Baju Adat Ogan Komering Ulu: Keindahan Budaya yang Terpatri dalam Kain

Baju Adat Ogan Komering Ulu: Keindahan Budaya yang Terpatri dalam Kain – Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keberagaman budaya, memiliki berbagai suku dan daerah dengan adat istiadat yang unik. Salah satu suku yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa adalah suku Ogan Komering Ulu di Provinsi Sumatera Selatan. Suku ini memiliki warisan budaya yang terlihat dalam pakaian tradisional mereka, yang dikenal sebagai Baju Adat Ogan Komering Ulu. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keunikan dan keindahan dari Baju Adat Ogan Komering Ulu.

Baju Adat Ogan Komering Ulu memadukan keanggunan, kesederhanaan, dan kekayaan budaya dalam satu kesatuan yang memukau. Pakaian ini terdiri dari beberapa elemen yang saling melengkapi dan mencerminkan identitas budaya suku Ogan Komering Ulu. Salah satu komponen utama dari baju adat ini adalah kain tradisional yang dikenal sebagai “songket”. Songket Ogan Komering Ulu terbuat dari benang emas atau perak yang dianyam secara rumit oleh para perajin yang mahir. Pola songket yang rumit dan berwarna-warni mencerminkan keterampilan dan ketelitian tinggi yang diperlukan untuk menghasilkan karya seni yang memukau.

Warna-warna yang dominan dalam songket Ogan Komering Ulu adalah warna-warna yang cerah dan mencolok, seperti merah, hijau, kuning, dan biru. Setiap warna memiliki makna dan simbol yang mendalam dalam budaya suku Ogan Komering Ulu. Misalnya, warna merah melambangkan keberanian dan semangat, sedangkan warna hijau melambangkan kesuburan dan kehidupan. Penggunaan warna yang beragam ini mencerminkan hubungan yang kuat antara suku Ogan Komering Ulu dan alam sekitarnya.

Selain songket, Baju Adat Ogan Komering Ulu juga mencakup atasan tradisional yang dikenal sebagai “baju kurung”. Baju kurung terbuat dari kain berwarna cerah yang dihiasi dengan bordir dan sulaman yang rumit. Motif-motif yang digunakan dalam bordir dan sulaman ini mencerminkan kehidupan sehari-hari suku Ogan Komering Ulu, seperti gambaran pohon, binatang, dan bentuk geometris yang melambangkan keseimbangan dan harmoni. Baju kurung juga dilengkapi dengan kain panjang yang disebut “sarung”, yang melingkari tubuh dan menambahkan keanggunan pada tampilan keseluruhan.

Tidak hanya itu, Baju Adat Ogan Komering Ulu juga dilengkapi dengan aksesoris yang melengkapi pakaian tradisional ini. Salah satu aksesoris yang penting adalah “selendang”, yang digunakan oleh perempuan untuk melingkari tubuh mereka. Selendang ini terbuat dari kain yang sama dengan songket dan berfungsi sebagai penutup kepala dan penampilan yang anggun. Selain itu, perhiasan seperti kalung, gelang, dan anting-anting juga digunakan untuk melengkapi tampilan Baju Adat Ogan Komering Ulu.

Pakaian tradisional ini tidak hanya dipakai dalam acara adat dan upacara adat, tetapi juga menjadi bagian dari identitas sehari-hari suku Ogan Komering Ulu. Meskipun dunia terus berubah, suku ini tetap mempertahankan keindahan dan nilai budaya yang ada dalam Baju Adat Ogan Komering Ulu. Generasi muda suku Ogan Komering Ulu diajarkan untuk menghargai dan mempelajari warisan budaya mereka, termasuk cara membuat dan mengenakan pakaian tradisional ini.

Baju Adat Ogan Komering Ulu bukan hanya sekadar pakaian tradisional, tetapi juga merupakan simbol kebersamaan, identitas, dan kebanggaan bagi suku Ogan Komering Ulu. Melalui pakaian ini, mereka mampu mengekspresikan keindahan budaya mereka kepada dunia dan menjaga kelestarian warisan nenek moyang mereka. Dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya ini, suku Ogan Komering Ulu telah mengadakan berbagai acara dan festival budaya untuk mempromosikan Baju Adat Ogan Komering Ulu kepada masyarakat luas.

Dalam dunia yang terus berkembang dan modern ini, penting bagi kita untuk menghargai dan menjaga keberagaman budaya. Baju Adat Ogan Komering Ulu tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga membawa cerita dan sejarah yang kaya dari suku Ogan Komering Ulu. Pada akhirnya, Baju Adat Ogan Komering Ulu adalah warisan budaya yang berharga dan harus dihargai sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia secara keseluruhan.

Baju Adat Ogan Komering Ulu – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Ogan Komering Ulu karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat yaitu salah satu faktor kebudayaan daerah. Faktor kebudayaan tersebut mempunyai fungsi yang layak dengan pesan-pesan nilai tradisi yang ada di dalamnya. Selain itu, terkait secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bengkulu

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Ogan Komering Ulu masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap daerah di Indonesi?. Tiap-tiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Baju Adat Ogan Komering Ulu

  1. Apa itu Baju Adat Ogan Komering Ulu? Baju Adat Ogan Komering Ulu adalah pakaian tradisional yang berasal dari suku Ogan Komering Ulu di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Pakaian ini mencerminkan identitas budaya suku tersebut dan terdiri dari songket, baju kurung, sarung, selendang, dan aksesoris lainnya.
  2. Bagaimana Baju Adat Ogan Komering Ulu dibuat? Baju Adat Ogan Komering Ulu dibuat dengan menggabungkan keterampilan tenun songket, bordir, dan sulaman. Songket Ogan Komering Ulu dianyam menggunakan benang emas atau perak, sedangkan baju kurung dihiasi dengan bordir dan sulaman yang rumit. Bahan-bahan dan motif yang digunakan juga memiliki makna dan simbolik tertentu.
  3. Apa makna warna dalam Baju Adat Ogan Komering Ulu? Warna dalam Baju Adat Ogan Komering Ulu memiliki makna dan simbolik yang mendalam. Misalnya, warna merah melambangkan keberanian dan semangat, sedangkan warna hijau melambangkan kesuburan dan kehidupan. Setiap warna memiliki makna dan interpretasi budaya yang berbeda.
  4. Kapan Baju Adat Ogan Komering Ulu digunakan? Baju Adat Ogan Komering Ulu digunakan dalam berbagai acara adat dan upacara tradisional, seperti pernikahan, upacara adat, festival budaya, dan perayaan penting lainnya. Pakaian ini juga dapat dikenakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempertahankan identitas budaya suku Ogan Komering Ulu.
  5. Bagaimana Baju Adat Ogan Komering Ulu dipertahankan dan dilestarikan? Baju Adat Ogan Komering Ulu dipertahankan dan dilestarikan melalui pendidikan budaya dan kegiatan yang mendorong pengenalan dan apresiasi terhadap warisan budaya ini. Suku Ogan Komering Ulu mengadakan berbagai acara, festival, dan pertunjukan budaya untuk mempromosikan dan menjaga kelestarian Baju Adat Ogan Komering Ulu.
  6. Apakah ada variasi dalam Baju Adat Ogan Komering Ulu? Ya, terdapat variasi dalam Baju Adat Ogan Komering Ulu tergantung pada daerah atau sub-suku di dalam suku Ogan Komering Ulu itu sendiri. Setiap sub-suku mungkin memiliki gaya, motif, atau aksen yang sedikit berbeda dalam pakaian tradisional mereka, tetapi umumnya masih mempertahankan elemen-elemen khas dari Baju Adat Ogan Komering Ulu.
  7. Dapatkah Baju Adat Ogan Komering Ulu diakses dan dikenakan oleh masyarakat umum? Baju Adat Ogan Komering Ulu biasanya dipakai oleh anggota suku Ogan Komering Ulu dalam konteks budaya dan upacara adat. Namun, dalam beberapa kesempatan, pakaian ini juga dapat dikenakan oleh orang-orang di luar suku tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan Indonesia.
  8. Bagaimana kita dapat mempelajari lebih lanjut tentang Baju Adat Ogan Komering Ulu? Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Baju Adat Ogan Komering Ulu melalui penelitian, buku-buku budaya, sumber daya online, dan mengunjungi daerah Ogan Komering Ulu di Sumatera Selatan. Mengikuti acara budaya, festival, atau pertunjukan budaya juga dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang pakaian tradisional ini.

Baju Adat Ogan Komering Ulu, busana pengantin adat palembang cek nunk event organizer

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Ogan Komering Ulu) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat adalah pakaian dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Ogan Komering Ulu?

Bukan hanya di Indonesia, tiap-tiap negara di segala dunia juga mempunyai Baju Adat Ogan Komering Ulu masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Sebab baju adat adalah pakaian yang dihasilkan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Tiap Baju Adat Ogan Komering Ulu lazimnya terdiri dari beberapa komponen komplit dari kepala sampai kaki. Berikut ini merupakan komponen komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan ialah bagian inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya baju seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif pantas dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan adalah pasangan dari atasan yang juga yaitu bagian penting. Modelnya juga bisa bervariasi, misalnya ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya merupakan penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau pelengkap selanjutnya yaitu kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu lazimnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bengkulu

5. Ikat Pinggang

Tiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, formatnya juga bisa berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang lazimnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya ditemui pada pakaian khas wanita yaitu gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi komponen komplemen komponen bawah, modelnya berbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Ogan Komering Ulu

bahasa etnik mon thailand cari infonet powered discuz 400 x 600 · jpeg bahasa etnik mon thailand cari infonet powered discuz from mforum.cari.com.my
wisata kuliner dumai murah enak andalas tourism 750 x 450 · jpeg wisata kuliner dumai murah enak andalas tourism from www.andalastourism.com

keragaman pakaian adat belitung kompasianacom 1200 x 674 · jpeg keragaman pakaian adat belitung kompasianacom from www.kompasiana.com
baju adat aceh tari saman terkini 340 x 515 · jpeg baju adat aceh tari saman terkini from pakaianstylish.blogspot.com

aceh baju adat visitbandaacehcom 855 x 449 · jpeg aceh baju adat visitbandaacehcom from www.visitbandaaceh.com
ba baju adat gorontalo pakaian adat anak 492 x 745 · jpeg ba baju adat gorontalo pakaian adat anak from bajuadatmurah.blogspot.com

pameran teknologi tepat guna ttg xiv tingkat provinsi sumatera selatan dikabupaten ogan 768 x 512 · jpeg pameran teknologi tepat guna ttg xiv tingkat provinsi sumatera selatan dikabupaten ogan from disparbud.okukab.go.id
palembang bumi sriwijaya pakaian adat sumatera selatan ii 379 x 400 · png palembang bumi sriwijaya pakaian adat sumatera selatan ii from palembangbatangharisembilan.blogspot.com

pakaian adat simalungun youtube 480 x 360 · jpeg pakaian adat simalungun youtube from www.youtube.com
busana pengantin adat palembang cek nunk event organizer 239 x 300 · jpeg busana pengantin adat palembang cek nunk event organizer from ceknunkeo.blogspot.com

palembang bumi sriwijaya kristalisasi gaya sriwijaya busana pengantin adat melayu sumatera 600 x 994 · jpeg palembang bumi sriwijaya kristalisasi gaya sriwijaya busana pengantin adat melayu sumatera from palembangbatangharisembilan.blogspot.com
 250 x 319 · jpeg sewa kostum baju adat kesumadewi from sewakostumanak.wixsite.com

future inspiration life pakaian adat kudus batik lasem akulturasi istimewa 936 x 987 · jpeg future inspiration life pakaian adat kudus batik lasem akulturasi istimewa from priyatmaja.blogspot.com
pakaian tarian rumah adat senjata tradisional sukunya ch andra marchell andra 960 x 720 · jpeg pakaian tarian rumah adat senjata tradisional sukunya ch andra marchell andra from ch-andratry.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah adalah tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya ialah memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi pakaian adat adalah untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menunjukkan atau menentukan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap tempat, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai penentu status sosial.

1. Jati diri Tiap-tiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini adalah suatu identitas tiap tempat. Sahabat-teman bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Ogan Komering Ulu yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan label masyarakat Jawa. Meski kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai ciri tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada beraneka acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan mengaplikasikan pakaian adat.

Baju Adat Ogan Komering Ulu ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti saat perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan memasang kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Ogan Komering Ulu juga kerap diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan pakaian adat dengan beraneka dekorasinya.

Pun pada sebagian daerah, pasangan itu akan memasang penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memakai hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai kini di beberapa daerah pakaian adat memiliki pelbagai fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, ialah beberapa pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Ogan Komering Ulu

Sebutkan nama pakaian adat Komering Ulu​

Pertanyaan: Sebutkan nama pakaian adat Komering Ulu​

ada 2 jenis, Aesan Gede/Penganggon dan Paksangko.

Jawaban:

Aesan Paksangko

Ceritakan tentang tempat wisata ogan komering ulu selatan (okus),air terjun

Pertanyaan: Ceritakan tentang tempat wisata ogan komering ulu selatan (okus),air terjun chuhup tinggi

Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu SelatanAir Panas Gunung Seminung
Kecamatan Banding Agung, di kaki Gunung Seminung, 55 km dari Kota Muaradua.Air Panas Jelijih
Kecamatan Sindang Danau, berjarak sekitar 75 km dari Kota Muaradua.Air Terjun Chuhup Tinggi
Desa Ulu Danau, Kecamatan Pulau Beringin, 75 km dari Kota Muaradua, dengan ketinggian air 40 m.Air Terjun Kebayan
Desa Pauh, Kecamatan Sandang Aji, berjarak sekitar 10 km dari Kota Muaradua.Air Terjun La’ai
Desa La’ai, Kec Banding Agung, 65 Km dari Kota Muaradua, dengan ketinggian 40 m, 7 tingkat yang bentuk lekukannya menyerupai seekor ular naga.Air Terjun Lumai
Kecamatan Buay Rawan, berjarak 17 km dari pusat Kota Muaradua.Air Terjun Manduriang
Desa Manduriang, Kecamatan BPRRT, 27 Km dari Kota Muaradua, dengan ketinggian 25 m, ada terowongan dibalik air terjun yang dulu digunakan untuk bersemedi.Air Terjun Mehanggin
Kecamatan Muaradua, yang jaraknya sekitar 10 Km dari Kota Muaradua.Air Terjun Papan
Desa Gedung Wani, Kecamatan Buay Runjung, 35 Km dari Kota Muaradua, dengan ketinggian air terjun 120 m.Air Terjun Selundong
Kecamatan Sandang Aji, yang jaraknya sekitar 10 Km dari Kota Muaradua.Air Terjun Subik Tuha
Kecamatan Banding Agung, di tepian Danau Ranau, 65 km dari Muaradua, dengan ketinggian air terjun 20 m, ada Situs Kotak Subik dan Situs Lesung Subik Tuha.Air Terjun Tanjung
Kecamatan Mekakau Ilir, yang berada 71 Km dari pusat Kota Muaradua.Batu Bersusun
Kecamatan Banding Agung, 50 Km dari Kota Muaradua.Batu Kursi
Kecamatan Banding Agung, yang berjarak sekitar 50 Km dari Kota Muaradua.Danau Halim
Kecamatan Muaradua, 17 Km dari Kota Muaradua.Danau Rakihan
Ulu Danau, Kec Pulau Beringin, 75 Km dari Kota Muaradua, air danau dapat berubah yang dipercaya memberi tanda akan terjadinya suatu kejadian penting.Danau Ranau
Kec Banding Agung, BPR Ranau Tengah dan Warkuk Ranau Selatan, 50 Km dari Kota Muaradua, 342 km dari Kota Palembang, dengan latar belakang Gunung Seminung, ada Pulau Merisa di tengah danau.Goa Burung Walet
Desa Saung Naga, Kec Buay Runjung, 35 Km dari Kota Muaradua, kedalaman 50 m dan diameter 15 m; menjelang magrib, sekitar 1 jam, burung wallet berbondong-bondong memasuki goa.Goa Kubu Manuk
Kecamatan Banding Agung, berjarak sekitar 55 Km dari Kota Muaradua.Goa Kubu Rawong
Kecamatan Banding Agung, 55 Km dari Kota Muaradua.Makam si Pahit Lidah dan si Mata Empat
Kecamatan Banding Agung, di tepian Danau Ranau, 50 Km dari Kota Muaradua.Pantai Senangkalan
Kecamatan Banding Agung, yang berjarak sekitar 55 Km dari Kota Muaradua.Pulau Marisa
Kecamatan Banding Agung, di tengah Danau Ranau, 50 Km dari Kota Muaradua.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Bengkulu

Sebutkan baju adat Komering?

Pertanyaan: Sebutkan baju adat Komering?

dari sumsel

okey thank you

Apa fungsi bagian bawah rumah adat ogan komering ulu selatan​

Pertanyaan: Apa fungsi bagian bawah rumah adat ogan komering ulu selatan​

Jawaban:

Untuk melindungi dari bencana alam seperti banjir.

Penjelasan:

Semoga membantu & bermanfaat:)

suku Semendo merupakan masyarakat Kabupaten a Ogan Ilir B Lahat

Pertanyaan: suku Semendo merupakan masyarakat Kabupaten a Ogan Ilir B Lahat ke Muara Enim Ogan Komering Ulu​

Jawaban:

Ogan llir

maaf kalo salah

Jawaban:

ogan kemereng

Penjelasan:

semoga membantu

maaf jika salah

makanan khas dari ogan komering ulu

Pertanyaan: makanan khas dari ogan komering ulu

Pepes ikan kapiak makanan khas daerah sukanegeri Oku Timur,Tempoyak Makanan Khas OKU Khususnya di Daerah Baturaja

apa seni rupa khas kabupaten ogan komering ulu di sumatra

Pertanyaan: apa seni rupa khas kabupaten ogan komering ulu di sumatra selatan?

Jawaban:

membuat alat musik

melukis

mengukir

membatik

tolong buat yg tau lagu daerah OGAN KOMERING ULU yg

Pertanyaan: tolong buat yg tau lagu daerah OGAN KOMERING ULU yg mudah dihapal.​

Jawaban:

HUMAKU

(Himpunam Muli Meranai Ogan Komering Ulu )

Ciptaan : Effrensi AR

Kelurahan Pasar Martapura Kec. Martapura

Sija da HUMAKU, Huma ram jama-jama

Jama-jama bujama  jamaa……. Ram jaga-jagaaan….

Kutti saai dipa juga

Di kotaa…. Ditiuh…..ditiuh di kotaaa…..dipaa jugaaaa….

Reff.   Muli Meranai, bujama-jama.2x

Nginjakkoooo…. Adat Budaya…. Adat Budaya.

Sai ganta wat humaku, pok ram buhimpun

Bupadu…… busatu….. rik sapa juga……

SEMOGA MEMBANTU:)

Lagu OGAN KOMERING :

contoh nya lagu = OMBAI AKAS

Ombai Akas

lirik nya :

Ombai Akas Sikam koq Haga mulang

Morli maranai lagi rincian-rincian

Ombai Akas Sikam koq Haga mulang

Morli maranai lagi rincian-rincian

Mon niku Kawai handak

Nyak kawai handak munih

Mon niku Haga di nyak

Nyak Haga di niku munih

OMBAI AKAS

sikam kok haga mulang

mouli maranai lagi rincah rincahan

Mon niku kawai koning

Nyak kawai koning munih

Mon niku nahan goring

Nyak nahan goring munih

Ombai akas

sikam kok haga mulang

mouli maranai lagi rincah rincahan

Terimakasih

semoga membantu

adat istiadat yang biasa dilakukan didaerah Ogan Komering?jelaskann yahh!!​

Pertanyaan: adat istiadat yang biasa dilakukan didaerah Ogan Komering?

jelaskann yahh!!​

Jawaban:

Tercatat ada beberapa tradisi unik dari setiap masyarakat suku Ogan di wilayah manapun mengenai pernikahan. Beberapa diantaranya seperti Hajat Batin, Ngukus, Pengadangan, Ningkuk, dan lain-lain.

Penjelasan:

#MAAF KALO SALAH

Jawaban:

hajat batin dan makanan tradisional engga tau sqlah apa bnr

Ogan Komering ulu timur terkenal dengan hasil pertaniannya yaitu

Pertanyaan: Ogan Komering ulu timur terkenal dengan hasil pertaniannya yaitu

Jawaban:Hasil produksi pertanian lainnya yaitu kedelai sebesar 256,3 ton, Kacang Hijau sebesar 521,07 ton, ubi jalar sebesar 2.745,9 ton, dan Ubi Kayu sebesar 28.426,89 ton.

Penjelasan:

Hasil produksi pertanian lainnya yaitu kedelai sebesar 256,3 ton, Kacang Hijau sebesar 521,07 ton, ubi jalar sebesar 2.745,9 ton, dan Ubi Kayu sebesar 28.426,89 ton

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Ogan Komering Ulu, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti apa seni rupa, Ceritakan tentang tempat, Ogan Komering ulu, makanan khas dari, dan Apa fungsi bagian.

Check Also

Ciri Khas Suku Batak Toba

Ciri Khas Suku Batak Toba – Tingkat warisan budaya setempat suku-suku di Indonesia menampilkan sejuta …