Baju Adat Ogan Komering Ilir

Baju Adat Ogan Komering Ilir – adalah pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat Ogan Komering Ilir Sumatera, Indonesia. Biasanya terbuat dari kain tradisional seperti songket dan menampilkan sulaman dan manik-manik yang rumit. Pakaian pria biasanya berupa kemeja dan kain sarung, sedangkan pakaian wanita biasanya berupa kebaya dan kain sarung. Pakaian tradisional dikenakan pada acara-acara khusus dan upacara.

Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Ogan Komering Ilir karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah ialah salah satu unsur kebudayaan daerah. Unsur kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang cocok dengan pesan-pesan poin budaya yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berhubungan secara seketika dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman tradisi dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Ogan Komering Ilir masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Setiap wilayah di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Ogan Komering Ilir, palembang bumi sriwijaya kristalisasi gaya sriwijaya busana pengantin adat melayu sumatera

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di beberapa tempat (Baju Adat Ogan Komering Ilir) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat yaitu baju diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Ogan Komering Ilir?

Bukan hanya di Indonesia, tiap negara di semua dunia juga memiliki Baju Adat Ogan Komering Ilir masing-masing mewakili kategori masyarakat mereka. Karena baju adat yakni baju yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tersebut.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bengkulu

Tiap-tiap Baju Adat Ogan Komering Ilir biasanya terdiri dari beberapa komponen lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini adalah bagian bagian biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan komponen inti yang selalu ada, pembuatannya sesuai sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti contohnya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan merupakan pasangan dari atasan yang juga merupakan komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, misalnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya adalah penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya merupakan kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap tempat memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada baju khas wanita ialah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi komponen komplemen komponen bawah, modelnya berjenis-jenis disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Ogan Komering Ilir

kenakan baju adat komering deru upacara hut ri bersama presiden secara virtual 1200 x 800 · jpeg kenakan baju adat komering deru upacara hut ri bersama presiden secara virtual from extranews.id
ide populer baju adat ogan ilir 604 x 402 · jpeg ide populer baju adat ogan ilir from bajugamiscouple.blogspot.com

jenis baju adat sunda terkenal unik budayakusatu budaya indonesia 400 x 263 · jpeg jenis baju adat sunda terkenal unik budayakusatu budaya indonesia from www.budayakusatu.com
pakaian adat komering ujian 800 x 525 · jpeg pakaian adat komering ujian from bertigamas.github.io

mengenal baju adat ambon maluku budayanesia 1988 x 1236 · jpeg mengenal baju adat ambon maluku budayanesia from budayanesia.com
wisata kuliner dumai murah enak andalas tourism 750 x 450 · jpeg wisata kuliner dumai murah enak andalas tourism from www.andalastourism.com

ukuran baju perodua 392 x 619 · png ukuran baju perodua from perodua-i.blogspot.com
ba baju adat gorontalo pakaian adat anak 492 x 745 · jpeg ba baju adat gorontalo pakaian adat anak from bajuadatmurah.blogspot.com

busana pengantin adat palembang cek nunk event organizer 239 x 300 · jpeg busana pengantin adat palembang cek nunk event organizer from ceknunkeo.blogspot.com
palembang bumi sriwijaya kristalisasi gaya sriwijaya busana pengantin adat melayu sumatera 600 x 673 · jpeg palembang bumi sriwijaya kristalisasi gaya sriwijaya busana pengantin adat melayu sumatera from palembangbatangharisembilan.blogspot.com

palembang bumi sriwijaya pakaian adat sumatera selatan ii 1080 x 1336 · png palembang bumi sriwijaya pakaian adat sumatera selatan ii from palembangbatangharisembilan.blogspot.com
pakaian adat simalungun youtube 480 x 360 · jpeg pakaian adat simalungun youtube from www.youtube.com

sewa kostum baju adat kesumadewi 250 x 319 · jpeg sewa kostum baju adat kesumadewi from sewakostumanak.wixsite.com
future inspiration life pakaian adat kudus batik lasem akulturasi istimewa 936 x 987 · jpeg future inspiration life pakaian adat kudus batik lasem akulturasi istimewa from priyatmaja.blogspot.com

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bengkulu

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yakni memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi baju adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menampilkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap tempat, Kids. Baju adat mempunyai fungsi sebagai penanda status sosial.

1. Identitas Setiap Tempat

Baju adat yang berbeda-beda ini adalah suatu label setiap daerah. Sahabat-sahabat dapat mengenali kebudayaan suatu daerah lewat Baju Adat Ogan Komering Ilir yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi label masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai ciri setiap tempat, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada bermacam acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan mengaplikasikan baju adat.

Baju Adat Ogan Komering Ilir ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan menggunakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Ogan Komering Ilir juga sering kali diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan melingkarkan baju adat dengan bermacam dekorasinya.

Bahkan pada beberapa tempat, pasangan itu akan melingkarkan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat sampai 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai kini di sebagian tempat baju adat memiliki berbagai fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, merupakan sebagian pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bengkulu

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Ogan Komering Ilir

Ibu kota Ogan Komering Ilir?​

Pertanyaan: Ibu kota Ogan Komering Ilir?

Jawaban:

Kabupaten Ogan Komering Ilir (disingkat OKI) adalah kabupaten di Sumatra Selatan yang memiliki luas 19.023,47 km² dan berpenduduk sekitar 787.513 jiwa. Pada tahun 2015, kabupaten ini memiliki 18 Kecamatan yang terdiri atas 314 desa beserta 13 kelurahan.

SEMOGA MEMBANTU

adat istiadat yang biasa dilakukan didaerah Ogan Komering?jelaskann yahh!!​

Pertanyaan: adat istiadat yang biasa dilakukan didaerah Ogan Komering?

jelaskann yahh!!​

Jawaban:

Tercatat ada beberapa tradisi unik dari setiap masyarakat suku Ogan di wilayah manapun mengenai pernikahan. Beberapa diantaranya seperti Hajat Batin, Ngukus, Pengadangan, Ningkuk, dan lain-lain.

Penjelasan:

#MAAF KALO SALAH

Jawaban:

hajat batin dan makanan tradisional engga tau sqlah apa bnr

apa ibukota dari kabupaten Ogan Komering Ilir?​

Pertanyaan: apa ibukota dari kabupaten Ogan Komering Ilir?

Jawaban:

apa nama ibukota dari kabupaten Ogan Komering Ilir…

kayu agung.

____________________________

——WARNING!!——-

Jawaban tidak copas, tidak menerima hapus jawaban kecuali salah dan komentar negatif.

____________________________

Detail Jawaban :

kls : 6

mapel : Biologi

Terima kasih dan jadikan jawaban terbaik ya!

lagu daerah yang berasal dari ogan komering ilir adalah​

Pertanyaan: lagu daerah yang berasal dari ogan komering ilir adalah​

Jawaban:

Ngiam adalah lagu daerah yang berasal dari Kayuagung Ogan Komering Ilir, Lagu ini bermakna Kangen atau Rindu terhadap seseorang. Lagu ini juga menggunakan bahasa Kayuagung

semoga membantu

silahkan diperiksa lagi :)

suku Semendo merupakan masyarakat Kabupaten a Ogan Ilir B Lahat

Pertanyaan: suku Semendo merupakan masyarakat Kabupaten a Ogan Ilir B Lahat ke Muara Enim Ogan Komering Ulu​

Jawaban:

Ogan llir

maaf kalo salah

Jawaban:

ogan kemereng

Penjelasan:

semoga membantu

maaf jika salah

soal pilihan ganda Ogan komering Ilir matematika​

Pertanyaan: soal pilihan ganda Ogan komering Ilir matematika

Jawaban:

C. 13/20

Penjelasan dengan langkah-langkah:

65% = 65/100 = 13/20

#sejutapohon

MAAF KALAU SALAH

Apa fungsi bagian bawah rumah adat ogan komering ulu selatan​

Pertanyaan: Apa fungsi bagian bawah rumah adat ogan komering ulu selatan​

Jawaban:

Untuk melindungi dari bencana alam seperti banjir.

Penjelasan:

Semoga membantu & bermanfaat:)

soal pts bhs inggris kabupaten ogan komering ilir​

Pertanyaan: soal pts bhs inggris kabupaten ogan komering ilir

Jawaban:

1. b. Family

2. d. Six

3. c. At 21 Jl. Supratman

4. a. Swimming and reading book

5. b. Tini

6. b. How do you do?

Kalo ada yang salah, maaf ya

siapa saja seniman asal Ogan Komering Ilir berserta 3 karyanya?

Pertanyaan: siapa saja seniman asal Ogan Komering Ilir berserta 3 karyanya? bingung nih

ogan komering ilir emang daerah provinsi mana? saya kok belum pernah denger

siapa saja seniman yang berasal dari ogan komering ilir sumatera

Pertanyaan: siapa saja seniman yang berasal dari ogan komering ilir sumatera selatan ?

1. Suku Komering
2. Suku Palembang
3. Suku Gumai
4. Suku Semendo
5. Suku Lintang
6. Suku Kayu Agung
7. Suku Lematang
8. Suku Ogan
9. Suku Pasemah
10. Suku Sekayu
11. Suku Rawas

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Ogan Komering Ilir, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti suku Semendo merupakan, siapa saja seniman, Apa fungsi bagian, apa ibukota dari, dan lagu daerah yang.

Check Also

Ciri Khas Suku Batak Toba

Ciri Khas Suku Batak Toba – Tingkat warisan budaya setempat suku-suku di Indonesia menampilkan sejuta …