liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Kota Cilegon

Baju adat Cilegon terdiri dari berbagai jenis baju adat yang berbeda. Baju adat Cilegon terutama dikenal dengan baju adat tradisional yang dikenakan oleh masyarakat Cilegon. Baju adat Cilegon terdiri dari baju kurung berwarna putih, celana panjang berwarna hitam, dan selendang berwarna merah.

Baju kurung biasanya dipakai dengan kain batik berwarna hitam, putih, dan merah. Sementara itu, celana panjang biasanya dipakai dengan selendang berwarna merah. Baju kurung dipadukan dengan selendang berwarna hitam, putih, dan merah.

Bagi pria, baju kurung dan celana panjang dipadukan dengan selendang berwarna biru. Bagi wanita, baju kurung dan celana panjang dipadukan dengan selendang berwarna merah. Baju adat Cilegon ini biasanya dikenakan untuk acara-acara adat seperti pesta perkawinan, pesta ulang tahun, dan acara-acara lainnya.

Daftar pakaian adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 baju adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Kota Cilegon karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional daerah ialah salah satu unsur kebudayaan daerah. Faktor kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang layak dengan pesan-pesan skor kultur yang ada di dalamnya. Selain itu, terkait secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman tradisi dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Kota Cilegon masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat setiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari budaya sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Kota Cilegon, sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Kota Cilegon) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat adalah pakaian dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Kota Cilegon?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di segala dunia juga memiliki Baju Adat Kota Cilegon masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Karena baju adat ialah baju yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Setiap Baju Adat Kota Cilegon umumnya terdiri dari sebagian komponen lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini yaitu bagian bagian umumnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan bagian inti yang selalu ada, pembuatannya sesuai sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama baju seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan ialah pasangan dari atasan yang juga adalah komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, contohnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya adalah penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplementer selanjutnya adalah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang biasanya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Tetapi tujuan adanya ikat pinggang umumnya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada baju khas wanita yaitu gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi bagian komplementer bagian bawah, modelnya beraneka disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Kota Cilegon

baju adat kalimantan selatan wanita bajuku 640 x 411 · jpeg baju adat kalimantan selatan wanita bajuku from jubajubaru.blogspot.com
usai baju adat dikenakan presiden penjual aksesoris adat baduy lebak banjir pesanan 750 x 480 · jpeg usai baju adat dikenakan presiden penjual aksesoris adat baduy lebak banjir pesanan from www.satelitnews.id

kst pakaian adat sulawesi selatan rp grosir baju adat anak 221 x 320 · jpeg kst pakaian adat sulawesi selatan rp grosir baju adat anak from anekamodelkostumanak.blogspot.com
semarak hut kota serang syafrudin subadri nanang saefudin jadi model dadakan fashion show 900 x 675 · jpeg semarak hut kota serang syafrudin subadri nanang saefudin jadi model dadakan fashion show from www.bantenraya.com

galeri pakaian adat sumatera barat djangki 600 x 524 · jpeg galeri pakaian adat sumatera barat djangki from djangki.wordpress.com
sky fly maluku utara tarian adat rumah adat pakaian adat senjata tradisional makanan 149 x 300 · jpeg sky fly maluku utara tarian adat rumah adat pakaian adat senjata tradisional makanan from kawulala.blogspot.com

hut ri metrologi disperindag gelar fashion show cinta budaya indonesia warta banten 871 x 497 · jpeg hut ri metrologi disperindag gelar fashion show cinta budaya indonesia warta banten from wartabanten.id
nukilan hati pakaian tradisional daerah negeri selangor darul ehsan 1600 x 1200 · jpeg nukilan hati pakaian tradisional daerah negeri selangor darul ehsan from khairul-affendi.blogspot.com

kanwil kemenkumham banten menerima kunjungan kerja pimpinan anggota pansus dprd kota cilegon 1280 x 588 · jpeg kanwil kemenkumham banten menerima kunjungan kerja pimpinan anggota pansus dprd kota cilegon from beritabanten.com
sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa 600 x 399 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa from sanggarnusantaradotcom.blogspot.co.id

top info pakaian adat limpapeh rumah gadang 280 x 400 · jpeg top info pakaian adat limpapeh rumah gadang from fashionbatiks.blogspot.com
pernak pernik hut kemerdekaan ri 900 x 600 · jpeg pernak pernik hut kemerdekaan ri from www.satelitnews.id

sanggar nusantara dot jakarta sewa baju batak simalungun adat tapsel mandailing 1080 x 1223 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju batak simalungun adat tapsel mandailing from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
baliho tatu pandji ketua bawaslu koordinasi beritabantencom 647 x 462 · jpeg baliho tatu pandji ketua bawaslu koordinasi beritabantencom from beritabanten.com

ki cilegon berbeda ordinary trainer writes 840 x 559 · jpeg ki cilegon berbeda ordinary trainer writes from theordinarytrainer.wordpress.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah yakni tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu format melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi baju adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga memperlihatkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap tempat, Kids. Pakaian adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Jati diri Setiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini ialah suatu identitas tiap tempat. Teman-teman dapat mengenali kebudayaan suatu daerah via Baju Adat Kota Cilegon yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi identitas masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai label tiap-tiap daerah, baju adat ini juga banyak digunakan pada beraneka acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di setiap daerah akan mengaplikasikan pakaian adat.

Baju Adat Kota Cilegon ini juga akan menetapkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Kota Cilegon juga kerap kali diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang baju adat dengan beragam dekorasinya.

Bahkan pada sebagian daerah, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai sekarang di sebagian daerah pakaian adat mempunyai pelbagai fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, merupakan beberapa pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Kota Cilegon

Jarak antara kota Serang dan Cilegon pada peta dengan skala

Pertanyaan: Jarak antara kota Serang dan Cilegon pada peta dengan skala 1 : 6.000.000 adalah 2,5 cm. Tentukan jarak sebenarnya dari kota Serang dan Cilegon tersebut! *

Jawab:

150 km

Penjelasan dengan langkah-langkah:

skala 1 : 6.000.000

1 cm peta = 6.000.000 sebenarnya

Jarak 2,5 cm  = 2,5/1 x 6.000.000 cm = 15.000.000 cm

Sebenarnya 15.000.000/100.000 km = 150 km

Jawaban:

Jarak sebenarnya dari kota Serang dan Cilegon adalah 150 Km

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Dik : Jarak kedua kota = 2,5 cm

Skala = 1:6.000.000

Dit : Jarak sebenarnya…?

Jawab :

Jarak sebenarnya = Jarak pada peta/skala

= 2,5:1/6.000.000

= 2,5×6.000.000

= 15.000.000 cm

= 150 km

semoga membantu

kota Cilegon berada di provinsi?​

Pertanyaan: kota Cilegon berada di provinsi?​

Jawaban:

propinsi Banten

Penjelasan:

kota tersebut berada diujung sebelah barat laut pulau Jawa , ditepi selat Sunda…….

#

Gunung apa yang berada di kota cilegon ??

Pertanyaan: Gunung apa yang berada di kota cilegon ??

Gunung Batu Lawang.
(y)

Yang saya tau hanya Gunung batur. #semoga membantu

dimana letak kota Cilegon

Pertanyaan: dimana letak kota Cilegon

Saya coba jawab ya ⇩⇩

Cilegon terletak di kota Banten.

Letak kota Cilegon = Di daerha Banten, Indonesia

#Semogamembantu

Apa keunikan kota cilegon

Pertanyaan: Apa keunikan kota cilegon

Di Kota Cilegon terdapat berbagai macam objek vital negara, antara lain Pelabuhan Merak: Pelabuhan Cigading Habeam Centre, Kawasan Industri Krakatau Steel, PLTU Suralaya, PLTU Krakatau Daya Listrik, Krakatau Tirta Industri Water Treatment Plant, (Rencana Lot) Pembangunan Jembatan Selat Sunda dan (Rencana Lot) Kawasan Industri Berikat Selat Sunda.

Jarak antara kota Cilegon ke kota Serang pada peta 2

Pertanyaan: Jarak antara kota Cilegon ke kota Serang pada peta 2 cm, apabila skala peta 1 : 1.000.000, maka jarak sebenarnya antara kota Cilegon ke kota Serang adalah ….

Jawaban:

jarak sebenarnya = jarak peta / skala

jarak sebenarnya= 2 cm × 1.000.000

jarak sebenarnya = 2.000.000 cm

jarak sebenarnya = 20 Km

Jarak Sebenarnya

Skala × jarak pada peta

1.000.000 × 2cm

= 2.000.000 cm

= 20 km.

jadi jarak sebenarnya adalah 20km

semoga membantu^_^

Apa adat istiadat yang biasa dilakukan cilegon?​

Pertanyaan: Apa adat istiadat yang biasa dilakukan cilegon?​

Jawaban:

ubar abir atau hajatan di cilegon

Penjelasan:

Dampak langsung dari globalisasi dan modernisasi di Cilegon kepada perubahan sosial budaya masyarakat tersebut. Sayangnya perubahan ini tidak selalu baik. mungkin lebih banyak yang tidak baiknya karena tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Perubahan ini bisa dilakukan siapa saja, baik secara individu, sekelompok orang, maupun mayoritas masyarakat.

Masyarakat yang secara tidak langsung berubah menjadi pragmatis, hedonis dan lebih memilih yang instan. Meski banyak suatu kegiatan menjadi lebih mudah dan prkastis, namun hilangnya proses secara tidak langsung membuat masyarakat jadi manja, terlena dan lupa pada cara-cara lama. Dan yang paling kentara namun kurang begitu disadari adalah dalam gotong royong.

Banyak kegiatan gotong royong dalam masyarakat Cilegon yang perlahan namun pasti sudah mulai ditinggalkan. Seperti halnya kebersamaan dalam bersih-bersih lingkungan dan termasuk gotong royong dalam “Ubar-abir” pada orang hajatan.

Ubar-abir atau membantu orang yang sedang hajatan baik acara pernikahan atau aqikahan anak. Di Cilegon bagian Barat, Ubar-abir ini disebut Bebanton wong hajat. Dari mulai keluarga berkumpul dan para tetangga yang datang membantu keberlangsungan hajat. Mulai dari memasak, cuci piring, parkir kendaraan tamu, hingga segala pekerjaan dalam keperluan hajat.

Meski di Perkampungan tradisi gotong royong Ubar-abir ini masih berlangsung, namun perlahan mulai terkikis karena perubahan pola hidup sebagaimana dipaparkan diatas.

Semakin pragmatis dan hedonisnya masyarakat Cilegon mulai terlihat, ada yang ketika mengadakan hajatan mulai meninggalkan Ubar-abir. Seperti ketika melangsungkan hajat resepsi pernikahan di gedung, sehingga makanan untuk menjamu tamu pun tidak dilakukan secara gotong royong Ubar-abir melainkan tinggal pesan ke catering. Ada juga yang ketika riungan untuk khitanan atau haul, untuk berkat atau beseknya memilih cara instan, tinggal beli nasi kotak. Ada juga saiful hajat yang menyewa koky untuk memasaknya.

Padahal jika melihat aspek kebersamaan dalam tradisi Ubar-abir ini, sangat perlu kiranya untuk terus dipertahankan oleh masyarakat Cilegon sendiri, meski zaman semakin modern dengan segala kemajuannya. Akan tetapi banyaknya manfaat dari tradisi Ubar-abir ini. Seperti mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan tetangga, melestarikan rasa kebersamaan dan kerja sama dengan gotong royong, yang muaranya bisa kepada terbentuknya masyarakat yang harmonis.

Mungkin perlu adanya semacam kesadaran bersama dari mulai komunikasi hingga cara dan pola pikir masyarakat Cilegon terhadap berbagai perubahan sosial budaya karena faktor dari yang luar yang mempengaruhi aspek kehidupan ini. Dan yang tak kalah penting adalah berdaulat pentingnya menjaga kearifan lokal akan adanya perubahan perilaku, moral dan gaya hidup bermasyarakat

semoga membantu 🙂

berapa besar umr kota cilegon​

Pertanyaan: berapa besar umr kota cilegon​

Jawaban:

Upah Minimum Regional atau UMR kota Cirebon terbaru 2021 adalah sebesar Rp. 4.246.081,00

Jarak Kota Cilegon dan Serang pada peta 8 cm. Skala

Pertanyaan: Jarak Kota Cilegon dan Serang pada peta 8 cm. Skala peta 1: 120.000 maka jarak
sebenarnya dari kota Cilegon ke kota Serang adalah….

Jawab:

=8 : 1 : 120.000

=8 * 120.000

=960.000

=960km

MAAF KALO SALAH

macam macam pelanggaran ham di kota cilegon

Pertanyaan: macam macam pelanggaran ham di kota cilegon

melanggar lalu lintas

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Kota Cilegon, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti berapa besar umr, dimana letak kota, Jarak antara kota, Jarak antara kota, dan Jarak Kota Cilegon.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …