liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Enrekang

Baju Adat Enrekang – Daftar pakaian adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Enrekang karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional daerah merupakan salah satu elemen kebudayaan tempat. Faktor kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang sesuai dengan pesan-pesan poin kebiasaan yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berkaitan secara langsung dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Enrekang masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap daerah di Indonesi?. Setiap wilayah di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari budaya sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Enrekang, pakaian adat pemerintah kota ambon

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Enrekang) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat ialah baju dijadikan sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu klasifikasi masyarakat tertentu. Ini juga ialah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Enrekang?

Bukan hanya di Indonesia, tiap-tiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Enrekang masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Karena baju adat ialah baju yang dihasilkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Setiap Baju Adat Enrekang lazimnya terdiri dari sebagian komponen komplit dari kepala hingga kaki. Berikut ini merupakan komponen bagian umumnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan yakni komponen inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti semisal pakaian seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif layak dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan ialah pasangan dari atasan yang juga adalah bagian penting. Modelnya juga dapat bervariasi, seumpama ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya ialah penutup kepala, seumpama mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya adalah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang biasanya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya ditemui pada baju khas wanita yakni gelang, kaling, cincin dan juga anting. Padahal alas kaki menjadi komponen komplemen komponen bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Enrekang

inspirasi baju adat bugis anak cowok smart mommy 640 x 630 · jpeg inspirasi baju adat bugis anak cowok smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com
baju kantor adat tolaki 249 x 300 · jpeg baju kantor adat tolaki from fashionttop.blogspot.com

pakaian adat indonesia  azamkucom images  pinterest indonesia traditional 348 x 456 · jpeg pakaian adat indonesia azamkucom images pinterest indonesia traditional from www.pinterest.com
budaya sulawesi selatan  colour  indonesia 1508 x 977 · jpeg budaya sulawesi selatan colour indonesia from www.thecolourofindonesia.com

pakaian adat cirebon wanita pakaian adat 300 x 300 · jpeg pakaian adat cirebon wanita pakaian adat from adat88.blogspot.com
pakaian adat bogor info gtk 1148 x 1600 · jpeg pakaian adat bogor info gtk from infogtk.org

inilah jenis baju tradisional abang 550 x 450 · jpeg inilah jenis baju tradisional abang from www.fashionnewso.com
pakaian adat pemerintah kota ambon 326 x 452 · jpeg pakaian adat pemerintah kota ambon from ambon.go.id

rumah kreasi pakaian adat 335 x 503 · jpeg rumah kreasi pakaian adat from aswinal31.blogspot.com
ritual manene tradisi unik mengganti baju mayat  toraja tribun timurcom 700 x 393 · jpeg ritual manene tradisi unik mengganti baju mayat toraja tribun timurcom from makassar.tribunnews.com

sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa 600 x 399 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa from sanggarnusantaradotcom.blogspot.co.id
rumah adat sulawesi selatan special pengetahuan 1600 x 971 · png rumah adat sulawesi selatan special pengetahuan from specialpengetahuan.blogspot.com

kumpulan pakaian adat perkawinan nusantara indoculture 445 x 336 · jpeg kumpulan pakaian adat perkawinan nusantara indoculture from indoculture.wordpress.com
sebelum nikah revi mariska ungkap penyebab  gila bukan gegara cinta tapi 700 x 393 · jpeg sebelum nikah revi mariska ungkap penyebab gila bukan gegara cinta tapi from makassar.tribunnews.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah yaitu tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya ialah memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat adalah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga memperlihatkan atau mempertimbangkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap daerah, Kids. Baju adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Identitas Tiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini yaitu suatu jati diri tiap daerah. Sahabat-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu tempat melewati Baju Adat Enrekang yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan label masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi identitas masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai identitas tiap-tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada berjenis-jenis acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menerapkan pakaian adat.

Baju Adat Enrekang ini juga akan menentukan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan melingkarkan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Enrekang juga acap kali dipakai dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memakai pakaian adat dengan beragam dekorasinya.

Bahkan pada sebagian tempat, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai sekarang di beberapa tempat baju adat mempunyai berjenis-jenis fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, ialah sebagian baju adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Enrekang

9. Bacalah teks di bawah ini Tongkonan adalah rumah adat

Pertanyaan: 9. Bacalah teks di bawah ini Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.. Objek yang dideskripsikan ialah
a. Rumah adat
b. Kabupaten Enrekang
c. Masyarakat Toraja
d. suku Toraja​

Jawaban:

A. Rumah adat

Penjelasan:

Semoga membantu

Hey this is my answer for you-!ˏˋ°•*⁀➷

✎ Jawaban:

a. Rumah adat

╰┈➤Penjelasan:

Karena teks tersebut berisi tentang rumah adat masyarakat Toraja yang bernama Tongkonan

❏Notes:

ˏ⸉ˋ‿̩͙‿̩̩̥͙̽‿̩͙ ‿̩̥̩‿̩̩̥͙̽‿̩͙ˊ⸊ˎ

ღ Sumber: Buku Bahasa Indonesia

ღ Mapel: Bahasa Indonesia

your welcome~

semoga membantu^^

semangat!!!

©gessa12, 2021

Bacalah kutipan teks deskripsi berikut ini! Tongkonan adalah rumah adat

Pertanyaan: Bacalah kutipan teks deskripsi berikut ini! Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Objek yang dideskripsikan adalah…. * A.Suku Toraja B.Masyarakat Toraja C.Kabupaten Enrekang D.Rumah adat

D. Rumah adat
Penjelasan: karena itu menjelaskan rumah adat tongkonan beserta artinya

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja Tongkonan Tongkonan berasal dari

Pertanyaan: Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja Tongkonan Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama suku toraja yang memiliki rumah adat ini berada di pegunungan yang berbatasan dengan kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan Nomor satu objek yang dideskripsikan adalah a rumah adat B masyarakat Toraja C suku Toraja D kabupaten enrekang

Jawaban:

A. Rumah adat

Penjelasan:

karena disitu dijelaskan apa itu tongkongan,asal kata tongkongan,dan keberadaan tongkongan

SEMOGA MEMBANTU :)

1.Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja.Tongkonan berasal dari kata tongkon

Pertanyaan: 1.Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja.
Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya
“duduk bersama-sama”. Suku Toraja yang memiliki
rumah adat ini, berada di pegunungan yang
berbatasan dengan kabupaten Enrekang, Sulawesi
Selatan.
Objek yang dideskripsikan adalah..
a. Rumah adat C. Masyarakat Toraja
b. Suku Toraja di Kabupaten Enrekang​

Jawaban:Rumah Adat

Penjelasan:

sejak kalimat pertama sudah di katakan “Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja.” yang

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan asal kata tongkonan

pakaian adat enrekang adalah

Pertanyaan: pakaian adat enrekang adalah

Jawaban:

masserenpulu, kalo salah maap

Jawaban:

kita masyarakat Enrekang harus di akui bahwa kita punya baju adat tersendiri” yaitu baju adat masserenpulu.” Pungkasnya

Penjelasan:

semoga membantu:)

Bacalah teks berikut ini! Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja.

Pertanyaan: Bacalah teks berikut ini! Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Objek yang dideskripsikan ialah…
a. Rumah Adat
b. Kabupaten Enrekang
c. Masyarakat Taroja
d. Suku Taroja

Jawaban:

A. rumah adat

Penjelasan:

maaf kalo salah masih belajar

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata

Pertanyaan: Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Objek yang dideskripsikan ialah …
A. Rumah adat
B. Kabupaten Enrekang
C. Masyarakat Toraja
D. Suku Toraja

Jawaban:

A rumah adat

Penjelasan:

Semoga membantu

Bacalah teks di bawah ini !Tongkonan adalah rumah adat masyarakat

Pertanyaan: Bacalah teks di bawah ini !

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Objek yang dideskripsikan ialah . . . .

A.Rumah Adat
B.Kabupaten Enrekang
C.Masyarakat Toraja
D.Suku toraja

Jawaban:

a. Rumah adat

semoga membantu

adat istiadat yang biasa dilakukan di enrekang​

Pertanyaan: adat istiadat yang biasa dilakukan di enrekang​

Jawaban:

Ritual Mappanongo

Penjelasan:

Berita, NASIONAL

Masyarakat Enrekang dan Ritual Mappanongo yang Masih Bertahan

by Norbertus YunendraMarch 7, 2018, 11:39 pm16.4kViews

908

SHARES

ShareTweet

Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki tradisi dan kebudayaan yang berasal dari masa lampau. Beberapa bersifat penghormatan kepada leluhur, ada juga ritual pengucapan syukur. Di Enrekang, warganya masih mempertahankan beberapa ritual adat, walaupun perkembangan dunia dan modernisasi juga sudah masuk ke daerah tersebut. Salah satu upacara adat yang masih bertahan adalah Mappanongo, atau jika dibahasakan berarti “menurunkan sesajian”.

Share

makassar.sindonews.com

Mappanongo biasanya dimulai saat fajar menyingsing, pagi hari. Ketika matahari baru muncul di balik Gunung Lewaja, masyarakat Bisang Kelurahan Lewaja mulai berbondong-bondong menuju kawasan Air Terjun Lewaja yang jaraknya hanya sekitar 400 meter dari pemukiman tersebut. Barang yang mereka bawa hanyalah aneka makanan dan buah-buahan; yang konon menjadi prasyarat untuk melakukan ritual atau upacara adat tersebut. Mappanongo yang juga menurunkan sesajian ke sungai ini akan dipimpin oleh pimpinan adat. Tetua Adat Muhiddin biasanya akan langsung menerima semua bawaan warga yang mengikuti upacara adat tersebut, ketika warga sudah tiiba di lokasi.

Upacara adat ini adalah salah satu cara warga Enrekang untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, tentunya atas limpahan rejeki dan hasil bumi di tanah Enrekang. Tatacara yang dilakukan pertama kali adala menata aneka makanan yang berupa ketan dan ayam dalam wadah bambu yang khas. Kesemuanya digantungkan diatas sungai dengan rapih. Sementara buah diturunkan ke sungai. Pimpinan Adat akan mendoakan dan menyelesaikan ritual sesuai dengan kepercayaan mereka.

objek yang dideskripsikan ialah? A. rumah adat B. kabupaten Enrekang

Pertanyaan: objek yang dideskripsikan ialah? A. rumah adat B. kabupaten Enrekang C. masyarakat Toraja D. suku toraja​

Jawaban:

c. masyarakat toraja

maaf kalo salah

Jawaban:

C.masyarakat toroja

maaf ya kalo salah kakak

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Enrekang, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti pakaian adat enrekang, objek yang dideskripsikan, Bacalah teks berikut, Bacalah teks di, dan Bacalah kutipan teks.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …