liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Tangerang

Baju Adat Tangerang – Daftar pakaian adat komplit Indonesia memiliki sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Tangerang karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah merupakan salah satu elemen kebudayaan tempat. Faktor kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang layak dengan pesan-pesan skor adat istiadat yang ada di dalamnya. Selain itu, berkaitan secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Tangerang masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat setiap daerah di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Tangerang, jual baju adat padang  lapak nabillolshop bukalapak

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian tempat (Baju Adat Tangerang) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat yakni pakaian dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga merupakan pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Tangerang?

Bukan cuma di Indonesia, tiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Tangerang masing-masing mewakili klasifikasi masyarakat mereka. Karena baju adat yakni pakaian yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Setiap Baju Adat Tangerang umumnya terdiri dari beberapa bagian lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini adalah komponen komponen umumnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan yaitu komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya cocok sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti contohnya pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Umumnya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan merupakan pasangan dari atasan yang juga merupakan komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, contohnya ada busana pria mengaplikasikan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya yaitu penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya yakni kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu lazimnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Setiap tempat memiliki khasnya masing-masing, bentuknya juga bisa berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang umumnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya dijumpai pada baju khas wanita merupakan gelang, kaling, cincin dan juga anting. Sedangkan alas kaki menjadi bagian komplementer bagian bawah, modelnya beragam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Tangerang

baju adat kalimantan barat pontianak baju adat tradisional 700 x 700 · jpeg baju adat kalimantan barat pontianak baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
baju adat  propinsi hub hp wa  sewa baju makassar baju makassar sewa baju 720 x 1280 · jpeg baju adat propinsi hub hp wa sewa baju makassar baju makassar sewa baju from bajuadat34propinsi.blogspot.com

baju adat kalimantan tengah  baju adat tradisional 1000 x 1000 · jpeg baju adat kalimantan tengah baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa 560 x 700 · jpeg sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa from pengantinnusantaradotcom.blogspot.com

baju adat 450 x 268 · jpeg baju adat from bajuadatnegeriku.blogspot.com
sewa busana betawi dot   ph      sewa baju 1066 x 1600 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com

baju adat jawa timur budaya indonesia 240 x 320 · jpeg baju adat jawa timur budaya indonesia from budaya-indonesia.org
pakaian adat kepulauan bangka belitung  penjelasannya baju adat tradisional 300 x 225 · jpeg pakaian adat kepulauan bangka belitung penjelasannya baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

pakaian adat jakarta  penjelasan baju adat tradisional 690 x 458 · jpeg pakaian adat jakarta penjelasan baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
gambar  daftar nama lengkap pakaian adat daerah indonesia image  list full  apparel 213 x 320 · jpeg gambar daftar nama lengkap pakaian adat daerah indonesia image list full apparel from www.berbagaireviews.com

prakas arif gunawan 253 x 400 · jpeg prakas arif gunawan from prakasarifgunawan.blogspot.com
sewa busana betawi dot   ph       sewakan 750 x 1128 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewakan from sewabusanabetawi.blogspot.com

jual baju adat padang  lapak nabillolshop bukalapak 478 x 600 · jpeg jual baju adat padang lapak nabillolshop bukalapak from www.bukalapak.com
sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa 1024 x 1280 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah merupakan tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yakni memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menunjukkan atau mempertimbangkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap tempat, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Tiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini adalah suatu label setiap daerah. Teman-sahabat dapat mengenali kebudayaan suatu tempat lewat Baju Adat Tangerang yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi jati diri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai label setiap daerah, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada beragam acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di tiap daerah akan memakai pakaian adat.

Baju Adat Tangerang ini juga akan memutuskan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti saat perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan mengenakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Tangerang juga sering dipakai dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang pakaian adat dengan beraneka dekorasinya.

Malah pada beberapa daerah, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memasang hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai sekarang di sebagian daerah pakaian adat memiliki bermacam fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, merupakan beberapa baju adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Tangerang

upacara adat tangerang apa???

Pertanyaan: upacara adat tangerang apa???

Jawaban:Upacara Seba adalah upacara adat khas Suku Baduy yang ada di Kota Tangerang.

Penjelasan:Upacara Seba ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur mereka karena telah berhasil mengalami masa panen di ladang huma mereka

//MAAF kalo salah\

Jawaban:

Dalam sambutannya, A Zaki Iskandar, mengungkapkan bahwa sedekah bumi merupakan upacara adat masyarakat Kabupaten Tangerang. Sebagai simbol rasa syukur dalam menyambut hari jadi Kabupaten Tangerang.

Penjelasan:

maaf kalau salah

maaf kalau salah tapi kalau menurutku ya gitu

keberagaman kota Tangerang yaitu Kantor Pajak Kota Tangerang kantor pos

Pertanyaan: keberagaman kota Tangerang yaitu Kantor Pajak Kota Tangerang kantor pos kota Tangerang kota Tangerang Walikota Tangerang​

Jawaban:

D. Kantor Walikota Tangerang

Penjelasan:

Karena di bangunannya ada tulisan pusat pemerintahan

Maaf klo salah 🙂

bagaimana kabupaten tangerang memenuhi kebutuhan yang tidak dihasilkan oleh kabupaten

Pertanyaan: bagaimana kabupaten tangerang memenuhi kebutuhan yang tidak dihasilkan oleh kabupaten tangerang​

Jawaban:

Pemerintah Kabupaten Tangerang mencanangkan “Program Unggulan” sebagai program pembangunan daerah yang merupakan program monumental berbasis isu strategis untuk mendongkrak langsung pencapaian VISI MISI yang diusung Kepala Daerah. Program ini menjadi program prioritas bersifat strategik yang berorientasi terhadap pencapaian sasaran pembangunan.

Pemerintah Kabupaten Tangerang secara konsisten telah dan akan mengawal serta melaksanakan 25 (dua puluh lima) program unggulan sebagai program yang bersifat lintas sektor dan lintas SKPD, sehingga program tersebut dapat menuntaskan permasalahan daerah secara sinergis dan terintegrasi. Program ini dimaksudkan untuk menangani permasalahan yang penting, mendesak dan berpengaruh besar terhadap tatanan masyarakat dan penanganannya memerlukan keterlibatan berbagai pemangku kepentingan. SKPD terkait dengan menggandeng swasta maupun kelompok masyarakat secara konsisten bersama-sama melalui perencanaan yang matang diharapkan dapat mewujudkan tujuan program ini.

Berikut adalah 25 Program Unggulan Kabupaten Tangerang:

1. PENINGKATAN AKSES PENDIDIKAN

Tantangan dalam pembangunan pendidikan adalah meningkatkan taraf pendidikan seluruh masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan dasar yang berkualitas dan meningkatkan akses pendidikan. Perluasan pemenuhan hak dan kebutuhan dasar perlu menjadi perhatian untuk peningkatan kualitas hidup terutama bagi masyarakat kurang mampu diantaranya pemenuhan akses pendidikan. Oleh karena itu pendidikan menjadi fokus utama dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang. Salah satu langkah untuk memenuhi kebutuhan akses pendidikan adalah Pembangunan Ruang Kelas, terutama untuk sekolah menumpang dan sekolah yang masih membutuhkan Ruang Kelas Baru, hal ini untuk memenuhi standar SPM khususnya pemenuhan target indikator Rasio Murid per kelas di Kabupaten Tangerang. Untuk memenuhi kebutuhan ruang kelas diperoleh dari berbagai sumber anggaran baik dari APBD Kabupaten Tangerang maupun bersumber dari APBN dalam bentuk Dana Alokasi Khusus dari Kementerian Pendidikan, dari Kementerian Agama dalam bentuk pembangunan sekolah Madrasah di Kabupaten Tangerang dan sumber pendanaan lainnya. Berbagai yayasan pengelola sekolah pun turut ambil bagian dalam pencapaian target tersebut. SKPD yang terkait dengan program ini antara lain Dinas Pendidikan dan Dinas Cipta Karya.

2. PENINGKATAN SARANA KESEHATAN

Selain sektor pendidikan, sektor kesehatan menjadi target pembangunan yang diprioritaskan oleh Kepala daerah dan segenap jajarannya. Pemenuhan sarana dan prasarana puskesmas serta peningkatan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap menjadi salah satu upaya dalam peningakatan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Tangerang sampai dengan tahun 2018 ditargetkan 8 Puskesmas ditingkatkan menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Tangerang juga menargetkan beroperasinya RSUD Pantura untuk menangani masyarakat Kabupaten Tangerang di wilayah utara Kabupaten Tangerang. Sarana dan prasarana kesehatan saat ini terkonsentrasi di wilayah tengah dan wilayah selatan Kabupaten Tangerang, sedangkan diwilayah utara masih kurang dalam akses kesehatan. Hal tersebut perlu segera ditangani untuk memberikan layanan kesehatan yang layak bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah utara. Oleh karena ini Pemerintah Kabupaten Tangerang mencanangkan program unggulan berupa pembangunan RSUD di wilayah utara.

Pemenuhan standar Rumah Sakit tipe B Pendidikan untuk Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang dan Standar Rumah Sakit Tipe B untuk Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja terus diupayakan dengan pemenuhan sarana dan prasarana Rumah Sakit secara bertahap. SKPD yang terkait dalam program ini diantaranya Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Tangerang, Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja, Bagian Pertanahan pada Sekretariat Daerah dan Dinas Cipta Karya.

3. KARTU PINTAR

Pendidikan menjadi kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga pendidikan menjadi hak bagi seluruh masyarakat tidak terkecuali untuk masyarakat kurang mampu. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tangerang memiliki inisiatif untuk menerbitkan kartu pintar untuk membuka akses layanan pendidikan seluas-luasnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Program yang mendukung KARTU PINTAR yaitu Program Manajemen pelayanan pendidikan yang dilaksanakan dengan melalui penyediaan beasiswa bagi keluarga kurang mampu.

Diharapkan pada akhir masa RPJMD dapat membuka akses layanan pendidikan yang memadai bagi seluruh siswa MBR Kabupaten Tangerang. Pihak yang terkait dalam mengawal terwujudnya penerbitan dan penerapan kartu pintar ini antara lain Dinas Pendidikan, BAPPEDA sebagai lembaga yang memfasilitasi koordinasi instansi terkait dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai instansi pendukung yang turut mensukseskan program ini.

# semoga membantu #

Perda kota tangerang dibuat oleh Dprd kota tangerang bersama

Pertanyaan: Perda kota tangerang dibuat oleh Dprd kota tangerang bersama

wali kota tengerang….

walikota tanggerang, kalau gk slaah

Apa nama pakaian adat Tangerang​

Pertanyaan: Apa nama pakaian adat Tangerang​

Jawaban:

Baju Sadariah

Penjelasan:

Untuk baju adat laki-laki, ada baju koko adat Betawi yang biasa disebut dengan Sadariah. Biasanya, berwarna putih polos.

—————————————————————————————————————-#semogamembantu

tuliskan 3 adat istiadat di Tangerang dan di Karawang​

Pertanyaan: tuliskan 3 adat istiadat di Tangerang dan di Karawang​

Tangerang
-Lenggang Cisadane
-Silat Beksi
-Upacara Seba

Karawang
Babarit-Baritan, Ngetrukeun Kanjut Kundang, Guyuban, Hajat BUmi

maaf kalo slh

tanggerang

upacara seba

silat beksi

lenggang cisadane

karawang

bebaritbaritan

guyuban

hajat bumi

baju adat tangerang??​

Pertanyaan: baju adat tangerang??​

Jawaban:

baju adat pangsi

Penjelasan:

baju adat tanggerang/ banten

Jawaban:

baju tangerang adlh sadariah

Jelaskan beberapa keunikan yang dimiliki oleh kota tangerang kota tangerang

Pertanyaan: Jelaskan beberapa keunikan yang dimiliki oleh kota tangerang kota tangerang ?

Jawaban:

1.Museum Benteng Heritage

2.Masjid Kali Pasir

3.Klenteng Boen Tek Bio

nama rumah adat Tangerang

Pertanyaan: nama rumah adat Tangerang

1. Rumah kapitan oey Dji San
2. Rumah keluarga tan un long
3. Rumah kebaya

1.Nama rumah adat daerah tanggerang selatan?2.bentuk rumah adat di daerah

Pertanyaan: 1.Nama rumah adat daerah tanggerang selatan?
2.bentuk rumah adat di daerah tanggerang selatan?
4. bahan pembuatan rumah adat di daerah Tangerang Selatan?
3. keunikan rumah adat di daerah Tangerang Selatan?

Jawaban:

1. rumah kebaya

2. atasny segitiga kemudian ada trapesium

3. kayu dan bilik bambu

4. Konon, bila dilihat dari samping, atapnya berbentuk lipatan kebaya. Atap berbentuk limas merupakan ciri khas Rumah Joglo

Penjelasan:

gw liat di google

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Tangerang, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti baju adat tangerang??​, nama rumah adat, keberagaman kota Tangerang, upacara adat tangerang, dan Jelaskan beberapa keunikan.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …