liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Kota Ambon

Baju Adat Kota Ambon – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia memiliki sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Kota Ambon karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat yakni salah satu unsur kebudayaan daerah. Elemen kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang layak dengan pesan-pesan poin kultur yang ada di dalamnya. Selain itu, berhubungan secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Kota Ambon masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Kota Ambon, baju pernikahan adat ambon radea

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa tempat (Baju Adat Kota Ambon) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat ialah pakaian dihasilkan sebagai simbol untuk mengekspresikan identitas dari suatu kategori masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Kota Ambon?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di segala dunia juga mempunyai Baju Adat Kota Ambon masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Sebab baju adat adalah baju yang dihasilkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Tiap-tiap Baju Adat Kota Ambon biasanya terdiri dari sebagian bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini adalah bagian komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan ialah komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya sesuai sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti contohnya pakaian seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif cocok dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yakni pasangan dari atasan yang juga merupakan komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, misalnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Bagian selanjutnya yakni penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen berikutnya yakni kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu lazimnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Setiap tempat memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan lazimnya dijumpai pada pakaian khas wanita adalah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi komponen komplementer bagian bawah, modelnya beraneka disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Kota Ambon

pakaian adat jawa timur banyuwangi baju adat tradisional 855 x 1280 · jpeg pakaian adat jawa timur banyuwangi baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
pakaian adat  daerah maluku baju adat tradisional 288 x 400 · jpeg pakaian adat daerah maluku baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

kebudayaan  kesenian daerah kebudayaan dki jakarta 233 x 400 · jpeg kebudayaan kesenian daerah kebudayaan dki jakarta from likaardila.blogspot.com
pakaian adat ambon pakaian daerah maluku bernama baju adat tradisional pakaian  biasa 750 x 1334 · jpeg pakaian adat ambon pakaian daerah maluku bernama baju adat tradisional pakaian biasa from koleksidjaja.blogspot.com

pakaian adat pemerintah kota ambon 216 x 300 · jpeg pakaian adat pemerintah kota ambon from ambon.go.id
sewa busana betawi dot   ph      sewa baju 1066 x 1600 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com

maluku pakaian adat baju adat tradisional 1000 x 1500 · jpeg maluku pakaian adat baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
baju adat  propinsi hub hp wa  sewa baju makassar baju makassar sewa baju 604 x 640 · jpeg baju adat propinsi hub hp wa sewa baju makassar baju makassar sewa baju from bajuadat34propinsi.blogspot.com

salam kenal bunda 452 x 756 · jpeg salam kenal bunda from kostumanakimut.blogspot.com
baju pernikahan adat ambon radea 800 x 1025 · png baju pernikahan adat ambon radea from www.radea.co

pakaian pengantin pemerintah kota ambon 293 x 452 · jpeg pakaian pengantin pemerintah kota ambon from ambon.go.id
puteri indonesia  prewed kenakan baju adat kajang bulukumba  alasannya makassar terkini 853 x 905 · jpeg puteri indonesia prewed kenakan baju adat kajang bulukumba alasannya makassar terkini from makassar.terkini.id

pakaian adat maluku ambon nama  gambar  penjelasannya silontong 208 x 270 · jpeg pakaian adat maluku ambon nama gambar penjelasannya silontong from www.silontong.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah ialah tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yaitu memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga memperlihatkan atau menentukan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap daerah, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Ciri Setiap Daerah

Pakaian adat yang berbeda-beda ini ialah suatu label tiap daerah. Sahabat-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melalui Baju Adat Kota Ambon yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Padahal kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai ciri setiap daerah, pakaian adat ini juga banyak diterapkan pada berbagai acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menggunakan baju adat.

Baju Adat Kota Ambon ini juga akan memutuskan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan mengenakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Kota Ambon juga sering kali diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan pakaian adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Malahan pada beberapa tempat, pasangan itu akan menggunakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai kini di beberapa daerah pakaian adat memiliki berjenis-jenis fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, ialah beberapa baju adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Kota Ambon

Mengapa kota ambon dijuluki dengan ambon manise ?

Pertanyaan: Mengapa kota ambon dijuluki dengan ambon manise ?

Kota Ambon dijuluki dengan “Ambon Manise” dikarenakan mayoritas kaum perempuan dari Ambon berparas manis dan berkulit gelap namun eksotis. Itu yang saya tahu, sekian.

karena kota yg indah cantik dan manis,dan wilayah terbesar di maluku,serta menjadi sentral bagi rakyat maluku,terima kasih,itu saja yg saya tahu

39. Orang ambon itu sedang mempelajari adat istiadat suku naga.Perbaikan

Pertanyaan: 39. Orang ambon itu sedang mempelajari adat istiadat suku naga.
Perbaikan ejaan kalimat di atas adalah …
a. Orang Ambon itu sedang mempelajari adat istiadat Suku Naga
b. Orang Ambon itu sedang mempelajari adat istiadat suku naga
C. Orang Ambon itu sedang mempelajari adat istiadat suku Naga
d. Orang Ambon itu sedang mempelajari adat istiadat Suku naga​

Jawaban:

a

Penjelasan:

karena nama suku dan kata suku diawali dengan huruf kapital

Jawaban:

c.Orang Ambon itu sedang mempelajari adat istiadat suku Naga

rumah adat suku ambon

Pertanyaan: rumah adat suku ambon

baileo
semoga membantu.

rumah adat suku ambon balieo

nama rumah adat ambon

Pertanyaan: nama rumah adat ambon

rumah adat ambon = rumah Balieo

rumah adat ambon adalah rumah BALIEO

Apa saja adat istiadat suku ambon

Pertanyaan: Apa saja adat istiadat suku ambon

adat dan kebudayaan suku Ambon tersebut? Berikut sedikit penjelasannya:

Rumah adat Baileo. Satu-satunya rumah adat yang dimiliki suku Ambon adalah rumah adat Baileo. Rumah tersebut biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan,rapat dan upacara adat yang disebut seniri negeri.
Yang membuat rumah Baileo unik adalah bahan yang digunakan untuk bangunannya. Rumah baileo berupa panggung yang dikelilingi oleh serambi. Dan atapnya yang tinggi besar terbuat dari daun rumbia sedangkan dindingnya terbuat dari tangkai rumbia yang disebut gabah.
Pakaian adat suku Ambon. Pakaian adat kaum lelaki suku Ambon berupa setelan jas berwarna merah dan hitam, baju dalam yang mempunyai renda dan ikat pinggang. Sedangkan kaum wanitanya memakai baju cele (seperti kebaya pendek) dan berkanji yang disuji.
Tarian bambu gila. Tarian ini merupakan tarian yang paling terkenal dari suku Ambon. Tarian ini juga bisa disebut dengan sebutan buluh gila atau bara suwen.
Papeda. Adalah makanan khas dan tradisional suku Ambon. Makanan dengan bahan utama sagu mentah ini biasanya dimakan dengan ikan kuah kuning dan menurut orang Ambon rasanya sangat enak dan tiada tandingannya.

memiliki makanan tradisional berupa sagu dan ikan, memiliki berraneka macam tarian seperti tarian cakalele, dan alat musik berupa tifa (sejenis gendang)

Baju cele merupakan pakaian adat yang berasal dari kota Ambon.

Pertanyaan: Baju cele merupakan pakaian adat yang berasal dari kota Ambon.
Baju cele bermotif garis-garis geometris atau berkotak-kotak.
Biasanya,baju cele dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda,yang penting harus seimbang dan serasi

*Pertanyaan*
-Sebutkan dua informasi penting yang kamu temukan pada teks diatas!

Jawaban:

baju cele merupakan pakaian adat yang berasal dari kota Ambon

maaf kalo salah

Penjelasan:

karena penting

mengingat

Jawaban:

1).baju cele merupakan pakaian adat yang berasal dari kota ambon.

2) baju cele bermotif garis garis geometris atau berkotak-kotak

rumah adat Ambon disebut rumah adat

Pertanyaan: rumah adat Ambon disebut rumah adat

Jawaban:

Rumah adat Ambon disebut Rumah Adat Baileo yang hingga saat ini masih berdiri dan difungsikan di Kota Ambon.

maaf kalo salah

semoga jadi jawaban tercerdas

Nama rumah adat ambon

Pertanyaan: Nama rumah adat ambon

rumah honai………,,..

Baju Cele Khas AmbonBaju Cele merupakan pakaian adat yang berasaldari

Pertanyaan: Baju Cele Khas Ambon
Baju Cele merupakan pakaian adat yang berasal
dari kota Ambon. Baju Cele bermotif garis-garis
geometris atau berkotak-kotak kecil. Biasanya, baju Cele
dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak
terlalu jauh berbeda, yang penting harus seimbang dan
serasi.
Baju Cele dipakai dalam upacara-upacara adat (acara
pelantikan raja, acara cuci negeri, acara pesta negeri,
acara panas pela, dan lain-lain). Supaya lebih terlihat
serasi, baju Cele pun dikombinasi dengan kain pelekat
yang dinamakan disalele. Pemakaian sarung ini ada di
luar dan melapisi baju yang ada di dalamnya.
Sarung dipakai sampai batas lutut dan menggunakan
lenso, yaitu sapu tangan yang diletakkan di pundak.
biasanyapakaian ini digunakan tanpa alas kaki tapi ada juga masyarakat yang menggunakan salep sebagai gantinya bagi wanita agar lebih cantik rambut pundi konde konde atau sanggul yang digunakan yaitu konde bulan yang diperkuat lagi dengan tusukan konde yang disebut haspell Tusuk Konde itu benar-benar spesial karena dibuat dari emas atau perak

soal

1bacaan di atas berisi informasi tentang ?
a. rumah adat khas Ambon
b. keunikan lingkungan di Ambon
C. baju cele khas Ambon
D. wisata daerah Ambon
pokok pikiran pada paragraf pertama dalam bacaan diatas adalah titik-titik ?
a. baju cele merupakan pakaian adat yang berasal dari Kota Ambon
b. baju cele dipakai dalam upacara-upacara adat
c. sarung dipakai sampai batas lutut dan menggunakan lenso
D biasanya pakaian ini digunakan tanpa alas kaki
3.baju cele memiliki motif yaitu a garis zigzag atau kotak-kotak kecil
b. garis-garis geometris atau kotak-kotak kecil
c. garis-garis lingkaran atau kotak-kotak besar
garis-garis kecil atau kotak-kotak geometris

cepet sebentar lagi di kimpulin…​

Jawaban:

1. C. Baju Cele khas Ambon

2. A. Baju Cele merupakan pakaian adat yang berasal dari Kota Ambon

3. B. garis-garis geometris atau kotak-kotak kecil

apa tradisi suku ambon ,bahasa ambon & pakaian adat ambon??

Pertanyaan: apa tradisi suku ambon ,bahasa ambon & pakaian adat ambon?? #tolongdijwabbuatbsok ✌

tradisi suku ambon
1. Makan Patita
2. Pukul Sapu
3. Bambu Gila
4. Malam Badendang
5. Tradisi Timba Laor
6. Tradisi Cuci Negeri
7. Pela Gandong

pakaian suku ambon
Prianya memakai pakaian adat berupa setelan jas berwarna merah dan hitam, baju dalam yang berenda dan ikat pinggang. Sedangkan wanitanya memakai baju cele, semacam kebaya pendek, dan berkanji yang disuji. Perhiasannya berupa anting-anting, kalung dan cincin. Pakaian ini berdasarkan adat Ambon.

bahasa
bahasa maluku

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Kota Ambon, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti rumah adat Ambon, apa tradisi suku, Nama rumah adat, 39. Orang ambon, dan nama rumah adat.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …