liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Karawang

Baju Adat Karawang – yang merupakan suku Sunda memiliki beberapa pakaian adat khas yang biasa dipakai dalam perayaan tertentu, salah satunya Baju Pangsi yang khusus dikenakan oleh kaum adam atau dalam Bahasa Sunda disebut Jajaka.

Diawali karena kesukaan sang pemilik terhadap Budaya Sunda, Distro Jajaka berdiri sejak tahun 2014, sampai akhirnya menjadi center Pakaian Adat Khas Sunda di Kabupaten Karawang. Tujuan utama didirikannya distro tersebut, yaitu untuk menarik minat dan memperkenalkan generasi milenial terhadap budaya daerahnya sendiri.

Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Karawang karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat merupakan salah satu unsur kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang cocok dengan pesan-pesan nilai kultur yang ada di dalamnya. Selain itu, berhubungan secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di beberapa daerah seperti Baju Adat Karawang masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap daerah di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kebiasaan sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Karawang, kau kita november

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di sebagian tempat (Baju Adat Karawang) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat merupakan baju dijadikan sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu kategori masyarakat tertentu. Ini juga adalah baju khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Karawang?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di segala dunia juga mempunyai Baju Adat Karawang masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Karena pakaian adat yakni baju yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tersebut.

Setiap Baju Adat Karawang lazimnya terdiri dari beberapa komponen lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini yakni bagian komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan yaitu komponen inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti umpamanya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Umumnya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga adalah komponen penting. Modelnya juga bisa bervariasi, umpamanya ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya merupakan penutup kepala, semisal mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen berikutnya yakni kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Tetapi tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan lazimnya ditemui pada baju khas wanita merupakan gelang, kaling, cincin dan juga anting. Sedangkan alas kaki menjadi komponen pelengkap komponen bawah, modelnya beraneka disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Karawang

sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat buton jakarta hub 1080 x 720 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat buton jakarta hub from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
baju kerawang gayo 636 x 960 · jpeg baju kerawang gayo from aridasahputra.blogspot.com

jual baju kostum tradisional adat koreabaju hanbok anak kab karawang 500 x 500 · jpeg jual baju kostum tradisional adat koreabaju hanbok anak kab karawang from www.tokopedia.com
viral sosok rasis penghina baju adat baduy dikenakan presiden jokowi karawang post 1920 x 1080 · jpeg viral sosok rasis penghina baju adat baduy dikenakan presiden jokowi karawang post from karawangpost.pikiran-rakyat.com

baju adat kalimantan borneo 375 x 563 · jpeg baju adat kalimantan borneo from ahiimmm12.blogspot.com
terbaik harga baju adat sunda pria smart mommy 700 x 870 · jpeg terbaik harga baju adat sunda pria smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com

baju adat kalimantan selatan baju adat tradisional 900 x 900 · jpeg baju adat kalimantan selatan baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
pakaian adat bali hitam putih pakaian adat 340 x 510 · jpeg pakaian adat bali hitam putih pakaian adat from adat88.blogspot.com

baju adat 213 x 320 · jpeg baju adat from bajuadatnegeriku.blogspot.com
kau kita november 881 x 716 · jpeg kau kita november from apitocem.blogspot.com

prakas arif gunawan 253 x 400 · jpeg prakas arif gunawan from prakasarifgunawan.blogspot.com
pakaian adat yogyakarta 1276 x 1084 · jpeg pakaian adat yogyakarta from heyitsrianaxx.blogspot.com

sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat banjar banjarmasin jakarta hub hp 320 x 214 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat banjar banjarmasin jakarta hub hp from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
keren baju adat sunda pangsi smart mommy 1080 x 1080 · jpeg keren baju adat sunda pangsi smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com

sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa 600 x 399 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
pns pemprov jateng setiap tanggal diwajibkan berpakaian adat jawa merdekacom 540 x 270 · jpeg pns pemprov jateng setiap tanggal diwajibkan berpakaian adat jawa merdekacom from www.merdeka.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah adalah tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta komponen.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi pakaian adat merupakan untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menampilkan atau mempertimbangkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap daerah, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Tiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini yakni suatu ciri setiap tempat. Teman-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Karawang yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai identitas tiap-tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak diterapkan pada berbagai acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menggunakan baju adat.

Baju Adat Karawang ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Karawang juga sering dipakai dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang baju adat dengan bermacam dekorasinya.

Bahkan pada beberapa tempat, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat mencapai 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga sekarang di sebagian daerah pakaian adat memiliki berjenis-jenis fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, ialah sebagian baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Karawang

tuliskan 3 adat istiadat di Tangerang dan di Karawang​

Pertanyaan: tuliskan 3 adat istiadat di Tangerang dan di Karawang​

Tangerang
-Lenggang Cisadane
-Silat Beksi
-Upacara Seba

Karawang
Babarit-Baritan, Ngetrukeun Kanjut Kundang, Guyuban, Hajat BUmi

maaf kalo slh

tanggerang

upacara seba

silat beksi

lenggang cisadane

karawang

bebaritbaritan

guyuban

hajat bumi

deskripsi adat Karawang jawa barat?​

Pertanyaan: deskripsi adat Karawang jawa barat?​

Jawaban:

Upacara adat Nyalin (ngala indung pare) di Desa Dukuhkarya, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Upacara ini diadakan setahun sekali saat tanaman padi hendak dipanen dan akan diganti dengan tanaman yang baru.

SEMOGA MEMBANTU!!!!

apa nama upacara adat di karawang jawa barat

Pertanyaan: apa nama upacara adat di karawang jawa barat

– Nyalin. …     .   .   . ..

nyalin gitu buekekekekeke

✨ Quizzz ✨1. sebutkan tradisi atau adat istiadat yang masih

Pertanyaan: ✨ Quizzz ✨

1. sebutkan tradisi atau adat istiadat yang masih ada dan dijalankan di daerahmu! ( Jawa Barat/karawang).

.

.

.selamat mengerjakan✍​

Jawaban:

Tradisiku : Angpao

– Membagi Rejeki

– Membagi kebahagiaan

Penjelasan:

Dalam Kebudayaan masyarakat Tionghoa dan Asia Angpao adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya

Thx~

Jadikan jawaban tercerdas~

Semoga membantu~

No Copy~

Jawaban:

1. Upacara Sereh Tahunan

Upacara ini ada di Kasepuhan Sirnarasa Cisolok, Cigugur-Kuningan.

2. Upacara Adat Pesta Laut

Hal ini terdapat di daerah Jawa Barat seperti Sukabumi dan Ciamis. Upacara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala hasil laut yang diperoleh oleh para nelayan.

3. Upacara Sunatan

sunatan dilakukan memiliki maksud agar alat vital orang yang melakukan sunat menjadi bersih dari segala kotoran.

4. Upacara Tingkeban

Ini adalah upacara yang diadakan ketika seorang ibu mengandung 7 bulan.

5. Adat Pernikahan Sunda, Jawa Barat

Pernikahan adat sunda, hampir sama dengan adat jawa dan daerah lainnya.

Berasal dari meminta izin kepada orang tua melalui acara pengajian, dilanjutkan dengan acara siraman air kembang hingga prosesi pernikahan.

PEMBAHASAN :

Adat istiadat adalah aturan dan tata kelakuan yang dihormati dan dipatuhi oleh masyarakat tertentu secara turun temurun.

CONTOH ADAT ISTIADAT

1. Upacara Sereh Tahunan

Upacara ini ada di Kasepuhan Sirnarasa Cisolok, Cigugur-Kuningan.

2. Upacara Adat Pesta Laut

Hal ini terdapat di daerah Jawa Barat seperti Sukabumi dan Ciamis. Upacara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala hasil laut yang diperoleh oleh para nelayan.

3. Upacara Sunatan

sunatan dilakukan memiliki maksud agar alat vital orang yang melakukan sunat menjadi bersih dari segala kotoran.

4. Upacara Tingkeban

Ini adalah upacara yang diadakan ketika seorang ibu mengandung 7 bulan.

5. Adat Pernikahan Sunda, Jawa Barat

Pernikahan adat sunda, hampir sama dengan adat jawa dan daerah lainnya.

Berasal dari meminta izin kepada orang tua melalui acara pengajian, dilanjutkan dengan acara siraman air kembang hingga prosesi pernikahan.

deskripsi baju kantong atau karawang adalah

Pertanyaan: deskripsi baju kantong atau karawang adalah

baju bertangan pendek,bewarna hitamdisulam benang putih,hijau dan merah 😉

Baju Kantong / Baju Karawang Adalah…

Pertanyaan: Baju Kantong / Baju Karawang Adalah…

baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah

Apakah itu Baju Karawang?

Pertanyaan: Apakah itu Baju Karawang?

baju karawang adalah………

baju karawang adalah Busana Adat Suku Gayo yang Biasanya dipakai saat melangsungkan acara Resepsi Pernikahan, acara tarian adat dan budaya secara turun-temurun. Kerawang Itu Sendiri Merupakan hasil cipta karsa dari manusia yang menjadi nilai estetika dalam prilaku kehidupan yang kemudian menjadi budaya. Sedangkan budaya itu sendiri adalah hasil refleksi manusia dengan alam

peraturan daerah karawang, dan susunan pemerintah daerah karawang

Pertanyaan: peraturan daerah karawang, dan susunan pemerintah daerah karawang

* Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2010 tentang PENYUSUNAN DAN PENGELOLAAN PROGRAM LEGISLASI Daerah

* Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2010 tentang PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA

* Peraturan Daerah nomor 3 tahun 2010 tentang PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN TAHUN JAMAK

* Raperda nomor 9 tahun 2010 tentang Protokol

* Raperda nomor 42 tahun 2009 tentang PERUBAHAN KETIGA ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI BARANG DAN JASA DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH

* Peraturan Daerah nomor NOMOR: 3 TAHUN 2008 tahun 2008 tentang PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KORBAN PERDAGANGAN ORANG DI JAWA BARAT

* Raperda nomor 39 tahun 2007 tentang PEDOMAN FASILITASI ORGANISASI KEMASYARAKATAN BIDANGKEBUDAYAAN, KERATON, DAN LEMBAGA ADAT DALAM PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA DAERAH

* Raperda nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

* Raperda nomor 8 tahun 1987 tentang PROTOKOL

* Peraturan Daerah nomor tahun tentang PERATURAN DAERAH TAHUN 2004 – 2009

#semoga membantu

Buatlah deskripsi pada bagian dari baju kantong /baju karawang

Pertanyaan: Buatlah deskripsi pada bagian dari baju kantong /baju karawang

Iklan

Setelah kalian membaca tentang teks tanggapan deskriptif, maka jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!

Tugas 1 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d!

Tugas 2 Mengenali Teks Deskripsi
Berikut ini ditampilkan teks deskripsi yang menjadi model dalam pembelajaran ini.
Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO pada Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Penetapan itu dilaksanakan pada Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali,pada 24 November 2011. Pada awalnya Tari Saman merupakan salah satu mediauntuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari Samanmengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan,dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat denga suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang
bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini adalah bahasa Gayo).

Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi tiga bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Bulang teleng, yaitu kain berdasar hitam berbentuk empat persegi panjang. Sunting kepies atau tajuk bunga digunakan di bagian kanan kepala. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Baju kantong disebut juga baju kerawang yaitu baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan. Penggunaan warna pada kostum penari sangat penting menurut tradisi karena warna mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan para pemakainya.

Diolah dari sumber Tari Saman (2010), karya Ridhwan Abd. Salam,
Tangerang: Wahana Bina Prestasi

Setelah membaca teks tersebut, dapatkah kamu memahaminya? Sekarang coba kamu jawab pertanyaan berikut.
1) Apakah nama kostum yang dipakai di kepala penari Saman?
2) Kostum Tari Saman terbagi dalam berapa bagiankah?
3) Dapatkah kamu menambahkan ciri gerak Tari Saman yang belum ada di dalam teks?
4) Dari manakah asal Tari Saman?
5) Untuk apakah Tari Saman ditarikan pada mulanya?
6) Mengapa penggunaan warna penting pada kostum penari Saman?
7) Menurut UNESCO, Tari Saman tercatat dalam daftar apa?
8) Pada paragraf ke berapa deskripsi (deskripsi umum dan deskripsi bagian) tentang Tari Saman ditemukan?
9) Bagaimana dengan gambaran perincian kostum Tari Saman? Pada paragraf ke berapa kamu temukan perincian itu?
10) Apa yang disampaikan penulis pada paragraf terakhir?

Tugas 3 Mengenal Struktur Teks Deskripsi
Setelah membaca teks berjudul “Tari Saman”, kamu diharapkan sudah mengetahui bagian-bagian yang berupa deskripsi umum dan deskripsi bagian. Bagian-bagian struktur teks deskripsi tersebut tersusun sebagai berikut.

Struktur teks tanggapan deskripsi

a. Identifikasi

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

b. Klasifikasi

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

c. Deskripsi bagian

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Perhatikan Gambar berikut ini!

1. baju pokok, celana, dan kain sarung
2. sangat penting menurut tradisi
3. kain hitam empat persegi disulam dengan benang dipakai di kepala
4. dililit dengan kain sarung
5. baju dasar warna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah
6 pada kepala dipakai bulung teleng dan sunting kepies
7. menunjukkan identitas, mencerminkan kekompakan, kebijaksanaan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan para pemakainya
8. topeng gelang

Tugas 4.Bacalah teks berjudul “Tari Saman” sekali lagi!

Di dalam teks itu terdapat deskripsi bagian kostum penari Saman. Isilah titik-titik dalam kalimat berikut ini dengan pernyataan dalam kotak, sesuaikan dengan teks model!

Baju kantong /baju karawang adalah

Pertanyaan: Baju kantong /baju karawang adalah

baju kantong/ baju karawang adlh baju bertangan pendek bewarna hitam disulam putih,hijau,dan merah.

Baju kantong/baju karawang adalah baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih,hijau, dan merah.Dipakai di badan pada penari  saman.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Karawang, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti peraturan daerah karawang,, Buatlah deskripsi pada, ✨ Quizzz ✨1., Baju Kantong /, dan Baju kantong /baju.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …