liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Serang

Baju Adat Serang – Daftar baju adat komplit Indonesia memiliki sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Serang karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah merupakan salah satu unsur kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan tersebut memiliki fungsi yang cocok dengan pesan-pesan nilai kebiasaan yang ada di dalamnya. Kecuali itu, terkait secara seketika dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Serang masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Serang, provinsi banten pakaian adat banten

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Serang) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat yakni baju dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan identitas dari suatu klasifikasi masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Serang?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Serang masing-masing mewakili klasifikasi masyarakat mereka. Karena pakaian adat merupakan pakaian yang dihasilkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tertentu.

Setiap Baju Adat Serang biasanya terdiri dari beberapa komponen lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini adalah bagian komponen biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan ialah komponen inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Umumnya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yaitu pasangan dari atasan yang juga yaitu bagian penting. Modelnya juga bisa bervariasi, contohnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya adalah penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau pelengkap berikutnya ialah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu lazimnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada pakaian khas wanita yaitu gelang, kaling, cincin dan juga anting. Walaupun alas kaki menjadi komponen komplemen bagian bawah, modelnya berbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Serang

info populer sewa baju adat  serang banten 1024 x 538 · jpeg info populer sewa baju adat serang banten from topbajuidaman.blogspot.com
provinsi banten pakaian adat banten 294 x 536 · png provinsi banten pakaian adat banten from contohbanner.com

satlantas polres serang kota petugas beri pelayanan  baju adat derap fakta 649 x 709 · jpeg satlantas polres serang kota petugas beri pelayanan baju adat derap fakta from derapfakta.com
keren baju adat cirebon smart mommy 704 x 960 · jpeg keren baju adat cirebon smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com

cerelia amanda pakaiantarianrumah adatsenjata tradisional  sukunya 960 x 720 · jpeg cerelia amanda pakaiantarianrumah adatsenjata tradisional sukunya from cerelia19.blogspot.com
latest baju kurung  adat sumatera barat pakaian  digunakan oleh kaum wanita disebut 314 x 432 · jpeg latest baju kurung adat sumatera barat pakaian digunakan oleh kaum wanita disebut from www.pinterest.com

macam macam pakaian adat baju adat tradisional 640 x 640 · jpeg macam macam pakaian adat baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
baju adat  propinsi hub hp wa  sewa baju makassar baju makassar sewa baju 474 x 842 · jpeg baju adat propinsi hub hp wa sewa baju makassar baju makassar sewa baju from bajuadat34propinsi.blogspot.com

sanggar nusantara dot  jakarta sewa baju lampung sewa baju daerah adat lampung 900 x 1600 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju lampung sewa baju daerah adat lampung from sanggarnusantaradotcom.blogspot.co.id
sewa dekorasi pernikahan bali wild country fine arts 1080 x 1350 · jpeg sewa dekorasi pernikahan bali wild country fine arts from wildcountryfinearts.com

pakaian sipil resmi dprd baju adat tradisional 750 x 500 · jpeg pakaian sipil resmi dprd baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
mengenal  baju adat  indonesia persewaan baju karnaval 1131 x 1600 · jpeg mengenal baju adat indonesia persewaan baju karnaval from purnamakostum.wordpress.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah merupakan tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yakni memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi baju adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga memperlihatkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap daerah, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Ciri Tiap-tiap Tempat

Baju adat yang berbeda-beda ini ialah suatu ciri tiap tempat. Teman-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Serang yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi identitas masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai ciri tiap-tiap tempat, baju adat ini juga banyak digunakan pada bermacam acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di setiap tempat akan menggunakan pakaian adat.

Baju Adat Serang ini juga akan menetapkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan mengenakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Serang juga tak jarang digunakan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan mengenakan baju adat dengan pelbagai dekorasinya.

Bahkan pada beberapa tempat, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memasang hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang menawan.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga sekarang di beberapa tempat pakaian adat memiliki berbagai fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yakni sebagian baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

2 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Serang

1. Berikut merupakan keberagaman yang yang ada di Indonesia kecuali

Pertanyaan: 1. Berikut merupakan keberagaman yang yang ada di Indonesia kecuali … *

a. Ideologi
b. Suku bangsa
c. Agama
d. Bahasa

2. Kebiasaan dan aturan aturan yang diterapkan dalam suatu masyarakat secara turun temurun disebut … *

a. Aturan khas daerah
b. Hukum adat
c. Adat istiadat
d. Kebiasaan

3. Umat hindu merayakan hari raya … *

a. Idul fitri
b. Natal
c. Waisak
d. Nyepi

4. Di bawah ini yang termasuk suku yang berasal dari Papua adalah suku … *

a. Dayak
b. Asmat
c. Bugis
d. Sunda

5. Dayak termasuk suku bangsa yang terdapat di … *

a. Papua
b. Kalimantan
c. Sumatera
d. Jawa

6. Ngaben adalah upacara kematian yang berada di … *

a. Banyuwangi
b. Lombok
c. Aceh
d. Bali

7. Rumah gadang merupakan rumah adat dari suku … *

a. Minangkabau
b. Batak
c. Toraja
d. Dayak

8. Baju Bodo merupakan pakaian adat suku … *

a. Batak
b. Toraja
c. Bugis
d. Dayak

9. Di bawah ini yang bukan termasuk keberagaman di rumah adalah … *

a. Sifat
b. Kelas
c. Hobi
d. Kebiasaaan

10. Meskipun memiliki perbedaan antar anggota keluarga kita harus tetap … *

a. Menjauhi
b. Menghormati
c. Bermusuhan
d. Bersaing

11. Upacara adat Bonga Padi merupakan upacara yang berasal dari … *

a. Banyuwangi
b. Aceh
c. Indramayu
d. Lombok

12. Upacara turun ke sawah di aceh di sebut … *

a. Bonga padi
b. Sedekal laut
c. Tron u Blang
d. Sedekah bumi

13. Sistem kekerabatan berdasarkan garis keturunan ibu di sebut dengan … *

a. Patrilineal
b. Bilateral
c. Multiteral
d. Matrilineal

14. Rumah adat betang berbentuk rumah panggung, tujuannya untuk menghindari … *

a. Serangan musuh
b. Serangga
c. Binatang buas
d. Nyamuk

15. Cara menghargai budaya dari daerah lain adalah … *

Biasa saja terhadap budaya daerah lain
Tidak mencela pertunjukkan kesenian daerah lain
Tetap menganggap budaya sendiri yang paling hebat
Menonjolkan budaya daerah sendiri

16. Tari pendet berasal dari … *

a. Kalimantan
b. Sumatera
c. Jawa Timur
d. Bali

17. Tarling merupakan seni pertunjukan dari daerah … *

a. Jawa barat
b. Jawa Tengah
c. Cirebon
d. Kalimantan

18. Keragaman budaya yang kita miliki merupakan satu kesatuan untuk … *

a. Beradu
b. Bersatu
c. Berselisih
d. Bertengkar

19. Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, namun penduduk Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi antar daerah karena memiliki … *

a. Satu presiden yang sama
b. UUD 1945 sebagai dasar Negara
c. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
d. Garuda Pancasila sebagai lambang Negara

20. Tongkonan, Betang, dan gadang adalah contoh keragaman budaya Indonesia berupa … *

a. Tarian daerah
b. Lagu daerah
c. Pakaian adat
d. Rumah adat

DIJAWAB YANG BENAR TULIS HURUF NYA AJA ( a , b , c , d )

1. A

2. A

3. D

4. A

5. A

6. D

8. C

9. B

10. B

15. B

18. A

19. C

Penjelasan:

maaf hanya bisa menjawab No 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10, 15, 18, dan 19 maaf yang No lainnya gak bisa jawab

1. Bacalah berita di bawah ini dengan seksama! Perbedaan Suku

Pertanyaan: 1. Bacalah berita di bawah ini dengan seksama!
Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar, Bagaimana Cirinya?
Dikutip dari : nasional.tempo.co, Jakarta, Hendrik Khoirul Muhid, 9 Mei 2022
Sejumlah warga Baduy mengikuti tradisi Ritual Seba Baduy di Pendopo Gubernur Banten, di
Serang, Sabtu 7 Mei 2022. Ritual itu ditandai penyerahan hasil bumi kepada wakil pemerintah.
Tradisi ini kembali dilakukan secara terbuka setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat
pandemi COVID-19.
Mengutip laman pusmenjar.kemdikbud.go.id, Baduy merupakan suku yang tinggal di Provinsi
Banten. Sebutan Baduy awalnya merupakan nama yang diberikan peneliti Belanda. Diduga nama
Baduy merupakan pelesetan kata Badawi dalam bahasa Arab, yang artinya berpindah-pindah atau
nomaden. Nama Baduy kemudian melekat di kalangan masyarakat. Suku Baduy terbagi menjadi
dua, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar.
Lalu, Apa beda suku Baduy Dalam dan Baduy Luar? Mengutip dari dispar.bantenprov.go.id,
perbedaan suku Baduy Dalam dan Baduy Luar dapat diketahui dari tradisi dan norma adat yang
berlaku di dalamnya. Sesuai namanya, Baduy Luar secara tradisi dan norma telah dipengaruhi oleh
budaya modern.
Untuk menopang kehidupan sehari-hari, Ketua Adat atau biasa disebut Jaro memperkenankan
warganya menggunakan barang elektronik maupun produk buatan pabrik. Mereka umumnya juga
lebih terbuka dan mau menerima tamu dari luar, bahkan mancanegara, untuk menginap di rumah
mereka.
Sementara masyarakat Baduy Dalam umumnya lebih tertutup dan tidak menerima pengaruh
budaya dari luar. Mereka memegang teguh konsep pikukuh. Ini adalah aturan adat yang isi
terpentingnya mengenai keapaadaan. Sebuah konsep tentang tidak ada perubahan sesedikit
mungkin atau tanpa perubahan apa pun. Aturan ini diterapkan secara mutlak dalam keseharian
mereka sehingga banyak pantangan yang masih sangat ketat diberlakukan.
Baduy Dalam memiliki tiga kampung yang bertugas menyediakan kebutuhan dasar semua
masyarakat. Tugas ini dipimpin oleh Pu’un selaku ketua adat tertinggi, serta dibantu oleh Jaro
sebagai wakilnya. Sebagai tanda kepatuhan sekaligus pengakuan kepada penguasa, masyarakat
Baduy secara rutin melaksanakan Seba. Jika tak ada halangan, tradisi ini rutin diadakan setahun
sekali. Mereka menyerahkannya hasil bumi kepada penguasa setempat, yaitu Gubernur Banten.
Perbedaan lainnya terlihat dari cara berpakaian. Baju keseharian masyarakat Baduy Dalam
umumnya dominan balutan putih. Kadang hanya bagian celananya saja berwarna hitam ataupun
biru tua. Warna putih itu melambangkan kesucian dan budaya yang tidak terpengaruh dari luar.
Sementara Baduy Luar menggunakan baju serba hitam atau biru tua saat melakukan aktivitas. Hal
ini menandakan bahwa masyarakat Baduy Luar telah terkontaminasi dengan budaya modern.
Ditinjau dari jumlah penduduknya, masyarakat Baduy Luar memiliki kelompok besar berjumlah
ribuan orang. Mereka menempati puluhan kampung di bagian utara Kanekes seperti daerah
kaduketuk, cikaju, gajeboh, kadukolot, Cisagu, dan sebagainya. Sementara di bagian selatan yang
20
SOSI4303
2 dari 3
terletak di pedalaman hutan ditempati masyarakat Baduy Dalam. Jumlah berpenduduk Baduy
Dalam hanya ratusan jiwa serta tersebar di tiga daerah, yaitu kampung Cibeo, Cikeusik, dan
Cikartawana.
(Berita ini telah dipotong untuk menyesuaikan dengan substansi pertanyaan)
Dari wacana yang menggambarkan perbedaan antara Baduy Dalam dan Baduy Luar di atas,
dapat disimpulkan bahwa keduanya masih dikategorikan sebagai sebuah Community.
Berdasarkan hal tersebut, kemukakan analisis Anda tentang:
a. lokalitas suku Baduy Luar yang masih dipertahankan.
b. ikatan emosional pada masyarakat Baduy Luar.

Jawaban:

a. Masyarakat Baduy Luar tinggal di bagian utara Kanekes seperti daerah kaduketuk, cikaju, gajeboh, kadukolot, Cisagu, dan sebagainya. Mereka juga menempati puluhan kampung di sekitarnya.

b. Masyarakat Baduy Luar masih menjaga ikatan emosionalnya yang kuat dengan melakukan ritual Seba Baduy yang secara tradisi dan norma telah dipengaruhi oleh budaya modern. Selain itu, mereka juga tetap menjaga nilai-nilai adat mereka serta fokus pada kebutuhan dasar masyarakatnya. Hal ini menandakan bahwa ikatan emosional mereka dengan lingkungan masih terjaga.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Serang, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti 1. Bacalah berita, dan 1. Berikut merupakan.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …