Pesona Tersembunyi Lampung Selatan: Jelajah Tempat Wisata yang Menawan


Pesona Tersembunyi Lampung Selatan: Jelajah Tempat Wisata yang Menawan

Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan merupakan destinasi wisata yang terletak di Provinsi Lampung, Indonesia. Kabupaten Lampung Selatan memiliki beragam tempat wisata alam, budaya, dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata populer di Kabupaten Lampung Selatan antara lain:

  • Pantai Mutun
  • Pantai Canti
  • Air Terjun Way Kalam
  • Pulau Sebesi
  • Benteng Ketapang

Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki beberapa cagar alam dan suaka margasatwa, seperti:

  • Cagar Alam Way Kambas
  • Suaka Margasatwa Way Seputih

Tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan menawarkan keindahan alam yang luar biasa, serta pengalaman budaya dan sejarah yang kaya. Kabupaten Lampung Selatan merupakan destinasi wisata yang cocok untuk semua kalangan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan kaya akan tempat wisata yang beragam, mulai dari pantai, air terjun, hingga cagar alam. Berikut adalah 10 aspek penting terkait tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan:

  • Pantai yang indah
  • Air terjun yang memukau
  • Cagar alam yang kaya
  • Budaya yang unik
  • Sejarah yang panjang
  • Akses yang mudah
  • Harga yang terjangkau
  • Pemandangan yang indah
  • Udara yang segar
  • Keramahan penduduk

Berbagai aspek tersebut menjadikan Kabupaten Lampung Selatan sebagai destinasi wisata yang menarik. Pantai-pantainya yang indah, air terjunnya yang memukau, dan cagar alamnya yang kaya menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Selain itu, Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki budaya yang unik dan sejarah yang panjang, sehingga menarik bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang Indonesia. Aksesnya yang mudah, harga yang terjangkau, dan pemandangannya yang indah membuat Kabupaten Lampung Selatan menjadi destinasi wisata yang cocok untuk semua kalangan.

Pantai yang Indah – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan terkenal dengan pantainya yang indah. Pantai-pantai di Lampung Selatan memiliki pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan yang indah. Beberapa pantai populer di Lampung Selatan antara lain Pantai Mutun, Pantai Canti, dan Pantai Minang Rua.

Pantai-pantai di Lampung Selatan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai, berenang, berselancar, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Selain itu, pantai-pantai di Lampung Selatan juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbenam.

Keindahan pantai-pantai di Lampung Selatan menjadi salah satu faktor yang membuat Kabupaten Lampung Selatan menjadi destinasi wisata yang populer. Pantai-pantai tersebut menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi wisatawan. Selain itu, pantai-pantai tersebut juga berperan penting dalam perekonomian Kabupaten Lampung Selatan, terutama melalui sektor pariwisata.

Air terjun yang memukau – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan memiliki banyak air terjun yang memukau. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Beberapa air terjun yang populer di Lampung Selatan antara lain Air Terjun Way Kalam, Air Terjun Curup Gangsa, dan Air Terjun Way Tayas.

Air terjun di Lampung Selatan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun, berenang di kolam alami, atau sekadar bersantai di sekitar air terjun. Selain itu, air terjun di Lampung Selatan juga menjadi tempat yang cocok untuk trekking dan hiking.

Keindahan air terjun di Lampung Selatan menjadi salah satu faktor yang membuat Kabupaten Lampung Selatan menjadi destinasi wisata yang populer. Air terjun tersebut menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi wisatawan. Selain itu, air terjun tersebut juga berperan penting dalam perekonomian Kabupaten Lampung Selatan, terutama melalui sektor pariwisata.

Cagar alam yang kaya

Kabupaten Lampung Selatan memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk cagar alam yang kaya. Cagar alam tersebut memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi wisatawan.

  • Keanekaragaman hayati yang tinggi

    Cagar alam di Lampung Selatan memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, termasuk berbagai spesies flora dan fauna. Keanekaragaman hayati tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin mempelajari dan mengamati kehidupan liar.

  • Ekosistem yang unik

    Cagar alam di Lampung Selatan memiliki ekosistem yang unik, yang terbentuk dari perpaduan berbagai jenis hutan, sungai, dan danau. Ekosistem tersebut menawarkan pengalaman wisata yang berbeda bagi wisatawan, dari trekking di hutan hingga berperahu di sungai.

  • Pemandangan yang indah

    Cagar alam di Lampung Selatan memiliki pemandangan yang indah, yang meliputi hutan yang rimbun, sungai yang jernih, dan danau yang tenang. Pemandangan tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

  • Tempat penelitian dan pendidikan

    Cagar alam di Lampung Selatan menjadi tempat penelitian dan pendidikan yang penting. Para peneliti dan mahasiswa dapat melakukan penelitian tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan pengelolaan cagar alam. Selain itu, cagar alam tersebut juga menjadi tempat pendidikan bagi masyarakat tentang pentingnya konservasi alam.

Baca Juga:  Jelajahi Pesona Tersembunyi di Tempat Wisata Kabupaten Indragiri Hilir

Cagar alam yang kaya di Lampung Selatan menjadi salah satu faktor yang membuat Kabupaten Lampung Selatan menjadi destinasi wisata yang populer. Cagar alam tersebut menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi wisatawan, dari mengamati kehidupan liar hingga menikmati keindahan alam. Selain itu, cagar alam tersebut juga berperan penting dalam konservasi alam dan penelitian.

Budaya yang unik

Kabupaten Lampung Selatan memiliki budaya yang unik dan beragam, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Budaya Lampung Selatan merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Sunda, dan Lampung, sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

  • Tarian tradisional

    Lampung Selatan memiliki berbagai tarian tradisional yang unik, seperti Tari Bedana, Tari Sembah, dan Tari Kejei. Tarian-tarian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara adat atau festival budaya.

  • Musik tradisional

    Musik tradisional Lampung Selatan juga sangat khas, dengan alat musik seperti gambus, rebana, dan suling. Musik tradisional Lampung Selatan sering dimainkan pada acara-acara adat atau hiburan.

  • Kerajinan tangan

    Lampung Selatan memiliki berbagai kerajinan tangan yang unik, seperti tapis, sulam usus, dan gerabah. Kerajinan tangan ini biasanya dibuat oleh masyarakat setempat dan dijual sebagai oleh-oleh khas Lampung Selatan.

  • Kuliner

    Kuliner Lampung Selatan juga sangat khas, dengan makanan seperti seruit, gulai tempoyak, dan pindang. Makanan-makanan ini biasanya menggunakan bahan-bahan lokal dan memiliki cita rasa yang unik.

Budaya yang unik di Lampung Selatan menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Wisatawan dapat menikmati pertunjukan seni budaya, membeli kerajinan tangan, dan mencicipi kuliner khas Lampung Selatan. Selain itu, budaya yang unik di Lampung Selatan juga menjadi bagian dari identitas masyarakat Lampung Selatan dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat setempat.

Sejarah yang panjang – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan memiliki sejarah yang panjang dan kaya, yang telah membentuk perkembangan tempat wisata di wilayah tersebut. Sejarah Kabupaten Lampung Selatan tidak terlepas dari pengaruh Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Majapahit, dan Kesultanan Banten. Pengaruh tersebut terlihat dari berbagai peninggalan sejarah yang terdapat di Kabupaten Lampung Selatan, seperti situs-situs arkeologi, bangunan-bangunan bersejarah, dan tradisi-tradisi budaya.

Peninggalan sejarah di Kabupaten Lampung Selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan dapat mengunjungi situs-situs arkeologi, seperti Situs Candi Candimas, untuk mempelajari sejarah masa lalu Kabupaten Lampung Selatan. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, seperti Masjid Agung Kalianda, untuk melihat arsitektur masa lalu yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain peninggalan sejarah, Kabupaten Lampung Selatan juga memiliki tradisi budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tradisi-tradisi budaya tersebut, seperti Tari Bedana dan Musik Gambus, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan seni budaya tersebut pada acara-acara adat atau festival budaya.

Sejarah yang panjang dan kaya di Kabupaten Lampung Selatan telah membentuk perkembangan tempat wisata di wilayah tersebut. Peninggalan sejarah, bangunan bersejarah, dan tradisi budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan demikian, sejarah yang panjang menjadi salah satu faktor penting yang membuat Kabupaten Lampung Selatan menjadi destinasi wisata yang menarik.

Akses yang mudah ke Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan memiliki tempat wisata yang beragam dan menarik, namun kemudahan akses menjadi faktor penting yang turut meningkatkan daya tariknya. Berikut beberapa alasan mengapa akses yang mudah menjadi nilai tambah bagi tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan:

  • Lokasi strategis
    Kabupaten Lampung Selatan terletak di jalur utama lintas Sumatera, sehingga mudah dijangkau dari berbagai daerah. Jalan raya yang baik dan infrastruktur pendukung yang memadai membuat perjalanan menuju tempat wisata di Lampung Selatan menjadi nyaman dan lancar.
  • Banyak pilihan transportasi
    Untuk mencapai tempat wisata di Lampung Selatan, wisatawan dapat memilih berbagai moda transportasi. Tersedia bus, kereta api, dan pesawat yang melayani perjalanan ke Lampung Selatan. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk memudahkan perjalanan.
  • Biaya transportasi terjangkau
    Biaya transportasi ke tempat wisata di Lampung Selatan relatif terjangkau. Tarif bus dan kereta api cukup murah, dan tersedia pula pilihan transportasi lokal seperti angkutan umum dan ojek yang biayanya lebih hemat.
  • Petunjuk arah yang jelas
    Banyak tempat wisata di Lampung Selatan memiliki petunjuk arah yang jelas dan mudah diikuti. Hal ini memudahkan wisatawan untuk menemukan lokasi wisata tanpa tersesat atau kesulitan.
Baca Juga:  Nikmati Pesona Balikpapan: Destinasi Wisata Impian Terungkap!

Akses yang mudah ke tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan memberikan keuntungan bagi wisatawan. Wisatawan dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan, serta terhindar dari stres dan kesulitan dalam mencari lokasi wisata. Dengan kemudahan akses ini, wisatawan dapat lebih fokus menikmati keindahan dan pengalaman wisata yang ditawarkan oleh Kabupaten Lampung Selatan.

Harga yang terjangkau – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Salah satu daya tarik utama tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan adalah harganya yang terjangkau. Dengan biaya yang relatif murah, wisatawan dapat menikmati berbagai macam destinasi wisata tanpa perlu menguras kantong.

Harga yang terjangkau ini menjadi faktor penting yang mendorong banyak wisatawan untuk berkunjung ke Lampung Selatan. Wisatawan dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk pengalaman wisata lainnya, seperti kuliner atau oleh-oleh, tanpa harus khawatir akan biaya transportasi atau tiket masuk yang mahal.

Selain menghemat biaya, harga yang terjangkau juga memberikan kesempatan bagi wisatawan dari berbagai kalangan untuk menikmati keindahan Lampung Selatan. Wisatawan dengan anggaran terbatas dapat dengan mudah merencanakan perjalanan mereka tanpa harus mengorbankan kenyamanan atau pengalaman wisata yang berkesan.

Dengan demikian, harga yang terjangkau menjadi nilai tambah yang signifikan bagi tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini tidak hanya menarik lebih banyak wisatawan, tetapi juga memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat untuk mengakses dan menikmati keindahan alam dan budaya Lampung Selatan.

Pemandangan yang indah – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan dianugerahi dengan keindahan alam yang luar biasa, menjadikannya destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan. Salah satu daya tarik utama tempat wisata di Lampung Selatan adalah pemandangannya yang indah.

Pantai-pantai di Lampung Selatan menyuguhkan pemandangan laut yang biru jernih, pasir putih yang lembut, dan jajaran pohon kelapa yang melambai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil berenang, berselancar, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Air terjun di Lampung Selatan juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah memukau. Air terjun yang tinggi dan deras dikelilingi oleh hutan yang rimbun, menciptakan suasana yang asri dan menyegarkan.

Selain pantai dan air terjun, Lampung Selatan juga memiliki cagar alam dan taman nasional yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat menjelajahi hutan yang rimbun, mengamati satwa liar, atau mendaki gunung untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Keindahan pemandangan di tempat wisata Lampung Selatan tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga memberikan ketenangan dan kedamaian bagi pengunjung.

Udara yang segar – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Selain keindahan alamnya, tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan juga menawarkan udara yang segar dan menyehatkan. Udara yang segar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan dan jarang menghirup udara segar.

  • Manfaat menghirup udara segar

    Menghirup udara segar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas tidur. Udara segar yang kaya oksigen juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

  • Tempat wisata dengan udara segar di Lampung Selatan

    Beberapa tempat wisata di Lampung Selatan yang terkenal dengan udaranya yang segar antara lain Pantai Mutun, Air Terjun Way Kalam, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Di tempat-tempat ini, wisatawan dapat menikmati udara segar sambil menikmati keindahan alam.

  • Aktivitas yang dapat dilakukan sambil menghirup udara segar

    Di tempat wisata Kabupaten Lampung Selatan, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas sambil menghirup udara segar, seperti berjalan-jalan, bersepeda, atau sekadar duduk-duduk santai di tepi pantai atau air terjun. Aktivitas-aktivitas ini dapat membantu wisatawan untuk lebih menikmati dan merasakan kesegaran udara.

  • Dampak udara segar bagi kesehatan mental dan fisik

    Menghirup udara segar di tempat wisata Kabupaten Lampung Selatan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik wisatawan. Udara segar dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Udara yang segar menjadi nilai tambah bagi tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan. Udara segar menawarkan manfaat kesehatan dan kesejahteraan bagi wisatawan, serta melengkapi keindahan alam yang sudah ada. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan menyehatkan di Lampung Selatan.

Baca Juga:  Pesona Supiori: Surga Wisata Tersembunyi di Papua

Keramahan penduduk – Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan dikenal dengan keramahan penduduknya yang luar biasa. Masyarakat Lampung Selatan sangat ramah dan terbuka terhadap wisatawan, sehingga membuat wisatawan merasa nyaman dan betah selama berkunjung.

Keramahan penduduk menjadi salah satu daya tarik utama tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan. Wisatawan merasa senang dan dihargai ketika mereka disambut dengan senyuman dan keramahan oleh penduduk setempat. Hal ini membuat wisatawan merasa betah dan ingin kembali lagi ke Lampung Selatan.

Selain itu, keramahan penduduk juga berpengaruh pada perekonomian pariwisata di Lampung Selatan. Penduduk setempat yang ramah akan memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan, sehingga membuat wisatawan merasa puas dan ingin berkunjung kembali. Hal ini berdampak positif pada pendapatan masyarakat setempat dan perkembangan pariwisata di Lampung Selatan.

Oleh karena itu, keramahan penduduk menjadi komponen penting dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan. Keramahan penduduk membuat wisatawan merasa nyaman dan betah, sehingga berdampak positif pada perekonomian pariwisata di daerah tersebut.

Pertanyaan Umum tentang Tempat Wisata Kabupaten Lampung Selatan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan:

Pertanyaan 1: Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Lampung Selatan?

Kabupaten Lampung Selatan memiliki banyak tempat wisata yang patut dikunjungi, di antaranya adalah Pantai Mutun, Air Terjun Way Kalam, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dan Pulau Sebesi.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menuju tempat wisata di Lampung Selatan?

Menuju tempat wisata di Lampung Selatan cukup mudah, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, bus, atau kereta api. Kabupaten Lampung Selatan memiliki infrastruktur jalan yang baik dan banyak pilihan transportasi umum yang tersedia.

Pertanyaan 3: Apakah tempat wisata di Lampung Selatan cocok untuk keluarga?

Ya, banyak tempat wisata di Lampung Selatan yang cocok untuk keluarga. Anda dapat mengunjungi pantai yang ramah anak, taman bermain air, atau kebun binatang yang menyenangkan untuk anak-anak.

Pertanyaan 4: Apakah ada penginapan yang tersedia di dekat tempat wisata di Lampung Selatan?

Tersedia berbagai pilihan penginapan di dekat tempat wisata di Lampung Selatan, mulai dari hotel mewah hingga guest house yang terjangkau. Anda dapat menyesuaikan pilihan penginapan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Pertanyaan 5: Apa saja kuliner khas Lampung Selatan yang patut dicoba?

Lampung Selatan memiliki beragam kuliner khas yang lezat, seperti seruit, gulai tempoyak, dan pindang. Anda dapat menemukan kuliner ini di warung makan atau restoran lokal.

Pertanyaan 6: Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Lampung Selatan?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Lampung Selatan adalah selama musim kemarau, yaitu dari bulan April hingga Oktober. Pada saat ini, cuaca cerah dan tidak terlalu panas, sehingga cocok untuk aktivitas wisata.

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan keramahan penduduknya yang luar biasa, Kabupaten Lampung Selatan siap menyambut Anda untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Jelajahi keindahan Lampung Selatan dan ciptakan kenangan indah bersama orang-orang terkasih.

Tips Berwisata ke Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan menawarkan beragam destinasi wisata yang memukau. Berikut beberapa tips agar perjalanan wisata Anda semakin berkesan:

Tip 1: Rencanakan Waktu Kunjungan

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Lampung Selatan adalah pada musim kemarau, yaitu dari bulan April hingga Oktober. Saat itu, cuaca cerah dan tidak terlalu panas, cocok untuk berbagai aktivitas wisata.

Tip 2: Pilih Destinasi yang Tepat

Lampung Selatan memiliki banyak tempat wisata, mulai dari pantai, air terjun, hingga cagar alam. Sesuaikan pilihan destinasi dengan minat dan waktu yang tersedia.

Tip 3: Siapkan Perlengkapan yang Diperlukan

Sesuaikan perlengkapan yang dibawa dengan destinasi wisata yang dituju. Untuk wisata pantai, siapkan pakaian renang, sunblock, dan topi. Untuk wisata air terjun, jangan lupa membawa sepatu anti selip dan baju ganti.

Tip 4: Bawa Kamera untuk Mengabadikan Momen

Keindahan Lampung Selatan sangat sayang untuk dilewatkan. Bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen berharga, baik pemandangan alam maupun momen bersama orang terkasih.

Tip 5: Nikmati Kuliner Khas Lampung Selatan

Selain keindahan alam, Lampung Selatan juga memiliki kuliner yang khas dan lezat. Jangan lewatkan untuk mencoba seruit, gulai tempoyak, atau pindang.

Tip 6: Hormati Adat dan Budaya Lokal

Lampung Selatan memiliki adat dan budaya yang unik. Hormati kebiasaan dan tradisi setempat agar perjalanan wisata Anda semakin berkesan dan menyenangkan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan pengalaman berwisata di Kabupaten Lampung Selatan. Nikmati keindahan alamnya yang menakjubkan, rasakan keramahan penduduknya, dan ciptakan kenangan indah yang tak terlupakan.

Kesimpulan

Kabupaten Lampung Selatan dengan segala keindahan alam dan budayanya siap menyambut Anda untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi pantai-pantainya yang memesona, air terjunnya yang memukau, dan cagar alamnya yang kaya. Rasakan keramahan penduduknya yang luar biasa, nikmati kuliner khasnya yang lezat, dan hormati adat dan budaya setempat.

Jadikan Kabupaten Lampung Selatan sebagai destinasi wisata Anda berikutnya. Ciptakan kenangan indah bersama orang terkasih, dan biarkan keindahan Lampung Selatan memikat hati Anda. Selamat berwisata!

Check Also

Tempat Wisata Kabupaten Bondowoso

Pesona Wisata Bondowoso, Surga Tersembunyi yang Menanti untuk Dijelajahi

Tempat Wisata Kabupaten Bondowoso adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kabupaten …