liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Poso

Baju Adat Poso – Daftar pakaian adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Poso karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional daerah merupakan salah satu elemen kebudayaan tempat. Elemen kebudayaan tersebut memiliki fungsi yang sesuai dengan pesan-pesan nilai tradisi yang ada di dalamnya. Kecuali itu, berkaitan secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di beberapa daerah seperti Baju Adat Poso masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Tiap-tiap wilayah di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari adat istiadat sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Poso, persewaan baju adat daerah  solo

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di sebagian tempat (Baju Adat Poso) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat yakni pakaian diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan identitas dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga merupakan pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Poso?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di semua dunia juga memiliki Baju Adat Poso masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Karena pakaian adat yaitu pakaian yang dibuat dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tertentu.

Tiap-tiap Baju Adat Poso lazimnya terdiri dari sebagian bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini adalah komponen komponen biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan ialah komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya sesuai sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama baju seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga ialah bagian penting. Modelnya juga bisa bervariasi, umpamanya ada busana pria mengaplikasikan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Bagian selanjutnya merupakan penutup kepala, semisal mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau pelengkap berikutnya yaitu kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, bentuknya juga bisa berbeda-beda. Tapi tujuan adanya ikat pinggang umumnya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada baju khas wanita merupakan gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi komponen pelengkap komponen bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Poso

baju tradisional belu ntt pakaian adat nusa tenggara timur utara baju adat tradisional 1200 x 630 · jpeg baju tradisional belu ntt pakaian adat nusa tenggara timur utara baju adat tradisional from 000manerasdevestir.blogspot.com
konsep top  baju couple daerah sidoarjo 674 x 1024 · jpeg konsep top baju couple daerah sidoarjo from bajuelegan.blogspot.com

traditional cloth  indonesia images  pinterest traditional weddings folklore 540 x 960 · jpeg traditional cloth indonesia images pinterest traditional weddings folklore from www.pinterest.com
trend terbaru baju adat poso smart mommy 480 x 640 · jpeg trend terbaru baju adat poso smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com

persewaan baju adat daerah  solo 1259 x 1559 · jpeg persewaan baju adat daerah solo from persewaanbajuadatdisolo.blogspot.com
piyama pakaian baju adat suku baree  laki laki kerajaan tojo  suku baree 1080 x 2160 · jpeg piyama pakaian baju adat suku baree laki laki kerajaan tojo suku baree from indonesiasejarahbangsa.wordpress.com

pakaian adat sulawesi tengah nama penjelasan gambar 750 x 1000 · jpeg pakaian adat sulawesi tengah nama penjelasan gambar from www.selasar.com
sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa 1400 x 1867 · jpeg sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa from pengantinnusantaradotcom.blogspot.com

sewa busana betawi dot   ph      sewa baju 1080 x 810 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com
kesenian  kebudayaan bali syubidu 241 x 347 · jpeg kesenian kebudayaan bali syubidu from khantydwi.blogspot.com

daugther mengenakan pakaian adat buton sulawesi tengga flickr photo sharing 306 x 500 · jpeg daugther mengenakan pakaian adat buton sulawesi tengga flickr photo sharing from flickr.com
kliping gambar tari tradisional adat suku daerah   provinsi seni budaya 1600 x 1066 · jpeg kliping gambar tari tradisional adat suku daerah provinsi seni budaya from senibudaya12.blogspot.com

pakaian adat kalimantan selatan lengkap gambar  penjelasannya seni budayaku 930 x 768 · jpeg pakaian adat kalimantan selatan lengkap gambar penjelasannya seni budayaku from www.senibudayaku.com
pakaian adat sulawesi selatan contoh gambar penjelasan 1080 x 1318 · jpeg pakaian adat sulawesi selatan contoh gambar penjelasan from rimbakita.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah adalah tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu format melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi baju adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menunjukkan atau memutuskan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap daerah, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Tiap Daerah

Pakaian adat yang berbeda-beda ini yaitu suatu identitas setiap tempat. Teman-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Poso yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan label masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi identitas masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai ciri setiap daerah, baju adat ini juga banyak dipakai pada berbagai acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di setiap tempat akan memakai baju adat.

Baju Adat Poso ini juga akan menetapkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Poso juga kerap diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan pakaian adat dengan beraneka dekorasinya.

Malah pada sebagian daerah, pasangan itu akan menggunakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat mencapai 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai sekarang di sebagian tempat baju adat mempunyai berjenis-jenis fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian pakaian adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yakni beberapa pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Poso

penulisan saya dalam bahasa Poso A. SikoB. TauC. Yakuhanya orang

Pertanyaan: penulisan saya dalam bahasa Poso
A. Siko
B. Tau
C. Yaku

hanya orang poso yang tau ini

jawabanya A. siko klo g salah ya

Apa sebab dan akibat dari konflik Poso?

Pertanyaan: Apa sebab dan akibat dari konflik Poso?

stabilitas keamanan terganggu dan terjadinya konflik sara

Sebab Awal konflik Poso terjadi setelah pemilihan bupati pada desember 1998. Ada sintimen keagamaan yang melatarbelakangi pemilihan tersebut. Dengan menangnya pasangan Piet I dan Mutholib Rimi waktu tidak lepas dari identitas agama dan suku .Untuk seterusnya agama dijadikan tedeng aling-aling pada setiap konflik yang terjadi di Poso.

akibat Dampak kerusuhan poso dapat di bedakan dalam beberapa segi :
1. Bidang Budaya
Ø Dilanggarnya ajaran agama dari kedua kelompok yang bertikai dalam mencapai tujuan politiknya.
Ø Runtuhnya nilai – nilai kebersamaan, kerukunan, dan kesatuan yang menjadi bingkai dalam hubungan sosial masyarakat Poso.
2. Bidang Hukum
Ø Terjadinya disintegrasi dalam masyarakat Poso ke dalam dua kelompok yaitu kelompok merah dan kelompok putih.
Ø Tidak dapat dipertahankan nilai-nilai kemanusiaan akibat terjadi kejahatan terhadap manusia seperti pembunuhan, pemerkosaan dan penganiayaan terhadap anak serta orang tua dan pelecehan seksual.
Ø Runtuhnya stabilitas keamanan, ketertiban, dan kewibawaan hukum di masyarakat Kabupaten Poso.
Ø Munculnya perasaan dendam dari korban-korban kerusuhan terhadap pelaku kerusuhan.
3. Bidang Politik
Ø Terhentinya roda pemerintahan.
Ø Jatuhnya kewibawaan pemerintah daerah di mata masyarakat.
Ø Hilangnya sikap demokratis dan penghormatan terhadap perbedaan pendapat masing – masing kelompok kepentingan.
Ø Legalisasi pemaksaan kehendak kelompok kepentingan dalam pencapaian tujuannya.
4. Dibidang Ekonomi
Ø Lepas dan hilangnya faktor dan sumber produksi ekonomi masyarakat, seperti sawah, tanaman kebun, mesin gilingan padi, traktor tangan, rumah makan, hotel dan lain sebagainya.
Ø Terhentinya roda perekonomian.
Ø Rawan pangan.
Ø Munculnya pengangguran dan kelangkaan kesempatan kerja

nama pakaian adat dan rumah adat poso

Pertanyaan: nama pakaian adat dan rumah adat poso

Sebutan pakaian adat suku asli Poso adalah Tuana Mahile. Pakaian adat asli Pamona terbuat dari kulit kayu yang di sebut dengan Kaliken.
rumah adat poso bernama tambi bangunannya memiliki keunikan tersendiri dimana dinding rumah juga sekaligus berfungsi sebagai atap

berapa jarak Dunggala ke poso

Pertanyaan: berapa jarak Dunggala ke poso

244,4km
maaf kalo salah

semogah membantu

8. Perhatikan gambar di bawah ini!GGambar di atas merupakan upacara

Pertanyaan: 8. Perhatikan gambar di bawah ini!
G
Gambar di atas merupakan upacara adat yang berasal dari daerah ….
A Poso
B Ambon
C. Toraja
D. Papua​

Jawaban:c toraja

Penjelasan:

Upacara adat tersebut merupakan upacara khas dari sumatera berat atau TORAJA

Maaf klo salah

Mengapa konflik agama di poso termasuk kasus disintegrasi? dan apa

Pertanyaan: Mengapa konflik agama di poso termasuk kasus disintegrasi? dan apa solusi konflik agama di poso​

Jawaban:

Karena merupakan aksi yang dapat memecah kesatuan/integrasi di Indonesia ini. Solusinya adalah meningkatkan kesadaran diri masing2 WNI akan pentingnya integrasi bagi NKRI

10.Upacara adat Pekasiwia pada gambar di atas berasal dari daerah.A.

Pertanyaan:
10.
Upacara adat Pekasiwia pada gambar di atas berasal dari daerah.
A. Palu
B. Morowali
C. Poso
D. Ampana​

Jawaban:

10. Upacara adat Pekasiwia pada gambar di atas berasal dari daerah: C. Poso

Penjelasan:

Pekasiwia adalah sebuah upacara adat Suku Pamona, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu penting yang baru pertama kali datang ke Kabupaten Poso, yang didasarkan pada filosofi bahwa tamu adalah sanak keluarga penting yang perlu dihormati dan dihargai.

#Maaf kalau salah

#Swmoga membantu

Apa yang di maksud dengan grebeg poso

Pertanyaan: Apa yang di maksud dengan grebeg poso

Grebeg poso adalah tradisi masyarakat yogyakarta

Bagaimana Cara menyelesaikan poso hukum adat

Pertanyaan: Bagaimana Cara menyelesaikan poso hukum adat

Dengan Bermusyawarah

nama-nama baju adat Poso serta bagian bagianya . contoh laki

Pertanyaan: nama-nama baju adat Poso serta bagian bagianya . contoh laki laki memakai topi bernama ……….. dan seterusnya​

Jawaban:

pakayan adat untuk pria adalah saluan:

kemeja pria yang dikenal dengan sebutan

pakean nu’moane

celana panjang yang disebut Koja

serta penutup dibagian kepala yang disebut sungkub nu’ubak

serta sarung yang disebut lipa

nama baju adat

Kaili,mori,Toli Toli,saluan

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Poso, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti penulisan saya dalam, Apa sebab dan, Apa yang di, nama-nama baju adat, dan nama pakaian adat.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …