Baju Adat Sampang: Pakaian Tradisional Indonesia

Baju Adat Sampang adalah pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat Sampang, sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pakaian adat ini kaya akan sejarah dan budaya dan merupakan bagian penting dari identitas Sampang. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi asal-usul, desain, makna, dan nilai budaya Baju Adat Sampang.

Asal Usul Baju Adat Sampang

Baju Adat Sampang memiliki sejarah panjang sejak abad ke-16. Konon desainnya dipengaruhi oleh Kerajaan Majapahit yang pernah menguasai kepulauan Indonesia. Pakaian tersebut awalnya dikenakan oleh keluarga kerajaan dan bangsawan daerah, namun seiring berjalannya waktu semakin meluas dan diadopsi oleh masyarakat awam.

Desain Baju Adat Sampang

Baju Adat Sampang terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki keunikan desain dan kegunaan. Bahan utamanya adalah baju lengan panjang yang disebut “baju koko”, yang biasanya terbuat dari sutra atau katun. Baju tersebut dikenakan di atas celana panjang yang disebut “celana” dan disertai dengan kerudung yang disebut “selendang”.

Salah satu ciri khas Baju Adat Sampang adalah sulamannya yang rumit. Baju dan jilbabnya disulam dengan pola yang indah menggunakan benang emas atau perak. Sulaman biasanya menggambarkan motif bunga atau binatang dan dikerjakan dengan tangan, yang menambah nilai pakaian tersebut.

Signifikansi Baju Adat Sampang

Baju Adat Sampang bukan hanya sepotong pakaian; merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Sampang. Pakaian tersebut dikenakan selama upacara tradisional, seperti pernikahan dan acara keagamaan, dan mewakili kekayaan sejarah dan adat istiadat daerah tersebut. Itu juga merupakan simbol status dan sering dipakai oleh para elit.

Nilai Budaya Baju Adat Sampang
Baju Adat Sampang berperan penting dalam melestarikan warisan budaya Sampang. Busana tersebut diwariskan secara turun-temurun dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sampang. Ini juga merupakan cara untuk menampilkan identitas unik daerah dan membedakannya dari daerah lain di Indonesia.

Cara Memakai Baju Adat Sampang
Mengenakan Baju Adat Sampang membutuhkan beberapa keahlian dan keterampilan. Kemeja biasanya dikenakan diselipkan ke dalam celana, dan kerudung disampirkan di bahu dan diikat di belakang leher. Pakaian tersebut dilengkapi dengan alas kaki tradisional yang disebut “sepatu baduy”, yang terbuat dari anyaman bambu.

Adaptasi Modern Baju Adat Sampang
Baju Adat Sampang telah mengalami beberapa penyesuaian modern agar lebih praktis untuk dikenakan sehari-hari. Beberapa desainer telah menciptakan pakaian modern, menggunakan bahan yang lebih nyaman dan ringan. Pola bordir juga telah disederhanakan agar lebih mudah diproduksi.

Masa Depan Baju Adat Sampang
Masa depan Baju Adat Sampang terlihat menjanjikan, seiring upaya yang dilakukan untuk mempromosikan dan melestarikan pakaian adat. Banyak organisasi bekerja untuk mendidik generasi muda tentang pentingnya pakaian dan mendorong mereka untuk memakainya selama upacara tradisional.

Kesimpulan
Baju Adat Sampang adalah pakaian tradisional yang indah dan rumit yang mencerminkan kekayaan sejarah dan budaya Sampang, Indonesia. Ini adalah simbol kebanggaan dan identitas bagi masyarakat di wilayah tersebut dan memainkan peran penting dalam melestarikan warisan budaya mereka. Masa depan busana ini terlihat cerah, dan akan terus menjadi bagian penting dari identitas Sampang untuk generasi mendatang.

Baju Adat Sampang – Daftar baju adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Sampang karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional daerah adalah salah satu elemen kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang layak dengan pesan-pesan nilai kebiasaan yang ada di dalamnya. Selain itu, berkaitan secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Sampang masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari adat istiadat sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Sampang, pakaian kerja baju tradisionalbaju adat lingkungan kemendikbud ala sby tukarceritacom

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Sampang) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat adalah baju diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan jati diri dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Sampang?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Sampang masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Sebab baju adat adalah baju yang diciptakan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Tiap Baju Adat Sampang umumnya terdiri dari sebagian bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini yaitu komponen bagian lazimnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan komponen inti yang selalu ada, pembuatannya cocok sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti umpamanya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif layak dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan ialah pasangan dari atasan yang juga yakni bagian penting. Modelnya juga dapat bervariasi, misalnya ada busana pria menggunakan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya adalah penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya yaitu kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya dijumpai pada pakaian khas wanita yakni gelang, kaling, cincin dan juga anting. Walaupun alas kaki menjadi komponen komplementer komponen bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Sampang

baju sakera khas madura pangsi ms 960 x 504 · jpeg baju sakera khas madura pangsi ms from www.masmetstore.com
kerangka dasar baju adat sampang pungkas tim perumus matangkan konsep tahapan target hukum 300 x 225 · jpeg kerangka dasar baju adat sampang pungkas tim perumus matangkan konsep tahapan target hukum from targethukum.com

modul nusantara untag surabaya ajak mahasiswa pmm pakai baju adat 1024 x 683 · jpeg modul nusantara untag surabaya ajak mahasiswa pmm pakai baju adat from beritajatim.com
pakaian kerja baju tradisionalbaju adat lingkungan kemendikbud ala sby tukarceritacom 628 x 420 · jpeg pakaian kerja baju tradisionalbaju adat lingkungan kemendikbud ala sby tukarceritacom from www.tukarcerita.com

peringati hari jadi kabupaten sampang asn wajib kenakan baju adat beritajatimcom 670 x 456 · jpeg peringati hari jadi kabupaten sampang asn wajib kenakan baju adat beritajatimcom from beritajatim.com
jenis pakaian adat sulawesi selatan beserta penjelasannya 512 x 284 · jpeg jenis pakaian adat sulawesi selatan beserta penjelasannya from guratgarut.com

sanggar nusantara dot jakarta sewa paket rias pengantin busana adat malang 1062 x 1600 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa paket rias pengantin busana adat malang from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
bahasa makanan alat musik pakaian adat tarian maluku baju adat tradisional 682 x 682 · jpeg bahasa makanan alat musik pakaian adat tarian maluku baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

baju kurung songket berasal daerah inspirasi 640 x 582 · jpeg baju kurung songket berasal daerah inspirasi from bajukaospriaberkerah.blogspot.com
sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa 741 x 926 · jpeg sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa from pengantinnusantaradotcom.blogspot.com

hari jadi kabupaten sampang disporabudpar lestarikan pakaian adat madura brataposcom 1004 x 720 · jpeg hari jadi kabupaten sampang disporabudpar lestarikan pakaian adat madura brataposcom from bratapos.com
ba baju adat sumatera selatan pakaian adat anak 445 x 756 · jpeg ba baju adat sumatera selatan pakaian adat anak from bajuadatmurah.blogspot.com

likedomokunblog baju tradisional indonesia 221 x 320 · jpeg likedomokunblog baju tradisional indonesia from loveddomokun.blogspot.com
sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa 600 x 399 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

indahnya wisata indonesiaku sarung tenun samarinda tajong samarinda samarinda seberang 390 x 260 · jpeg indahnya wisata indonesiaku sarung tenun samarinda tajong samarinda samarinda seberang from desiskafadhila.blogspot.com
mengenal baju adat indonesia persewaan baju karnaval 1600 x 1131 · jpeg mengenal baju adat indonesia persewaan baju karnaval from purnamakostum.wordpress.com

asian games jakarta palembang official thread page skyscrapercity 300 x 206 · jpeg asian games jakarta palembang official thread page skyscrapercity from www.skyscrapercity.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu format melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta bagian.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi baju adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menampakkan atau menentukan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap daerah, Kids. Baju adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Setiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini ialah suatu identitas setiap daerah. Sahabat-sahabat dapat mengenali kebudayaan suatu daerah lewat Baju Adat Sampang yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai label tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak dipakai pada beragam acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menggunakan baju adat.

Baju Adat Sampang ini juga akan menetapkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Sampang juga tak jarang digunakan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan baju adat dengan bermacam dekorasinya.

Bahkan pada sebagian tempat, pasangan itu akan memasang penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat sampai 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang menawan.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga kini di sebagian tempat pakaian adat mempunyai beragam fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, ialah sebagian pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Sampang

3. Salah satu peninggalan sejarah terkenal yang terakurahan Polingan Kecamatan

Pertanyaan:
3. Salah satu peninggalan sejarah terkenal yang terakurahan Polingan Kecamatan Sampang
Kabupaten Sampang adalah
A keraton kerajaan Sampang
B makam Rato Ebhu
C monumen Sampang
D. moseum sejarah​

c. monumen sampang

penjelasan:

Kabupaten Sampang bisa memberikan peranan objek wisata bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Madura ini. Salah satunya yaitu Monumen Sampang, dimana Monumen Sampang ini merupakan sebuah prasasti atau monument yang sangat bersejarah bagi rakyat Madura.

minuman tradisional daerah sampang?​

Pertanyaan: minuman tradisional daerah sampang?​

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 🙂

ꜱᴇʟᴀᴍᴀᴛ ᴍᴀʟᴀᴍ

Ϛҽʍօցą ҟìէą ʂҽʍմą ժąӀąʍ Ӏìղժմղցąղ Ͳմհąղ Ӌąղց Ɱąհą Ɛʂą

Salam hormat, @zillionichwanussafa1

кαмι кι∂ѕ тєαм αкαη мємвαηтυ αη∂α υηтυк мєηנαωαв ρєятαηуααηмυ!

M̷a̷r̷i̷ ̷k̷i̷t̷a̷ ̷k̷e̷r̷j̷a̷k̷a̷n̷ ̷b̷e̷r̷s̷a̷m̷a̷-̷s̷a̷m̷a̷ 🙂

CARA PENGERJAAN ✒: ~

Nasi Kobel, Bebek Songkem, Kaldu Sum-sum, Cager telur, dan masih banyak lagi

DETAIL JAWABAN :

Mata Pelajaran : IPS

Materi : Mengenal Minuman dan Makanan Tradisional Indonesia

-, – 🙂

ᴛᴇʀɪᴍᴀ ᴋᴀꜱɪʜ ꜱᴜᴅᴀʜ ᴍᴇᴍʙᴇʀɪᴋᴀɴ ꜱᴀʏᴀ ᴋᴇꜱᴇᴍᴘᴀᴛᴀɴ ᴜɴᴛᴜᴋ ᴍᴇɴᴊᴀᴡᴀʙ ᴘᴇʀᴛᴀɴʏᴀᴀɴᴍᴜ ɪɴɪ! 🙂

◢█⬚█⬚█⬚█◣

✧⌔✧⌔✧⌔✧⌔✧⌔✧

кι∂ѕ тєαм

✧⌔✧⌔✧⌔✧⌔✧⌔✧

◥█⬚█⬚█⬚█◤

╭━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━╮

┃ BELAJARLAH JIKA INGIN BERGUNA!! ┃

╰━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━━╯

Sampai jumpa:) ✨

Tetap semangat kawan!

Kamu paling terbaik!

Kami memohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam tutur kata ataupun jawaban yang kami berikan! 🙁

Silahkan bertanya di kolom komentar, jika kamu merasa masih bingung, Yuk Tanya Cuma Di Kids Team!!

Tetap aman dan tetap DirumahAja 🙂

-KidsTeam

Berapakah angka kemiskinan di daerah sampang

Pertanyaan: Berapakah angka kemiskinan di daerah sampang

Angka kemiskinan didaerah Sampang:
2013 sebanyak 246.357 jiwa.
2014 sebanyak 239.600 jiwa.
2015 sebanyak 236.211 jiwa.

bagaimana keadaan ekonomi Kabupaten sampang?

Pertanyaan: bagaimana keadaan ekonomi Kabupaten sampang?

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh tipologi daerah tertinggal yang terbentuk hingga menjadi tiga tipe, antara lain daerah maju, daerah yang sedang menuju daerah maju, dan daerah tertinggal yang didasarkan atas aspek ekonomi, sumberdaya manusia, serta infrastruktur.

Kabupaten Sampang, memiliki banyak potensi-
potensi ekonomi yang harus ditata ulang dengan
membangun konsep perekonomian terpadu dan
strategis, sehingga masyarakat menerima manfaat
dari pertumbuhan ekonomi, dan memperkecil
kesenjangan.

jumlah kecamatan di Kabupaten Sampang

Pertanyaan: jumlah kecamatan di Kabupaten Sampang

kab sampang mmpunyai kecamtn sebnyk 14 yaitu

Kecamatan Banyuates.Kecamatan Camplong.Kecamatan Jrengik.Kecamatan Karang Penang.Kecamatan Kedungdung.Kecamatan Ketapang.Kecamatan Omben.Kecamatan Pangarengan.Kecamatan Robatal.Kecamatan Sampang.Kecamatan Sokobanah.Kecamatan Sreseh.Kecamatan Tambelangan.Kecamatan Torjun.

14 Kecamatan

SEMOGA MEMBANTU
MAAF JIKALAU SALAH

indeks kemajuan Kabupaten sampang?

Pertanyaan: indeks kemajuan Kabupaten sampang?

Pada 2017, Indeks Pembangunan Manusia Jatim Tumbuh 0,76 Persen

UMUM | 16 Apr 2018 07:39:31 PM

 

foto : Busan JNR

Jatim Newsroom- Pada tahun 2016, Indeks pembangnan Manusia (IPM) Jawa Timur mencapai 69,74 meningkat dan tumbuh sebesar 0,76 perssen pada tahun 2017 mencapai 70,27. Pembangunan manusia di Jawa Timur pada tahun 2017 terus mengalami kemajuan dibandingkan pata tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Teguh Pramono Surabaya, Senin (16/4) mengatakan, IPM dihitung berdasarkan rata-rata geometrik indeks kesehatan, indeks pengetahuan, dan indeks pengeluaran.

Penghitungan ketiga indeks ini dilakukan dengan melakukan standardisasi dengan nilai minimum dan maksimum masing-masing komponen indeks. IPM merupakan indikator yang digunakan untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang. Untuk melihat kemajuan pembangunan manusia, terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan, yaitu kecepatan dan status pencapaian.

Sedangkan pembangunan manusia di Jawa Timur kontinu mengalami kemajuan cukup pesat selama periode 2011- 2017. Dari 66,06  padsa 2011 meningkat menjadi 70,27 pata Tahun (2017 atau selama periode tersebut tumbuh 6,4 persen. Rata-rata pertumbuhan selama kurun waktu 2011-2017 sebesar 1,04 persen per tahun.

Sementara indeks pembangunan manusia Jawa Timur pada 2017 tertinggi tercatat di Surabaya dengan IPM sebesar 81,07 disusul Kota Malang 80,65 dan Kota Madiun 80,13. Sedangkan IPM terendah tercatat di Kabupaten Sampang sebesar 59,90.  Baru pada tahun 2017 indeks pembangunan manusia di Jawa Timur berkategori “tinggi”, naik kelas dari kategori sebelumnya “sedang”.

Di Jawa Timur terdapat tiga kota yaitu Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Madiun tercatat mempunyai IPM berkategori “sangat tinggi”. kemudian 16 kabupaten/kota berkategori “tinggi”, 18 kabupaten/kota berkategori “sedang” dan hanya Sampang yang IPM-nya berkategori rendah yakni 59,90.

Selama periode 2016 hingga 2017, komponen pembentuk IPM juga mengalami peningkatan. Bayi yang baru lahir memiliki peluang untuk hidup hingga 70,80 tahun, meningkat 0,06 tahun.

Anak-anak usia 7 tahun memiliki peluang untuk bersekolah selama 13,09 tahun, meningkat 0,11 tahun. Sementara itu, penduduk usia 25 tahun ke atas secara rata-rata telah menempuh pendidikan selama 7,34 tahun, juga meningkat 0,11 tahun. Pengeluaran per kapita yang disesuaikan (harga konstan 2012) telah mencapai Rp. 10,97 juta, meningkat Rp 258 ribu dibandingkan tahun sebelumnya. (ryo/p)

Semoga membantu

itu jawabannya
maaf kalau salah

keunikan tari sampang dua belas

Pertanyaan: keunikan tari sampang dua belas

tarian yg bertempo cepat dan bervariasi dengan bermacam gerakan yg memiliki makna tersendiri

berapa pendapatan perkapita kabupaten Sampang?

Pertanyaan: berapa pendapatan perkapita kabupaten Sampang?

Caranya dikali kan aja
#semoga membantu

Siapa nama wakil bupati 2013 sampang

Pertanyaan: Siapa nama wakil bupati 2013 sampang

K.h fannan hasib

Semoga membantu..

keliling pada daerah diasir dari gambar disampang adalah??​

Pertanyaan: keliling pada daerah diasir dari gambar disampang adalah??​

keliling jajargenjang

2 (10+20)

=2×30=60 m

tapi karena 1 sisi berimpit maka 60-10=50 m

keliling Belahketupat

4s=4×10=40 m

tapi karena 1 sisi berimpit maka 40-10=30 m

jadi keliling seluruhnya adalah 30+50=80 m

semoga membantu^_^

Mapel : Matematika

Materi : Bangun Datar

Bangun tersebut terdiri dari 2 bangun, yaitu jajargenjang dan belah ketupat

Tanda strip dua berarti panjang sisi sisinya sama

Keliling kedua bangun berarti hanya menjumlahkan sisi sisinya

= 10 + 10 + 10 + 10 + 20 + 20

= 20 + 20 + 40

= 40 + 40

= 80 m

atau

= ( 10 x 4 ) + ( 20 x 2 )

= 40 + 40

= 80 m

Jadi, keliling bangun tersebut adalah 80 m

Detail Jawaban :

Kelas : IV, V, VI

Bab : Bangun Datar

Subbab : Keliling Bangun Datar

Pokok Bahasan : Mencari Keliling Gabungan Bangun Datar

Kata Kunci : Keliling, Sisi

@GustiAyuSejati –> Follow my Barinly account and get so many love click from me

See you next time

`(*∩_∩*)′

  • Pasti semua akan tertawa
  • Jika melihat kucing dibedong
  • User brainly semuanya
  • Klik tombol lovenya dong

#ClickALove

#HanyaSebuahPantun

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Sampang, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti jumlah kecamatan di, keliling pada daerah, 3. Salah satu, berapa pendapatan perkapita, dan Siapa nama wakil.

Check Also

Baju Adat Hulu Sungai Tengah

Baju Adat Hulu Sungai Tengah – Daftar pakaian adat komplit Indonesia memiliki sebanyak 34 pakaian …