640 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat kalimantan barat paket rias melayu from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

fashion pakaian adat nusantara 250 x 470 · jpeg fashion pakaian adat nusantara from nathxsya.blogspot.com
jual baju adat kalimantan selatan info baju terkini 720 x 720 · jpeg jual baju adat kalimantan selatan info baju terkini from desainbajukumodern.blogspot.com

aurel hermansyah beberkan alasan pakai baju adat minang  syukuran akad 970 x 544 · jpeg aurel hermansyah beberkan alasan pakai baju adat minang syukuran akad from www.suara.com
blog budaya indonesia sapei sapaq  miskat pakaian adat kalimantan timur   populer 336 x 420 · jpeg blog budaya indonesia sapei sapaq miskat pakaian adat kalimantan timur populer from meandyouculture.blogspot.com

ciri khas  jenis pakaian adat jawa timur guratgarut 533 x 800 · jpeg ciri khas jenis pakaian adat jawa timur guratgarut from guratgarut.com
baju adat bali fika pichuberry flickr 651 x 1024 · jpeg baju adat bali fika pichuberry flickr from flickr.com

sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju adat banjar banjarmasin  jakarta hub hp 1200 x 1600 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat banjar banjarmasin jakarta hub hp from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
baju adat bali  upacara adat  pakaian pengantin gambar 800 x 598 · jpeg baju adat bali upacara adat pakaian pengantin gambar from carakus.com

baju adat jawa timur budaya indonesia 240 x 320 · jpeg baju adat jawa timur budaya indonesia from budaya-indonesia.org

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah yakni tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta komponen.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat ialah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menampakkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap daerah, Kids. Baju adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Jati diri Tiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini adalah suatu identitas tiap tempat. Teman-teman bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Tambrauw yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai identitas tiap daerah, baju adat ini juga banyak diaplikasikan pada berjenis-jenis acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan memakai pakaian adat.

Baju Adat Tambrauw ini juga akan mempertimbangkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti saat perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan menggunakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Tambrauw juga kerap diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan baju adat dengan beragam dekorasinya.

Malah pada beberapa daerah, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memakai hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu malahan penuh ukiran yang menawan.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai sekarang di sebagian daerah pakaian adat memiliki bermacam fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, adalah sebagian pakaian adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

3 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Tambrauw

10. Hasil perkalian dari 4/5 x 3/9 adalah … *

Pertanyaan: 10. Hasil perkalian dari 4/5 x 3/9 adalah … *
A. 12/45
B. 16/45
C. 4/15
D. 3/15

7. Pecahan yang lebih besar dari 8,65 adalah …. *
A. 9, 05
B. 8 25/100
C. 8 3/4
D. 90 %

6. Pecahan yang senilai dengan 0, 25 adalah …. *
A. 25/100
B. 1/4
C. 25%
D. 1/3

9. SDIT Insan Mulia Manokwari akan mengadakan bakti sosial untuk warga sekitar sekolah. Bingkisan akan diberikan kepada 10 0rang warga, masing-masing akan menerima perlatan sekolah sebesar Rp 25.000,00 dan makanan sehat seharga Rp 8.000,00. Jumlah uang yang dibutuhkan utuk menyedikan bingkisan adalah …. *
A. Lebih dari Rp 500.000
B. Kurang dari Rp 400.000
C. Rp 440.000,00
D. Rp 330.000,00

8. Pecahan biasa dari 9 1/3 dan 4,5 yang tepat adalah …. *
A. 28/3
B. 12/3
C. 45/10
D. 45/100

11. Lambang bilangan dari “Negatif empat ratus enam puluh delapan ” adalah …. *

14. Hasil dari 3/2 – 15 % adalah …. (Jawaban dalam pecahan biasa) *

13. Intan dan teman-temannya berlomba-lomba untuk menghafal surah QS. ‘Abasa. Intan sudah menghafal 1/4 bagian. Khodjah berhasil menghafal 2/3 bagian dan Talita 1/2 bagian. Jumlah hafalan Intan khodijah dan Talita adalah …. (Jawaban dalam pecahan campuran) *

12. Perhatikan diagram batang jumlah penduduk di Papua Barat berikut. Total jumlah penduduk di Kabupaten Sorong Selatan dan Tambrauw adalah … jiwa. *
Captionless Image

15. Hasil dari 7/11 : 14/25 adalah …. *

Tidak boleh asalan
Harus pakai coretannya dan di foto (maksudnya di coretnya di kertas atau di buku ya)

Jawab:

10. Hasil perkalian dari 4/5 x 3/9 adalah … * A. 12/45 B. 16/45 C. 4/15 D. 3/15 7. Pecahan yang lebih besar dari 8,65 adalah …. * A. 9, 05 B. 8 25/100 C. 8 3/4 D. 90 % 6. Pecahan yang senilai dengan 0, 25 adalah …. * A. 25/100 B. 1/4 C. 25% D. 1/3 9. SDIT Insan Mulia Manokwari akan mengadakan bakti sosial untuk warga sekitar sekolah. Bingkisan akan diberikan kepada 10 0rang warga, masing-masing akan menerima perlatan sekolah sebesar Rp 25.000,00 dan makanan sehat seharga Rp 8.000,00. Jumlah uang yang dibutuhkan utuk menyedikan bingkisan adalah …. * A. Lebih dari Rp 500.000 B. Kurang dari Rp 400.000 C. Rp 440.000,00 D. Rp 330.000,00 8. Pecahan biasa dari 9 1/3 dan 4,5 yang tepat adalah …. * A. 28/3 B. 12/3 C. 45/10 D. 45/100 11. Lambang bilangan dari “Negatif empat ratus enam puluh delapan ” adalah …. * 14. Hasil dari 3/2 – 15 % adalah …. (Jawaban dalam pecahan biasa) * 13. Intan dan teman-temannya berlomba-lomba untuk menghafal surah QS. ‘Abasa. Intan sudah menghaf

Gempa terakhir terjadi di wilayah Sorong pada 29 Oktober 2018.

Pertanyaan: Gempa terakhir terjadi di wilayah Sorong pada 29 Oktober 2018. Pusat gempa dari 100 kasus sepanjang Januari menuju Oktober ini bervariasi(5). Di wilayah Teluk Bintuni pusat gempa rata-rata terletak di darat(6). Di Tambrauw, Fakfak dan Kaimana sebagian berada di darat sebagian lainnya di laut(7). “Ini semua merupakan gempa dangkal, tapi kekuatannya kecil(8). Meskipun walau terjadi di air namun tidak berpotensi tsunami,” ujarnya(9). Puttiray menjelaskan, sesuai teori, tsunami dapat terjadi ketika kekuatan gempa mencapai 7 SR ke atas dan pada kedalaman di bawah 50 kilometer(10). Dari Januari hingga saat ini gempa di Papua Barat berada di kisaran 2 hingga 5 M(11). Menurutnya, gempa bumi yang terjadi selama ini masih dalam kategori aman(12). Meskipun demikian, ia menyarankan masyarakat tetap waspada mengingat potensi gempa di Papua Barat cukup tinggi(13). “Kita tidak tahu kapan bencana terjadi, maka sebaiknya terus waspada(14). Mudah-mudahan yang kita khawatirkan tidak terjadi,” ujarnya(15).

Terdapat kata yang rumpang pada paragraf terakhir yaitu pada kalimat….
Kalimat 8

Kalimat 9

Kalimat 10

Kalimat 11

Kalimat 8 dan 9​

Jawaban:

>kalimat 9

alasan:

Kata “walau” tidak perlu ditulis karena sudah ada kata “meskipun” dan /atau sebaliknya.

kalimat 8 dan 9

kalimat 8=tapi itu bisa diubah menjadi tetapi

kalimat 9=Walau bs diubah mnjdi walaupun

maaf kalo slh

buatlah sebuah karangan atau artikel tentang pariwisata di kabupaten tambrauw?​

Pertanyaan: buatlah sebuah karangan atau artikel tentang pariwisata di kabupaten tambrauw?​

Jawaban:

pariwisata di kabupaten tambrauw sangat menarik tempatya sangat bagus dan indah dan juga banyak wisatawan yang berkunjung ke kabupaten tambrauw.

Penjelasan:

semoga bermanfaat , semangat ujiannya , dan jangan lupa FOLLOW

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Tambrauw, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti buatlah sebuah karangan, Gempa terakhir terjadi, dan 10. Hasil perkalian.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …