Baju Adat Sleman

Baju adat Sleman memiliki karakteristik tertentu dengan corak dan warna yang khas. Baju adat ini terdiri dari atasan yang longgar berlengan panjang dan bernada sederhana dan bawahan yang lebih pendek dari atasan. Atasan biasanya berwarna hijau, abu-abu, biru, putih dan merah, sementara bawahan biasanya berwarna putih. Biasanya dipadukan dengan songkok hitam atau ikat kepala lainnya. Celana pendek dapat dipakai di bawah bawahan baju adat Sleman.

Daftar baju adat lengkap Indonesia memiliki sebanyak 34 baju adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Sleman karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional tempat adalah salah satu faktor kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang pantas dengan pesan-pesan nilai adat istiadat yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berhubungan secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa daerah seperti Baju Adat Sleman masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap daerah di Indonesi?. Setiap wilayah di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Sleman, nama baju daerah maluku utara baju adat tradisional

Indonesia terdiri dari keberagaman tradisi dan adat-istiadatnya di sebagian tempat (Baju Adat Sleman) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat yaitu baju diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Sleman?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di seluruh dunia juga memiliki Baju Adat Sleman masing-masing mewakili klasifikasi masyarakat mereka. Karena baju adat adalah baju yang diciptakan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tersebut.

Tiap Baju Adat Sleman biasanya terdiri dari beberapa bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini yaitu bagian bagian lazimnya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan bagian inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti contohnya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif cocok dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yakni pasangan dari atasan yang juga adalah komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, umpamanya ada busana pria menggunakan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya yaitu penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen berikutnya merupakan kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap daerah mempunyai khasnya masing-masing, bentuknya juga bisa berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang umumnya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Haloban

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya dijumpai pada pakaian khas wanita ialah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Walaupun alas kaki menjadi komponen komplemen komponen bawah, modelnya berbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Sleman

baju pengantin jogja muslim journey sky traditional tentu pernikahan 800 x 1200 · jpeg baju pengantin jogja muslim journey sky traditional tentu pernikahan from bagustiano.blogspot.com
baju adat aceh tari saman terkini 512 x 640 · jpeg baju adat aceh tari saman terkini from pakaianstylish.blogspot.com

baju pengantin adat jogja muslim baju pengantin adat sunda muslim modern diary hijaber 500 x 500 · jpeg baju pengantin adat jogja muslim baju pengantin adat sunda muslim modern diary hijaber from aisagambar.blogspot.com
baju adat aceh tari saman sarana pendidikan menuju indonesia gemilang 700 x 700 · jpeg baju adat aceh tari saman sarana pendidikan menuju indonesia gemilang from stokistlionelli.blogspot.com

sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat lombok bimantb jakartahub 1600 x 1062 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat lombok bimantb jakartahub from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com
pakaian adat sulawesi utara video baju adat tradisional 1600 x 2397 · jpeg pakaian adat sulawesi utara video baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

mewarnai pakaian adat sumatera baju adat tradisional 596 x 630 · jpeg mewarnai pakaian adat sumatera baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
baju kurung kedah tradisional melayu sejarah pakaian perhiasan tradisional kedah peristiwa 960 x 625 · jpeg baju kurung kedah tradisional melayu sejarah pakaian perhiasan tradisional kedah peristiwa from the-lovetrain.blogspot.com

baju adat sumatera barat kartun terbaik padang pakaian adat sumatera barat kartun ideku unik 160 x 298 · jpeg baju adat sumatera barat kartun terbaik padang pakaian adat sumatera barat kartun ideku unik from pohontumbangg.blogspot.com
nama baju daerah maluku utara baju adat tradisional 688 x 688 · jpeg nama baju daerah maluku utara baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

baju adat sumatera barat kartun pakaian adat sumatera utara ragam baju tradisional suku 960 x 720 · jpeg baju adat sumatera barat kartun pakaian adat sumatera utara ragam baju tradisional suku from anamviralzz.blogspot.com
pakaian adat khas cilacap pakaian adat 700 x 700 · jpeg pakaian adat khas cilacap pakaian adat from adat88.blogspot.com

indahnya wisata indonesiaku sarung tenun samarinda tajong samarinda samarinda seberang 390 x 260 · jpeg indahnya wisata indonesiaku sarung tenun samarinda tajong samarinda samarinda seberang from desiskafadhila.blogspot.com
penyewaan baju adat jakarta baju baju adat 300 x 400 · jpeg penyewaan baju adat jakarta baju baju adat from asepruswandipenyewaanbajuadat.blogspot.com

indahnya wisata budaya kampung adat praijing sumba 724 x 581 · jpeg indahnya wisata budaya kampung adat praijing sumba from www.suara.com
keunikan pakaian adat sulawesi barat berbagai kelengkapannya 300 x 225 · jpeg keunikan pakaian adat sulawesi barat berbagai kelengkapannya from fitinline.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat yaitu tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu bentuk melestarikannya ialah memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menampakkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap daerah, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Identitas Tiap Tempat

Baju adat yang berbeda-beda ini ialah suatu ciri tiap-tiap daerah. Sahabat-teman bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melalui Baju Adat Sleman yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi identitas masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai ciri tiap tempat, baju adat ini juga banyak digunakan pada berjenis-jenis acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di tiap tempat akan mengaplikasikan pakaian adat.

Baju Adat Sleman ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan memasang kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Sleman juga sering diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memakai baju adat dengan beragam dekorasinya.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Huli

Malahan pada sebagian tempat, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat sampai 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga sekarang di sebagian daerah baju adat mempunyai bermacam-macam fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian baju adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, adalah beberapa baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Sleman

banyak koperasi di Sleman setiap tahunnya berbeda-beda terjadi kenaikan atau

Pertanyaan: banyak koperasi di Sleman setiap tahunnya berbeda-beda terjadi kenaikan atau penurunan banyak operasi pernyataan-pernyataan yang benar terkait kenaikan dan penurunan yang Koperasi di Sleman adalahtahun 2016 banyak koperasi di Sleman mengalami kenaikan B banyak koperasi di Sleman tahun 2017 mengalami kenaikan penurunan banyak koperasi di Sleman Tahun 2017 adalah 151 penurunan banyak koperasi di Sleman dari tahun 2017-2018 adalah 71 ​

Jawaban:

banyak koperasi di Sleman setiap tahunnya berbeda-beda terjadi kenaikan atau penurunan banyak operasi pernyataan-pernyataan yang benar terkait kenaikan dan penurunan yang Koperasi di Sleman adalahtahun 2016 banyak koperasi di Sleman mengalami kenaikan B banyak koperasi di Sleman tahun 2017 mengalami kenaikan penurunan banyak koperasi di Sleman Tahun 2017 adalah 151 penurunan banyak koperasi di Sleman dari tahun 2017-2018 adalah 71 ​

Penjelasan:

Maaf gak ada pertanyaannya

Penjelasan tentang “Sleman”?

Pertanyaan: Penjelasan tentang “Sleman”?

Sleman adalah ibukota dari Provinsi Yogyakarta yang terletak di pusat pemerintahan Yogyakarta

Itu ada apa saja yang ada di sleman​

Pertanyaan: Itu ada apa saja yang ada di sleman​

Jawaban:

Gunung merapi dan sungai Opak.

maaf klo salah

Penjelasan:

komoditas unggulan dari sleman yaitu?

Pertanyaan: komoditas unggulan dari sleman yaitu?

Jawabannya yaitu Batik Sleman

jawabannya adalah

” Batik Sleman ”

smoga membantu ya kak ^^
#jadikan jawaban terbaik ,,,,,,,

bupati sleman sekarang ini

Pertanyaan: bupati sleman sekarang ini

Dikenal tegas, jujur dan santun, Sri Purnomo (SP) memulai karirnya sebagai guru pada tahun 1984. Tahun 2005-2010, SP dipercaya menjadi Wakil Bupati Sleman. Kemudian berpasangan dengan Hj. Yuni Satia Rahayu, S.S, M.Hum, Sri Purnomo terpilih menjadi Bupati-Wakil Sleman periode 2010-2015. Setelah berhasil mengalahkan enam pesaingnya, Sri Purnomo tetap kalem dan santun. Ketika ditanya apa yang akan dilakukannya 5 tahun ke depan, Sri Purnomo menjawab tegas bahwa dirinya akan melanjutkan apa yang sudah diperjuangkan selama lima tahun sebelumnya.

Menurut Sri Purnomo, saat ini Sleman dalam kondisi bagus, namun ke depan masih harus ditingkatkan lagi. Menjadi Bupati bagi Sri Purnomo berarti harus kerja keras. Ia berkomitmen untuk membawa Sleman menjadi kabupaten terbaik di Indonesia.

 

apakah stasiun Sleman masih aktif?????

Pertanyaan: apakah stasiun Sleman masih aktif?????

Jawaban:

tidak

Penjelasan:

karena sudah lama tidak di pakai

Desa di sleman ada berapa?

Pertanyaan: Desa di sleman ada berapa?

Jawaban: ada 87

A

Ambarketawang, Gamping, Sleman

Argomulyo, Cangkringan, Sleman

B

Balecatur, Gamping, Sleman

Bangunkerto, Turi, Sleman

Banyuraden, Gamping, Sleman

Banyurejo, Tempel, Sleman

Bimomartani, Ngemplak, Sleman

Bokoharjo, Prambanan, Sleman

C

Candibinangun, Pakem, Sleman

Caturharjo, Sleman, Sleman

Caturtunggal, Depok, Sleman

Condongcatur, Depok, Sleman

D

Donoharjo, Ngaglik, Sleman

Donokerto, Turi, Sleman

G

Gayamharjo, Prambanan, Sleman

Girikerto, Turi, Sleman

Glagaharjo, Cangkringan, Sleman

H

Hargobinangun, Pakem, Sleman

Harjobinangun, Pakem, Sleman

J

Jogotirto, Berbah, Sleman

K

Kalitirto, Berbah, Sleman

Kepuharjo, Cangkringan, Sleman

Krompakan, Minggir, Sleman

L

Lumbungrejo, Tempel, Sleman

M

Madurejo, Prambanan, Sleman

Maguwoharjo, Depok, Sleman

Margoagung, Seyegan, Sleman

Margodadi, Seyegan, Sleman

Margokaton, Seyegan, Sleman

Margoluwih, Seyegan, Sleman

Margomulyo, Seyegan, Sleman

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Huli

Margorejo, Tempel, Sleman

Merdikorejo, Tempel, Sleman

Minomartani, Ngaglik, Sleman

Mororejo, Tempel, Sleman

P

Pakembinangun, Pakem, Sleman

Pandowoharjo, Sleman, Sleman

Pondokrejo, Tempel, Sleman

Purwobinangun, Pakem, Sleman

Purwomartani, Kalasan, Sleman

S

Sambirejo, Prambanan, Sleman

Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman

Sariharjo, Ngaglik, Sleman

Selomartani, Kalasan, Sleman

Sendangadi, Mlati, Sleman

Sendangagung, Minggir, Sleman

Sendangarum, Minggir, Sleman

Sendangmulyo, Minggir, Sleman

Sendangrejo, Minggir, Sleman

Sendangsari, Minggir, Sleman

Sendangtirto, Berbah, Sleman

Sidoagung, Godean, Sleman

Sidoarum, Godean, Sleman

Sidokarto, Godean, Sleman

Sidoluhur, Godean, Sleman

Sidomoyo, Godean, Sleman

Sidomulyo, Godean, Sleman

Sidorejo, Godean, Sleman

Sinduadi, Mlati, Sleman

Sinduharjo, Ngaglik, Sleman

Sindumartani, Ngemplak, Sleman

Sukoharjo, Ngaglik, Sleman

Sumberadi, Mlati, Sleman

Sumberagung, Moyudan, Sleman

Sumberarum, Moyudan, Sleman

Sumberejo, Tempel, Sleman

Sumberharjo, Prambanan, Sleman

Sumberrahayu, Moyudan, Sleman

Sumbersari, Moyudan, Sleman

T

Tamanmartani, Kalasan, Sleman

Tambakrejo, Tempel, Sleman

Tegaltirto, Berbah, Sleman

Tirtoadi, Mlati, Sleman

Tirtomartani, Kalasan, Sleman

Tlogoadi, Mlati, Sleman

Tridadi, Sleman, Sleman

Trihanggo, Gamping, Sleman

Triharjo, Sleman, Sleman

Trimulyo, Sleman, Sleman

U

Umbulharjo, Cangkringan, Sleman

Umbulmartani, Ngemplak, Sleman

W

Wedomartani, Ngemplak, Sleman

Widodomartani, Ngemplak, Sleman

Wonokerto, Turi, Sleman

Wukirharjo, Prambanan, Sleman

Wukirsari, Cangkringan, Sleman

Wukisari, Cangkringan, Sleman

Penjelasan:

Keragaman kebudayaan daerah pada gambar 1 dan 2 berasal dari…

Pertanyaan: Keragaman kebudayaan daerah pada gambar 1 dan 2 berasal dari…
A. Bantul dan Sleman
B. Kulonprogo dan Sleman
C. Sleman dan Yogyakarta
D. Yogyakarta dan Gunungkidul

Jawaban:

1.a

Penjelasan:

semoga membantu maaf kalau slh

4.ntuk menghitung jumlah penjualan area Sleman, formulanya: A.=SUMIFB4:B8;”Sleman”;G4:G8 B.=SUMIFC4:C8;”Sleman”;G4:G8 C.=SUMIFD4:D8;”Sleman”;G4:G8

Pertanyaan: 4.ntuk menghitung jumlah penjualan area Sleman, formulanya:
A.=SUMIFB4:B8;”Sleman”;G4:G8

B.=SUMIFC4:C8;”Sleman”;G4:G8

C.=SUMIFD4:D8;”Sleman”;G4:G8

D.=SUMIFE4:E8;”Sleman”;G4:G8

4. Untuk menghitung jumlah penjualan area Sleman, formulanya adalah =SUMIF(C4:C8;”Sleman”;G4:G8) (Jawaban B).

A.=SUMIF(B4:B8;”Sleman”;G4:G8) (Jawaban Salah).

B.=SUMIF(C4:C8;”Sleman”;G4:G8) (Jawaban Benar).

C.=SUMIF(D4:D8;”Sleman”;G4:G8) (Jawaban Salah).

D.=SUMIF(E4:E8;”Sleman”;G4:G8) (Jawaban Salah).

Pembahasan

Saat ini Microsoft Excel merupakan salah satu software yang sangat familiar dan sangat penting yang digunakan di berbagai keperluan baik dari tingkat sekolah hingga tingkat perkantoran. Dengan menggunakan microsoft excel maka dapat mempermudah seseorang dalam menyelesaikan berbagai perhitungan angkat.

Sebelum membahas mengapa jawaban di atas adalah B, maka perlu kita jelaskan dulu beberapa hal yang terkait dengan excel untuk mengisi soal diatas yaitu:

  • Worksheet adalah lembar kerja dari microsoft excel yang terdiri dari beberapa sheet.
  • Sheet adalah lembar kerjayang kita kerjakan di dalam worksheet.
  • Column atau Kolom adalah bagian worksheet yang melintang vertikal (atas ke bawah) dan ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya.
  • ROw atau baris adalah adalah bagian dari worksheet yang melintang horisontal ke samping dan ditandai dengan nomor angka 1,2,3.
  • Formula adalah sebuah perintah yang kita gunakan untuk memproses sebuah data (kumpulan angka) sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  • SUM adalah formula yang digunakan untuk menjumlahkan angka.
  • SUMIF adalah formula yang digunakan untuk menjumlahkan data dengan menggunakan kriteria.

Berikutnya adalah kita lihat pada gambar, disana ada kumpulan nama yang terdiri dari Lidya, Sandra dan seterusnya ditempatkan secara vertikal di kolom B4:B8 artinya ditempatkan dimulai di Kolom B baris keempat samapai dengan kolom B baris kedelapan.

Kemudian terdapat juga area yang terdiri dari Jogja, Sleman dan Bantul yang ditempatkan di kolom C4:C8 artinya ditempatkan secara vertikal dimulai kolom C baris keempat sampai dengan kolom C baris kedelapan.

Sehingga untuk mendapatkan hasil total penjumlahan dari kota Sleman maka kita gunakan SUMIF yaitu penjumlahkan dengan kriteria. Kriterianya apa? yaitu “Sleman”. Sehingga jika ditulis rumusnya adalah sebagai berikut:

       =SUMIF(range;criteria;[sum_range]) dimasukan kriterianya menjadi:

       =SUMIF(C4:C8;”Sleman”;G4:G8)

 

Artinya dari rumus tersebut adalah Penjumlahan dimulai kolom C baris keempat sampai dengan kolom C baris kedelapan dengan kriteria (yang dijumahkan) adalah “SLEMAN” dan range angka yang dijumlahkan adalah di kolom G baris keempat sampai dengan kolom G baris kedelapan. Jika dimasukkan rumus tersebut maka kita dapatkan hasilnya adalah Rp. 345.000.

Pelajari lebih lanjut

1.  Materi tentang cara save di excel dengan benar brainly.co.id/tugas/2333227

2. Materi tentang program pengolahan data brainly.co.id/tugas/3475576

3. Materi tentang perbedaan microsoft excel brainly.co.id/tugas/100527

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: TIK

Bab: Perangkat Lunak Komputer

Kode: 7.11.8

#TingkatkanPrestasimu

apakah Sleman jaman dahulu lebih bersih daripada Sleman, Yogyakarta yang

Pertanyaan: apakah Sleman jaman dahulu lebih bersih daripada Sleman, Yogyakarta yang sekarang?​

Jawaban:

ya karna,jama dahulu kota”indonesia seperti sleman,masih bersih Dan masih terjaga kelestarianya

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Sleman, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Desa di sleman, 4.ntuk menghitung jumlah, komoditas unggulan dari, Penjelasan tentang “Sleman”?, dan apakah Sleman jaman.

Check Also

Ciri Khas Suku Rote

Ciri Khas Suku Rote – Tingkat budaya lokal etnis-etnis di Indonesia menampilkan keberagaman yang luar …