Baju Adat Maluku Barat Daya

Baju Adat Maluku Barat Daya terdiri dari seragam jantung berbahan katun dengan warna hijau dan merah. Untuk wanita, baju adat berupa baju panjang yang dilengkapi dengan kain songket berwarna kuning dan merah. Di sisi lain, pria akan mengenakan seragam jantung hitam dengan kemeja putih.

Celana pendek berwarna putih juga umumnya dikenakan bersama dengan seragam jantung untuk pria. Selain itu, wanita juga dapat memadukan outif dengan kain ikat kepala dan juga pakaian Kain Lompa yang merupakan pakaian tradisional yang biasa dikenakan oleh wanita. Pakaian ini umumnya terbuat dari kain yang tebal dan kuat yang dikenakan di kepala.

Daftar pakaian adat komplit Indonesia memiliki sebanyak 34 baju adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Maluku Barat Daya karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional tempat yaitu salah satu faktor kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan tersebut memiliki fungsi yang layak dengan pesan-pesan skor adat istiadat yang ada di dalamnya. Kecuali itu, terkait secara langsung dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di sebagian tempat seperti Baju Adat Maluku Barat Daya masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari tradisi sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Maluku Barat Daya, images pakaian adat indonesia azamkucom pinterest traditional belitung

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Maluku Barat Daya) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud pakaian adat ialah baju dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu kelompok masyarakat tertentu. Ini juga merupakan pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Maluku Barat Daya?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di seluruh dunia juga memiliki Baju Adat Maluku Barat Daya masing-masing mewakili kelompok masyarakat mereka. Karena pakaian adat yakni baju yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tertentu.

Tiap-tiap Baju Adat Maluku Barat Daya biasanya terdiri dari sebagian komponen komplit dari kepala sampai kaki. Berikut ini yakni bagian bagian lazimnya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan yaitu bagian inti yang selalu ada, pembuatannya layak sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yakni pasangan dari atasan yang juga merupakan komponen penting. Modelnya juga bisa bervariasi, misalnya ada busana pria mengaplikasikan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya yakni penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplementer selanjutnya ialah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang umumnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap tempat memiliki khasnya masing-masing, wujudnya juga bisa berbeda-beda. Melainkan tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai penahan bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya dijumpai pada baju khas wanita yaitu gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi bagian komplemen bagian bawah, modelnya bermacam-macam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Wemale

Contoh Baju Adat Maluku Barat Daya

pakaian adat maluku warisan tradisi budaya gambar penjelasan 768 x 361 · jpeg pakaian adat maluku warisan tradisi budaya gambar penjelasan from rimbakita.com
pakaian adat maluku blog srjambi 236 x 354 · jpeg pakaian adat maluku blog srjambi from blog.sr28jambinews.com

images pakaian adat indonesia azamkucom pinterest traditional belitung 143 x 300 · jpeg images pakaian adat indonesia azamkucom pinterest traditional belitung from www.pinterest.com
baju adat kepulauan maluku baju adat tradisional 480 x 360 · jpeg baju adat kepulauan maluku baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

baju adat maluku tenggara barat baju adat tradisional 1152 x 864 · jpeg baju adat maluku tenggara barat baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
pakaian adat tradisional indonesia lengkap gambar penjelasan 1080 x 662 · jpeg pakaian adat tradisional indonesia lengkap gambar penjelasan from rimbakita.com

kesenian bali bayu ratdana 208 x 299 · jpeg kesenian bali bayu ratdana from bayu011.wordpress.com
pakaian adat indonesia yektiwidhy 375 x 500 · jpeg pakaian adat indonesia yektiwidhy from yektiwidhy.wordpress.com

rumah adat khas kalimantan barat borneo id 800 x 420 · jpeg rumah adat khas kalimantan barat borneo id from www.celebes.co
page baju pangsi banten beautiful indonesia umm 945 x 630 · png page baju pangsi banten beautiful indonesia umm from beautiful-indonesia.umm.ac.id

pakaian adat pulau sulawesi budaya indonesia 182 x 277 · jpeg pakaian adat pulau sulawesi budaya indonesia from indonesiabudayaku.wordpress.com
suku aceh aceh tourism culture 320 x 221 · jpeg suku aceh aceh tourism culture from acehtourismagency.blogspot.com

daftar jenis suku bangsa indonesia 476 x 312 · jpeg daftar jenis suku bangsa indonesia from dunia-kesenian.blogspot.com
nama pakaian adat jawa barat enak baju adat tradisional 700 x 527 · jpeg nama pakaian adat jawa barat enak baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

pakaian adat jawa timur gambar lengkap penjelasannya adat tradisional 300 x 250 · jpeg pakaian adat jawa timur gambar lengkap penjelasannya adat tradisional from adat-tradisional.blogspot.com
blognya kismi aprilia karikatur kebudayaan 275 x 400 · jpeg blognya kismi aprilia karikatur kebudayaan from kismiaprilia.blogspot.com

kebudayaan banten 300 x 300 · jpeg kebudayaan banten from dolanankuy.blogspot.com
percetakan wisata mamuju republic grafika percetakan murah surabayarepublic grafika 500 x 375 · jpeg percetakan wisata mamuju republic grafika percetakan murah surabayarepublic grafika from percetakantermurahsurabaya.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat yaitu tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu bentuk melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta komponen.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menampilkan atau mempertimbangkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap tempat, Kids. Pakaian adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Identitas Tiap Daerah

Baju adat yang berbeda-beda ini ialah suatu jati diri setiap daerah. Sahabat-teman dapat mengenali kebudayaan suatu tempat lewat Baju Adat Maluku Barat Daya yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan label masyarakat Jawa. Walaupun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi ciri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai label tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak diaplikasikan pada pelbagai acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan menggunakan pakaian adat.

Baju Adat Maluku Barat Daya ini juga akan memutuskan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan melingkarkan kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Maluku Barat Daya juga sering kali diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan pakaian adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Malahan pada sebagian daerah, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang menggunakan hiasan kepala dengan berat sampai 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Sampai sekarang di sebagian daerah baju adat mempunyai beragam fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yaitu sebagian baju adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Sakai

3 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Maluku Barat Daya

1. Perhatikan tabel berikut ini ! I. Bahan tambang II.

Pertanyaan: 1. Perhatikan tabel berikut ini ! I. Bahan tambang II. Gas Alam III. Hewan IV.Batu bara V. Tumbuhan Dari tabel di atas yang termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ditunjukkan oleh no … *
5 poin
a. I, II dan III
b. II,III dan IV
c. I,II dan IV
d.III,IV dan IV
2. Tanaman pada gambar di bawah ini sangat cocok ditanam di daerah … *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
a. pegunungan
b.dataran rendah
c.pesisir pantai
d. padang pasir
3. Bahan tambang yang dimanfaatkan untuk membuat bensin , aspal dan avtur adalah … *
5 poin
a. tembaga
b.timah
c. minyak bumi
d. belerang
4. Sumber Daya Alam adalah … *
5 poin
a. segala sesuatu yang ada di alam dan kita butuhkan
b. segala sesuatu yang ada di alam
c.segala sesuatu yang ada di rumah kita
d.segala sesuatu yang ada di hutan
5. Bahan bangunan rumah adat honai memanfaatkan sumber daya alam berupa … *
5 poin
a. semen, batu bata dan tanah
b. besi, kayu, dan gunting
c. daun, kayu dan tanah
d. jerami, kayu dan tanah
6. Tanaman yang termasuk dalam tanaman perkebunan adalah …. *
5 poin
a. kopi,tembakau dan teh
b. kopi,tembakau dan padi
c. padi, cengkeh dan kopi
d. coklat,kopi dan padi
7. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah … *
5 poin
a.panas matahari
b.emas
c.udara
d.air
8. Hasil kayu meranti dan kayu damar banyak dihasilkan di pulau … *
5 poin
a. Jawa
b. Bali
c.Sumatra
d. Kalimantan
9. Rumah adat berikut merupakan rumah adat yang berasal dari pulau Jawa yaitu … *
5 poin
a. rumah tongkonan
b. rumah kebaya
c. rumah honai
d. rumah gadang
10. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hewan langka adalah … *
5 poin
a. merusak habitat asli hewan dan tumbuhan
b. membakar hutan secara liar
.c. memburu hewan liar
d. membangun cagar alam
11. Alat untuk komunikasi adalah … *
5 poin
a. makanan
b. bahasa
c. pakaian
d. gerakan
12. Perhatikan pernyataan – pernyataan berikut! 1). Sebagai bahasa nasional 2).Sebagai kakayaan budaya daerah 3).Sebagai bahasa lokal dalam satu suku 4).Sebagai bahasa dalam adat istiadat di daerah Pernyataan yang merupakan fungsi bahasa daerah dalam suatu masyarakat adalah……… *
5 poin
a. 1) dan 2)
b. 1) , 2) dan 3)
c. 2) , 3), dan 4)
d. 1) , 2), 3) dan 4)
13.Tingkat ketiga pada rumah Mbaru Niang berfungsi sebagai … *
5 poin
a. tempat upacara adat
b. tempat menyimpan harta benda
c. tempat menyimpan benih tanaman pangan seperti jagung dan padi
d. tempat istirahat seluruh anggota keluarga
14.Perhatikan gambar rumah adat di bawah ini! Rumah adat tersebut bernama … *
5 poin
Gambar Tanpa Teks
a. Gadang
b. Joglo
c. Tambi
d. Tongkonan
15. Pedagang yang tidak menetap dan berdagang dengan cara berkeliling dinamakan pedagang … *

a. tetap
b. kaki lima
c. pasar
d. asongan
16. Perhatikan gambar pakaian adat di bawah ini! Pakaian adat tersebut berasal dari … *

Gambar Tanpa Teks
a. Kalimantan Barat
b. Bali
c. Jawa Barat
d. Sulawesi
17.Aktivitas berikut yang menunjukkan pelestarian rumah adat adalah … *

a.hanya mau mengunjungi rumah adat daerah sendiri
b.mencoret-coret rumah adat
c.mengejek rumah adat daerah lain
d. memperkenalkan rumah adat pada teman yang berasal dari daerah lain
18. Suku Tidung, Dayak, Banjar dan Dayak Bakumpai dapat ditemui di pulau … *
5 poin

a. Sumatra
b. Jawa
c. Kalimantan
d. Sulawesi
19. Nama pakaian adat dari maluku adalah … *

a. baju cele
b. ulos
c. kebaya
d. baju pangsi
20. Masyarakat Indonesia hendaknya mempelajari kebudayaannya dengan baik agar …

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Wemale

a. dapat menyombongkan kebudayaannya
b. dapat membanding-bandingkan kebudayaannya
c. dapat memperkenalkan kebudayaannya kepada orang lain
d. dapat meraih penghargaan dari pemerintah

Tolong dijawab yahh

Jawaban:

2. pegunungan

maaf hanya itu

Minyak bumi dan batu bara merupakan contoh sumber daya alam

Pertanyaan: Minyak bumi dan batu bara merupakan contoh sumber daya alam …. *
10 poin
Tidak dapat diperbarui
Dapat diperbarui
Non hayati
Tambang
2. Segala sesuatu yang berasal dari alam yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut …. *
10 poin
Hayati
Non Hayati
Sumber mineral
Sumber daya alam
3. Berdasarkan ketersediaannya di alam, sumber daya alam yang tidak akan habis walau digunakan terus-menerus adalah sumber daya alam …. *
10 poin
Hayati
Non Hayati
Dapat diperbarui
Tidak dapat diperbarui
4. Perhatikan gambar berikut. Sumber daya alam tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai …. *
10 poin
Gambar Tanpa Teks
Bahan baku kosemetik
Bumbu masakan
Bahan makanan
Bumbu dapur
5. Alasan tanaman lada dibudidayakan karena bermanfaat sebagai …. *
10 poin
Bumbu dapur
Bahan makanan
Bumbu masakan
Bahan baku kosmetik
6. Bahasa Sasak dan Sumbawa berasal dari wilayah …. *
10 poin
Jawa
Sumatera
Kalimantan
Nusa Tenggara
7. Berikut ini nama dan asal rumah adat yang tepat adalah …. *
10 poin
Gambar Tanpa Teks
Rumah panjang ; Kalimantan Barat
Rumah Joglo ; Jawa tengah
Rumai Balai ; Batak Toba
Rumah Lamin ; Kalimantan timur
8. Berikut ini nama dan asal pakaian adat yang tepat adalah …. *
10 poin
Gambar Tanpa Teks
Baju Ulee Balang ; Aceh
Baju Pangsi ; Banten
Baju Bodo ; Sulawesi Selatan
Baju Cele ; Maluku
9. Hasil dari kegiatan ekonomi berupa emas dan perak yang digunakan sebagai bahan dasar perhiasan adalah kegiatan ekonomi di bidang …. *
10 poin
Perdagangan
Pertambangan
Industri
Jasa
10. Contoh kegiatan ekonomi di bidang kesehatan adalah …. *
10 poin
Guru mengajar siswa di sekolah
Dokter memeriksa pasien di klinik
Montir memperbaiki mobil di bengkel
Pustakawan merapikan buku di perpustakaan

Terimakasih yang sudah menjawab ^•^​

Jawaban:

  1. tidak dapat diperbarui
  2. Hayati
  3. dapat diperbarui
  4. tdk ada gambar
  5. bumbu dapur dan bumbu masakan
  6. Nusa tenggara
  7. rumah joglo : Jawa tengah
  8. baju bodo: Sulawesi Selatan
  9. pertambangan
  10. dokter memeriksa pasien di klinik

PERTANYAAN : II. 1. Proton merupakan jenis muatan listrik ….

Pertanyaan: PERTANYAAN :
II.
1. Proton merupakan jenis muatan listrik ….
2. Garis imajiner yang dilalui penari saat melakukan gerak tari disebut ….
3. Pakaian adat biasanya digunakan penduduk pada acara ….
4. Keragaman bentuk rumah adat mencerminkan kemampuan nenek moyang bangsa indonesia sebagai …. andal.
5. Nama rumah adat dari Nusa Tenggara Barat adalah ….
6. Baju Bondo adalah pakaian adat untuk daerah ….
7. Pakaian adat dan tari daerah menunjukkan keragaman ….
8. Tari Reog Ponorogo yang dilakukan oleh banyak penari berasal dari daerah ….
9. Alat musik daerah maluku yang dimainkan dengan cara ditiup adalah ….
10. Dilarang membuka ladang berpindah sebab ….
11. Sistem pengairan di Bali yang dilakukan untuk pelestarian alam sekitar yaitu ….
12. Tari Sekapur Sirih berasal dari daerah ….
13. Tarian daerah umumnya menggambarkan tradisi dan ….
14. Orang Aceh, Orang Dayak, Orang Bali, Orang Madura, dan lainnya, apabila bertemu mereka menyatakan satu bangsa ….
15. Sumber daya alam hayati yang bermanfaat bagi kesejukan udara di alam yaitu ….
III.
1. Sebutkan 3 tempat wisata di indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara!
2. Sebutkan manfaat dan fungsi hutan secara ekologis!
3. Properti apakah yang digunakan pada Tari Legong?
4. Mengapa penebangan hutan secara berlebihan dilarang?
5. Berasal dari daerah manakah tarian- tarian berikut!
A. TARI GOLEK MENAK
B. TARI ANDUN
C. TARI BAKSA KEMBANG
6. Terangkan yang dimaksud sumber daya alam hayati! Dan berilah contohnya
7. Sebutkan upaya-upaya menjaga keindahan dan kelestarian hutan!
8. Bagaimana cara pengelolaan air dalam subak?
9. Apa akibat kebiasaan ladang berpindah lagi kelestarian lingkungan?
10. Sebutkan 5 sikap yang dapat merusak lingkungan!
PENJELASAN :
TOLONG JAWAB YA
YANG BISA JAWAB SEMUA HEBAT

Jawaban:

1.positif

2.pola lantai

3.upacara adat atau festival adat

5.rumah dalam loka

6.makasar

7.budaya

8.jawa timur

maaf cuma segitu jawabannya

semoga membantu

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Maluku Barat Daya, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti 1. Perhatikan tabel, Minyak bumi dan, dan PERTANYAAN : II..

Check Also

Ciri Khas Suku Gayo

Ciri Khas Suku Gayo – Kedalaman budaya lokal etnis-etnis di Indonesia memperlihatkan keberagaman yang luar …