Wisata Pantai di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah

Wisata Pantai di Kabupaten Parigi Moutong – Sulawesi Tengah memiliki garis pantai yang sangat panjang, terutama Kabupaten Parigi Moutong atau Parimo. Garis pantai Kabupaten Parigi Moutong, menyusuri sepanjang teluk tomini hingga kabupaten gorontalo. Memiliki perpaduan serasi antara keindahan alam, kekayaan budaya, dan sejarah yang panjang, yang sangat menarik untuk diketahui, dipelajari, dan tentu saja untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Salah satu daerah yang memiliki sejuta keindahan alam dan budaya yang pantas untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata adalah Kabupaten Parigi Moutong. Daerah ini memiliki banyak tujuan wisata alam maupun wisata budaya yang belum banyak terekspose oleh khalayak umum.

Banyak keindahan alam yang tersimpan di salah satu Kabupaten dengan penghasilan kakaonya yang terkenal ini. Berbagai sumber tempat-tempat wisata di Parigi Moutong yang dapat anda jadikan referensi tempat berlibur akhir pekan bersama keluarga. Menikmati pesona keindahan alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya dan dari sekian banyak destinasi wisata, provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Parigi Moutong dapat menjadi alternatif pilihan destinasi wisata Anda.

Wilayah Kabupaten Parigi Moutong memiliki jarak yang relatif dekat dengan Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah dan menghabiskan waktu tempuh kurang dari dua jam melalui jalan Trans Sulawesi. Kabupaten Parigi Moutong sendiri berada di hamparan pegunungan serta perbukitan yang membentang sepanjang pantai dari utara sampai selatan memiliki ketinggian rata-rata di atas permukaan laut (15-375) m.

Dengan topografi seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat melihat panorama laut yang indah dari atas bukit-bukit. Temperatur di Parigi Moutong pun tidak panas seperti daerah lain yang berada di pesisir pantai, sebab angin laut yang berhembus sampai ke daratan tinggi lalu berbalik kembali ke dataran rendah sehingga suhu udara di Parigi Moutong tetap sejuk.

Cari Hotel yang berada di Parigi Moutong seperti berikut :

Lebih lanjut, pada tahun 2012 Direktorat Jendral Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Parigi Moutong sebagai salah satu dari 29 destinasi yang memiliki daya tarik wisata nasional.

Wisata pantai di Kabupaten Parigi Moutong, Anda dapat mengunjungi Pantai Nalera yang indah. Pantai ini memiliki panorama alam yang indah karena letaknya yang berhadapan dengan gunung, hamparan pasir putih yang indah dan luas, sehingga cocok untuk tempat bermain air serta berjemur.

Apabila air laut sedang surut, maka akan terbentuk kolam yang dikelilingi oleh karang yang berwarna-warni. Objek wisata Pantai Nalera berada di Desa Marantale, sekitar 29 km dari ibu kota Kabupaten Parigi Moutong. Objek wisata ini berada di tepi jalan Trans Sulawesi sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Wisata Pantai Tumpapa di Kabupaten Parigi Moutong

Pantai tumpapa merupakan salah satu objek wisata unggulan di propinsi sulawesi tengah. Lokasi pantai berada di desa Malakosa, kecamatan Balinggi, kabupaten Parigi Moutong , Sulawesi Tengah Indonesia. Berjarak sekitar 150 km dan ditempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari pusat kota palu. Untuk mencapai lokasi tersebut dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Diperjalanan kita akan melwati pegunungan kebun kopi yang masih asri dan menawan.

Suasana hutan bakau yang masih asri akan menyambut kita ketika memasuki lokasi pantai tersebut. Selain itu, terdapat pula satwa-satwa liar yang hidup di sekitar hutan, seperti burung bangau, biawak, dan elang pantai. Saat tiba di lokasi para kita akan disuguhkan hamparan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai dengan di tumbuhi pepohonan. Pohon-pohon yang tumbuh tersebut membuat daerah pesisir pantai menjadi teduh sehingga para kita dapat bersantai dengan nyaman di bawahnya sambil menikmati pemandangan pantai dan sepiring pisang goreng plus secangkir kopi.

Air lautnya yang begitu jernih sehingga menambah pesona dan godaan untuk berenang menikmati indahnya bawah laut. Oleh karena itu, pantai tumpapa dapat menjadi salah satu pilihan kunjungan anda jika melancong ke sulawesi tengah.

Wisata Pantai Kucing di Kabupaten Parigi Moutong

Wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong berupa Pantai kucing tepatnya berada di desa Marantale, kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pantai ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata bagi anda yang tinggal di wilayah terdekat seperti Poso, Parigi dan Palu.

Pantai ini menyuguhkan keindahan yang luar biasa, baik dari segi view, pasir putih yang halus, vegetasi laut yang menarik, hingga terumbu karang yang terjaga dengan baik. Di Pantai ini telah dibangun resort. Resort ini juga memiliki dive center yang merupakan  satu-satunya di Parigi Moutong. Biasanya bila anda ingin snorkeling atau diving di wilayah Parigi Moutong memang harus melalui resort ini. Bila ingin menginap di resort ini anda cukup merogoh kocek sebesar 750 ribu rupiah per malam.

Sudah termasuk sarapan pagi. Makan siang dan makan malam tak ditanggung. Biasanya pemilik penginapan bisa menyediakan makan siang dan makan malam dengan harga 30 ribu rupiah sekali makan. Disini juga telah dibangun dermaga dengan jembatan panjang menjorok ke pantai. Jembatan ini sangat membantu bagi para pengunjung yang akan snorkeling di sekitar pantai ini. sangat cocok untuk foto-foto atau sekedar duduk-duduk menikmati udara pantai.

Untuk masuk ke area pantai ini para pengunjung harus membayar tiket 5 ribu rupiah satu orang. Menuju pantai kucing tak sulit, dari Palu anda bisa sewa mobil ke pantai kucing ini. Biasanya biayanya sekitar 500 ribu rupiah. Untuk rombongan mungkin sewa mobil bisa lebih nyaman. Namun bila anda datang hanya berdua atau dalam rombongan kecil, bisa naik taksi (istilah untuk travel) dari terminal. Biayanya juga lebih murah, satu orang 50 ribu rupiah dan diantar sampai pantai ini. Dengan perjalanan sampai ke tempat ini sekitar 2 jam.

Wisata Pantai di Kabupaten Parigi Moutong – Pulau Kelelawar

Wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong merupakan salah satu objek wisata bahari yang cukup mempesona di Kabupaten Parigi Moutong adalah Pulau Kelelawar. Pulau ini terdapat di teluk Tomini tepatnya di desa Tomoli Kecamatan Toribulu dengan jarak lebih kurang 60 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 Jam dari kota Parigi, dari pantai ke pulau dapat ditempuh dengan menggunakan perahu bermesin yang disewakan oleh masyarakat setempat dengan tarif yang terjangkau dan bisa dinegosiasikan, membutuhkan waktu kurang lebih  10 menit.

Dari Kota Palu, berjarak sekitar 97 kilometer arah timur laut.  Pulau seluas kurang lebih 10 hektar ini diapit oleh dua tanjung hutan bakau yang menyerupai pintu gerbang masuk menuju pulau ini, keunikan obyek wisata yang satu ini adalah merupakan tempat berkembang biaknya beberapa jenis kelelawar yang diantaranya berwarna kuning, coklat dan hitam.

Pemandangan yang fenomenal akan anda saksikan saat senja, dimana ribuan kelelawar akan beterbangan di sekitar pulau ini yang nyaris menutupi langit setempat. Pulau ini juga memiliki pasir putih yang indah, sangat menyenangkan untuk berenang dan menyelam disekitar pulau ini. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain seperti berperahu di sekitar pulau atau memancing ikan.

Di sini kita juga akan menemukan nelayan-nelayan tradisional yang tentu saja hasil tangkapannya dapat anda beli dengan harga yang cukup murah. Bagi para pencinta dan peneliti, pulau ini rasanya sangat tepat untuk penelitian hewan kelelawar. Untuk menuju Pulau Kelelawar, pengunjung dapat memanfaatkan jasa angkutan motor tempel yang disediakan oleh penduduk setempat, dengan tarif sewa Rp 10.000 per orang. Waktu tempuhnya hanya sekitar 10-15 menit perjalanan.

Wisata Pantai di Tugu Khatulistiwa

Umumnya masyarakat Indonesia mengetahui hanya ada satu tugu khatulistiwa yaitu di Pontianak. Namun pada kenyataannya, Indonesia juga memiliki tugu khatulistiwa lain yaitu di Parigi Moutong, tepatnya di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan. Tugu khatulistiwa ini menandakan bahwa tempat tersebut persis dilewati garis khatulistiwa. Objek wisata ini berada tepat di tepi jalan poros Parigi-Gorontalo.

Fenomena keunikan alam terjadi saat equinox yang jatuh pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Terdapat atraksi yang patut disaksikan bahwa jarum jam akan melayang jika diletakkan di dalam botol yang ditempatkan tepat di titik nol. Kapan saja Anda berkunjung ke tempat ini, cobalah menaruh telur ayam pada titik tertentu yang membuatnya mudah berdiri tegak. Uniknya telur itu akan mencapai posisi seimbang dan tidak akan bergulir.

Objek Lainnya

Selain tempat wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong tersebut di atas, masih banyak lagi tujuan wisata yang bisa anda kunjungi di Parigi Moutong yaitu Wisata Alam di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Beberapa tempat wisata tersebut diantaranya, Pantai Sidoan, Air Panas Sidoan dan Air Terjun Sidoan yang kesemuanya berlokasi di Kecamatan Sidoan, kemudian ada Air Terjun Ogomojolo, Pulau Ogotion, Gunung Tinombala, dan Gua Tingkulang yang berlokasi di  Kecamatan Tomini, selanjutnya Pulau Ongka, Pasir Putih Santigi, Pulau Mandora, Pulau Moian, Pasir Putih Sibatang, Pulau Solaya, Dagat Dede (Pulau Kecil), Danau Bolano Sau dan Danau Dako yang berlokasi di Kecamatan Moutong.

Menjelang libur akhir tahun, daerah ini bisa anda jadikan salah satu tujuan wisata bersama keluarga. Saat berkunjung ke Parigi Moutong, anda juga bisa menikmati makanan khas di daerah tersebut yang biasanya dikenal dengan sebutan Lalampa Toboli, jenis makanan berbahan dasar beras ketan dibungkus daun pisang dengan isi semacam abon. Jenis makanan ini disajikan dengan dibakar, dijamin rasanya lezat, harganya pun sangat murah, Rp 2.000 per bungkus. Lalampa bisa ditemui di hampir sepanjang jalan di Desa Toboli. Biasanya orang yang berkunjung ke Parigi Moutong menyempatkan diri menikmati Lalampa sebelum memasuki dan meninggalkan Kabupaten Parigi menuju Kota Palu.

Demikian sekilas tempat wisata pantai di kabupaten Parigi Moutong yang menjadi referensi bagi anda yang ingin melakukan liburan bersama keluarga.

Check Also

Pantai Labuana Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah

Pantai Labuana Sulawesi Tengah – Pantai Labuana terletak di Desa Lende Tovea, Kecamatan Sirenja, Kabupaten …