Baju Adat Bulungan: Pakaian Tradisional

Baju Adat Bulungan: Pakaian Tradisional Bulungan, Indonesia. Bulungan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki kekayaan budaya yang kaya. Salah satu aspek yang paling menonjol dari budaya Bulungan adalah pakaian tradisional atau baju adat yang dikenakan oleh penduduk setempat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah, desain, dan arti penting dari baju adat Bulungan.

Sejarah Baju Adat Bulungan

Baju adat Bulungan memiliki sejarah yang panjang yang berasal dari zaman Kerajaan Bulungan. Pada masa itu, baju adat ini digunakan oleh para bangsawan dan memiliki fungsi sebagai simbol status dan kekuasaan mereka. Selain itu, pakaian ini juga dipengaruhi oleh budaya Melayu yang memiliki hubungan historis yang signifikan dengan daerah Bulungan.

Desain Baju Adat Bulungan

Baju adat Bulungan terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing memiliki desain dan makna yang unik. Komponen-komponen ini meliputi:

Baju

Baju adat Bulungan terbuat dari kain songket yang indah dan dihiasi dengan sulaman atau bordir yang rumit. Warna-warna cerah seperti merah, hijau, dan emas sering digunakan dalam desain baju. Baju ini berkerah lebar dan memiliki lengan panjang dengan hiasan sulaman pada pergelangan tangan.

Kain

Kain sarung atau kain batik digunakan sebagai bagian bawah baju adat Bulungan. Kain sarung ini memiliki pola yang unik dan sering dihiasi dengan sulaman atau bordir yang rumit.

Selendang

Selendang adalah kain yang digunakan untuk menutupi kepala dan bahu. Selendang ini dihiasi dengan sulaman atau bordir yang rumit dan seringkali menggunakan warna yang sama dengan baju.

Songkok

Songkok adalah topi kecil yang dikenakan oleh pria. Songkok ini dibuat dari kain songket dengan desain yang serupa dengan baju adat Bulungan.

Arti Penting Baju Adat Bulungan

Baju adat Bulungan memiliki arti penting dalam budaya setempat dan digunakan pada acara-acara khusus seperti pernikahan, upacara adat, dan festival tradisional. Pakaian ini merupakan simbol identitas dan kebanggaan bagi masyarakat Bulungan, dan membantu melestarikan warisan budaya daerah.

Modernisasi Baju Adat Bulungan

Meskipun memiliki arti penting dalam budaya setempat, baju adat Bulungan menghadapi tantangan dalam era modern. Banyak generasi muda yang lebih memilih pakaian bergaya Barat, dan pakaian tradisional menjadi kurang umum dalam kehidupan sehari-hari. Namun, upaya telah dilakukan untuk melestarikan dan mempromosikan pakaian adat, termasuk pertunjukan busana dan pameran.

Kesimpulan

Baju adat Bulungan adalah representasi yang indah dan bermakna dari budaya setempat. Dari desain kain songket yang indah hingga hiasan sulaman

Baju Adat Bulungan – Daftar pakaian adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Sakai

Mengutip buku seputar Baju Adat Bulungan karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah adalah salah satu unsur kebudayaan tempat. Elemen kebudayaan hal yang demikian memiliki fungsi yang layak dengan pesan-pesan skor budaya yang ada di dalamnya. Kecuali itu, terkait secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian tempat seperti Baju Adat Bulungan masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat setiap daerah di Indonesi?. Tiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari adat istiadat sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Bulungan, baju adat kalimantan utara pariwisata indonesia

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa tempat (Baju Adat Bulungan) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat yakni pakaian diwujudkan sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga ialah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Bulungan?

Bukan cuma di Indonesia, tiap-tiap negara di seluruh dunia juga memiliki Baju Adat Bulungan masing-masing mewakili kategori masyarakat mereka. Sebab pakaian adat yakni pakaian yang diwujudkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tertentu.

Tiap Baju Adat Bulungan lazimnya terdiri dari beberapa bagian komplit dari kepala hingga kaki. Berikut ini yakni bagian komponen biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan yaitu komponen inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan ialah pasangan dari atasan yang juga merupakan bagian penting. Modelnya juga dapat bervariasi, contohnya ada busana pria mengaplikasikan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian selanjutnya yaitu penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau pelengkap selanjutnya merupakan kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Setiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, bentuknya juga bisa berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang lazimnya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan lazimnya ditemui pada baju khas wanita merupakan gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi komponen komplementer komponen bawah, modelnya beragam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Bulungan

pakaian adat populer indonesia bisnis ukm kreatif 895 x 595 · jpeg pakaian adat populer indonesia bisnis ukm kreatif from ukmkreatif.com
eksistensi perpustakaan taman cendekia pasca pandemi covid mtsn bulungan 600 x 450 · jpeg eksistensi perpustakaan taman cendekia pasca pandemi covid mtsn bulungan from mtsnbulungan.sch.id

impian istikmalia pekan budaya birau kabupaten bulungan kalimantan utara 1200 x 1600 · jpeg impian istikmalia pekan budaya birau kabupaten bulungan kalimantan utara from www.istikmalia.com
baju adat kalimantan utara pariwisata indonesia 768 x 512 · jpeg baju adat kalimantan utara pariwisata indonesia from pariwisataindonesia.id

baju adat tidung tarakan dilestarikan uang pecahan rp ribu tanggapan wali kota 1024 x 1024 · jpeg baju adat tidung tarakan dilestarikan uang pecahan rp ribu tanggapan wali kota from kayantara.com
tarian adat kalimantan utara kental budaya dayak tak terlihat 1210 x 621 · jpeg tarian adat kalimantan utara kental budaya dayak tak terlihat from takterlihat.com

baju adat banten tradisi tradisional 375 x 500 · jpeg baju adat banten tradisi tradisional from tradisi-tradisional.blogspot.com
mengenal baju adat indonesia persewaan baju karnaval 357 x 592 · jpeg mengenal baju adat indonesia persewaan baju karnaval from purnamakostum.wordpress.com

nusantaraku gambar bajupakaian adat indonesiapakaian adat nusantara 533 x 720 · jpeg nusantaraku gambar bajupakaian adat indonesiapakaian adat nusantara from akucintanusantaraku.blogspot.com
baju kurung pakaian tradisonal minangkabau pesona minang kabau 320 x 180 · jpeg baju kurung pakaian tradisonal minangkabau pesona minang kabau from pesona-minangkabau.blogspot.com

motif dayak tato baju adat batik wanita kebudayaan suku dayak 700 x 469 · jpeg motif dayak tato baju adat batik wanita kebudayaan suku dayak from sahabatnesia.com
baju adat kalimantan borneo 213 x 320 · jpeg baju adat kalimantan borneo from ahiimmm12.blogspot.com

nama tarian kalimantan utara penjelasannya 500 x 300 · png nama tarian kalimantan utara penjelasannya from budayalokal.id
pakaian adat betawi nama penjelasan beserta gambarnya 599 x 446 · jpeg pakaian adat betawi nama penjelasan beserta gambarnya from moondoggiesmusic.com

presiden jokowi dianugerahi gelar adat dayak lundayeh krayan kayantaracom 1280 x 879 · jpeg presiden jokowi dianugerahi gelar adat dayak lundayeh krayan kayantaracom from kayantara.com

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Wemale

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat adalah tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yaitu memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta komponen.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi baju adat ialah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menonjolkan atau menentukan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap tempat, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Tiap-tiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini adalah suatu label tiap tempat. Sahabat-teman dapat mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Bulungan yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan label masyarakat Jawa. Padahal kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi jati diri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai label tiap-tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak diaplikasikan pada berbagai acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan menggunakan pakaian adat.

Baju Adat Bulungan ini juga akan mempertimbangkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan menggunakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Bulungan juga kerap diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memakai baju adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Malah pada beberapa tempat, pasangan itu akan menggunakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang indah.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Sakai

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga kini di beberapa daerah pakaian adat mempunyai berjenis-jenis fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, adalah beberapa baju adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Bulungan

bulung teleng adalah

Pertanyaan: bulung teleng adalah

penutup kepala kalau tak salah

Bulung teleng itu kain hitam bentuknya persegi.

terjemahkan, sapui jolo angka bulung-bulung na tinabana i

Pertanyaan: terjemahkan, sapui jolo angka bulung-bulung na tinabana i

Mapel : Bahasa Daerah
Materi : Terjemahan Bahasa Daerah

Pembahasan :

Sapu kotoran burung-burung yang ada dilantai

sapui jolo angka bulung-bulung na tinabana i (menyapu kotoran burung yang ada di lantai)

Contoh Adat suku Bulungan

Pertanyaan: Contoh Adat suku Bulungan

Perayaan Birau

Semoga bermanfaat=)

bulung teleng adalah

Pertanyaan: bulung teleng adalah

nama lain dari tari saman

bulung teleng atau busana yang dikenakan pada kepala

bulung teleng adalah

Pertanyaan: bulung teleng adalah

Kayaknya bukan bulung teleng tapi bulang teleng.
Bulang teleng artinya kain berdasar hitam berbentuk empat persegi panjang, ini digunakan dalam tari saman

Disebut juga tengkuluk, kain berdasar hitam berbentuk persegi panjang yang digunakan dalam pakaian Tari Saman.

Sebutkan Adat, bahasa, dan kesenian dari suku Bulungan dan suku

Pertanyaan: Sebutkan Adat, bahasa, dan kesenian dari suku Bulungan dan suku Tidung

Kesenian suku tidung adalah tari jepin, maaf kalo slh jwaban ny

1.berikut ini suku bangsa yang mendiami Provinsi Kalimantan Utara yaituA.Tidung,

Pertanyaan: 1.berikut ini suku bangsa yang mendiami Provinsi Kalimantan Utara yaitu
A.Tidung, Bulungan, Berau, dan Dayak
B.Alor, Dayak, Tidung, dan Bulungan
C.Dayak, Banjar, bukit, dan bantik,
D Dayak, Tidung ,Bulungan, Aru

2.perhatikan rumah-rumah adat berikut ini
1 Rumah Limas
2 rumah laikas
3 rumah baileo
4 rumah lontik

Jawaban:

1. b

2. apa maksudnya

Penjelasan:

bulung teleng adalah

Pertanyaan: bulung teleng adalah

Bulung teleng biasa jiga disebut tengkuluk adalah kain berdas

tengkuluk dasar berupa  kain hitam 4 persegi disulam dengan benang dipakai di kepala

tarian,suku,bahasa,pakaian adat, rumah adat ,alat musik dan makanan khas suku

Pertanyaan: tarian,suku,bahasa,pakaian adat, rumah adat ,alat musik dan makanan khas suku bulungan kalimantan timur

Kalimantan Timur:
Tarian= Ngerangkan, Tobengan, Marang
Bahasa= Kayan
Rumah= Rumah Lamin
Alat musik= Sampek, Kelentangan

Semoga Membantu ✌

ragam budaya non benda kalimantan utara adat bulungan

Pertanyaan: ragam budaya non benda kalimantan utara adat bulungan

Sebelumnya provinsi Sulawesi Barat yang menduduki posisi provinsi baru yang ke-33, maka selanjutnya yang menempati provinsi  baru yang ke-34 adalah Kalimantan Utara (Kaltara). Ia merupakan Provinsi di Indonesia yang terletak dibagian utara Pulau Kalimantan yang juga merupakan pecahan dari provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Utara berbatasandengan Negara bagian Serawak dan Sabah, Malaysia Timur. Awalnya, pemekaran provinsi baru ini yang terpisah dari Kalimantan Timur mengalamai proses yang sangat panjang mulai pada tahun 2000-an. Hingga pada akhirnya pada 25 Oktober 2012 dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan pembentukan provinsi baru Kalimantan Utara sebagai provinsi yang ke-34 di Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Adapun kali ini seperti biasa kita akan mengenal inventaris kebudayaan yang dimiliki oleh provinsi Kalimantan Utara

1. Rumah Adat Kalimantan Utara

Rumah Baloy merupakan rumah adat yang  terkenal dari masyarakat Kalimantan Utara. Bentuk bangunan rumah adat ini terlihat lebih modern dan modis karena hasil pengembangan arsitektur Dayak dari Rumah Panjang (Rumah Lamin) yang dihasilkan oleh Masyarakat suku Tidung yang tidak lain merupakan suku di Kalimantan Utara. Seperti suku lainnya, suku Tidung ini mempunyai kebudayaan dan model rumah adat sendiri.
Rumah Adat Baloy Tidung

 

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Bulungan, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Sebutkan Adat, bahasa,, bulung teleng adalah, bulung teleng adalah, bulung teleng adalah, dan Contoh Adat suku.

Check Also

Ciri Khas Suku Gayo

Ciri Khas Suku Gayo – Kedalaman budaya lokal etnis-etnis di Indonesia memperlihatkan keberagaman yang luar …