Baju Adat Padang Pariaman: Pesona Budaya dan Tradisi yang Elegan

Baju Adat Padang Pariaman – Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan tradisi dari berbagai daerah. Salah satu aspek menarik dari kekayaan budaya ini adalah pakaian adat, yang mencerminkan sejarah dan identitas suatu wilayah. Salah satu baju adat yang memikat perhatian adalah Baju Adat Padang Pariaman. Dikenakan di daerah Padang Pariaman, Sumatera Barat, baju adat ini menggambarkan pesona budaya dan tradisi yang elegan serta kaya makna.

Pesona Budaya dan Tradisi yang Elegan

Sejarah dan Makna Baju Adat Padang Pariaman

Baju Adat Padang Pariaman telah menjadi simbol penting dari warisan budaya Minangkabau yang terkenal. Minangkabau adalah suku besar yang mendiami wilayah Sumatera Barat, dan Baju Adat Padang Pariaman menjadi salah satu ragam pakaian tradisional yang menonjol dalam tradisi mereka. Pakaian adat ini menceritakan kisah panjang tentang masyarakat Minangkabau yang kaya akan nilai-nilai adat dan sistem sosial matrilineal.

Pakaian adat wanita di Padang Pariaman disebut “Baju Kurung Pasisia.” Baju Kurung merupakan pakaian yang berkesan sederhana namun tetap anggun. Nama “Pasisia” sendiri mengacu pada wilayah tertentu di Padang Pariaman tempat baju adat ini berasal.

Ciri Khas Baju Adat Padang Pariaman

Baju Adat Padang Pariaman memiliki ciri khas yang membedakannya dari pakaian adat lain di Indonesia. Beberapa ciri khasnya termasuk:

  1. Warna-warna Cerah: Baju Kurung Pasisia sering menggunakan warna-warna cerah dan mencolok, seperti merah, hijau, kuning, atau biru. Hal ini mencerminkan semangat dan keceriaan masyarakat Minangkabau yang ramah dan penuh semangat.
  2. Kain Songket: Baju adat ini biasanya dibuat dari kain songket, sebuah kain tradisional yang ditenun dengan benang emas atau perak, memberikan kesan mewah dan elegan pada pakaian.
  3. Motif Tradisional: Motif yang digunakan pada Baju Adat Padang Pariaman adalah motif tradisional khas Minangkabau seperti “Bungo Melati” atau “Bungo Cino.”
  4. Rumbai: Rumbai atau hiasan tambahan yang terbuat dari benang emas atau perak digunakan sebagai aksesoris pada bagian depan dan belakang baju, menambahkan sentuhan glamor pada pakaian.

Makna Simbolis dan Filosofi

Setiap aspek dari Baju Adat Padang Pariaman memiliki makna simbolis dan filosofi yang dalam. Bentuk dan warna baju adat ini mencerminkan semangat kebersamaan dan kegembiraan dalam masyarakat Minangkabau. Penggunaan kain songket dan hiasan emas atau perak menggambarkan kekayaan budaya dan adat yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Motif tradisional pada kain mengandung cerita dan filosofi tentang kehidupan, alam, dan budaya Minangkabau.

Keberlanjutan Budaya Baju Adat Padang Pariaman

Meskipun dunia terus berubah, masyarakat Padang Pariaman berusaha untuk melestarikan warisan budaya mereka dengan menjaga tradisi mengenakan Baju Adat Padang Pariaman pada acara-acara tertentu, seperti pernikahan, acara adat, dan festival budaya. Lebih dari sekadar pakaian, Baju Adat Padang Pariaman adalah simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Minangkabau atas warisan mereka yang kaya.

Budaya dan tradisi yang terkandung dalam Baju Adat Padang Pariaman menjadi sebuah cermin penting bagi generasi muda untuk mengenal dan mencintai akar budaya mereka. Melalui pemakaian dan pelestarian baju adat ini, generasi mendatang akan terus diingatkan akan keunikan dan kekayaan budaya Minangkabau.

Kesimpulan

Baju Adat Padang Pariaman, atau Baju Kurung Pasisia, adalah sebuah simbol pesona budaya dan tradisi yang elegan dari masyarakat Minangkabau. Dengan ciri khasnya yang kaya akan warna, motif tradisional, dan hiasan emas atau perak, baju adat ini tidak hanya sekadar pakaian, melainkan juga karya seni yang menceritakan kisah panjang kehidupan dan kebudayaan masyarakat Padang Pariaman. Dengan tekad untuk melestarikan warisan budaya ini, Baju Adat Padang Pariaman akan terus bersinar sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas dan kebanggaan suku Minangkabau di masa depan.

Apa nama Baju adat Padang

Baju adat Padang biasanya disebut “Baju Kurung Pasisia”. Ini adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh perempuan di daerah Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Adat menikah di Pariaman

Adat menikah di Pariaman mengikuti tradisi Minangkabau, sebuah suku besar di Sumatera Barat. Upacara pernikahan adat Minangkabau cenderung menerapkan sistem matrilineal, di mana perempuan memegang peran penting dalam pewarisan harta dan keluarga.

Adat Pariaman:

Adat Pariaman adalah serangkaian tradisi dan budaya yang berkembang di daerah Pariaman, Sumatera Barat, yang sebagian besar mirip dengan adat Minangkabau karena kota Pariaman juga terletak di wilayah Minangkabau.

Nama pakaian adat wanita Minang:

Pakaian adat wanita Minangkabau disebut “Baju Kurung”. Ini adalah pakaian tradisional yang khas di kalangan wanita Minangkabau.

Beda Padang dengan Minangkabau:

Padang adalah ibu kota provinsi Sumatera Barat dan merupakan salah satu kota besar di wilayah Minangkabau. Minangkabau adalah suku besar yang memiliki wilayah yang lebih luas dari hanya kota Padang. Wilayah Minangkabau mencakup berbagai kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Kenapa disebut Padang:

Nama “Padang” berasal dari bahasa Minangkabau yang merujuk pada dataran atau lapangan yang luas. Seiring waktu, daerah tersebut dikenal dengan nama “Padang” karena karakteristik tanah datar yang luas di daerah tersebut.

Padang Pariaman terkenal dengan apa:

Padang Pariaman terkenal dengan adat dan budayanya, serta sebagai daerah wisata yang menawarkan keindahan alam, pantai, dan kuliner khas Padang seperti rendang dan sate Padang.

Nama makanan khas Padang Pariaman:

Salah satu makanan khas Padang Pariaman adalah “Nasi Kapau”. Ini adalah hidangan nasi dengan berbagai macam lauk pauk ala Padang yang biasanya disajikan dalam porsi besar.

Uang Japuik itu apa:

“Japuik” adalah tradisi atau sistem gotong royong dalam budaya Minangkabau di mana anggota masyarakat menyumbangkan uang atau bantuan dalam acara-acara tertentu seperti pernikahan, pemakaman, atau acara keagamaan.

Suku di Pariaman apa saja:

Pariaman adalah kota di Sumatera Barat yang mayoritas penduduknya adalah suku Minangkabau. Suku Minangkabau merupakan suku asli dari daerah ini dan mayoritas penduduknya menganut adat dan budaya Minangkabau.

Kenapa laki-laki di daerah Pariaman itu dibeli: Istilah “dibeli” mungkin mengacu pada tradisi pernikahan adat Minangkabau, di mana dalam sistem matrilineal, calon suami diharapkan untuk “membeli” atau memberikan mas kawin kepada pihak keluarga calon istri sebagai tanda rasa hormat dan komitmen dalam pernikahan.

Apakah di Pariaman ada gereja: Pariaman, sebagai bagian dari Indonesia, adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Namun, karena Indonesia juga mengakui kebebasan beragama, ada kemungkinan bahwa ada beberapa gereja atau tempat ibadah Kristen di daerah tersebut untuk melayani komunitas Kristen yang ada di sana.

Baju Adat Padang Pariaman – Daftar pakaian adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Padang Pariaman karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat merupakan salah satu faktor kebudayaan daerah. Elemen kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang cocok dengan pesan-pesan skor adat istiadat yang ada di dalamnya. Selain itu, berkaitan secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian tempat seperti Baju Adat Padang Pariaman masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat setiap tempat di Indonesi?. Tiap wilayah di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Padang Pariaman, pakaian adat kalimantan timur

Indonesia terdiri dari keberagaman kultur dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Padang Pariaman) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat ialah baju dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu klasifikasi masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Padang Pariaman?

Bukan hanya di Indonesia, setiap negara di segala dunia juga memiliki Baju Adat Padang Pariaman masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Karena baju adat yaitu pakaian yang diciptakan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Tiap Baju Adat Padang Pariaman umumnya terdiri dari beberapa komponen komplit dari kepala sampai kaki. Berikut ini merupakan bagian komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan adalah komponen inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti semisal pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif cocok dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan merupakan pasangan dari atasan yang juga yakni bagian penting. Modelnya juga dapat bervariasi, misalnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya merupakan penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen berikutnya yakni kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap daerah mempunyai khasnya masing-masing, formatnya juga dapat berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang umumnya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya dijumpai pada baju khas wanita yakni gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi komponen komplemen bagian bawah, modelnya beragam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Padang Pariaman

baju adat sulawesi selatan nama penjelasan gambarnya tradisi tradisional 1600 x 1200 · jpeg baju adat sulawesi selatan nama penjelasan gambarnya tradisi tradisional from tradisi-tradisional.blogspot.com
sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa 400 x 600 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat palembang sewa baju palembang sewa from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

baju pengantin adat padang pariaman radea 1000 x 666 · jpeg baju pengantin adat padang pariaman radea from www.radea.co
sanggar nusantara dot jakarta sewa baju padangadat minangkabau paket rias pengantin 1200 x 1600 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju padangadat minangkabau paket rias pengantin from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

baju tua pengantin adat padang radea 640 x 853 · jpeg baju tua pengantin adat padang radea from www.radea.co
penyewaan baju adat jakarta baju baju adat 300 x 400 · jpeg penyewaan baju adat jakarta baju baju adat from asepruswandipenyewaanbajuadat.blogspot.com

pakaian adat peninggalan tradisional indonesia 400 x 319 · jpeg pakaian adat peninggalan tradisional indonesia from peninggalantradisionalindonesia.wordpress.com
pakaian adat kalimantan timur diy 800 x 420 · jpeg pakaian adat kalimantan timur diy from dariadigi.blogspot.com

pakaian adat kalimantan timur 1280 x 720 · jpeg pakaian adat kalimantan timur from orauvi.blogspot.com
arachely serena pramudya baju adat bali 1200 x 1600 · jpeg arachely serena pramudya baju adat bali from arachelyserena.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah ialah tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu bentuk melestarikannya ialah memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi baju adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menampakkan atau menentukan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap tempat, Kids. Pakaian adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Label Tiap Daerah

Pakaian adat yang berbeda-beda ini yakni suatu jati diri tiap-tiap tempat. Teman-teman bisa mengenali kebudayaan suatu tempat lewat Baju Adat Padang Pariaman yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai label tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak diterapkan pada berjenis-jenis acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan mengaplikasikan baju adat.

Baju Adat Padang Pariaman ini juga akan menentukan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan melingkarkan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Padang Pariaman juga acap kali dipakai dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang baju adat dengan bermacam dekorasinya.

Pun pada beberapa daerah, pasangan itu akan memasang penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu malahan penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai kini di beberapa tempat baju adat mempunyai berbagai fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa baju adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, ialah beberapa pakaian adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Padang Pariaman

baju adat padang merupakan simbol berupa

Pertanyaan: baju adat padang merupakan simbol berupa

tanduk kuda,sapi,kambing,banteng dan kerbau

Apakah nama baju adat padang

Pertanyaan: Apakah nama baju adat padang

Baju Adat daerah Padang Sumatera Barat adalah Batusangkar, Baju Batabue, Limpapeh Rumah Nan Gadang, Lambak, Pakaian Penghulu dan Tingkuluak Balapak

 

Pembahasan:

  • Batusangkar merupakan pakaian adat Sumatera Barat, pakaian Batusangkar biasanya dipadankan pakaian kurung dan songket serta baju yang digunakan berupa sulaman emas dibagian tangan dan leher pada bagian kepala juga digunakan penutup kepala.
  • Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat Sumatera Barat, Limpapeh Rumah Nan Gadang biasanya digunakan oleh kaum wanita Minang, Limpapeh Rumah Nan Gadang memiliki ciri khas yaitu berupa bagian kepala yang berbentuk seperti atap rumah Gadang Sumatera Barat. Makna yang terdapat pada Limpapeh Rumah Nan Gadang adalah melambangkan kebesaran.
  • Lambak merupakan pakaian adat Sumatera Barat merupakan sarung yang digunakan sebagai bagian dari pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang, Lambak merupakan kain songket yang menjadi bawahan dengan berbagai motif khas Sumatera Barat.
  • Pakaian Penghulu merupakan pakaian adat Sumatera Barat Pakaian Penghulu merupakan pakaian yang hanya boleh dipakai oleh pemangku adat, Pakaian Penghulu berupa celana panjang dan atasa berupa Teluk Belanga, Pakaian Penghulu berbahan dari kain beludru dan disertai penutup kepala yang disubut dengan Deta pakaian ini juga didominasi oleh warna hitam hal ini karena melambangkan kepemimpinan.
  • Tingkuluak Balapak merupakan pakaian adat Sumatera Barat Tingkuluak Balapak merupakan pakaian pelengkap bagi kaum perempuan yang menggunakan baju adat perbikahan Bundo Kanduang. Balapak merupakan berbentuk selendang yang biasa dikenakan oleh wanita asli Minang Balapak memiliki makna yaitu wanita telah siap dan bersedia untuk menikah.

 

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang makanan khas Padang Sumatera Barat https://brainly.co.id/tugas/16322548

Materi tentang makanan khas, Rumah adat, pakaian daerah dan tarian daerah Padang Sumatera Barat https://brainly.co.id/tugas/8554956

Materi tentang senjata khas https://brainly.co.id/tugas/15412110  

 

Detail jawaban:

Kelas: 3

Mapel: Seni Budaya  

Bab: 5

Kode: 3.19.5

 

#AyoBelajar

 

baju adat padang sebutkan yang kamu ketahui 5​

Pertanyaan: baju adat padang sebutkan yang kamu ketahui 5​

1.baju deta
2.baju penghulu
3.baju sasampiang
4.pakaian adat pengantin Padang
5.baju batabue

Semoga membantu 🙂

Jawaban:

baju batabue

minsie

tingkuluak

salempang

semoga berhasil

Tuliskan sejarah baju adat padang

Pertanyaan: Tuliskan sejarah baju adat padang

Jawaban:

Pakaian Bundo Kanduang atau disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Pakaian Bundo Kanduang adalah pakaian adat Minangkabau yang umumnya dikenakan oleh perempuan yang telah menikah.

Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pakaian adat tersebut merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.

Limpapeh sendiri artinya tiang tengah dari bangunan rumat adat Sumatera Barat. Di mana peran limpapeh dalam memperkokoh bangunan rumah gadang adalah analogi dari peran ibu dalam sebuah keluarga.

Jika limpapeh rubuh, maka rumah juga akan rubuh. Begitu juga ibu atau perempuan tidak pandai mengatur rumah tangga, maka keluarganya juga tidak akan bertahan lama.

Pakaian adat Bundo Kanduang memiliki keunikan terutama pada bagian kepala. Di mana bagian penutup kepala berbentuk menyerupai tanduk kerbau atau atap rumah gadang yang menjadi ciri khas masyarakat Minangkabau.

padang pariaman adalah

Pertanyaan: padang pariaman adalah

Padang Pariaman adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera barat, Indonesia

Padang Pariaman adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.328,79 km² dan populasi 391.056 jiwa (Sensus Penduduk 2010). Kabupaten ini bermotto “Saiyo Sakato”

baju adat padang bernama? tolong di jawab​

Pertanyaan: baju adat padang bernama? tolong di jawab​

Jawaban:

Pakaian Bundo Kandung Atau Disebut Limpapeh

Penjelasan:

Maksih

Jawaban:

PAKAIN BUNDO KANDUANG

Penjelasan:

MENURUT ARTIKEL

Pakaian adat Limpapeh Rumah nan Gadang merupakan pakaian adat perempuan Minang. Pakaian ini melambangkan kebesaran perempuan suku Minangkabau dalam mengatur rumah tangga. Dalam bahasa Minang, limpapeh artinya tiang tengah pada sebuah bangunan. … Apabila tiang utama ini rapuh atau rusak, maka bangunan bisa runtuh.

suku Minang sama dengan Sumatra barat atau padang

Suku Minangkabau sendiri memiliki baju tradisional yang disebut dengan Limpapeh rumah nan Gadang. Dalam budaya Suku Minangkabau, seorang ibu memiliki pernanan yang sangat penting.

Apa yang kamu ketahui tentang baju adat Padang/sumatera barat?

Pertanyaan: Apa yang kamu ketahui tentang baju adat Padang/sumatera barat?

yang aku ketahui nama baju Sumatra barat namanya

Bundo kanduang

maaf kalok salah

nama baju adat padang adalah….nama buju adat palembang adalah ….nama

Pertanyaan: nama baju adat padang adalah….
nama buju adat palembang adalah ….
nama baju adat lampung adalah ….​

Jawaban:

1.pakaian limpapeh rumah nan gadang atau bundo kanduang

2.aesan gede dan pak sangkong

3.baju tulang bawang

baju adat yogyakarta: lagu daerah yogyakarta:rumah adat padang:baju adat padang:lagu

Pertanyaan: baju adat yogyakarta:
lagu daerah yogyakarta:

rumah adat padang:
baju adat padang:
lagu daerah padang:​

Jawaban:

1. Surjan

2. Suwe ora jamu

3. Minang

4. Limpapeh Rumah Nan Gadang

5. Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato

semoga membantu dan maaf klo salah

Jawaban:

1.Surjan merupakan pakaian adat Yogyakarta yang sering digunakan pria untuk upacara Grebeg.

Kebaya beledumelambangkantindak tanduk wanita yang harus lemah lembut

2.Pitik Tukung

3.Rumah gadang.

4Pakaian Bundo Kanduang atau disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat

5.Takabek Gadih Rantau

Penjelasan:

Semoga membantu

Jika pada gambar jarak antara Padang dan Padang pariaman adalah

Pertanyaan: Jika pada gambar jarak antara Padang dan Padang pariaman adalah 4 Cm, Tentukan jarak Padang dan Padang Pariaman sebenarnya ,jika skala 1 : 5.600.000! ( Dalam Km )​

Jawaban:

140 KM

Penjelasan dengan langkah-langkah:

JP= 4 CM

SK= 1:5.600.000

JS=?

JS= JP×SK

JS= 5.6000.000:4

JS= 14.000.000 cm

JS= 140 KM

Jawaban:

J.S = 224 km

Penjelasan dengan langkah-langkah:

J.S = J.P × Skala

= 4 × 5.600.000

= 22.400.000 cm

= 224 km

semoga membantu. jika ada kesalahan dalam penyampaian silahkan ketik di kolom komentar. dan seperti biasa terimakasih =>

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Padang Pariaman, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti padang pariaman adalah, baju adat padang, Tuliskan sejarah baju, baju adat padang, dan Apa yang kamu.

Check Also

Ciri Khas Suku Minangkabau

Ciri Khas Suku Minangkabau – Tingkat budaya lokal etnis-etnis di Indonesia menampilkan sejuta pesona . …