Baju Adat Raja Ampat: Simbol Identitas dan Kebudayaan Masyarakat Raja Ampat

Baju Adat Raja Ampat: Simbol Identitas dan Kebudayaan Masyarakat Raja Ampat. Raja Ampat adalah destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain itu, Raja Ampat juga memiliki kekayaan budaya yang khas, termasuk pakaian tradisional atau baju adat yang dipakai oleh masyarakat setempat. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang baju adat Raja Ampat, mulai dari sejarah, desain, dan arti pentingnya.

Sejarah Baju Adat Raja Ampat

Baju adat Raja Ampat memiliki sejarah yang panjang. Pada masa lalu, baju adat ini digunakan oleh para raja dan bangsawan dalam upacara adat dan acara penting lainnya. Baju adat ini juga melambangkan kekuasaan dan status sosial. Namun, seiring berjalannya waktu, baju adat ini juga menjadi pakaian yang umum dipakai oleh masyarakat setempat dalam kehidupan sehari-hari.

Desain Baju Adat Raja Ampat

Baju adat Raja Ampat memiliki desain yang unik dan berbeda dari pakaian tradisional di daerah lainnya. Baju adat ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Sorong

Sorong adalah pakaian bagian atas yang terbuat dari kain sutera atau kain tenun yang indah. Sorong ini memiliki lengan panjang dengan hiasan sulaman di bagian kerah, pergelangan tangan, dan bahu. Sorong biasanya memiliki warna cerah seperti merah, hijau, dan biru.

Kain

Kain sarung atau kain batik digunakan sebagai bagian bawah baju adat Raja Ampat. Kain sarung ini juga memiliki warna cerah dan motif yang unik.

Ikat Pinggang

Ikat pinggang yang digunakan pada baju adat Raja Ampat juga terbuat dari kain yang serupa dengan sorong dan kain sarung. Ikat pinggang ini dihiasi dengan sulaman yang rumit.

Hiasan Kepala

Hiasan kepala pada baju adat Raja Ampat terdiri dari beberapa bagian, yaitu tutup kepala yang terbuat dari kain songket atau kain tenun, dan hiasan kepala yang terbuat dari mutiara atau kerang laut.

Arti Penting Baju Adat Raja Ampat

Baju adat Raja Ampat memiliki arti penting bagi masyarakat setempat. Pakaian ini bukan hanya menjadi simbol identitas, tetapi juga merepresentasikan keindahan alam dan kekayaan budaya daerah. Baju adat Raja Ampat sering dipakai pada acara-acara adat, upacara keagamaan, dan acara penting lainnya.

Modernisasi Baju Adat Raja Ampat

Seperti pakaian tradisional di daerah lainnya, baju adat Raja Ampat juga mengalami tantangan dalam era modern. Namun, masyarakat setempat masih berusaha untuk mempertahankan kebudayaan dan tradisi mereka, termasuk melestarikan pakaian adat Raja Ampat.

Seperti pakaian tradisional di daerah lainnya, baju adat Raja Ampat juga mengalami tantangan dalam era modern. Namun, masyarakat setempat masih berusaha untuk mempertahankan kebudayaan dan tradisi mereka, termasuk melestarikan pakaian adat Raja Ampat. Selain itu, banyak perancang busana lokal yang menciptakan kreasi baru dengan menggunakan unsur-unsur dari baju adat Raja Ampat, sehingga baju adat ini dapat dikenakan dengan cara yang lebih modern dan stylish.

Pemerintah setempat juga mempromosikan baju adat Raja Ampat sebagai bagian dari pariwisata lokal, sehingga baju adat ini semakin dikenal oleh wisatawan dan menjadi lebih bernilai. Namun, tetap penting bagi masyarakat setempat untuk mempertahankan makna dan nilai dari baju adat Raja Ampat, serta tidak melupakan akar budaya dan tradisi mereka.

Dalam kesimpulannya, baju adat Raja Ampat adalah simbol identitas dan kebudayaan yang sangat penting bagi masyarakat setempat. Meskipun menghadapi tantangan dari modernisasi, baju adat ini masih dihargai dan dilestarikan oleh masyarakat Raja Ampat. Pemerintah dan perancang busana juga berperan dalam mempromosikan dan mengembangkan baju adat Raja Ampat agar tetap relevan dan memiliki tempat dalam era modern.

Baju Adat Raja Ampat – Daftar pakaian adat komplit Indonesia memiliki sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Raja Ampat karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat yakni salah satu faktor kebudayaan daerah. Faktor kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang sesuai dengan pesan-pesan nilai kultur yang ada di dalamnya. Selain itu, berkaitan secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Sawai

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman tradisi dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Raja Ampat masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Tiap wilayah di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kultur sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Raja Ampat, baju adat provinsi nusa tenggara timur baju adat tradisional

Indonesia terdiri dari keberagaman tradisi dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Raja Ampat) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat yaitu baju dijadikan sebagai simbol untuk mengekspresikan identitas dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Raja Ampat?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Raja Ampat masing-masing mewakili klasifikasi masyarakat mereka. Karena baju adat ialah baju yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tersebut.

Tiap Baju Adat Raja Ampat lazimnya terdiri dari sebagian komponen komplit dari kepala hingga kaki. Berikut ini ialah komponen komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan ialah komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti umpamanya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Umumnya atasan ini juga dihiasi sama motif cocok dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yaitu pasangan dari atasan yang juga adalah komponen penting. Modelnya juga bisa bervariasi, misalnya ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya adalah penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau pelengkap berikutnya adalah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap-tiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Tetapi tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada pakaian khas wanita yaitu gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi bagian komplemen bagian bawah, modelnya berjenis-jenis disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Raja Ampat

sketsa gambar baju adat papua blogsketsa myid 1072 x 754 · jpeg sketsa gambar baju adat papua blogsketsa myid from blogsketsa.my.id
baju adat kalimantan barat pariwisata indonesia 400 x 403 · jpeg baju adat kalimantan barat pariwisata indonesia from pariwisataindonesia.id

pakaian adat bali lengkap baju adat tradisional 699 x 600 · jpeg pakaian adat bali lengkap baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
baju adat sumaterasumatra baratutaraselatan 122 x 200 · jpeg baju adat sumaterasumatra baratutaraselatan from tipsperawatanrambutrontok.blogspot.com

pakaian kerja baju tradisionalbaju adat lingkungan kemendikbud ala sby tukarceritacom 628 x 420 · jpeg pakaian kerja baju tradisionalbaju adat lingkungan kemendikbud ala sby tukarceritacom from www.tukarcerita.com
baju adat bali tk terpopuler 300 x 375 · jpeg baju adat bali tk terpopuler from bajukaospriaberkerah.blogspot.com

dikawal massa berbagai suku kabupaten raja ampat resmi mendaftar kpu mcwnewscom 1000 x 667 · jpeg dikawal massa berbagai suku kabupaten raja ampat resmi mendaftar kpu mcwnewscom from www.mcwnews.com
baju adat provinsi nusa tenggara timur baju adat tradisional 180 x 240 · jpeg baju adat provinsi nusa tenggara timur baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

pakaian adat pulau sulawesi balerumahcom 750 x 450 · jpeg pakaian adat pulau sulawesi balerumahcom from www.balerumah.com
pakaian adat bali payas agung pariwisata indonesia 600 x 400 · jpeg pakaian adat bali payas agung pariwisata indonesia from pariwisataindonesia.id

likedomokunblog baju tradisional indonesia 221 x 320 · jpeg likedomokunblog baju tradisional indonesia from loveddomokun.blogspot.com
gambar terbaik rumah adat papua barat 500 x 300 · png gambar terbaik rumah adat papua barat from dariadigi.blogspot.com

sulawesi barat angka lagu anging mamiri idfreshin 800 x 607 · gif sulawesi barat angka lagu anging mamiri idfreshin from idfreshin.blogspot.com
provinsi papua barat 619 x 394 · jpeg provinsi papua barat from holobis.net

pakaian adat papua jenis keunikan filosofinya 300 x 180 · jpeg pakaian adat papua jenis keunikan filosofinya from www.gramedia.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat adalah tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu format melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi baju adat ialah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menonjolkan atau menetapkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap tempat, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai penanda status sosial.

1. Identitas Setiap Daerah

Pakaian adat yang berbeda-beda ini yakni suatu jati diri setiap daerah. Sahabat-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melalui Baju Adat Raja Ampat yang dikenakan.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Sawai

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai identitas tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak dipakai pada bermacam acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di setiap tempat akan menerapkan baju adat.

Baju Adat Raja Ampat ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan melingkarkan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Raja Ampat juga acap kali diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang pakaian adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Bahkan pada sebagian daerah, pasangan itu akan melingkarkan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang melingkarkan hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang menawan.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga sekarang di beberapa daerah pakaian adat memiliki beragam fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yaitu beberapa baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Raja Ampat

Jelaskan!apa itu raja ampat?Dan bagaimana asal usul Raja Ampat!

Pertanyaan: Jelaskan!apa itu raja ampat?
Dan bagaimana asal usul Raja Ampat!

Kepulauan Raja Ampat
Merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung(Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.
.
.
.

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.
Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat sekumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang raja. Semenjak berdirinya lima kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia Belanda.

Semoga Bermanfaat ^_^

Raja ampat adalah mitos masyarakat zaman dulu tentang seorang wanita yg menenukan 7 telur.. empat diantaranya menetas dan menjadi pangeran di setiap pulau pulau di wilayah raja ampat… sehingga nama nya menjadi raja ampat

Sebutkan lima fauna di Raja Ampatsebutkan lima flora di raja

Pertanyaan: Sebutkan lima fauna di Raja Ampat
sebutkan lima flora di raja ampat

Penjelasan:

flora: rumput laut,gangang ,angrek,bunga raflesia,bakau

fauna: burung merpati,burung cendrawasih,harimau,buaya,singa

Maaf kalau salah

siapa tokoh utama raja ampat dan telur naga tuliskan apa

Pertanyaan: siapa tokoh utama raja ampat dan telur naga
tuliskan apa yang kamu ketahui tentang baju adat kalimantan barat​

Jawaban:

tokoh utamanya : orang yg telah mendapat peran itu & telur naga

Penjelasan:

maaf taunya nyampe situ doang

TULISKAN APA YANG KAMU TAHU MENGENAI BAJU ADAT DAN LAGU

Pertanyaan: TULISKAN APA YANG KAMU TAHU MENGENAI BAJU ADAT DAN LAGU DAERAH KALIMANTAN BARAT
SIAPAKAH YANG MENJADI TOK UTAMA DALAM CERITA RAJA AMPAT DAN TELUR NAGA

Jawaban:

1. Baju Adat Kalimantan Barat:

Laki-laki:celana pendek (tabok),baju berbentuk rompi,gelang tangan,ikat kepala dihiasi bulu burung,gelang dibagian kaki.

Perempuan:baju berbentuk rompi,bawahan (kain songket),rambut (sanggul),ikat kepala (da’a),anting,gelang dibagian lengan.

Lagu cik-cik periuk bermakna dari masyarakat sambas pada zaman dahulu karena masyarakat luar yang datang kedaerah sambas.

2.sepasang suami istri,karena sepasang suami istri ini dalam cerita Raja Ampat dan Telur Naga paling sering disebut.

Jawaban:

Penjelasan:

Baju Adat Kalimantan Barat:

Laki-laki:celana pendek (tabok),baju berbentuk rompi, gelang tangan, ikat kepala dihiasi bulu burung, gelang dibagian kaki.

Perempuan:baju berbentuk rompi, bawahan (kain songket), rambut (sanggul), ikat kepala (da’a), anting, gelang dibagian lengan.

Lagu cik-cik periuk

2. Tokoh utamanya adalah sepasang suami istri

CERITA RAKYAT INDONESIAsoal:LEGENDA RAJA AMPAT DARI TELUR NAGA 1.Siapakah yg

Pertanyaan: CERITA RAKYAT INDONESIA

soal:LEGENDA RAJA AMPAT DARI TELUR NAGA

1.Siapakah yg menjadi tokoh utama dlm cerita raja ampat dlm tokoh telur naga?

soal:PAKAIAN ADAT DAN LAGU DAERAH KALIMANTAN BARAT

2.Tuliskan apa yg kamu tahu mengenai baju adat dan lagu daerah kalimantan barat?

mohon di jawab ya
siapa yg tau kisah putri mandalika

  1. Yang menjadi tokoh utama dalam cerita raja ampat dalam tokoh utama dalam cerita telur naga adalah pasangan kekasih
  2. Baju adat dan lagu kalimantan barat adalah king Baba untuk laki laki dan king bibingen untuk perempuan Ampar ampar pisang,bubuy bulan
  3. Kisah putri mandalika yang berasal dari NTT yang menegelamkan diri ke laut karena banyak pangeran yang ingin menikahinya dan putri Pun menyeburkan diri ke laut dan muculah cacing yang bewarna warni.
Baca Juga:  Ciri Khas Suku Sawai

1.siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita raja ampat dan

Pertanyaan: 1.siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita raja ampat dan telur naga? jelaskan pendapatmu!

2.Tuliskan apa yang kamu tahu mengenai baju adat dan lagu daerah Kalimantan Barat!

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan oleh kakak :

  1. Tokoh utamanya adalah seorang suami dan istri
  2. Baju adat Kalimantan Barat adalah King Baba, King Bibinge, King Kabo dan Buang Kuureng

Pembahasan

Cerita rakyat adalah sebuah kisah anonim dan sangatlah tradisional. Latar waktu tidak diketahui dengan jelas. Biasanya, cerita rakyat tidak dapat diketahui penciptanya. Cerita rakyat dapat diberikan melalui mulut ke mulut, blog online hingga menjadi film.

Ciri-ciri Cerita Rakyat

Ada tiga ciri-ciri mengenai cerita rakyat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bersifat antonim

Seluruh cerita rakyat rata-rata memiliki sifat seperti ini yang artinya pengarang atau pencipta sangat tidak diketahui sama sekali

  • Bersifat tradisional

Cerita rakyat tetap mempertahankan sifat ini dan tidak dimodifikasi agar menjadi lebih menarik. Jadi, cerita rakyat ini tidak bisa diubah dan masih menjaga keaslian cerita.

  • Diberitahu dari mulut ke mulut

Cara seperti ini adalah cara yang paling umum untuk menceritakan sebuah cerita rakyat. Namun, sekarang dapat menjadi blog online agar diketahui banyak orang bahkan sampai diangkat ke film.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang cerita rakyat dapat dilihat di :

  • brainly.co.id/tugas/9895580
  • brainly.co.id/tugas/3184575

Detail Jawaban

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII SMP

Materi : Bab 1 – Sastra

Kode kategorisasi : 8.1.1

Kata kunci : cerita rakyat, raja ampat dan telur naga

#TingkatkanPrestasimu

#OptiTimCompetition

1.Tuliskan apa yang kamu tahu mengenai baju adat dan lagu

Pertanyaan: 1.Tuliskan apa yang kamu tahu mengenai baju adat dan lagu daerah Kalimantan barat!!
2.Siapakah yang menjadi tokoh utama dalam cerita Raja Ampat Dan telur naga?jelaskan pendapatmu!!
Tolong dong dijawab cepat ya

Jawaban:

pakaian adat:

king baba

King bibinge

King kabo

lagu

cik cik periook

sungai kapuas

alon alon

Jawaban:

ini jawabannya maaf kalo salah

Temukan Pikiran PokokJudul:Tutup sasi, Tradisi Adat Masyarakat Raja Ampat no

Pertanyaan: Temukan Pikiran Pokok
Judul:Tutup sasi, Tradisi Adat Masyarakat Raja Ampat
no ngasal ​

Pikiran pokok pada paragraf satu terdapat pada kalimat “Sasi merupakan suatu tradisi masyarakat di raja ampat untuk menjaga hasil-hasil potensi tertentu dari alam”, gagasan utama paragraf itu adalah SASI. Pikiran pokok pada paragraf kedua terdapat dalam kalimat “Peranan sasi memungkinkan sumber daya alam untuk terus menerus tumbuh dan berkembang”, maka pokok pikirannya adalah peranan sasi. Sedangkan pokok pikiran paragraf ketiga terdapat pada kalimat terakhir yang menjelaskan manfaat tradisi sasi ini.

Pembahasan

Pikiran pokok adalah ide utama atau inti masalah sebuah paragraf. Pikiran pokok bisa juga disebut sebagai gagasan utama. Singkatnya pikiran pokok adalah inti dari suatu bacaan. Setiap paragraf memiliki pikiran pokok yang menjadi inti pembicaraan dari paragraf tersebut.

Pikiran pokok suatu paragraf letaknya bisa di awal, di akhir, maupun di tengah kalimat. Dalam suatu paragraf terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas, letak pikiran pokok berada pada kalimat utama.

Ciri-ciri pikiran pokok :

  • Inti pembicaraan paragraf.
  • Merupakan sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  • Memiliki arti yang sudah jelas tanpa perlu dihubungkan kalimat lain.

Menentukan pikiran pokok :

  • Membaca dengan teliti seluruh isi paragraf.
  • Memperhatikan kalimat awal dan kalimat akhir.
  • Menentukan kalimat utama dari paragraf.
  • Setelahnya dapat menentukan pokok pikiran dari kalimat utama tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian ide pokok https://brainly.co.id/tugas/31102500

Menentukan ide pokok https://brainly.co.id/tugas/16714706

Penjabaran pokok pikiran https://brainly.co.id/tugas/25648929

————————-

Detil jawaban

Kelas: 4 SD

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Menentukan Ide Pokok dalam Paragraf

Kode: 4.1.1

Kerajaan Islam Di Raja ampat

Pertanyaan: Kerajaan Islam Di Raja ampat

Asal usul Raja Ampat tak bisa dilepaskan dari suku asli yang mendiami pulau terbesar di Raja Ampat, Waigeu. Yakni suku Maya. Hingga saat ini suku asli Raja Ampat ini masih berdiam di pulau Waigeu.  Namun mereka tidak tinggal di Waisei yang merupakan Ibukota Kabupaten Raja Ampat, suku maya memilih tetap tinggal di pedalaman.  Menurut Yohanes yang kini menjabat sekretaris dewan adat suku maya, kisah asal usul Raja Ampat tak bisa dipisahkan dari cerita munculnya raja-raja dari suku maya.  Terdapat beberapa versi cerita mengenai asal-usul nama Raja Ampat yang diwariskan turun-temurun dari didalam kehidupan masyarakat asli kepulauan Raja Ampat. Salah satu versi dari cerita ini adalah sebagai berikut.  Raja Ampat ditinjau dari sisi Sejarah Di tinjau dari sisi sejarah, Kepulauan Raja Ampat di abad ke 15 merupakan bagian dari kekuasaan Kesultanan Tidore, sebuah kerajaan besar yang berpusat di Kepulauan Maluku.  Untuk menjalankan pemerintahannya, Kesultanan Tidore ini menunjuk 4 orang Raja lokal untuk berkuasa di pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool yang merupakan 4 pulau terbesar dalam jajaran kepulauan Raja Ampat sampai sekarang ini. Istilah 4 orang Raja dalam yang memerintah di gugusan kepulauan itulah yang menjadi awal dari nama Raja Ampat.  Kabupaten yang memperingati Hari Ulang Tahun setiap tanggal 9 Mei ini sekarang merupakan sebuah Kabupaten di Propinsi Papua Barat yang dimekarkan dari Kabupaten Sorong pada tahun 2003.  Bila kita lihat peta Propinsi Papua Barat maka letak Kabupaten ini terletak di kepulauan sebelah barat paruh burung pulau papua.    Kabupaten Raja Ampat terdiri dari kurang lebih 610 pulau yang memiliki panjang total tepi pantai 753 km.  Pusat pemerintahan dan sekaligus Ibukota bagi Kabupaten Raja Ampat adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Waigeo, yaitu kota Waisai. (gorajaampat).

seperti apa Raja Ampat?​

Pertanyaan: seperti apa Raja Ampat?​

suasana indah tenang seakan membuat pengunjung yang singgah untuk liburan sulit melupakannya.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Raja Ampat, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Jelaskan!apa itu raja, Kerajaan Islam Di, TULISKAN APA YANG, 1.Tuliskan apa yang, dan seperti apa Raja.

Check Also

Ciri Khas Suku Minangkabau

Ciri Khas Suku Minangkabau – Tingkat budaya lokal etnis-etnis di Indonesia menampilkan sejuta pesona . …