liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Buleleng

Baju Adat Buleleng – Daftar baju adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini pantas dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Buleleng karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional daerah yakni salah satu elemen kebudayaan daerah. Elemen kebudayaan tersebut memiliki fungsi yang sesuai dengan pesan-pesan skor tradisi yang ada di dalamnya. Selain itu, berkaitan secara seketika dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian tempat seperti Baju Adat Buleleng masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat setiap daerah di Indonesi?. Tiap-tiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Buleleng, desa wisata  membuat kamu   negeri dongeng

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian tempat (Baju Adat Buleleng) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat yaitu baju dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Buleleng?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga memiliki Baju Adat Buleleng masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Karena pakaian adat yaitu pakaian yang dibuat dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Tiap Baju Adat Buleleng umumnya terdiri dari sebagian bagian komplit dari kepala hingga kaki. Berikut ini merupakan komponen bagian biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan adalah komponen inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya pakaian seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif pantas dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga adalah bagian penting. Modelnya juga bisa bervariasi, umpamanya ada busana pria mengaplikasikan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya merupakan penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau pelengkap berikutnya ialah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap daerah mempunyai khasnya masing-masing, formatnya juga dapat berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang lazimnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya dijumpai pada baju khas wanita ialah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi komponen komplemen bagian bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Buleleng

pakaian adat bengkulu indonesia baju adat tradisional 739 x 465 · jpeg pakaian adat bengkulu indonesia baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
mengenal baju adat lampung lengkap budayanesia 200 x 300 · jpeg mengenal baju adat lampung lengkap budayanesia from budayanesia.com

breaking news jokowi kenakan baju adat bali  hadiri muktamar  pkb  bali tribun balicom 700 x 393 · jpeg breaking news jokowi kenakan baju adat bali hadiri muktamar pkb bali tribun balicom from bali.tribunnews.com
baju adat bengkulu terpopuler 400 x 649 · jpeg baju adat bengkulu terpopuler from sketsatakjub.blogspot.com

pakaian adat bagajah gamuling baular lulut baju adat tradisional 336 x 336 · jpeg pakaian adat bagajah gamuling baular lulut baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
baju adat persewaan baju karnaval 1131 x 1600 · jpeg baju adat persewaan baju karnaval from purnamakostum.wordpress.com

kebudayaan baju kurung pakaian tradisional perkawinan budaya 634 x 477 · jpeg kebudayaan baju kurung pakaian tradisional perkawinan budaya from www.pinterest.com
pakaian adat kalimantan selatan beserta keunikannya 760 x 655 · jpeg pakaian adat kalimantan selatan beserta keunikannya from cerdika.com

baju adat  fashion show 960 x 640 · jpeg baju adat fashion show from fashionjadoredior.blogspot.com
baju jawa jaman dulu bajuku 355 x 599 · jpeg baju jawa jaman dulu bajuku from jubajubaru.blogspot.com

bupati inovasi kegiatan adat seni  budaya jangan berhenti patrolipost 756 x 504 · jpeg bupati inovasi kegiatan adat seni budaya jangan berhenti patrolipost from www.patrolipost.com
pakaian adat banten lengkap  penjelasannya secara rinci 800 x 420 · jpeg pakaian adat banten lengkap penjelasannya secara rinci from sejarahnasionaldandunia.blogspot.com

stnp nama  provinsi  indonesia lengkap  pakaian tarian rumah adat senjata 960 x 720 · jpeg stnp nama provinsi indonesia lengkap pakaian tarian rumah adat senjata from hard-stnp.blogspot.com
pakaian adat bali  pura 1280 x 720 · jpeg pakaian adat bali pura from arthamesia.blogspot.com

desa wisata  membuat kamu   negeri dongeng 940 x 627 · jpeg desa wisata membuat kamu negeri dongeng from phinemo.com
kehidupan bali tempo doeloe blog walking 700 x 468 · jpeg kehidupan bali tempo doeloe blog walking from wisatablogg.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat adalah tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta komponen.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi baju adat ialah untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menunjukkan atau memutuskan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap tempat, Kids. Pakaian adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Ciri Setiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini merupakan suatu identitas tiap-tiap tempat. Sahabat-teman bisa mengenali kebudayaan suatu tempat lewat Baju Adat Buleleng yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi label masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai label tiap-tiap daerah, baju adat ini juga banyak digunakan pada beraneka acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan menggunakan baju adat.

Baju Adat Buleleng ini juga akan memutuskan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti saat perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan memasang kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Buleleng juga kerap kali diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan pakaian adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Malahan pada beberapa tempat, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memakai hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai kini di sebagian daerah pakaian adat mempunyai beraneka fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, yaitu beberapa baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Buleleng

tolong berikan penjelasan tentang: 1.perekonomian kerajaan buleleng 2.hubungan diplomasi(pemerintahan)kerajanan buleleng

Pertanyaan: tolong berikan penjelasan tentang:
1.perekonomian kerajaan buleleng
2.hubungan diplomasi(pemerintahan)kerajanan buleleng dengan kerajaan lain
3.sosial dan budaya kerajaan buleleng
4.peninggalan kerajaan buleleng

1.Kegiatan ekonomi masyarakat Buleleng bertumpu pada sektor pertanian. Keterangan kehidupan ekonomi masyarakat Buleleng dapat dipelajari dari prasasti Bulian. Dalam prasasti Bulian terdapat beberapa istilah yang berhubungan dengan sisitem bercocok tanam seperti sawah, parlak (sawah kering), gaga (ladang), kebwan (kebun), mmal (ladang di pegunungan), dan kasuwakan (pengairan sawah). Pada masa pemerintahan Marakatapangkaja kegiatan pertanian berkembang pesat. Perkembangan tersebut erat kaitannya dengan penemuan urut – urutan menanam padi, yaitu mbabaki (pembukaan tanah), mluku (membajak), tanem (menanam padi), matun (menyiangi), ani-ani (menuai padi), dan nutu (menumbuk padi). Dari keterangan tersebut sangat jelas bahwa pada masa pemerintahan Marakatapangkaja penggarapan tanah sudah maju dan tidak jauh berbeda dengan pengolahan tanah pada masa ini.

Perdagangan antarpulau di Buleleng sudah cukup maju. Kemajuan ini ditandai dengan banyaknya saudagar yang bersandar dan melakukan kegiatan perdagangan dengan penduduk Buleleng. Komoditas dagang yang terkenal dari Buleleng aalah kuda. Dalam prasasti Lutungan disebutkan bahwa Raja Anak Wungsu melakukan transaksi perdagangan tiga puluh ekor kuda dengan saudagar dari Pulau Lombok. Keterangan tersebut membuktikan bahwa perdagangan pada saai itu sudah maju sebab kuda merupakan binatang besar sehingga memerlukan kapal besar pula untuk mengangkutnya.

3.Para ahli memperkirakan keadaan masyarakat Buleleng pada masa Dinasti Warmadewa tidak begitu jauh berbeda dengan masyarakat pada saat ini. Pada masa pemerintahan Udayana, masyarakat hidup berkelompok dalam suatu daerah yang disebut wanua. Sebagaian besar penduduk yang tinggal di wanua bermata pencaharian sebagai petani. Sebyah wanua dipimpin seorang tetua yang dianggap pandai dan mampu mengayomi masyarakat.

Pada masa pemrintahan Anak Wungsu, masyarakat Buleleng dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu golongan caturwarnadan golongan luar kasta (jaba). Pembagian ini didasarkan pada kepercayaan Hindu yang dianut masyarakat Bali. Raja Anak Wungsu juga mengenalkan sistem penamaan bagi anak pertama, kedua, ketiga, dan keempat dengan nama pengenal sebagai berikut.

1)        Anak pertama dinamakan wayan. Kata wayan berasal dari wayahanyang berarti tua.

2)        Anak kedua dinamakan made. Kata made berasal dari madyayang berarti tengah.

3)        Anak ketiga dinamakan nyoman. Kata nyoman berasal dari nomyang berarti muda.

4)        Anak keempat dinamakan ketut. Kata ketut berasal dari tut yang berarti belakang.

Selama pemerintahan Anak Wungsu, peraturan dan hukum ditegakkan dengan adil. Masyarakat diberi kebebasan berbicara. Jika masyarakat ingin menyampaikan pendapat, mereka didampingi pejabat desa untuk menghadap langsung kepada raja. Kebebasan tersebut membuktikan Raja Anak Wungsu sangat memperhatikan nasib rakyat yang dipimpinnya. Jiwa seperti inilah yang saharusnya dilakukan pemimpin pada saat itu. Jika Anda menjadi seorang pemimpin, Anda harus mendegar dan merespons segala keluhan rakyat.

Masyarakat Buleleng sudah mengembangkan berbagai kegiatan kesenian. Kesenian berkembang pesat pada masa pemerintahan Raja Udayana. Pada masa ini kesenian dibedakan menjadi dua, yaitu seni keraton dan seni rakyat. Dalam seni keraton dikenal penyanyi istana yang disebut pagending sang ratu. Selain penyanyi dikenal pula kesenian patapukan (topeng), pamukul (gamelan), banwal (gadelan), dan pinus (lawak). Adapun jenis kesenian yang berkembang di kalangan rakyat antara lain awayang ambaran(wayang keliling), anuling (peniup suling), atapukan (permainan topeng),parpadaha (permainan genderang), dan abonjing (permainan angklung).

1.Tuliskan Tahun Berapanya Berdirinya kerajaan Buleleng.2.Nama Nama Raja Yang Pernah

Pertanyaan: 1.Tuliskan Tahun Berapanya Berdirinya kerajaan Buleleng.

2.Nama Nama Raja Yang Pernah Memerintah Di Kerajaan Buleleng Serta Masanya..

3.Kehidupan Ekonomi Kerajaan Buleleng

4.Kehidupan Sosial Kerajaan Buleleng

5.Kehidupan Politik Kerajaan Buleleng

6.Runtuhnya Kerajaan Buleleng

7.Peninggalan Kerajaan Buleleng

Note:
-Harus Lengkap

-No Ngasal​

Jawaban:

1. gusti ngulrah panji sakti ( 1660-1697 ) adalah raja pertama sekaligus pendiri kerajaan buleleng dirinya mendirikan kerajaan buleleng pada tahun 1660 yang kemudian semakin berkembang dan di kenal sebagai kerajaan buleleng

2. wangsa panji sakti :

gusti nglurah panji sakti

gusti panji gede danudarastra

Gusti alit panji

gusti made singaraja

wangsa karang asem :

anak agung rai

gusti gede karang

gusti gede ngurah pahang

gusti made oka sori

gusti ngurah made karang asem

wangsa panji sakti ( 1849 sekarang )

gusti made rahi

gusti kentut jelantik

anak agung putu jelantik

anak agung Nyoman panji tisna

anak agung ngurah ketut jelantik

anak agung ngurah brawida

3. kehidupan ekonomi : bersektor pada pertanian , ada dalam prasasti bulian .

komoditas yang terkenal di buleleng adalah kuda.

4. kehidupan sosial : masyarakat hidup berkelompok yang di sebut wanua , yang kebanyakan bekerja sebagai petani .

kehidupan sosial : masyarakat hidup berkelompok yang di sebut wanua , yang kebanyakan bekerja sebagai petani .dimimpin oleh tetua yang di anggap bijaksana pandai dan mampu mengayomi masyarakat .

5. kehidupan politik kerajaan buleleng bali yaitu : dinasti warmadewa didirikan oleh sri kesari warmadewa .

berdasarkan prasasti belanjong , sri kesari warmadewa merupakan keturunan bangsawan sriwijaya yang gagal menaklukan kerajaan tarumanegara di jawa barat .

kegagalan tersebut menyebabkan sri kesari warmadewa memih pergi ke bali dan mendirikan pemerintah baru .

6. sebab runtuhnya kerajaan Buleleng yaitu perjuangan melawan penindasan kepada pemerintah hindia belanda.

kerajaan buleleng berjuang hingga titik darah penghabisan yang di sebut dengan PERANG JAGARAGA .

hanya dalam waktu dua hari pertempuran antara kerajaan buleleng dan semua kerajaan di bali melawan belanda

7. pura penigil dharma

pura tirta empul

prasasti blanjong

prasasti malat gede

Penjelasan:

ikuti yg ada di jawaban aja ya 🙂

apa saja yang terdapat pada kerajaan majapahit dan buleleng? dimana

Pertanyaan: apa saja yang terdapat pada kerajaan majapahit dan buleleng?
dimana letak kerajaan majapahit dan buleleng?
tuliskan silsila kerajaan majapahit dan buleleng?
bagaimana sistem pemerintahan majapahit dan buleleng?
bagaimana sistem perekonomian majapahit dan buleleng?

kerajaan majapahit dari sebelah pulau jawa bagian barat hingga sumatra, kalimantan, dan malaysia/laos. buleleng di sekitar bali itu yg saya bisa jawab

cerita tentang kerajaan buleleng. ekonominya, kehidupan sosial, raja2, dan peninggalan

Pertanyaan:

cerita tentang kerajaan buleleng.
 ekonominya, kehidupan sosial, raja2, dan peninggalan kerajaan buleleng.

kerajaan buleleng adalah suatau kerajaan di bali utara yang didirikan sekitar pertengahan abad ke-17 dan jatuh ke tangan Belanda pada tahun 1849. Kerajaan ini dibangun oleh I Gusti Anglurah Panji Sakti dari Wangsa Kepakisan dengan cara menyatukan seluruh wilayah wilayah Bali Utara yang sebelumnya dikenal dengan nama Den Bukit.
nama-nama raja:
Wangsa Panji Sakti
Gusti Panji Śakti (c. 1660-1697/99)
Gusti Panji Wayahan Danurdarastra (1697/99-1732) [anak Gusti Panji Sakti]Gusti Alit Panji (1732-c. 1757/65) [anak Gusti Panji Wayahan]Di bawah kekuasaan Mengwi paruh pertama abad ke-18
Gusti Ngurah Panji (di Sukasadda c. 1757/65) [anak Gusti Alit Panji]Di bawah kekuasaan Karangasem c. 1757-1806
Gusti Ngurah Jelantik (di Singaraja c. 1757/65-c. 1780) [saudara Gusti Ngurah Panji]Gusti Made Jelantik (c. 1780-1793) [anak Gusti Ngurah Jelantik]Gusti Made Singaraja (1793-?) [kemenakan Gusti Made Jelantik]Wangsa Karangasem
Anak Agung Rai (?-1806) [anak Gusti Gede Ngurah Karangasem]Gusti Gede Karang (1806–1818) [saudara Anak Agung Rai]Gusti Gede Ngurah Pahang (1818–1822) [anak Gusti Gede Karang]Gusti Made Oka Sori (1822–1825) [kemenakan Gusti Gede Karang]Gusti Ngurah Made Karangasem (1825–1849) [kemenakan Gusti Gede Karang]Wangsa Panji Sakti
Gusti Made Rahi (1849, 1851–1853) [canggah Gusti Ngurah Panji]Di bawah kekuasaan Bangli 1849-1854
Gusti Ketut Jelantik (1854–1873; regent 1853-1861; wafat 1893) [keturunan dari Gusti Ngurah Jelantik]Di bawah pemerintahan langsung Belanda 1882-1929
Anak Agung Putu Jelantik (regent 1929-1938; menggunakan gelar Anak Agung 1938-1944) [keturunan dari Gusti Ngurah Jelantik] Anak Agung Nyoman Panji Tisna (1944–1947) [anak Anak Agung Putu Jelantik]Ngurah Ketut Jelantik (1947–1950; wafat 1970) [saudara Anak Agung Panji Tisna]Buleleng bergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 1950
Anak Agung Nyoman Panji Tisna (kepala keluarga kerajaan 1950-1958; wafat 1978)

mengapa buleleng mendapat perlawanan sengit pihak sengit pihak rakyat buleleng

Pertanyaan: mengapa buleleng mendapat perlawanan sengit pihak sengit pihak rakyat buleleng

Pada tahun 1846 Buleleng diserang pasukan Belanda, tetapi mendapat perlawanan sengit pihak rakyat Buleleng yang dipimpin oleh Patih / Panglima Perang I Gusti Ketut Jelantik. Pada tahun 1848 Buleleng kembali mendapat serangan pasukan angkatan laut Belanda di Benteng Jagaraga. Pada serangan ketiga, tahun 1849 Belanda dapat menghancurkan benteng Jagaraga dan akhirnya Buleleng dapat dikalahkan Belanda. Sejak itu Buleleng dikuasai oleh pemerintah kolonial Belanda.

#semogaberhasil

1. Peristiwa penting yang terjadi di kerajaan kediri dan buleleng?

Pertanyaan: 1. Peristiwa penting yang terjadi di kerajaan kediri dan buleleng?
2. Raja raja yang pernah memerintah kerajaan buleleng?
3. Sebab sebab runtuhnya kerajaan buleleng?

jawaban No.2
 Raja – raja yang pernah memerintah kerajaan Buleleng , yaitu:
 
* wangsa panji sakti, yaitu :
  1. Gusti anglurah panji sakti
  2. Gusti Alit Panji
  3. Gusti Ngurah panji
  4. Gusti Panji Gede Danudarastra
  5. Gusti Ngurah jelantik
  6. Gusti Made singaraja

* wangsa karangasem yaitu :
1. Anak Agung Rai
2. Gusti gede Karang
3. Gusti gede  ngurah pahang
4. Gusti made oka sori
5. Gusti Ngurah Made Karangasem

*wangsa panji sakti yaitu:
1. Gusti Made rahi
2. Gusti Ketut Jelantik
3. Anak Agung Putu jelantik
4. Anak Agung Nyoman Panji jelantik
5. Anak Agung Ngurah Ketut jelantik

Apa saja peninggalan kerajaan buleleng ?bagaimana kehidupan sosial ekonomi kerajaan

Pertanyaan:

Apa saja peninggalan kerajaan buleleng ?
bagaimana kehidupan sosial ekonomi kerajaan buleleng ?
apa Agama yg di anut kerajaan buleleng ?
Sebutkan nama raja buleleng dan bagaimana sistem pemerintahannya ?
Apa sebab kemunduran kerjaanan buleleng ?

 

Buleleng adalah nama puri yang dibangun Panji Sakti di tengah tegalan jagung gembal yang juga disebut juga buleleng. Letaknya tidak jauh dari sungai yang disebut juga tukad Buleleng. Purinya disebut Puri Buleleng. Puri yang yang lebih tua, terletak di desa Sangket yang dinamai puri Sukasada. Ki Gusti Panji sakti diperkirakan wafat tahun 1699 dengan meninggalkan banyak keturunan.

agama yg di anut yaitu Hindu

dimanakah wilayah kerajaan buleleng? 2.pada abad berapa kerajaan buleleng

Pertanyaan: dimanakah wilayah kerajaan buleleng? 2.pada abad berapa kerajaan buleleng

letak kerajaan buleleng adalah di bali utara
pada abad ke 17 masehi

Patih kerajaan Buleleng Yang memimpin perlawanan rakyat buleleng bernama… JAWAAAAAAAAAAAAAAAAAAB

Pertanyaan: Patih kerajaan Buleleng Yang memimpin perlawanan rakyat buleleng bernama… JAWAAAAAAAAAAAAAAAAAAB ☺

I Gusti Ketut Jelantik. Semoga membantu ^^

I Gusti Ketut Jelantik

siapakah raja buleleng ?

Pertanyaan: siapakah raja buleleng ?

I Gusti Ktut Jelantik

Gusti Ngurah Karangasem (Raja ke-12)

#Semoga Membantu ya!!

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Buleleng, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti 1. Peristiwa penting, 1.Tuliskan Tahun Berapanya, siapakah raja buleleng, apa saja yang, dan Apa saja peninggalan.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …