Tempat Wisata Ogan Komering Ilir: Pesona Tersembunyi yang Menanti Dijelajahi


Tempat Wisata Ogan Komering Ilir: Pesona Tersembunyi yang Menanti Dijelajahi

Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan destinasi wisata yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten ini memiliki berbagai macam tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata religi. Salah satu wisata alam yang terkenal di Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah Danau Teluk Gelam. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

Selain wisata alam, Kabupaten Ogan Komering Ilir juga memiliki beberapa wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Bumi Ayu. Candi ini merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dibangun pada abad ke-7 Masehi. Candi Bumi Ayu memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu bukti kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa lampau.

Selain Danau Teluk Gelam dan Candi Bumi Ayu, Kabupaten Ogan Komering Ilir juga memiliki beberapa tempat wisata religi yang populer. Salah satunya adalah Masjid Agung Al-Barkah. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat sekitar.

Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 9 aspek penting yang perlu dipertimbangkan ketika mengeksplorasi tempat wisata di OKI:

  • Keindahan Alam
  • Kekayaan Budaya
  • Warisan Sejarah
  • Keanekaragaman Hayati
  • Keramahan Masyarakat
  • Kuliner Khas
  • Aksesibilitas
  • Harga Terjangkau
  • Kebersihan dan Keamanan

Aspek-aspek ini saling terkait dan membentuk pengalaman wisata yang unik dan berkesan di OKI. Misalnya, keindahan alam OKI dapat dinikmati melalui wisata ke Danau Teluk Gelam, sedangkan kekayaan budayanya dapat dieksplorasi melalui kunjungan ke Candi Bumi Ayu. Warisan sejarah OKI yang kaya juga terlihat pada situs-situs sejarah seperti Benteng Megang. Keanekaragaman hayati OKI dapat diamati di Taman Nasional Sembilang, dan keramahan masyarakatnya membuat wisatawan merasa diterima dan nyaman.

Selain itu, OKI juga menawarkan kuliner khas yang lezat, seperti pindang patin dan pempek OKI yang menggugah selera. Aksesibilitas ke OKI sangat baik, dengan adanya infrastruktur transportasi yang memadai. Harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Kebersihan dan keamanan di OKI juga terjaga dengan baik, sehingga wisatawan dapat merasa aman dan nyaman selama berwisata.

Keindahan Alam – Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki kekayaan alam yang luar biasa, yang menjadikannya tujuan wisata yang menarik bagi para pecinta alam. Keindahan alam OKI dapat dinikmati melalui berbagai tempat wisata, seperti Danau Teluk Gelam, Air Terjun Liwa, dan Taman Nasional Sembilang.

Danau Teluk Gelam merupakan danau yang indah dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Danau ini menjadi tempat yang tepat untuk bersantai, memancing, atau berperahu. Air Terjun Liwa juga merupakan tempat wisata alam yang populer di OKI. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh hutan yang lebat. Taman Nasional Sembilang merupakan taman nasional yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Di taman nasional ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna, seperti harimau sumatera, gajah sumatera, dan burung enggang.

Keindahan alam OKI tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat setempat. Keindahan alam OKI menjadi sumber inspirasi bagi seniman dan budayawan. Selain itu, keindahan alam OKI juga dapat menjadi sarana edukasi dan penelitian bagi para pelajar dan peneliti.

Kekayaan Budaya

Kekayaan budaya merupakan salah satu aspek penting yang membuat Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir semakin menarik dan unik. Kekayaan budaya ini tercermin dalam berbagai tradisi, adat istiadat, kesenian, dan kuliner khas daerah setempat.

  • Tradisi dan Adat Istiadat

    Masyarakat OKI memiliki berbagai tradisi dan adat istiadat yang masih dilestarikan hingga saat ini. Salah satu tradisi yang terkenal adalah “Ngunduh Manten”, yaitu tradisi pernikahan adat yang unik dan penuh makna filosofi.

  • Kesenian

    OKI memiliki kekayaan kesenian yang beragam, mulai dari tari tradisional hingga musik daerah. Tari Gending Sriwijaya adalah salah satu tarian tradisional yang terkenal dari OKI dan sering ditampilkan pada acara-acara penting.

  • Kuliner Khas

    Kuliner khas OKI juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pindang patin dan pempek OKI adalah dua kuliner khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke OKI. Kedua kuliner ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

  • Arsitektur Tradisional

    Arsitektur tradisional OKI juga sangat menarik untuk dijelajahi. Rumah-rumah adat OKI memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berbentuk panggung dan beratap jerami. Rumah-rumah adat ini masih dapat ditemukan di beberapa desa di OKI.

Baca Juga:  Jelajahi Pesona Tempat Wisata Kota Ambon yang Tak Terlupakan

Kekayaan budaya OKI tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat setempat. Kekayaan budaya OKI menjadi sumber inspirasi bagi seniman dan budayawan. Selain itu, kekayaan budaya OKI juga dapat menjadi sarana edukasi dan penelitian bagi para pelajar dan peneliti.

Warisan Sejarah – Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki warisan sejarah yang panjang dan kaya, yang menjadikannya tujuan wisata yang menarik bagi para pecinta sejarah dan budaya. Warisan sejarah OKI dapat dilihat pada berbagai situs sejarah, seperti Benteng Megang, Candi Bumi Ayu, dan Makam Ki Gede Ing Suro.

Benteng Megang merupakan benteng peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dibangun pada abad ke-7 Masehi. Benteng ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu bukti kejayaan Kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Candi Bumi Ayu juga merupakan candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dibangun pada abad ke-7 Masehi. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi salah satu situs sejarah yang penting di OKI. Makam Ki Gede Ing Suro merupakan makam tokoh penyebar agama Islam di OKI. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi umat Islam dan menjadi salah satu situs sejarah yang dihormati di OKI.

Selain situs-situs sejarah tersebut, OKI juga memiliki beberapa museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah, seperti Museum Daerah OKI dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Museum-museum ini menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang sejarah dan budaya OKI.

Warisan sejarah OKI tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat setempat. Warisan sejarah OKI menjadi sumber inspirasi bagi seniman dan budayawan. Selain itu, warisan sejarah OKI juga dapat menjadi sarana edukasi dan penelitian bagi para pelajar dan peneliti.

Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Keanekaragaman hayati ini mencakup berbagai macam flora dan fauna yang hidup di wilayah OKI, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

  • Keanekaragaman Flora

    Kabupaten OKI memiliki kekayaan flora yang tinggi, dengan berbagai jenis tanaman yang hidup di wilayahnya. Hutan-hutan yang ada di OKI menjadi habitat bagi berbagai jenis pohon, seperti meranti, jelutung, dan rotan. Selain itu, OKI juga memiliki tanaman khas, seperti bunga Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia.

  • Keanekaragaman Fauna

    Selain flora, Kabupaten OKI juga memiliki kekayaan fauna yang tinggi. Di wilayah OKI hidup berbagai jenis hewan, seperti harimau sumatera, gajah sumatera, dan burung enggang. Taman Nasional Sembilang menjadi salah satu tempat yang tepat untuk melihat keanekaragaman fauna di OKI.

  • Peran Keanekaragaman Hayati

    Keanekaragaman hayati di Kabupaten OKI memiliki peran yang penting dalam kehidupan masyarakat setempat. Keanekaragaman hayati menyediakan sumber makanan, obat-obatan, dan bahan bangunan bagi masyarakat. Selain itu, keanekaragaman hayati juga berfungsi sebagai penyangga kehidupan, seperti menyerap air hujan dan mencegah erosi tanah.

  • Upaya Pelestarian

    Pemerintah Kabupaten OKI terus berupaya untuk melestarikan keanekaragaman hayati di wilayahnya. Upaya pelestarian ini dilakukan melalui berbagai cara, seperti pendirian taman nasional, rehabilitasi hutan, dan edukasi masyarakat. Upaya pelestarian ini penting untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di Kabupaten OKI, sehingga dapat terus dinikmati oleh generasi mendatang.

Keanekaragaman hayati di Kabupaten Ogan Komering Ilir menjadi salah satu daya tarik wisata yang penting. Keindahan alam dan kekayaan flora dan fauna di OKI menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata alam dan belajar tentang keanekaragaman hayati Indonesia.

Keramahan Masyarakat – Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Keramahan masyarakat merupakan salah satu faktor penting yang membuat Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) semakin menarik dan berkesan. Masyarakat OKI dikenal dengan sifatnya yang ramah, terbuka, dan bersahabat. Mereka selalu menyambut wisatawan dengan hangat dan senang membantu jika wisatawan membutuhkan bantuan.

Keramahan masyarakat OKI sangat berpengaruh pada perkembangan pariwisata di daerah tersebut. Wisatawan merasa nyaman dan betah berwisata di OKI karena mereka merasa diterima dan dihargai. Keramahan masyarakat OKI juga membuat wisatawan merasa aman dan terlindungi selama berwisata.

Baca Juga:  Pesona Supiori: Surga Wisata Tersembunyi di Papua

Selain itu, keramahan masyarakat OKI juga berkontribusi pada citra positif Kabupaten OKI sebagai daerah tujuan wisata. Wisatawan yang pernah berkunjung ke OKI umumnya memiliki kesan yang baik tentang masyarakat setempat. Mereka seringkali menceritakan pengalaman mereka tentang keramahan masyarakat OKI kepada teman dan keluarga mereka, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke OKI.

Oleh karena itu, keramahan masyarakat merupakan salah satu komponen penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten OKI. Keramahan masyarakat membuat wisatawan merasa nyaman, betah, dan aman selama berwisata. Keramahan masyarakat juga berkontribusi pada citra positif Kabupaten OKI sebagai daerah tujuan wisata.

Kuliner Khas – Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Kuliner khas merupakan salah satu komponen penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kuliner khas dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah. Kabupaten OKI memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera, seperti pindang patin, pempek OKI, dan tekwan.

Pindang patin merupakan kuliner khas OKI yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu kuning. Pindang patin memiliki cita rasa yang gurih dan segar, sehingga sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Pempek OKI merupakan kuliner khas OKI yang terbuat dari ikan tenggiri yang digiling dan dicampur dengan tepung tapioka. Pempek OKI memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta disajikan dengan kuah cuko yang terbuat dari gula merah, cuka, dan cabai.

Keberadaan kuliner khas di Kabupaten OKI dapat meningkatkan daya tarik wisata daerah tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke OKI dapat menikmati kuliner khas setempat sambil menikmati keindahan alam dan budaya OKI. Selain itu, kuliner khas OKI juga dapat menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan.

Oleh karena itu, pengembangan kuliner khas di Kabupaten OKI perlu terus didukung dan dilestarikan. Pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan pelaku usaha kuliner untuk mengembangkan kuliner khas OKI menjadi lebih dikenal dan diminati oleh wisatawan. Selain itu, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam melestarikan kuliner khas OKI dengan cara mengonsumsinya dan mempromosikannya kepada wisatawan.

Aksesibilitas – Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Salah satu faktor penting yang mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) adalah aksesibilitas yang baik. Aksesibilitas yang baik memungkinkan wisatawan untuk mencapai tempat wisata di OKI dengan mudah dan nyaman.

Kabupaten OKI memiliki aksesibilitas yang baik melalui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat dapat ditempuh melalui jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan OKI dengan provinsi-provinsi lain di Sumatera. Jalur laut dapat ditempuh melalui Pelabuhan Tanjung Api-Api yang merupakan pelabuhan terbesar di Sumatera bagian selatan. Jalur udara dapat ditempuh melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II yang melayani penerbangan domestik dan internasional.

Selain itu, di Kabupaten OKI juga terdapat infrastruktur pendukung pariwisata yang memadai, seperti jalan yang lebar dan mulus, jembatan yang kokoh, serta jaringan telekomunikasi yang baik. Infrastruktur pendukung ini membuat wisatawan merasa nyaman dan aman selama berwisata di OKI.

Aksesibilitas yang baik sangat penting bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten OKI. Aksesibilitas yang baik memungkinkan wisatawan untuk mencapai tempat wisata di OKI dengan mudah dan nyaman, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke OKI.

Harga Terjangkau

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan dengan harga yang terjangkau. Berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya, dapat dinikmati tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

  • Wisata Alam yang Murah

    Tempat wisata alam di OKI, seperti Danau Teluk Gelam dan Air Terjun Liwa, dapat dikunjungi dengan biaya masuk yang sangat terjangkau. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

  • Kuliner Khas yang Lezat

    Kuliner khas OKI, seperti pindang patin dan pempek OKI, dapat ditemukan dengan harga yang ramah kantong. Wisatawan dapat mencicipi kelezatan kuliner khas OKI di warung-warung makan yang tersebar di seluruh OKI.

  • Akomodasi yang Terjangkau

    OKI memiliki beragam pilihan akomodasi yang terjangkau, mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Wisatawan dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

  • Transportasi yang Mudah dan Murah

    Transportasi di OKI sangat mudah dan murah. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan pribadi dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:  Pesona Sorong Selatan: Surga Tersembunyi di Papua Barat

Dengan segala kelebihan tersebut, Kabupaten OKI menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam, menikmati kuliner khas, dan beristirahat dengan nyaman tanpa perlu khawatir akan biaya yang dikeluarkan.

Kebersihan dan Keamanan

Kebersihan dan keamanan merupakan dua aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengembangan pariwisata di suatu daerah. Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyadari betul pentingnya kebersihan dan keamanan bagi wisatawan, sehingga pemerintah daerah berupaya untuk menjaga kebersihan dan keamanan di tempat-tempat wisata.

  • Tempat Wisata yang Bersih

    Tempat wisata di OKI dikelola dengan baik, sehingga selalu bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Wisatawan tidak perlu khawatir akan sampah atau kotoran yang berserakan, sehingga dapat menikmati keindahan alam dan budaya OKI dengan tenang.

  • Petugas Keamanan yang Sigap

    Petugas keamanan selalu siaga di tempat-tempat wisata OKI untuk memastikan keamanan wisatawan. Wisatawan dapat merasa aman dan terlindungi selama berwisata, sehingga dapat menikmati liburan dengan tenang.

  • Penerapan Protokol Kesehatan

    Di era pandemi COVID-19, kebersihan dan keamanan menjadi prioritas utama. Pemerintah daerah OKI menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di tempat-tempat wisata, seperti menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan penggunaan masker, dan membatasi jumlah pengunjung.

  • Kerja Sama Masyarakat

    Masyarakat OKI juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan keamanan di tempat-tempat wisata. Mereka selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwajib.

Kebersihan dan keamanan yang terjaga di tempat-tempat wisata OKI memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi wisatawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan budaya OKI tanpa perlu khawatir akan kebersihan atau keamanan, sehingga dapat menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Pertanyaan Umum tentang Tempat Wisata di Kabupaten Ogan Komering Ilir

Sebelum memulai perjalanan wisatamu ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yuk simak beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh wisatawan.

Pertanyaan 1: Apakah tempat wisata di OKI aman dikunjungi?

Tentu saja! Pemerintah dan masyarakat OKI sangat mengutamakan keamanan wisatawan. Petugas keamanan selalu siaga di tempat-tempat wisata untuk memastikan kenyamanan dan ketenangan wisatawan.

Pertanyaan 2: Apakah biaya wisata di OKI mahal?

Tidak sama sekali! OKI menawarkan wisata yang terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas. Mulai dari tiket masuk tempat wisata hingga kuliner khas dan akomodasi, semuanya ramah di kantong.

Pertanyaan 3: Apa saja oleh-oleh khas OKI yang bisa dibawa pulang?

Jangan lewatkan pindang patin, pempek OKI, dan songket khas OKI. Kuliner dan kerajinan tangan ini menjadi buah tangan yang berkesan dari perjalanan wisatamu.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menuju ke OKI?

Akses ke OKI sangat mudah, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, bus, atau pesawat terbang untuk sampai ke OKI.

Pertanyaan 5: Apa saja kuliner khas OKI yang wajib dicoba?

Selain pindang patin dan pempek OKI, kamu wajib mencicipi tekwan, laksan, dan martabak har. Kuliner-kuliner ini siap memanjakan lidahmu dengan cita rasa yang khas.

Pertanyaan 6: Apakah ada penginapan yang nyaman di OKI?

OKI menyediakan berbagai pilihan penginapan, mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Kamu bisa memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan bujetmu.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan OKI dalam daftar destinasi wisata kamu. Keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan masyarakatnya siap membuat perjalanan wisatamu tak terlupakan.

Yuk, eksplorasi Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir sekarang juga!

Tips Berwisata ke Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir

Agar liburanmu ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) semakin berkesan, simak tips-tips berikut ini:

Nikmati Keindahan Alamnya

OKI memiliki banyak tempat wisata alam yang indah, seperti Danau Teluk Gelam dan Air Terjun Liwa. Pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat ini dan menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan.

Jelajahi Kekayaan Budayanya

OKI juga kaya akan budaya. Kunjungi Candi Bumi Ayu, Benteng Megang, dan Museum Daerah OKI untuk belajar tentang sejarah dan budaya OKI.

Coba Kuliner Khasnya

Jangan lewatkan kuliner khas OKI, seperti pindang patin, pempek OKI, dan tekwan. Kuliner-kuliner ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Manfaatkan Aksesibilitasnya

OKI memiliki aksesibilitas yang baik, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara. Manfaatkan kemudahan ini untuk mencapai tempat wisata di OKI dengan mudah dan nyaman.

Hormati Masyarakat Setempat

Masyarakat OKI ramah dan bersahabat. Hormati budaya dan adat istiadat mereka agar tercipta suasana wisata yang nyaman dan menyenangkan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, liburanmu ke OKI pasti akan lebih berkesan dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Kesimpulan

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyimpan banyak pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan alamnya yang menakjubkan, kekayaan budayanya yang beragam, dan kuliner khasnya yang menggugah selera menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dengan aksesibilitas yang baik dan masyarakat yang ramah, OKI siap menyambut wisatawan dengan tangan terbuka. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan OKI sebagai destinasi wisata pilihanmu. Rasakan sendiri keindahan dan keunikan Tempat Wisata Kabupaten Ogan Komering Ilir. Ayo, eksplorasi sekarang juga!

Youtube Video:


Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Bondowoso

Pesona Wisata Bondowoso, Surga Tersembunyi yang Menanti untuk Dijelajahi

Tempat Wisata Kabupaten Bondowoso adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kabupaten …