Breaking News

Bagaimana Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu

Ads By Google

Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu – Sebelumnya mungkin pelancong bertanya apa sebenarnya tugu Nosarara Nosabatutu?.  Tugu Nosarara Nosabatutu merupakan Taman Edukasi Perdamaian Nusantara. Nosarara Nosabatutu memiliki arti dalam bahasa kaili yaitu “kita semua bersudara“. Tugu Perdamaian “Nosarara Nosabatutu” atau “Bersama Kita Satu” Simbol merupakan lambang semangat perdamaian dalam  kesatuan NKRI. Lambang ini memberikan makna yang terkandung dalam monumen ini mencerminkan 4  (empat) pilar kebangsaan. Antara lain :

  • Bangunan berbentuk segi lima dengan lima tiang : menggambarkan Falsafah Pancasila.
  • Gong dengan hiasan bendera seluruh Provinsi, menggambarkan satu kesatuan wilayah Nusantara Indonesia. (NKRI).
  • Bagian pagar yang dikelilingi dengan bentuk orang berbagai etnis atau suku, agama  dengan berbagai macam budaya, menggambarkan Bhineka Tunggal Ika.
  • Buku UUD 1945  di atas gong yang menggambarkan negara NKRI adalah negara Hukum.

Dibagian depan Bangunan Gong terdapat Patung seorang Ibu menyiramkan air kedalam kolam : menggambarkan Ibu pertiwi tidak pernah berhenti  menyiramkan kesuburan, kemakmuran dan kesejukan untuk seluruh mahluk hidup alam semesta.

Pada tugu Nosarara Nosabatutu terdapat 2 simbol perdamaian. Simbol perdamaian berupa Gong Perdamaian Nusantara dan Monumen Nosarara Nosabatutu. Kata Nosarara Nosabatutu merupakan semboyan dari suku kaili, yang berarti bersaudara dan bersatu. Hal ini dimaksudkan agar taman ini menjadi pilar dalam membangun perdamaian, kebersamaan, kerukunan, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan keamanan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah.



Bangunan Nosarara Nosabatutu memiliki 3 tingkat. Masing-masing lantai berfungsi antara lain:

  • Lantai dasar, berfungsi sebagai museum perdamaian, yang berisikan ajaran perdamaian dari kitab suci agama, pesan-pesan moral dan pesan perdamaian dari para tokoh perdamaian termasuk dari korban kekerasan.
  • Lantai dua, berfungsi sebagai museum seni budaya nusantara. Berisikan hasil kerajinan aneka seni budaya nusantara yang harus dipelihara dan dikembangkan
  • Lantai tiga, berfungsi sebagai museum bahaya penyalahgunaan Narkoba, sebagai antisipasi ancaman bahaya besar bagi generasi muda kedepan

Pembangunan tugu Nosarara Nosabatutu diprakarsai oleh Brigadir Dewa Parsana dan diresmikan pada tanggal 11 Maret 2014, tugu Nosarara Nosabatutu terletak di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore, Kota Palu – Sulawesi Tengah yang berada 2 km dari belakang Mako Polda Sulteng yang baru. Anda dapat mencapainya melalui jalan Soekarno-Hatta, dengan menelusuri sebuah jalan khusus yang diberi papan arah lokasi taman.

Seperti yang sudah diberitakan di media-media masa (dulunya), Sulawesi Tengah adalah wilayah yang sering terjadinya konflik khususnya Poso, Sigi dan wilayah lainnya. Karena bapak Dewa Parsana melihat secara langsung konflik tersebut, maka beliau juga turut merasakan pedihnya penderitaan korban kekerasan dan konflik yang terjadi dan terus berulang. Oleh karena tidak tahan lagi melihat banyaknya korban dan dampak buruk dari konflik tersebut, maka beliau memiliki ide untuk membangun simbol-simbol perdamaian di kota Palu dengan tujuan untuk menghentikan konflik di berbagai daerah di Sulawesi Tengah ini.

Bagaimana Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu?

Menjungi tempat wisata di Kota Palu Tugu Nosarara Nosabatutu, tidak terlalu sulit, karena tempatnya tidak jauh dari pusat kota Palu.  Taman ini terletak di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore, Kota Palu – Sulawesi Tengah yang berada 2 km dari belakang Mako Polda Sulteng yang baru. Kamu bisa mencapainya melalui jalan Soekarno-Hatta, melalui 1 jalan khusus yang diberi papan arah lokasi taman.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, Kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Palu, ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Belumlagi di perjalanan mata kita akan disuguhkan hamparan perbukitan indah dan hijau terhampar luas membuat perjalanan tidak terasa.

Tugu Perdamaian “Nosarara Nosabatutu” (Bersama Kita Satu) berdiri di atas tanah kurang lebih 800 M2. ditetapkan sebagai icon perdamaian di wilayah Sulawesi Tengah. Lokasinya berada diantara bukit berlapis, sebelah timur Teluk Palu, Lokasi paling OK untuk menikmati pesona alam teluk Palu. Sore harinya kita dapat menyaksikan matahari tebenam, perlahan menghilang dibalik pegunungan sebelah barat lembah palu.

Kendaraan dapat menjangkau tempat ini, berupa mobil, motor bahkan sepeda. Bagi yang sering gowes bersepeda, tempat ini sangat baik dilalui karena sudah beraspal. Anda dapat mengunjunginya pada pagi atau sore hari. Karena tempatnya berada di atas perbukitan pinggiran kota palu, maka anda harus berhati-hati, karena samping kiri dan kanan terdapat jurang.

Apa saja yang dapat dinikmati di Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu?

Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu memberikan sejumlah kedamian. Salah satu alasan mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu adalah memandang yang begitu indah dan makjubkan. Dari atas bukit terlihat pepohonan hijau, nampak kejauhan teluk palu dan berbagai jenis tumbuhan di taman ini. Setelah masuk ke dalam taman, Anda akan melihat orang-orang yang sibuk berfoto-foto dan berselfie ria.


Tempat inilah menjadikan semua orang menjadi “fotografer handal” atau dirasuki “roh narsis” karena suasana mengharuskan mereka seperti begitu. Tempat yang sangat indah baik siang maupun malam. Setiap pengunjung selalu ingin berfoto ditempat ini karena saat ini menjadi suatu kebanggaan bahwa mereka pernah berkunjung dan berfoto di tempat yang indah ini. Terutama pada sore hari dan menjelang matahari terbenam, warna langit berubah menjadi orange dan para fotografer mengambil kesempatan ini untuk mengambil gambar sunset dan siluet.

Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara NosabatutuPada malam hari pemandangan berubah menjadi lebih indah, dengan suasana romantis.  Pemandangan lampu berwarna-warni hasil pancaran dari rumah-rumah warga di kota Palu.

Salah satu cafe tempat istirahat untuk menghilangkan penat setelah sibuk berfoto-foto adalah Nosarara cafe. Cafe di tugu perdamaian nosarara nosabatutu dapat menghilangkan permasalahan makan dan minum. Tempat cafe ini berada  dibagian bawah taman. Tampilan cafenya memang sangat sederhana, namun dapat dipastikan dapat mengenyangkan Anda. Cafe Nosarara menyajikan menu:

  • Binte pulut
  • Binte mie
  • Mie stebas
  • Mie goreng/mie kuah
  • Stik pisang (keju, coklat keju)
  • Pisang goreng (keju, coklat keju)
  • Cappuccino
  • Teh panas/dingin
  • Kopi susu
  • White coffee
  • Pop ice

Beberapa Sarana pendukung lainnya antara lain

  • beberapa gedung serba guna.(tempat pembinaan, pelatihan dan pertemuan generasi muda khususnya dan masyarakat umumnya.
  • kebun binatang mini ( untuk satwa langka sulteng , Burung maleo dll )
  • taman bunga mini ( untuk tanaman langka sulteng, Anggrek hitam dll)
  • penataan taman wisata guna menambah tempat wisata dan hiburan masyarakat.
Selain 6 bangunan pilar, masih banyak lagi fasilitas yang terdapat pada taman ini kedepannya, antara lain:
  • Panggung terbuka
  • Tempat pameran seni budaya
  • Kolam renang
  • Sarana perkemahan
  • Penginapan
  • Cottage

Demikian sebuah informasi bagaimana Mengunjungi Tempat Wisata Palu Tugu Nosarara Nosabatutu.

Scroll To Top