Baju Adat Parigi Moutong

Baju Adat Parigi Moutong – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini pantas dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Parigi Moutong karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional daerah ialah salah satu unsur kebudayaan tempat. Faktor kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang sesuai dengan pesan-pesan nilai tradisi yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berkaitan secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Parigi Moutong masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap daerah di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Parigi Moutong, baju muslim cina hijab salwa

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Parigi Moutong) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat adalah baju diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu kategori masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Parigi Moutong?

Bukan cuma di Indonesia, tiap negara di semua dunia juga memiliki Baju Adat Parigi Moutong masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Karena baju adat adalah baju yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Setiap Baju Adat Parigi Moutong umumnya terdiri dari beberapa bagian komplit dari kepala hingga kaki. Berikut ini adalah bagian komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan yaitu komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya cocok sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan merupakan pasangan dari atasan yang juga merupakan bagian penting. Modelnya juga bisa bervariasi, umpamanya ada busana pria menggunakan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya yakni penutup kepala, semisal mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bawean

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplementer selanjutnya ialah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Setiap daerah memiliki khasnya masing-masing, bentuknya juga dapat berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang lazimnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan lazimnya dijumpai pada baju khas wanita adalah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Padahal alas kaki menjadi bagian komplementer bagian bawah, modelnya beraneka disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Parigi Moutong

misai perang janggut hitam contoh baju adat melayu anak jati melayu anak dagang 375 x 500 · jpeg misai perang janggut hitam contoh baju adat melayu anak jati melayu anak dagang from misaiperangjangguthitam.blogspot.com
sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju adat sulawesi tengah hub 480 x 469 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat sulawesi tengah hub from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

baju adat sulawesi tengah tradisikita 1600 x 1066 · jpeg baju adat sulawesi tengah tradisikita from www.tradisikita.my.id
baju  musim dingin  pake baju 181 x 320 · jpeg baju musim dingin pake baju from pake-baju-apa.blogspot.com

ide penting  gambar baju adat kaili 640 x 467 · jpeg ide penting gambar baju adat kaili from fashionkuhebat.blogspot.com
pin  daily outfitbaju hari 564 x 752 · jpeg pin daily outfitbaju hari from www.pinterest.com

baju muslim cina hijab salwa 670 x 371 · jpeg baju muslim cina hijab salwa from hijabinstansalwa.blogspot.com
baju muslim etnikby house  yoels oktober 1200 x 1600 · jpeg baju muslim etnikby house yoels oktober from bajumuslimetnik.blogspot.com

perkenalkan batik lokal melalui fashion show harian mercusuar 200 x 112 · jpeg perkenalkan batik lokal melalui fashion show harian mercusuar from mercusuar.web.id
tak benda  kerajaan jin  indonesia   dipercaya cerpin 720 x 480 · jpeg tak benda kerajaan jin indonesia dipercaya cerpin from cerpin.com

persian style images  pinterest 423 x 645 · jpeg persian style images pinterest from www.pinterest.com
sulawesi archi pelago fastfact 326 x 302 · png sulawesi archi pelago fastfact from archipelagofastfact.wordpress.com

kishop  jual baju muslim le couture harga bersaing looohh  koleksi le 700 x 1246 · jpeg kishop jual baju muslim le couture harga bersaing looohh koleksi le from kishop.blogspot.com
baju muslimah terbaru murah  grosir baju muslim wanita terbaru  trendy modis modern 963 x 963 · jpeg baju muslimah terbaru murah grosir baju muslim wanita terbaru trendy modis modern from bajumuslimahmodis.wordpress.com

jual busana muslim modern jlbab baju anak toko  original branded december 960 x 723 · jpeg jual busana muslim modern jlbab baju anak toko original branded december from galeridewionlineshop.blogspot.com
baju pria  wanita harga murah bersahabat 322 x 400 · png baju pria wanita harga murah bersahabat from lukygrosir.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah yaitu tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu bentuk melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi baju adat adalah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menampilkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap tempat, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Ciri Tiap-tiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini yaitu suatu jati diri setiap tempat. Teman-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melalui Baju Adat Parigi Moutong yang dikenakan.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Wemale

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai jati diri tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak diaplikasikan pada bermacam-macam acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di setiap tempat akan menggunakan pakaian adat.

Baju Adat Parigi Moutong ini juga akan mempertimbangkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan melingkarkan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Parigi Moutong juga tak jarang diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memakai pakaian adat dengan beragam dekorasinya.

Malah pada sebagian tempat, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu malahan penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai sekarang di sebagian tempat pakaian adat memiliki bermacam-macam fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yaitu sebagian pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Parigi Moutong

desa parigi mempunyai jumlah penduduk 1.200,000 jiwa,terdiri dari penduduk usia

Pertanyaan: desa parigi mempunyai jumlah penduduk 1.200,000 jiwa,terdiri dari penduduk usia non produktif 400.000 jiwa dan sisanya adalah penduduk usia produktif besarnya angka ketergantungan desa parigi adalah?​

Hi Hi Sobat Brainly. Kali ini aku akan membantu kamu menjawab yang benar. Jangan lupa jadikan jawaban ini yang tercedas dan rating 5! Yuk, sama-sama simak jawabannya di bawah ini~

PEMBAHASAN :

Jumlah penduduk total = 1.200.000

Usia non produktif / tidak bekerja (014 & 64 ke atas) = 400.000 jiwa

Usia produktif = ?

RUMUS : Cara mengetahui usia produktif = total penduduk – (dikurangi) jumlah usia non produktir

UP (usia produktif) = 1.200.000 – 400.000 = 800.000 usia produktif.

Setelah itu, kita cari dengan rumus angka beban ketergantungan atau Dependency Ratio (DR).

RUMUS : DR = jumlah orang produktif : jumlah orang non produktif x 100

JAWABAN :

DR = 800.000 : 400.000 x 100

DR = 2 x 100

DR = 200

KESIMPULAN :

Jadi, setiap 100 orang usia produktif menanggung 200 orang usia tidak produktif.

—-

PELAJARI LEBIH LANJUT >>>

Contoh soal DEPENDENCY RATIO https://brainly.co.id/tugas/14051353

—-

DETIL JAWABAN :

MAPEL : IPS GEOGRAFI

KELAS : 7 SMP

KATA KUNCI : DINAMIKA PENDUDUK, MENGHITUNG ANGKA BEBAN KETERGANTUNGAN

KODE : 11.8.5

Jangan lupa jadikan jawaban yang tercedas! Terimakasih!

Sumber Daya Alam Kabupaten Parigi Apa…?​

Pertanyaan:
Sumber Daya Alam Kabupaten Parigi Apa…?​

Jawaban:

Tanah Subur Untuk Pertanian

Jawaban:

tanah subur

Penjelasan:

maaf kalo salah

luas dan letak wilayah kabupaten parigi mautong ?

Pertanyaan: luas dan letak wilayah kabupaten parigi mautong ?

Kabupaten Parigi Moutong adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Parigi. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 6.231 km2 Terletak pada koordinat: 4°40 LU, 0°14 LS, 119°45 BT, 121°06 BT

naon sababna Curug Parigi sok disebut Niagara​

Pertanyaan: naon sababna Curug Parigi sok disebut Niagara​

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Ende

Jawaban:

Duméh wangunna rada ngaharib-harib Curug Niagara di Amerika Serikat.

Penjelasan:

di halaman 16, dari yang aku baca itu jawabannya 🙂 artinya kyk “karena mirip curug niagara di amerika”

awalnya buka brainly buat cari jawaban juga tapi nemu sendiri lol yw

sebutkan nama gubernur dan wakilnya di provinsi sulawesi tengah. Sebut

Pertanyaan: sebutkan nama gubernur dan wakilnya di provinsi sulawesi tengah. Sebut kan juga Bupati dan wakil di kabupaten parigi moutong!

 H. Longki L.Djanggola, M.Si (Gubernur Sulawesi Tengah) 
H. Sudarto SH, M.Hum (wakil gubernur sulteng)

Apakah ibukota sulteng? A.MakasarB.PaluC.ManadoD.Parigi moutong

Pertanyaan: Apakah ibukota sulteng?
A.Makasar
B.Palu
C.Manado
D.Parigi moutong

B. palu adalah ibukota sulteng

b. palu jawabannya semoga benar ya

Sebuah mobil berangkat dari kota palu menuju Parigi dengan kecepatan

Pertanyaan: Sebuah mobil berangkat dari kota palu menuju Parigi dengan kecepatan rata rata 75 km jam maka waktu yang diperlukan dalam perjalanan 3 jam maka jarak palu Parigi adalah

Jarak=

Kecepatan×Waktu=

75 km/jam × 3 jam=

75 km×3=225 km

Terima kasih.

Pada tanggal 28 september 2018 telah terjadi gempa bumi,tsunami,likuifaksi di

Pertanyaan: Pada tanggal 28 september 2018 telah terjadi gempa bumi,tsunami,likuifaksi di palu,sigi,donggala,dan parigi moutong yang mengakibatkan ribuan orang meninggal. Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji masalah tersebut adalah?

Jawaban:

menggunakan pendekatan keruangan (spasial)

Penjelasan:

semoga membantu

Jawaban:

menggunakan pendekatan keruangan (spasial)

Penjelasan:

semoga membantu

Pada srbuah peta, jarak kota parigi dan kota moutong adalah

Pertanyaan: Pada srbuah peta, jarak kota parigi dan kota moutong adalah 9 cm. Jika skala pada peta tersebut 1:1.250.000, maka jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah….. A.125 km B.112,5km C.112km D.110km

Semoga dapat membantu yak

1. )

Perlu diingat → Rumus dari ini adalah Jp x Skala

1.250.000 x 9 =
= 11.250.00

11.250.000
________
100.000

= 112,5 km

Opsi → B.112,5 km
__________________
=============
Kategorisasi
=============
Kelas : 5 sd
bab : 2
Mapel : matematika
Kode kategorisasi : 5.2.2
___________________

#LoveMath’s
____________________

SEMOGA MEMBANTU DAN BISA MANFAAT ^_^

MAAF JIKA ADA YANG SALAH DALAM JAWABAN SAYA >_<

sahabatku NikoHai, Niko, bagaimana kabarmu? Aku sehat di sini. Semoga

Pertanyaan: sahabatku Niko
Hai, Niko, bagaimana kabarmu? Aku sehat di sini. Semoga di sana kamu juga sehat sepertiku.
Aku ingin menceritakan pengalaman menarikku kepadamu, Niko.
Seminggu yang lalu, aku dan keluargaku berkunjung ke rumah pamanku di Kota Palu, Sulawesi
Tengah. Pamanku menceritakan banyak tentang Kota Palu. Kata pamanku, Palu merupakan salah
satu tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Kamu masih ingat bahwa beberapa daerah di Indonesia
dilalui garis khatulistiwa, bukan?
Paman mengajakku berkeliling Kota Palu. Aku melihat Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong. Paman
lalu menjelaskan kepadaku mengenai Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong. Kata pamanku, tugu inilah
penanda garis khatulistiwa di Sulawesi Tengah. Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong tepatnya berada di
Mat
Desa Siney, Kabupaten Parigi Moutong. Lokasinya berada di 160 km sebelah utara Kota Palu. Tugu
yang dibangun pada tahun 1992 ini memiliki ketinggian 7 meter.
Tugu Khatulistiwa Parigi Moutong diresmikan pada tahun 2014. Tugu ini ternyata dijadikan
I tempat wisata juga, lho. Di sini, kamu bisa merasakan fenomena alam yang begitu unik setiap
tanggal 21 Maret dan 23 September. Pada saat itu, apabila kita meletakkan jarum dalam botol
pada titik nol, jarum itu bisa melayang. Tahukah kamu? Hal itu bisa terjadi karena adanya peristiwa
Equinox. Equinox adalah salah satu fenomena astronomi ketika Matahari melintasi garis khatulistiwa.
Fenomena ini terjadi secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21
Maret dan 23 September.
Sungguh, aku senang sekali Niko, dapat mengunjungi tempat yang menambah pengetahuanku.
Sudah dulu ya, ceritaku. Sampai jumpa lagi!
Sahabatmu,
Toni

Tolong dijawab

Jawaban:

gambar :tugu pembatas garis katulistiwa

cerita:Kota palu yg merupakan salah satu kota diIndonesia yg dilalui oleh garis katulistiwa yang berada di pulau Sulawesi tengah

Penjelasan:

maaf kalo salah

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Parigi Moutong, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Sumber Daya Alam, Sebuah mobil berangkat, Apakah ibukota sulteng?, naon sababna Curug, dan Pada srbuah peta,.

Check Also

Ciri Khas Suku Sakai

Ciri Khas Suku Sakai – Kedalaman warisan budaya setempat etnis-etnis di Indonesia menampilkan sejuta pesona …