Ensiklopedia Puisi Bahasa Kaili-Ledo Kamus Besar

Ensiklopedia Puisi Bahasa Kaili-Ledo Kamus Besar. Haumo = sudah kesana ; Mereka menggunakan bahasa daerah kaili sebagai bahasa asli yang terdiri dari beragam dialek, misalnya dialek ledo, rai, da’a, tara, ado, edo, do,i dan masih banyak yang lain.

Buku Teks Mulok Bahasa Kaili Freddy Zainal Abidin
Buku Teks Mulok Bahasa Kaili Freddy Zainal Abidin from vitabrina.blogspot.com

Rao, tajio (atawa ajio), kori, doi, unde (or ndepu, undepu), ledo (or palu), da'a, inde, iya, edo, ado, ava, tara. Bahasa yang paling dikenal dari suku kaili adalah bahasa ledo yang hingga kini masih digunakan oleh suku kaili dalam kesehariannya. Hal unik dari etnik kaili, ialah bahwa etnik kaili dikenal akan keragaman bahasanya.

Bahasa Ini Terdiri Dari Beberapa Sub Bahasa Contoh:

Namun demikian, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Kata “ledo” ini berarti “tidak”. Namun dari semua dialek tersebut memiliki persamaan arti yakni “tidak”.

Kamus Ini Masih Bisa Diperbaiki Dan Ditambah Kata.

Tapi paling tidak berdasarkan pengalaman, penulis dapat mengungkapkan bahwa bahasa kaili yang menjadi bahasa dimasyarakat ini sangatlah unik dan banyak ragamnya. Mamala klik ri tambena ri hubungi bo rapakatu tevai ka kami. Oleh karena itu, tahun ini, menjalin indonesia dari sulawesi tengah mengambil tema “kaili ledo:

Kata Ledo Ini Berarti Tidak.

Yang penting ada kemauan untuk belajar. Ane ledo mo jarita belo ri bivi. Rao, tajio (atawa ajio), kori, doi, unde (or ndepu, undepu), ledo (or palu), da'a, inde, iya, edo, ado, ava, tara.

Bagan I Vokal Bahasa Kaili Ledo Berikut Ini Transkrip Vokal Pada Bahasa Kali Dialek Ledo [A] [Abala] ‘Kecelakaan’ [Ada] ‘Adat’ [Aga] ‘Cuma’ [Avo] ‘Bambu’ [Apu] ‘Api’ [I] [Ibo] ‘Monyet’ [Inda] ‘Hutang’ [Ina] ‘Nenek’ [Ibo] ‘Monyet’ [Ini] ‘Keringat [U] [Uve] ‘Air’ [Uta] ‘Sayur’ [Uli] ‘Bilang’ [Uda] ‘Hujan’ [Ule] ‘Ular’ [E] [Eka] ‘Ketakutan’

Uniknya, di antara kampung yang hanya berjarak 2 km kita bisa menemukan bahasa yg berbeda satu dengan lainnya. Namun, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Bahasa yang paling dikenal dari suku kaili adalah bahasa ledo yang hingga kini masih digunakan oleh suku kaili dalam kesehariannya.

Saya Yakin Semua Nilai Dalam Sebuah Puisi Memiliki Perbedaan.

Hal unik dari etnik kaili, ialah bahwa etnik kaili dikenal akan keragaman bahasanya. Rai artinya tidak, ledo artinya tidak, tara artinya tidak dan seterusnya. Ke ali = beli ;

Check Also

#Amasing Bahasa Kaili Translate Vokabuler

#Amasing Bahasa Kaili Translate Vokabuler. Kata “ledo” ini berarti “tidak”. Terjemahan cepat dan menghemat waktu …