liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Yahukimo

Baju adat Yahukimo adalah pakaian tradisional khas yang dipakai oleh warga Yahukimo, Provinsi Papua. Baju adat Yahukimo terdiri dari kain ikat yang dikenakan sebagai busana berbahan katun. Baju ini biasanya dikenakan oleh pria dan wanita, dengan warna yang berbeda untuk setiap jenis kelamin. Baju adat Yahukimo juga dipakai dengan hiasan berupa aksesori dari logam dan kulit. Baju adat Yahukimo juga terdiri dari topi tradisional yang dipakai oleh pria dan wanita. Topi ini berbentuk seperti kerucut dan terbuat dari kayu.

Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 baju adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Yahukimo karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat yakni salah satu elemen kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan tersebut memiliki fungsi yang pantas dengan pesan-pesan skor tradisi yang ada di dalamnya. Kecuali itu, terkait secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di beberapa daerah seperti Baju Adat Yahukimo masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari adat istiadat sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Yahukimo, ragam baju adat harapan sejumlah menteri kabinet indonesia maju barometer

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa tempat (Baju Adat Yahukimo) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat adalah baju diwujudkan sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Yahukimo?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga memiliki Baju Adat Yahukimo masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Sebab pakaian adat yaitu baju yang diwujudkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Setiap Baju Adat Yahukimo lazimnya terdiri dari beberapa komponen komplit dari kepala sampai kaki. Berikut ini adalah komponen bagian umumnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan yaitu bagian inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama baju seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif pantas dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga merupakan bagian penting. Modelnya juga dapat bervariasi, contohnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya yakni penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya ialah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang biasanya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu lazimnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Setiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya dijumpai pada pakaian khas wanita yakni gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi bagian komplementer bagian bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Yahukimo

ciri khas baju adat makassar melegenda budayanesia 1045 x 1042 · jpeg ciri khas baju adat makassar melegenda budayanesia from budayanesia.com
baju adat gorontalo wolimomo baju adat tradisional 640 x 640 · jpeg baju adat gorontalo wolimomo baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

ragam baju adat harapan sejumlah menteri kabinet indonesia maju barometer 1600 x 1066 · jpeg ragam baju adat harapan sejumlah menteri kabinet indonesia maju barometer from barometer99.com
mengenal ragam jenis baju adat padang budayanesia 2040 x 1360 · jpeg mengenal ragam jenis baju adat padang budayanesia from budayanesia.com

keunikan baju adat kalimantan beraneka ragam budayanesia 768 x 768 · jpeg keunikan baju adat kalimantan beraneka ragam budayanesia from budayanesia.com
nelijowz baju adat toraja 1600 x 1066 · jpeg nelijowz baju adat toraja from nelipatongloan.blogspot.com

baju adat banyuwangi populer 540 x 540 · jpeg baju adat banyuwangi populer from bajukupopuler.blogspot.com
pakaian tradisional eropah baju adat tradisional 800 x 600 · jpeg pakaian tradisional eropah baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

nama baju adat sulawesi selatan corak unik budayanesia 800 x 798 · jpeg nama baju adat sulawesi selatan corak unik budayanesia from budayanesia.com
traditional cloth indonesia images pinterest traditional weddings folklore 540 x 960 · jpeg traditional cloth indonesia images pinterest traditional weddings folklore from www.pinterest.com

tentang sastra budaya jepang 1500 x 1200 · jpeg tentang sastra budaya jepang from sastrabudayajepang.blogspot.com
agama adat budaya jepang fjlc 300 x 300 · jpeg agama adat budaya jepang fjlc from fjlcblog.wordpress.com

kostum jepun gambar pakaian kebangsaan wanita jepun kostum gadis sekolah 1600 x 1600 · jpeg kostum jepun gambar pakaian kebangsaan wanita jepun kostum gadis sekolah from dress-ms.techinfus.com
pakaian tradisional pakaian tradisional 240 x 320 · jpeg pakaian tradisional pakaian tradisional from traditional-costume.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat adalah tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yakni memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta komponen.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menunjukkan atau memutuskan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap tempat, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Label Setiap Tempat

Baju adat yang berbeda-beda ini adalah suatu identitas setiap tempat. Teman-teman bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Yahukimo yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan identitas masyarakat Jawa. Meski kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi jati diri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai identitas tiap-tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada bermacam-macam acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di tiap tempat akan mengaplikasikan pakaian adat.

Baju Adat Yahukimo ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti saat perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan mengenakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Yahukimo juga sering diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memakai baju adat dengan bermacam-macam dekorasinya.

Pun pada beberapa daerah, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memakai hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Hingga kini di beberapa tempat baju adat memiliki berbagai fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, yakni beberapa pakaian adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Yahukimo

Teks A Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala

Pertanyaan: Teks A Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala Indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Perintis Ninia di Distrik Ninia, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, Rabu (11/8/2015). Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. Pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “Pesawat menabrak rumah warga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Patridge Renwarin. Sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot Hermantiono mengalami pingsan. Para korban segera dievakuasi ke RS Wamena dengan menggunakan pesawat Dimoni. Teks B Jet tempur F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Rabu (24/6/2015). Kecelakaan disebabkan masalah teknis. Badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “Hanya emergency saja. Saat mau mendarat sudah normal. Sudah berhenti tapi roda masuk lagi,” ujar Kadispenau Marsma Dwi Badarmanto. Peristiwa tersebut berawal saat pilot sedang menggelar latihan rutin. Pilot berangkat selepas subuh dan hendak mendarat sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pilot pun dalam kondisi baik. Setelah menyentuh landasan, tiba-tiba roda masuk kembali ke dalam badan pesawat.​

Berita adalah suatu informasi yang bersifat aktual, faktual, penting, dan layak diketahui oleh orang banyak. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari kedua teks berita tersebut yaitu pada teks A terjadi kecelakaan di Pulau Papua sedangkan teks B di Pulau Jawa.

Pembahasan:

Ketika di pagi hari, biasanya ayah membaca berita melalui koran. Berita dapat kita peroleh dari berbagai media. Misalnya internet, televisi, radio, surat kabar, koran, dan lain sebagainya. Informasi yang penting di berita sangat berguna bagi manusia. Berita memiliki struktur yang berbeda dengan teks lainnya. Struktur berita yaitu kepala berita, tubuh, dan ekor berita. Berita adalah suatu informasi yang bersifat aktual, faktual, penting, dan layak diketahui oleh orang banyak. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari kedua teks berita tersebut yaitu pada teks A terjadi kecelakaan di Pulau Papua sedangkan teks B di Pulau Jawa.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang struktur teks berita https://brainly.co.id/tugas/3612654

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

teks a pesawat jenis pac 750 xl milik pt. komala

Pertanyaan:
teks a pesawat jenis pac 750 xl milik pt. komala indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di bandara perintis ninia di distrik ninia, kabupaten yahukimo, papua. kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, rabu (11/8/2015). tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “pesawat menabrak rumah warga,” kata kepala bidang humas polda papua, kombes polisi patridge renwarin. sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot hermantiono mengalami pingsan. para korban segera dievakuasi ke rs wamena dengan menggunakan pesawat dimoni. teks b jet tempur f-16 milik tni au mengalami kecelakaan di landasan udara (lanud) iswahyudi madiun, rabu (24/6/2015). kecelakaan disebabkan masalah teknis. badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “hanya emergency saja. saat mau mendarat sudah normal. sudah berhenti tapi roda

Jawaban:

teks a : terjadi di pulau papua, teks b : terjadi di pulau jawa

maaf kalo salah. kalo bener kasi jawaban terbaik ya!

Thx ^_^

11.Teks A Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala

Pertanyaan: 11.Teks A Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala Indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Perintis Ninia di Distrik Ninia, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, Rabu (11/8/2015). Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. Pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “Pesawat menabrak rumah warga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Patridge Renwarin. Sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot Hermantiono mengalami pingsan. Para korban segera dievakuasi ke RS Wamena dengan menggunakan pesawat Dimoni. Teks B Jet tempur F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Rabu (24/6/2015). Kecelakaan disebabkan masalah teknis. Badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “Hanya emergency saja. Saat mau mendarat sudah normal. Sudah berhenti tapi roda masuk lagi,” ujar Kadispenau Marsma Dwi Badarmanto. Peristiwa tersebut berawal saat pilot sedang menggelar latihan rutin. Pilot berangkat selepas subuh dan hendak mendarat sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pilot pun dalam kondisi baik. Setelah menyentuh landasan, tiba-tiba roda masuk kembali ke dalam badan pesawat. Perbedaan di antara kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali …​

Teks A : pilot tidak sadarkan diri Teks B : pilot sadarkan diri

Penjelasan:

ini jawabannya *D* yah

semoga bermanfaat

saya kasih jawaban *D* karena saya sudah dapat soal ini di sekolah dan jawabannya betul *D* .karena nggak mungkin pilot tidak sadarkan diri

Cermatilah teks berikut! Teks A Pesawat jenis PAC 750 XL

Pertanyaan: Cermatilah teks berikut!

Teks A

Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala Indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Perintis Ninia di Distrik Ninia, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, Rabu (11/8/2015). Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. Pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “Pesawat menabrak rumah warga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Patridge Renwarin. Sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot Hermantiono mengalami pingsan. Para korban segera dievakuasi ke RS Wamena dengan menggunakan pesawat Dimoni.

Teks B

Jet tempur F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Rabu (24/6/2015). Kecelakaan disebabkan masalah teknis. Badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “Hanya emergency saja. Saat mau mendarat sudah normal. Sudah berhenti tapi roda masuk lagi,” ujar Kadispenau Marsma Dwi Badarmanto. Peristiwa tersebut berawal saat pilot sedang menggelar latihan rutin.Pilot berangkat selepas subuh dan hendak mendarat sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pilot pun dalam kondisi baik. Setelah menyentuh landasan, tiba-tiba roda masuk kembali ke dalam badan pesawat.

Perbedaan penyajian kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali …. *

a.Teks A : Kecelakaan pesawat sipil ; Teks B : Kecelakaan pesawat militer

b.Teks A : Terdapat korban luka ; Teks B : Tidak terdapat korban luka

c.Teks A : Terjadi di Pulau Papua ; Teks B : Terjadi di Pulau Jawa

d.Teks A : Kecelakaan terjadi siang hari ; Teks B : Kecelakaan terjadi pagi hari​

Jawaban:

c

Penjelasan:

karena teks A terjadi di pulau Papua sedangkan teks b terjadi di pulau Jawa

Pemerintah provinsi Papua mengembangkan sebagai salah satu makanan pokok di

Pertanyaan: Pemerintah provinsi Papua mengembangkan sebagai salah satu makanan pokok di delapan Kabupaten. Upaya itu bertujuan mengurangi tingginya ketergantungan masyarakat Papua pada beras yang mencapai 200.000 ton per tahun. Ubi jalar berpotensi besar untuk menjadi salah satu makanan pengganti beras pada tahun 2013. Produksi ubi jalar di Papua sebesar 405.527 ton, sedangkan konsumsi hanya 300.000 ton. Karena itu, kami yakin ubi jalar bisa mengurangi ketergantungan masyarakat pada beras. Kepala seksi umbi-umbian dan sagu Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Pemprov Papua, Hendrikus Kawer di Jayapura, Papua. Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, delapan Kabupaten yang mendapat dana bantuan itu adalah Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Jayawijaya, Merauke, Nabire, Mimika, dan Keerom. Terdapat sekitar 40 kelompok tani yang berada di 8 wilayah itu Total luas areal lahan ubi jalar di 8 wilayah itu mencapai 775 hektar. Tujuh Kabupaten masing-masing seluas 100 hektar dengan bantuan Rp. 357 juta per Kabupaten. Hanya Tolikara seluas 75 hektar, sehingga mendapat bantuan Rp. 267 juta. Bantuan khususkan untuk penyediaan sarana produksi, berupa pupuk organik dan anorganik. Bantuan lain adalah peralatan bagi 5 Kabupaten lainnya yang berpotensi sebagai sentra produksi ubi jalar, yakni Yahukimo, Deiyai, Pegunungan Bintang, Mappi, dan Boven Digoel. Luas lahan 5 Kabupaten itu 200 hektar. Untuk pengelolaan lahan 1 hektar lahan ubi jalar diberikan bantuan dana Rp. 1 juta, ujarnya. Terkait pengembangan sagu, Henrikus mengatakan pihaknya akan menerjunkan tim melakukan pemetaan ke Kabupaten Jayapura dan Supiori pada Oktober. Kami belum memiliki data valid tentang produksi sagu di Papua. Karena itu, pemetaan sangat penting untuk melihat seberapa besar potensi pengembangan sagu sebagai pengganti beras di sejumlah daerah, kata Henricus. Berdasarkan hasil sensus pertanian tahun 2013 luas lahan ubi jalar terus alami penurunan selama 3 tahun terakhir. Saat ini luas lahan ubi jalar adalah 30.980 hektar, padahal tahun 2011 masih 34.414 hektar. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Didik Koesbianto, menyatakan pemerintah daerah harus lebih serius lagi mengembangkan ubi jalar untuk mengubah pola perilaku dan membangkitkan kesadaran masyarakat yang sering mengkonsumsi beras. Berdasarkan pantauan kami belum ada pelaku usaha agribisnis untuk memasarkan hasil produksi ubi jalar yang begitu besar hanya dijual di pasar-pasar tradisional dan menjadi makanan ternak, tutur Didik. Ide pokok bacaan di atas yang tepat adalah……

Jawaban:

pemerintah provinsi Papua mengembangkan

sebagai salah satu makanan pokok di delapan

kabupaten

Penjelasan:

maaf kalau salah

Pemerintah provinsi Papua mengembangkan sebagai salah satu makanan pokok di

Pertanyaan: Pemerintah provinsi Papua mengembangkan sebagai salah satu makanan pokok di delapan Kabupaten. Upaya itu bertujuan mengurangi tingginya ketergantungan masyarakat Papua pada beras yang mencapai 200.000 ton per tahun. Ubi jalar berpotensi besar untuk menjadi salah satu makanan pengganti beras pada tahun 2013. Produksi ubi jalar di Papua sebesar 405.527 ton, sedangkan konsumsi hanya 300.000 ton. Karena itu, kami yakin ubi jalar bisa mengurangi ketergantungan masyarakat pada beras. Kepala seksi umbi-umbian dan sagu Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Pemprov Papua, Hendrikus Kawer di Jayapura, Papua. Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua, delapan Kabupaten yang mendapat dana bantuan itu adalah Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Jayawijaya, Merauke, Nabire, Mimika, dan Keerom. Terdapat sekitar 40 kelompok tani yang berada di 8 wilayah itu Total luas areal lahan ubi jalar di 8 wilayah itu mencapai 775 hektar. Tujuh Kabupaten masing-masing seluas 100 hektar dengan bantuan Rp. 357 juta per Kabupaten. Hanya Tolikara seluas 75 hektar, sehingga mendapat bantuan Rp. 267 juta. Bantuan khususkan untuk penyediaan sarana produksi, berupa pupuk organik dan anorganik. Bantuan lain adalah peralatan bagi 5 Kabupaten lainnya yang berpotensi sebagai sentra produksi ubi jalar, yakni Yahukimo, Deiyai, Pegunungan Bintang, Mappi, dan Boven Digoel. Luas lahan 5 Kabupaten itu 200 hektar. Untuk pengelolaan lahan 1 hektar lahan ubi jalar diberikan bantuan dana Rp. 1 juta, ujarnya. Terkait pengembangan sagu, Henrikus mengatakan pihaknya akan menerjunkan tim melakukan pemetaan ke Kabupaten Jayapura dan Supiori pada Oktober. Kami belum memiliki data valid tentang produksi sagu di Papua. Karena itu, pemetaan sangat penting untuk melihat seberapa besar potensi pengembangan sagu sebagai pengganti beras di sejumlah daerah, kata Henricus. Berdasarkan hasil sensus pertanian tahun 2013 luas lahan ubi jalar terus alami penurunan selama 3 tahun terakhir. Saat ini luas lahan ubi jalar adalah 30.980 hektar, padahal tahun 2011 masih 34.414 hektar. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Didik Koesbianto, menyatakan pemerintah daerah harus lebih serius lagi mengembangkan ubi jalar untuk mengubah pola perilaku dan membangkitkan kesadaran masyarakat yang sering mengkonsumsi beras. Berdasarkan pantauan kami belum ada pelaku usaha agribisnis untuk memasarkan hasil produksi ubi jalar yang begitu besar hanya dijual di pasar-pasar tradisional dan menjadi makanan ternak, tutur Didik. Hal yang dapat disimpulkan dari bacaan di atas adalah……

Jawaban:

Pemerintah provinsi papua berusaha mengembangkan ubi jalar yang bertujuan untuk mengurangi tingginya ketergantungan warga papua pada beras.

Penjelasan:

Semoga membantu....

Bacalah kutipan berikut ini ! Teks A Pesawat jenis PAC

Pertanyaan: Bacalah kutipan berikut ini ! Teks A Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala Indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Perintis Ninia di Distrik Ninia, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, Rabu (11/8/2015). Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. Pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “Pesawat menabrak rumah warga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Patridge Renwarin. Sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot Hermantiono mengalami pingsan. Para korban segera dievakuasi ke RS Wamena dengan menggunakan pesawat Dimoni. Teks B Jet tempur F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Rabu (24/6/2015). Kecelakaan disebabkan masalah teknis. Badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “Hanya emergency saja. Saat mau mendarat sudah normal. Sudah berhenti tapi roda masuk lagi,” ujar Kadispenau Marsma Dwi Badarmanto. Peristiwa tersebut berawal saat pilot sedang menggelar latihan rutin. Pilot berangkat selepas subuh dan hendak mendarat sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pilot pun dalam kondisi baik. Setelah menyentuh landasan, tiba-tiba roda masuk kembali ke dalam badan pesawat. Perbedaan di antara kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali .. A Teks A : kecelakaan pesawat sipil Teks B : kecelakaan pesawat militer B Teks A : terdapat korban luka Teks B : tidak terdapat korban luka C Teks A : terjadi di Pulau Papua Teks B : terjadi di Pulau Jawa D Teks A : kecelakaan terjadi siang hari Teks B : kecelakaan terjadi pagi hari

Jawaban:

A.kecelakaan pesawat sipil

Pesawat jenis pac 750 xl milik pt. komala indonesia mengalami

Pertanyaan: Pesawat jenis pac 750 xl milik pt. komala indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di bandara perintis ninia di distrik ninia, kabupaten yahukimo, papua. kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, rabu (11/8/2015). tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “pesawat menabrak rumah warga,” kata kepala bidang humas polda papua, kombes polisi patridge renwarin. sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot hermantiono mengalami pingsan. para korban segera dievakuasi ke rs wamena dengan menggunakan pesawat dimoni.

teks b

jet tempur f-16 milik tni au mengalami kecelakaan di landasan udara (lanud) iswahyudi madiun, rabu (24/6/2015). kecelakaan disebabkan masalah teknis. badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “hanya emergency saja. saat mau mendarat sudah normal. suda

Jawaban:

Teks A

Pesawat jenis PAC 750 XL milik PT. Komala Indonesia mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Perintis Ninia di Distrik Ninia, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.45, Rabu (11/8/2019). Tidak ada korban jiwa, namun sebanyak lima orang terluka dalam musibah tersebut. Pesawat mengalami masalah saat lepas landas sehingga menabrak rumah warga yang berada di ujung landasan. “Pesawat menabrak rumah warga,” kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Polisi Patridge Renwarin. Sebanyak empat orang mengalami luka ringan, sedangkan pilot Hermantiono mengalami pingsan. Para korban segera dievakuasi ke RS Wamena dengan menggunakan pesawat Dimoni.

Teks B

Jet tempur F-16 milik TNI AU mengalami kecelakaan di Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Rabu (24/6/2019). Kecelakaan disebabkan masalah teknis. Badan pesawat mengalami lecet-lecet sehingga masih bisa digunakan. “Hanya emergency saja. Saat mau mendarat sudah normal. Sudah berhenti tapi roda masuk lagi,” ujar Kadispenau Marsma Dwi Badarmanto. Peristiwa tersebut berawal saat pilot sedang menggelar latihan rutin.

Pilot berangkat selepas subuh dan hendak mendarat sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Pilot pun dalam kondisi baik. Setelah menyentuh landasan, tiba-tiba roda masuk kembali ke dalam badan pesawat.

Perbedaan di antara kedua teks berita di atas adalah sebagai berikut, kecuali ..

mungkin kyk gini ya soalnya?

kalau iya saya jawab:

Teks A : terjadi di Pulau Papua, Teks B : terjadi di Pulau Jawa

Maaf kalo salah dan tidak sesuai dengan jawaban yang diinginkan oleh anda. kalau benar jadikan jawaban terbaik ya!

Makasih ^_^

Suku Asmat adalah sebuah suku di Papua. Suku asmat di

Pertanyaan: Suku Asmat adalah sebuah suku di Papua. Suku asmat di kenal dengen hasil ukiran kayunya yang unik.Populasi Suku asmat terbagi dua, yaitu mereka yang tinggal pesisir pantai dan mereka yang tinggal dibagian pedalaman. Kedua polusi ini saling berbada satu satu sama lain dalam hal dialek, cara hidup, struktur sosial, dan ritual. Polusi pesisir pantai selanjutnya terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Suku bisman yang berada di antara sungai sinesty dan sungai nin serta Suku simai. Suku asmat berada di antara Suku mappi, Yahukimo Jayawijaya, dan di antara berbagai macam Suku lainnya yang ada di pulau Papua. Sebagai mana Suku lainnya yang berada di wilayah ini
Makna kata populasi pada teks tersebut adalah
A. Lingkungan tempat tinggal
B. Kumpulan adat istiadat
C. gabungan suatu wilayah
D. Penduduk disuatu daerah​

Jawaban:A.lingkungan tempat tinggal

Penjelasan:maaf kalau salah ya

A. lingkungan tempat tinggal

Penjelasan:

maaf kalo salah

jadikan jawaban tercerdas ya..^_^

Tulis kembali kalimat-kalimat berikut dengan menggunakan huruf kapital yang benar.pak

Pertanyaan: Tulis kembali kalimat-kalimat berikut dengan menggunakan huruf kapital yang benar.

pak ali dan ibu ani berangkat ke singapura kemarin sore.
silakan saudara masuk!
novel laskar pelangi adalah novel favoritku.
pegunungan yahukimo merupakan salah satu pegunungan di negara jepang.
rina fairani membeli buku yang berjudul layar terkembang.
nama latin padi adalah oriza sativa.
saya selalu membaca harian serambi indonesia setiap pagi.
buku itu bercerita tentang perang dunia 2.
kata bang doni, “kita harus tetap semangat dan pantang menyerah.”
bolehkah saya meminjam buku yang baru saja ayah baca​

Jawaban:

  • Pak Ali dan Ibu Ani berangkat ke singapura kemarin sore.
  • Silakan saudara masuk!
  • Novel laskar pelangi adalah Novel favoritku.
  • Pegunungan yahukimo merupakan salah satu pegunungan di negara Jepang.
  • Rina Fairani membeli buku yang berjudul layar terkembang.
  • Nama latin padi adalah Oriza Sativa.
  • Saya selalu membaca harian serambi indonesia setiap pagi.
  • Buku itu bercerita tentang perang dunia 2.
  • Kata bang doni, “Kita harus tetap semangat dan pantang menyerah.”
  • Bolehkah saya meminjam buku yang baru saja ayah baca.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Yahukimo, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Teks A Pesawat, 11.Teks A Pesawat, Tulis kembali kalimat-kalimat, Suku Asmat adalah, dan Pemerintah provinsi Papua.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …