liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Maluku Tenggara

Baju Adat Maluku Tenggara – Daftar baju adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Maluku Tenggara karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional tempat yakni salah satu unsur kebudayaan daerah. Unsur kebudayaan hal yang demikian memiliki fungsi yang cocok dengan pesan-pesan skor adat istiadat yang ada di dalamnya. Selain itu, terkait secara lantas dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman budaya dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Maluku Tenggara masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap daerah di Indonesi?. Tiap-tiap kawasan di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Maluku Tenggara, pakaian adat maluku ciri khas  jenis jenisnya goodmindsid

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Maluku Tenggara) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat merupakan pakaian diwujudkan sebagai simbol untuk mengekspresikan identitas dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Maluku Tenggara?

Bukan cuma di Indonesia, tiap negara di segala dunia juga memiliki Baju Adat Maluku Tenggara masing-masing mewakili kategori masyarakat mereka. Karena baju adat adalah baju yang dibuat dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Tiap-tiap Baju Adat Maluku Tenggara umumnya terdiri dari beberapa komponen lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini yakni bagian komponen biasanya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan adalah komponen inti yang senantiasa ada, pembuatannya sesuai sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama baju seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif layak dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yakni pasangan dari atasan yang juga ialah komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, seumpama ada busana pria memakai celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Bagian selanjutnya yakni penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya adalah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap tempat memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga dapat berbeda-beda. Tapi tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya ditemui pada baju khas wanita ialah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meskipun alas kaki menjadi komponen komplemen komponen bawah, modelnya berbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Maluku Tenggara

pakaian adat maluku ciri khas  jenis jenisnya goodmindsid 768 x 1236 · jpeg pakaian adat maluku ciri khas jenis jenisnya goodmindsid from goodminds.id
google pakaian adat maluku baju adat tradisional 663 x 382 · jpeg google pakaian adat maluku baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

budaya  tanah surgamaluku miajaya 1000 x 1263 · jpeg budaya tanah surgamaluku miajaya from miajaya.wordpress.com
indonesiaku baju adat sulawesi 253 x 420 · jpeg indonesiaku baju adat sulawesi from bintangyangpalingterang.blogspot.com

sewa busana betawi dot   ph      sewa baju 900 x 1600 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com
pakaian adat maluku  images  pakaian adat  pinterest javanese indonesia 236 x 494 · jpeg pakaian adat maluku images pakaian adat pinterest javanese indonesia from azfagambar.blogspot.com

ragam pakaian adat tradisional maluku 300 x 204 · jpeg ragam pakaian adat tradisional maluku from fitinline.com
pakaian adat sulawesi tenggara  penjelasannya tambah pinter 560 x 420 · jpeg pakaian adat sulawesi tenggara penjelasannya tambah pinter from tambahpinter.com

gambar baju adat maluku kekinian gambar pixabay 700 x 933 · jpeg gambar baju adat maluku kekinian gambar pixabay from www.gambar.pro
blog nusantara indonesia maret 293 x 320 · jpeg blog nusantara indonesia maret from blognusantaraindonesia.blogspot.com

kebudayaan  kesenian daerah kebudayaan maluku 301 x 605 · jpeg kebudayaan kesenian daerah kebudayaan maluku from likaardila.blogspot.com
indonesia lovers sumatra barat 1074 x 1600 · jpeg indonesia lovers sumatra barat from indonlovers.blogspot.com

budaya maluku  maluku utara budaya indonesiaku 320 x 204 · jpeg budaya maluku maluku utara budaya indonesiaku from tsansns.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat yakni tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta komponen.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi baju adat yaitu untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menonjolkan atau memutuskan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap tempat, Kids. Pakaian adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Jati diri Tiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini adalah suatu label tiap tempat. Teman-teman bisa mengenali kebudayaan suatu daerah melalui Baju Adat Maluku Tenggara yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Padahal kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi identitas masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai jati diri tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak diaplikasikan pada bermacam-macam acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menggunakan pakaian adat.

Baju Adat Maluku Tenggara ini juga akan menentukan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan mengenakan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Maluku Tenggara juga sering diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang baju adat dengan bermacam dekorasinya.

Pun pada sebagian daerah, pasangan itu akan memasang penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memasang hiasan kepala dengan berat mencapai 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang cantik.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai kini di sebagian daerah pakaian adat memiliki pelbagai fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yakni beberapa pakaian adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban seputar Baju Adat Maluku Tenggara

PERTANYAAN : II. 1. Proton merupakan jenis muatan listrik ….

Pertanyaan: PERTANYAAN :
II.
1. Proton merupakan jenis muatan listrik ….
2. Garis imajiner yang dilalui penari saat melakukan gerak tari disebut ….
3. Pakaian adat biasanya digunakan penduduk pada acara ….
4. Keragaman bentuk rumah adat mencerminkan kemampuan nenek moyang bangsa indonesia sebagai …. andal.
5. Nama rumah adat dari Nusa Tenggara Barat adalah ….
6. Baju Bondo adalah pakaian adat untuk daerah ….
7. Pakaian adat dan tari daerah menunjukkan keragaman ….
8. Tari Reog Ponorogo yang dilakukan oleh banyak penari berasal dari daerah ….
9. Alat musik daerah maluku yang dimainkan dengan cara ditiup adalah ….
10. Dilarang membuka ladang berpindah sebab ….
11. Sistem pengairan di Bali yang dilakukan untuk pelestarian alam sekitar yaitu ….
12. Tari Sekapur Sirih berasal dari daerah ….
13. Tarian daerah umumnya menggambarkan tradisi dan ….
14. Orang Aceh, Orang Dayak, Orang Bali, Orang Madura, dan lainnya, apabila bertemu mereka menyatakan satu bangsa ….
15. Sumber daya alam hayati yang bermanfaat bagi kesejukan udara di alam yaitu ….
III.
1. Sebutkan 3 tempat wisata di indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara!
2. Sebutkan manfaat dan fungsi hutan secara ekologis!
3. Properti apakah yang digunakan pada Tari Legong?
4. Mengapa penebangan hutan secara berlebihan dilarang?
5. Berasal dari daerah manakah tarian- tarian berikut!
A. TARI GOLEK MENAK
B. TARI ANDUN
C. TARI BAKSA KEMBANG
6. Terangkan yang dimaksud sumber daya alam hayati! Dan berilah contohnya
7. Sebutkan upaya-upaya menjaga keindahan dan kelestarian hutan!
8. Bagaimana cara pengelolaan air dalam subak?
9. Apa akibat kebiasaan ladang berpindah lagi kelestarian lingkungan?
10. Sebutkan 5 sikap yang dapat merusak lingkungan!
PENJELASAN :
TOLONG JAWAB YA
YANG BISA JAWAB SEMUA HEBAT

Jawaban:

1.positif

2.pola lantai

3.upacara adat atau festival adat

5.rumah dalam loka

6.makasar

7.budaya

8.jawa timur

maaf cuma segitu jawabannya

semoga membantu

temukan persamaan dan perbedaan kedua teks deskripsi tersebut.buatlah perbandingan dari

Pertanyaan: temukan persamaan dan perbedaan kedua teks deskripsi tersebut.buatlah perbandingan dari kedua teks tersebut.
-jelaskan!!!!
Bacalah teks di bawah ini sebelum menjawab !!!

(indahnya danau tiga warna di gunung Kelimutu)

Gunung Kelimutu berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di puncak gunung tersebut terdapat Danau Kelimutu. Danau Kelimutu sering disebut Danau Tiga Warna, karena danau ini memiliki tiga warna yang berbeda. Uniknya, warna air danau tersebut berubah-ubah seiring waktu berjalan. Keunikan wara itulah yang membuat para wisatawan tertarik mengunjungi objek wisata tersebut.
Danau Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT. Perjalanan yang harus ditempuh untuk mengunjungi danau tersebut sekitar 45 km dari Ende. Jalan masuk menuju tepi danau berupa anak tangga dan jalan bebatuan ditempuh dengan berjalan kaki. Waktu paling baik untuk mengunjungi Danau Tiga Warna adalah pagi hari pada bulan Juli dan Agustus. Pengunjung akan berdecak kagum karena keindahannya.
Hingga kini Danau Tiga Warna masih lekat dengan legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warni danau ini memiliki arti dan kekuatan alam yang sangat dahsyat. Warna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” diyakini oleh penduduk setempat ak menjadi tempat berkumpulnya orang-orang meninggal di usia muda. Wärna merah atau “Tiwu Ata Polo” diyakini menjadi tempat berkumpul arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan perbuatan jahat. Warna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” diyakini warga desa sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur mereka yang meninggal ketika mereka tua.

(Tari lenso)

Tari Lenso merupakan tarian tradisional dari daerah Maluku. Tari Lenso dibawakan oleh para wanita penari. Para penari menggunakan saputangan atau selendang sebagai ciri khas dan atribut. Tarian tradisional ini sering ditampilkan di berbagai acara yang bersifat adat, hiburan, atau pertunjukan seni budaya.
Tari Lenso sudah ada di Maluku sejak bangsa Portugis datang ke Maluku. Menurut sejarah, tari Lenso berasal dari Portugis. Kemudian, tari tersebut dikembangkan dan diadaptasi dengan budaya masyarakat lokal. Meskipun Portugis telah meninggalkanMaluku, tari Lenso masih ditarikan oleh masyarakat hingga akhirnya menjadi suatu Le tradisi dan berkembang. Tari Lenso dibawakan oleh para wanita
penari berjumlah 6-9 orang. Dalam pertunjukan ira tari Lenso, para penari mengenakan kostum L baju adat Maluku. Untuk baju atasan, para penari mengenakan baju sejenis kebaya berwarna putih. Di bagian bawah penari biasa mengenakan kain panjang khas Maluku
Gerakan dalam tari Lenso biasanya lebih didominasi gerakan tangan yang melambaike depan dan gerakan kaki melangkah. Tari Lenso ini memiliki tiga gerakan utama, yaitu gerak maju, gerak jumput, dan gerak mundur. Semua gerakan tersebut disesuaikan dengan irama musik pengiringnya. Pertunjukan tari Lenso diiringi alunan musik tradisional, seperti totobuang dan tifa. Irama yang dimainkan biasanya merupakan irama bertempo sedang dan menggambarkan keceriaan.

buat yang ngejawab dengan baik dan bentar dijadiin jawaban terbaik ^_________^​​

Jawaban:

temukan persamaan dan perbedaan kedua teks deskripsi tersebut.buatlah perbandingan dari kedua teks tersebut.

-jelaskan!!!!

Bacalah teks di bawah ini sebelum menjawab !!!

(indahnya danau tiga warna di gunung Kelimutu)

Gunung Kelimutu berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di puncak gunung tersebut terdapat Danau Kelimutu. Danau Kelimutu sering disebut Danau Tiga Warna, karena danau ini memiliki tiga warna yang berbeda. Uniknya, warna air danau tersebut berubah-ubah seiring waktu berjalan. Keunikan wara itulah yang membuat para wisatawan tertarik mengunjungi objek wisata tersebut.

Danau Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT. Perjalanan yang harus ditempuh untuk mengunjungi danau tersebut sekitar 45 km dari Ende. Jalan masuk menuju tepi danau berupa anak tangga dan jalan bebatuan ditempuh dengan berjalan kaki. Waktu paling baik untuk mengunjungi Danau Tiga Warna adalah pagi hari pada bulan Juli dan Agustus. Pengunjung akan berdecak kagum karena keindahannya.

Hingga kini Danau Tiga Warna masih lekat dengan legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warni danau ini memiliki arti dan kekuatan alam yang sangat dahsyat. Warna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” diyakini oleh penduduk setempat ak menjadi tempat berkumpulnya orang-orang meninggal di usia muda. Wärna merah atau “Tiwu Ata Polo” diyakini menjadi tempat berkumpul arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan perbuatan jahat. Warna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” diyakini warga desa sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur mereka yang meninggal ketika mereka tua.

(Tari lenso)

Tari Lenso merupakan tarian tradisional dari daerah Maluku. Tari Lenso dibawakan oleh para wanita penari. Para penari menggunakan saputangan atau selendang sebagai ciri khas dan atribut. Tarian tradisional ini sering ditampilkan di berbagai acara yang bersifat adat, hiburan, atau pertunjukan seni budaya.

Tari Lenso sudah ada di Maluku sejak bangsa Portugis datang ke Maluku. Menurut sejarah, tari Lenso berasal dari Portugis. Kemudian, tari tersebut dikembangkan dan diadaptasi dengan budaya masyarakat lokal. Meskipun Portugis telah meninggalkanMaluku, tari Lenso masih ditarikan oleh masyarakat hingga akhirnya menjadi suatu Le tradisi dan berkembang. Tari Lenso dibawakan oleh para wanita

penari berjumlah 6-9 orang. Dalam pertunjukan ira tari Lenso, para penari mengenakan kostum L baju adat Maluku. Untuk baju atasan, para penari mengenakan baju sejenis kebaya berwarna putih. Di bagian bawah penari biasa mengenakan kain panjang khas Maluku

Gerakan dalam tari Lenso biasanya lebih didominasi gerakan tangan yang melambaike depan dan gerakan kaki melangkah. Tari Lenso ini memiliki tiga gerakan utama, yaitu gerak maju, gerak jumput, dan gerak mundur. Semua gerakan tersebut disesuaikan dengan irama musik pengiringnya. Pertunjukan tari Lenso diiringi alunan musik tradisional, seperti totobuang dan tifa. Irama yang dimainkan biasanya merupakan irama bertempo sedang dan menggambarkan keceriaan.

1. Negara kita disebut sebagai negara kepulauan karena …. *

Pertanyaan: 1. Negara kita disebut sebagai negara kepulauan karena …. *
5 poin
a. termasuk negara yang memiliki wilayah sangat luas
b. jumlah penduduknya sangat banyak
c. dalam 1 pulau terdiri dari banyak suku bangsa
d. memiliki wilayah yang terdiri dari banyak pulau.
2. Kalimat pernyataan yang paling benar adalah …. *
5 poin
a. Kita tinggal di Provinsi Jawa Kota Bandung Negara Indonesia
b. Kita tinggal di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Negara Indonesia
c. Kita tinggal di Negara Indonesia Provinsi Bandung Jawa Barat
d. Kita tinggal di Pulau Jawa Barat Kota Bandung Negara Indonesia
3. Karena wilayah Indonesia terdiri dari banyak pulau besar dan kecil maka berpengaruh pada timbulnya keberagaman. Contoh keberagaman budaya adalah …. *
5 poin
a. rumah joglo dan tari jaipong
b. suku Dayak dan suku Batak
c. agama Islam dan Katolik
d. bahasa Sunda dan agama Hindu
4. Adanya keragaman agama, adat istiadat, dan kebudayaan di Indonesia disebabkan oleh faktor …. *
5 poin
a.Keadaan transportasi dan komunikasi
b.Perbedaan kondisi alam
c. Kondisi negara kepulauan
d. Letak strategis wilayah Indonesia
5. Jika kelompok masyarakat tertutup dan tidak mau menerima pengaruh dari luar maka akibatnya …. *
5 poin
a. jumlah penduduk semakin lama semakin berkurang
b. jumlah penduduk semakin lama semakin banyak
c. sulit mengalami kemajuan sesuai perkembangan jaman
d. hidup masyarakat akan semakin mengalami kemiskinan
6. Contoh pekerjaan masyarakat yang tinggal di wilayah pantai adalah …. *
5 poin
a. petani padi dan petani garam
b. nelayan dan jasa penyewaan perahu
c. penjual cindera mata dan peternak
d. tukang ojek dan karyawan pabrik
7. Sekolah Ratna mengadakan karnaval pakaian adat. Ia memakai kebaya yang berasal dari daerahnya. Kebaya adalah pakaian adat dari daerah …. *
5 poin
a. Jawa Tengah
b. Kalimantan Utara
c. Maluku Utara
d. Nusa Tenggara Barat
8. Keunikan rumah adat masyarakat di Pulau Kalimantan adalah berbentuk panggung. Desain rumah seperti ini ditujukan untuk … *
5 poin
a. Menghangatkan suhu di dalam rumah
b. Melindungi penghuni rumah dari binatang buas
c. Menghindari rumah dari abrasi
d. Memudahkan penghuni untuk menata rumah
9. Salah satu manfaat melestarikan budaya bangsa adalah … *
5 poin
a. Indonesia akan dikenal di mata nasional
b. Penduduk Indonesia akan jauh lebih beragam
c. Kondisi ekonomi Indonesia akan lebih maju
d. Generasi penerus masih dapat mengenal budaya bangsa
10. Tindakan berikut yang merupakan contoh upaya melestarikan kesenian tradisional adalah …. *
5 poin
a. Ratna memilih mempelajari alat musik biola kesukaannya
b. Lana menampilkan Tari Serimpi di acara ulang tahun sekolah
c. Anton menonton acara stand up komedi di televisi kesayangan
d. pada libur kenaikan berlibur bersama keluarga ke daerah Papua
11. Berikut uapaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk melestarikan rumah adat adalah …. *
5 poin
a. Membangun desa adat dan menjadikannya tujuan pariwisata nasional dan internasional
b. Mengajarkan pelajar untuk mengenal rumah adat dan pakaian adat
c. Mendorong siswa untuk mempelajari rumah adat
d. Membawa pelajar mengunjungi suku-suku tradisional
12. Tindakan berikut yang dapat menghapus nilai baju adat sebagai warisan bangsa adalah … *
5 poin
a. Mengubah warna kebaya yang akan dipakai di acara pernikahan
b. Menyematkan keris di bagian belakang ikat pinggang
c. Memakai gaun tradisional di acara pernikahan
d. Memakai blankon saat tampil di acara nasional
13. Salah satu manfaat dari keberagaman yang ada di Indonesia adalah … . *
5 poin
a. menumbuhkan sikap kedaerahan
b. menimbulkan persaingan antar daerah
c. memperkaya khasanah budaya nasional
d. memperkaya masing-masing daerah
14. Ketika sedang bermain bola, Udin meminta ijin kepada teman-temannya untuk melaksanakan shalat. Sikap dari teman-teman Udin sebaiknya … . *
5 poin
a. menunggu permainan selesai
b. mengijinkan Udin untuk shalat
c. mengusir Udin dari permainan bola.
d. memaksa Udin bermain terus
15. Upaya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dapat kita wujudkan dengan cara … . *
5 poin
a. bersikap merendahkan bangsa lain
b. merasa daerahnya paling hebat
c. memandang rendah kebudayaan daerah lain
d. bersikap toleransi dan saling menolong

Jawaban:

1.D

2.B

3.B

4.C

5.C

6.B

7.B

8.B

9.A

10.B

11.D

12.C

13.A

14.B

15.D

10. Ritual Ma”nene adalah tradisi adat daerah…..a. Sulawesib. Malukuc. Palembang     

Pertanyaan: 10. Ritual Ma”nene adalah tradisi adat daerah…..
a. Sulawesi
b. Maluku
c. Palembang     
d. Kalimantan
e. Sumatera Barat
11.Lirik Lagu Yamko Rambe Yamko  berasal dari daerah….
a.Sulawesi Tenggara
b.Papua
c.Klaimantan
d.Sumatera Barat
e.Sumatera Utara
 
12.Lirik lagu *Yumano bungo awe ade* artinya adalah….
a.Bunga bangsa,bunga bertaburan
b.Bunga bangsa,bunga bertumbuh
c.Sebagai bunga bangsa
d.Sungguh Pembunuhan di dalam negeri
e.Sebuah perjanjian
13.Tari Sajojo khas daerah Papua,tarian ini sudah ada sejak tahun….
a. 1990
b. 1991
c. 1992
d. 1993
e. 1994
14.Rumah adat Papua adalah….
a.Joglo
b.Honai
c.Bale Dauh                                              
d.Rumah Inoeng
e.Rumah Baileo
15.Kohu-Kohu adalah makanan sejenis urap yang berasal dari daerah….
a.Bali
b.Sulawesi
c.Maluku
d.Sumatera Utara
e.Nusa Tenggara Barat
 
16.Arababu adalah alat musik Maluku digunakan dengan cara….
a.Dipukul
b.Digesek
c.Ditiup
d.Dipetik
e.Ditabuh
17.Pencipta lagu manuk dadali adalah….
a.WR Supratman
b.Ibu Sud
c.RC Hardjosubroto
d.Sunan Kalijaga
e.Sambas Mangundikarta
18.Wedang Cemue adalah salah satu minuman yang berasal dari kabupaten …..
a.Tulungagung
b.Kediri
c.Ngawi
d.Malang
e.Probolingo
19.Rumah adat Sulawesi Tengah adalah…..
a. Rumah Souraja
b. Rumah Pewaris
c. Honai
d. Rumah Godang
e. Rumah Betang
 
20.Baju adat suku bugis adalah….
a. Baju Bodo
b. Baju Tutu
c. Baju limaPeah
d. Kamen
e. Jas Takwa
21.Julang Ngapak rumah adat Jawa Barat kota….
a. Bandung
b. Cirebon
c. Tasikmalaya
d. Ciamis
e. Priangan Timur
22.Jolopong rumah adat Jawa Barat kota….
a. Bandung
b. Cirebon
c. Tasikmalaya
d. Ciamis
e. Priangan Timur
23.Rumah adat perahu kemureb bersasal dari kota….
a. Bandung
b. Cirebon
c. Tasikmalaya
d. Ciamis
e. Priangan Timur
 
24.Senjata khas suku dayak Kalimantan adalah….
a. Mandau
b. Celurit
c. Ruduih
d. Kapak
e. Kandik
25. Kain Sasaringan kain tradisional yang mirip daerah Jawa berasal dari kota….
a. Banjarmasin
b. Cirebon
c. Tasikmalaya
d. Ciamis
e. Jogyakarta

tolong bantu ya kak​

Jawaban: b

Penjelasan:

1. Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan satu alasan untuk

Pertanyaan: 1. Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan satu alasan untuk … *
5 poin
berselisih
bertengkar
bersatu
beradu
2. a. Keturunan b. Perbedaan kondisi geografis c. Perbedaan budaya setiap daerah d. kekayaan dan jabatan. Yang termasuk faktor penyebab keragaman sosial di Indonesia ditunjukkan oleh huruf …. *
5 poin
a, b, c
a, b, d
b, c, d
semua benar
3. Walaupun berbeda suku bangsa, Ahmad dan teman-teman berolahraga dengan rukun. Hidup rukun mencerminkan sikap persatuan dalam … *
5 poin
Keberagaman
Kesombongan
Kemiskinan
Keangkuhan
4. Berikut ini termasuk budaya daerah, kecuali …. *
5 poin
pakaian
bahasa
rumah
warna kulit
5. Sikap menghormati keragaman sosial budaya bangsa dapat dilakukan dengan cara … *
5 poin
mempelajari budaya dari daerah sendiri saja
melestarikan keragaman suku dan budaya bangsa
mengasingkan teman yang berasal dari daerah lain
tidak mau menonton pertunjukkan budaya daerah lain
6. Lagu daerah adalah lagu yang ada di tiap daerah dengan syair menggunakan bahasa daerah setempat. Berikut ini yang merupakan lagu daerah dari Papua adalah …. *
5 poin
Yamko Rambe Yamko
Cublak-cublak Suweng
Bubuy Bulan
Ampar-ampar Pisang
7. Tarian berikut berasal dari daerah …. *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
Jawa Barat
Jawa Tengah
DKI Jakarta
DIY Yogyakarta
8. Alat musik berikut berasal dari daerah …. *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
Sumatera
Sulawesi
Nusa Tengggara Barat
Jawa
9. Pakaian adat berikut berasal dari daerah …. *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
Maluku
Papua
Nusa Tenggara Timur
Kalimantan Tengah
10. Perang-perangan dari dua kelompok berkuda dengan menggunakan senjata tombak dari kayu yang dilakukan masyarakat NTB disebut …. *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
upacara kasodo
upacara belian
upacara adat pasola
upacara ngaben
11. Rumah adat berikut yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan adalah …. *
5 poin

Opsi 1

Opsi 2

Opsi 3

Opsi 4
12. Pakaian adat biasanya digunakan dan dipakai pada acara …. *
5 poin
pergi ke mall
upacara adat
makan di restoran
berbelanja ke pasar
13. Aceh terkenal dengan Tari Saman. Namun, selain Tari Saman, Aceh juga memiliki tarian daerah yang juga sama bagusnya, yaitu…. *
5 poin
Tari Kecak
Tari Seudati
Tari Tor-tor
Tari Merak
14. Baju tradisional Suku Batak, Sumatera Utara yang nampak pada gambar diberi nama …. *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
baju kebaya
baju pes’an
baju pangsi
baju ulos
15. Sikap toleransi yang dapat dilakukan dilingkungan masyrakat adalah …. *
5 poin
acuh dan cuek terhadap tetangga
berbicara sopan dan tidak menyinggung suku, ras budaya tetangga
tidak mau bergaul dengan tetangga yang berbeda suku
membeda-bedakan agama

Jawaban:

1. Bersatu

Penjelasan:

………………..

13. Berikut ini yang tidak termasuk keragaman budaya Indonesia adalah

Pertanyaan: 13. Berikut ini yang tidak termasuk keragaman budaya Indonesia adalah …. *
5 points
rumah adat
agama
bahasa daerah
upacara adat
Option 5
14. Kelompok suku bangsa di daerah Kalimantan Barat antara lain … *
5 points
Asmat, Biak, dan Marind
Sasak, Sumbawa dan Bima
Makasar, Bugis dan Toraja
Dayak, Ngaju dan Apo Kayan
Option 5
15. Rumah adat dari daerah Papua adalah …. *
5 points
Honai
Gadang
Baileo
Joglo
16. Tari dari daerah Bali yang bersifat pemujaan yang kemudian berubah menjadi tarian penerima tamu adalah tari …. *
5 points
Barong
Legong
Kecak
Pendet
Option 5
17. Alat musik sasando berasal dari daerah …. *
5 points
Jawa Barat
Sumatera Utara
Nusa Tenggara
Maluku
Option 5
18. Kesenian Ludruk dan Reog berasal dari propvinsi …. *
5 points
Jawa Timur
Jawa Barat
Jawa Tengah
Bali
Option 5
19. Pakaian adat wanita yang berasal dari Provinsi Nangroe Aceh Darrussalam adalah baju …. *
5 points
bodo
Inong
Kurung
Ulos
Option 5
20. Kujang adalah nama senjata tradisional dari daerah …. *
5 points
DKI Jakarta
Maluku Utara
Sumatera Selatan
Jawa Barat

———————

Jawaban:

13. agama

14,Dayak, Ngaju dan Apo Kayan

15 honai

16 pendet

17 Nusa tenggara

18 jawa timur

19kurung

20 Jawa barat

semoga membant

jadikan yang terbaik ya

Pakaian Manteren LamoMaluku UtaraBaju NggembeBaju BodoSulawesi TengahSulawesi SelatanNusa TenggaraTimurKulavi (Donggala)Sulawesi

Pertanyaan: Pakaian Manteren Lamo
Maluku Utara
Baju Nggembe
Baju Bodo
Sulawesi Tengah
Sulawesi Selatan
Nusa Tenggara
Timur
Kulavi (Donggala)
Sulawesi Utara
Lambung dan Pagon
IN
Ayo Berlatih
Rubrik
PPKn (KD 3.4)
Ayo, perhatikan gambar pakaian adat berikut! Tuliskan asal provinsi dan keunikan yan
terlihat dari setiap pakaian adat tersebut!
Literas
2
Asal provinsi :
Asal provinsi
Keunikan
Keunikan
???
ngetahuan Menuliskan keunikan dari setiap pakaian adat yang diamatinya dengan tepat.
8 Eksplorasi Materi
IPS (KD 3.2 dan 4.2)​

Jawaban:

maluku utara yayuuuay

3. Indonesia adalah negara berbentuk Republik. Dasar Negara Republik Indonesia

Pertanyaan: 3. Indonesia adalah negara berbentuk Republik. Dasar Negara Republik Indonesia adalah …. *
a. burung Garuda
b. Pancasila
c. Garuda Pancasila
d. Bhineka Tunggal Ika
4. Banyak kegiatan masyarakat yang mengamalkan nilai Pancasila. Salah satu kegiatan di sekolah yang mengajarkan pengamalan nilai-nilai Pancasila adalah …. *
a. koperasi
b. pramuka
c. UKS
d. konseling
5. Batak adalah suku yang berasal dari Sumatera Utara. Suku asli dari provinsi DKI Jakarta adalah….. *
a. Bima
b. Sunda
c. Biak
d. Betawi
6. Asal provinsi suku Tengger dan Madura adalah ….. *
a. Jawa Timur
b. Jawa Tengah
c. Jawa Barat
d. D. I. Yogyakarta
7. Baju cele dan baju timor adalah nama pakaian adat yang berasal dari provinsi…. *
a. Nusa Tenggara Timur dan Maluku
b. Maluku dan Nusa Tenggara Timur
c. Maluku dan Sulawesi Selatan
d. Nusa Tenggara Barat dan Bali
8. Berikut ini adalah suku bangsa yang berasal dari Papua, kecuali ….. *
a. Bima
b. Waigeo
c. Biak
d. Salawati
9. Suku Minang dan Melayu adalah suku bangsa yang berasal dari provinsi …. *
a. Sumatera Utara
b. Kepulauan Riau
c. Sumatera Barat
d. Bangka Belitung

Jawaban:

3. B. Pancasila

4. B. Pramuka

5. D. Betawi

6. A. Jawa Timur

7. B. Maluku dan Nusa Tenggara Timur

8. A. Bima

9. C. Sumatera Barat

Penjelasan:

         SEMOGA MEMBANTU. JADIKAN JAWABAN TERBAIK YA.

4. Indonesia kaya dengan beragam suku bangsa. Suku Gumai berasal

Pertanyaan: 4. Indonesia kaya dengan beragam suku bangsa. Suku Gumai berasal dari pulau
a. Maluku
b. papua
c. Kalimantan
d. sumatra
5. Salah satu bentuk rumah adat adalah rumah adat Honai. Rumah adat ini dapat diten
pulau……………
a. Nusa Tenggara
b. Kalimantan
C. Sumatera
d. papua
6. Baju adat setiap daerah berbeda dengan baju adat daerah lain. Pakaian pengantin
yang digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung dikenal dengan istilah.
a. Baju bodo
b. paksian
c. payas agung
d. ulos
7. Lagu daerah “Tanduk Majeng berasal dari daerah
a. Jawa Timur b. Nusa Tenggara Barat C. Sulawesi selatan
d. papu
8. Tarin yang menggambarkan keperkasaan, kejantanan, dan keberanian dari daerah
adalah…..
a. Lenso
b. Gong
c. Perang
d. Reog Ponorogo
9. Keberagaman agama juga ada di Indonesia. Saat ini Negara Indonesia mengakui
agama sejumlah……
agama.
b. empat
c. lima
d. enam
a. Tiga

Jawaban:

4. d

5. d

6. b

7. a

8. d

9. d

Penjelasan:

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE & JADIIN JAWABAN TERCERDAS YA

Minyak bumi dan batu bara merupakan contoh sumber daya alam

Pertanyaan: Minyak bumi dan batu bara merupakan contoh sumber daya alam …. *
10 poin
Tidak dapat diperbarui
Dapat diperbarui
Non hayati
Tambang
2. Segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut …. *
10 poin
Hayati
Non Hayati
Sumber mineral
Sumber daya alam
3. Berdasarkan ketersediaannya di alam, sumber daya alam yang tidak akan habis walau digunakan terus-menerus adalah sumber daya alam …. *
10 poin
Hayati
Non Hayati
Dapat diperbarui
Tidak dapat diperbarui
4. Perhatikan gambar berikut. Sumber daya alam tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai …. *
10 poin
Gambar Tanpa Teks
Bahan baku kosemetik
Bumbu masakan
Bahan makanan
Bumbu dapur
5. Alasan tanaman lada dibudidayakan karena bermanfaat sebagai …. *
10 poin
Bumbu dapur
Bahan makanan
Bumbu masakan
Bahan baku kosmetik
6. Bahasa Sasak dan Sumbawa berasal dari wilayah …. *
10 poin
Jawa
Sumatera
Kalimantan
Nusa Tenggara
7. Berikut ini nama dan asal rumah adat yang tepat adalah …. *
10 poin
Gambar Tanpa Teks
Rumah panjang ; Kalimantan Barat
Rumah Joglo ; Jawa tengah
Rumai Balai ; Batak Toba
Rumah Lamin ; Kalimantan timur
8. Berikut ini nama dan asal pakaian adat yang tepat adalah …. *
10 poin
Gambar Tanpa Teks
Baju Ulee Balang ; Aceh
Baju Pangsi ; Banten
Baju Bodo ; Sulawesi Selatan
Baju Cele ; Maluku
9. Hasil dari kegiatan ekonomi berupa emas dan perak yang digunakan sebagai bahan dasar perhiasan adalah kegiatan ekonomi di bidang …. *
10 poin
Perdagangan
Pertambangan
Industri
Jasa
10. Contoh kegiatan ekonomi di bidang kesehatan adalah …. *
10 poin
Guru mengajar siswa di sekolah
Dokter memeriksa pasien di klinik
Montir memperbaiki mobil di bengkel
Pustakawan merapikan buku di perpustakaan

Terimakasih yang sudah menjawab ^•^​

Jawaban:

  1. tidak dapat diperbarui
  2. Hayati
  3. dapat diperbarui
  4. tdk ada gambar
  5. bumbu dapur dan bumbu masakan
  6. Nusa tenggara
  7. rumah joglo : Jawa tengah
  8. baju bodo: Sulawesi Selatan
  9. pertambangan
  10. dokter memeriksa pasien di klinik

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Maluku Tenggara, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti 1. Keragaman suku, 4. Indonesia kaya, 10. Ritual Ma”nene, temukan persamaan dan, dan PERTANYAAN : II..

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …