liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

+20 Belajar Bahasa Kaili Palu Tesaurus

+20 Belajar Bahasa Kaili Palu Tesaurus. Banyak yang mengatakan bahasa kaili diambang kepunahan, karena sudah jarang digunakan oleh masyarakat, sudah jarang digunakan sebagai bahasa sehari hari. Kata “ledo” ini berarti “tidak”.

Kamus Bahasa KaiLi (paLu) AlienAB
Kamus Bahasa KaiLi (paLu) AlienAB from alienab.blogspot.com

Naroyomo mataku = saya sudah mengantuk. Data mengenai penggunaan bahasa tersebut dikemukakan dalam tabel 2. Sofyan mengatakan bahasa kaili terdiri atas dialek ledo, ija, ado, unde, rai, da’a, tara, kulavi lindu dan tabaelia.

Kata “Ledo” Ini Berarti “Tidak”.

Bahasa yang berkembang dari bahasa daerah ataupun serapan dari luar. Nomparidi = bergetar / bergoyang, karena sakit. Untuk menyatakan orang kaili disebut dalam bahasa kaili dengan menggunakan prefix to yaitu to kaili.

Sonjobaka = Masukan Di Sela.

Data mengenai penggunaan bahasa tersebut dikemukakan dalam tabel 2. Kegiatan penyusunan kamus bergambar bahasa kaili meliputi empat tahap, terdiri dari: Naria soso nangande sani = ada cicak makan nyamuk.

Berikut Ini Beberapa Kata Dan Penggunaannya Dalam Kalimat Untuk Langgam Bahasa Kaili Ledo Kosa Kata :

Kamus bahasa kaili satu = sangu dua = randua tiga = tatalu empat = ampa lima = alima enam = ono tujuh = papitu delapan = uwalu sembilan = sasio sepuluh = sapulu kepala = balengga badan = karo tangan = pale kaki = kada telinga = talinga mulut = sumba hidung = onge mata = mata pantat = palo rambut = bulua minum = manginu Kata ledo ini berarti tidak. Banyak yang mengatakan bahasa kaili diambang kepunahan, karena sudah jarang digunakan oleh masyarakat, sudah jarang digunakan sebagai bahasa sehari hari.

Sejak Walikota Palu Rusdy Mastura Naik Thata Sedikit Ada Niat Menjadikan Bahasa Kaili Menjadi Milik Orang Kaili Lagi.

Namun, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Bahasa kaili dialek da’a digunakan oleh penduduk di kecamatan marawola yang terletak di sebelah selatan kota palu. Ke ali = beli ;

Tidak Semua Bahasa Daerah Merupakan Kesatuan Yang Utuh Sebab Ada Yang Terbagi Ke Dalam Beberapa Dialek.

Namun demikian, suku kaili memiliki lingua franca, yang dikenal sebagai bahasa ledo. Alina = harganya hi / hie = ini hai = itu ane = kalau mamala / namala =. Pengambilan data kosakata bahasa kaili dialek ledo di kabupaten sigi, kecamatan dolo.

Check Also

#Gaya Kamus Bahasa Kaili Dan Artinya @Kamus Elektronik

#Gaya Kamus Bahasa Kaili Dan Artinya @Kamus Elektronik. Walau demikian, bahasa jawa juga dituturkan oleh …