liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Kuningan

Baju Adat Kuningan – Daftar baju adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat baju adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak tiga puluh empat. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku perihal Baju Adat Kuningan karya Abdurachman, dkk (1995), baju adat tradisional tempat merupakan salah satu faktor kebudayaan daerah. Faktor kebudayaan hal yang demikian memiliki fungsi yang layak dengan pesan-pesan skor adat istiadat yang ada di dalamnya. Selain itu, berkaitan secara seketika dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Kuningan masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kebiasaan sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Kuningan, pakaian adat melayu berasal  baju tradisional melayu kepulauan riau

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Kuningan) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat adalah pakaian dijadikan sebagai simbol untuk mengekspresikan jati diri dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga adalah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Kuningan?

Bukan cuma di Indonesia, tiap negara di seluruh dunia juga memiliki Baju Adat Kuningan masing-masing mewakili golongan masyarakat mereka. Karena pakaian adat yaitu pakaian yang dijadikan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tersebut.

Tiap-tiap Baju Adat Kuningan umumnya terdiri dari beberapa bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini merupakan bagian komponen lazimnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan komponen inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti misalnya baju seba panjang, pakaian kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif cocok dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yakni pasangan dari atasan yang juga yakni komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, contohnya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen berikutnya yakni penutup kepala, misalnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplementer selanjutnya adalah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang biasanya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Setiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, formatnya juga dapat berbeda-beda. Tapi tujuan adanya ikat pinggang lazimnya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya ditemui pada baju khas wanita adalah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Walaupun alas kaki menjadi komponen komplementer bagian bawah, modelnya pelbagai disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Kuningan

pakaian adat melayu berasal  baju tradisional melayu kepulauan riau 708 x 607 · jpeg pakaian adat melayu berasal baju tradisional melayu kepulauan riau from firajinada.blogspot.com
artikel pakaian adat yogyakarta baju adat tradisional 622 x 622 · jpeg artikel pakaian adat yogyakarta baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

sewa busana betawi dot   ph      sewa baju 1066 x 1600 · jpeg sewa busana betawi dot ph sewa baju from sewabusanabetawi.blogspot.com
ragam baju adat nusantara warnai upacara hut kota bekasi   tvberitacoid 1100 x 733 · jpeg ragam baju adat nusantara warnai upacara hut kota bekasi tvberitacoid from tvberita.co.id

baju tradisional alam melayu 300 x 395 · jpeg baju tradisional alam melayu from all-n1ginnyhm.blogspot.com
pakaian adat riau perempuan baju adat tradisional 500 x 630 · jpeg pakaian adat riau perempuan baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa 741 x 926 · jpeg sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa from pengantinnusantaradotcom.blogspot.com
pakaian adat beserta nama  asal provinsinya  indonesia 640 x 298 · jpeg pakaian adat beserta nama asal provinsinya indonesia from moondoggiesmusic.com

pakaian adat khas sumatera selatan baju adat tradisional 700 x 700 · jpeg pakaian adat khas sumatera selatan baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
pakaian adat sunda jaman dulu baju adat tradisional 781 x 390 · jpeg pakaian adat sunda jaman dulu baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

pakaian adat masyarakat kerinci jambi silabus rpp sd smp sma 683 x 1600 · gif pakaian adat masyarakat kerinci jambi silabus rpp sd smp sma from silabusrppsdsmpsma.blogspot.com
memakai pakaian adat riau baju adat tradisional 192 x 300 · jpeg memakai pakaian adat riau baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

tugas tik tugas macam macam pakaian adat 682 x 528 · png tugas tik tugas macam macam pakaian adat from dianisacintami-9d24.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah merupakan tanggung jawab segala masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya yaitu memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta komponen.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi pakaian adat ialah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menunjukkan atau mempertimbangkan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap tempat, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Ciri Tiap-tiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini adalah suatu jati diri setiap daerah. Teman-sahabat dapat mengenali kebudayaan suatu tempat melalui Baju Adat Kuningan yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi label masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai identitas tiap daerah, pakaian adat ini juga banyak digunakan pada beragam acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di setiap tempat akan mengaplikasikan pakaian adat.

Baju Adat Kuningan ini juga akan mempertimbangkan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti ketika perayaan hari besar di Bali, semua perempuan akan memasang kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Kuningan juga kerap dipakai dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memakai baju adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Malah pada sebagian tempat, pasangan itu akan mengenakan penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang menggunakan hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu bahkan penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Hingga sekarang di sebagian tempat baju adat memiliki bermacam-macam fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada sebagian pakaian adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, ialah beberapa pakaian adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Kuningan

1. Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya

Pertanyaan: 1. Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan bisa saja mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip…
A. Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.
B. Kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat.
C. Musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian.
D. Kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan.

2. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
a) Letak strategis wilayah Indonesia.
b) Berasal dari nenek moyang yang berbeda.
c) Kondisi Negara kepulauan.
d) Perbedaan kondisi alam.
e) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian.
f) Keadaan transportasi dan komunikasi.
Dari pernyataan diatas mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia…
A. 1,2,3, dan 4
B. 2,3,4, dan 5
C. 1,3,4, dan 6
D. 3,4,5, dan 6

3. Pada peringatan Hari Kartini, semua siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari…
A. Ras.
B. Agama.
C. Suku bangsa.
D. Multi kulturalisme.

4.. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
a) Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.
b) Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.
c) Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa.
d) Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia.
e) Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.
Pernyataan diatas yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah…
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 1,3, dan 4
D. 1,3, dan 5

5. Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita tersebut disebut…
A. Ras.
B. Budaya.
C. Golongan.
D. Suku bangsa.

6. Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…
A. Mendorong percepatan pembangunan daerah.
B. Sumber pendapatan di daerah-daerah.
C. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.
D. Modal pokok dalam pembangunan nasional.

7. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…
A. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.
B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia.
C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun.
D. Peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional.

8. Negara Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting dari keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….
A. Penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan.
B. Penyebab banyaknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat.
C. Keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan.
D. Keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas.

9. Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar…
A. Umat beragama.
B. Suku.
C. Golongan.
D. Daerah.

10. Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal…..
A. Berkompromi dengan penjajah.
B. Mempersatukan perbedaan yang ada.
C. Berdialog dengan penjajah.
D. Membentuk organisasi politik.

  1. A
  2. A
  3. C
  4. B
  5. A
  6. C
  7. A
  8. C
  9. C
  10. B

Pembahasan  

1. Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan bisa saja mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip…

A. Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.  

Penjelasan : Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghargai merupakan bentuk upaya untuk meningkatkan persatuan dan kedamaian dalam keberagaman.

2. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!

a) Letak strategis wilayah Indonesia.

b) Berasal dari nenek moyang yang berbeda.

c) Kondisi Negara kepulauan.

d) Perbedaan kondisi alam.

e) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian.

f) Keadaan transportasi dan komunikasi.

Dari pernyataan diatas mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia…

A. 1,2,3, dan 4  

Penjelasan : Faktor yang menyebabkan keanekaragaman dalam bentuk fisik masyarakat Indonesia ialah letak Indonesia, pengaruh kepulauan, kondisi alam, dan nenek moyang.

3. Pada peringatan Hari Kartini, semua siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari…  

C. Suku bangsa.  

Penjelasan : Keberagam suku bangsa contohnya perbedaan suku yang terkait dengan perbedaan pakaian adat, bahasa daerah, dan kebiasaan.

4. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!

a) Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.

b) Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.

c) Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa.

d) Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia.

e) Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.

Pernyataan diatas yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah…  

B. 1, 2, 5  

Penjelasan : Agama islam dibawa oleh pedagang Gujarat. Sedangkan Hindu Budha dibawa oleh bangsa India.

5. Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita tersebut disebut…

A. Ras.  

Penjelasan : Keberagaman ras dapat terlihat dari ciri fisik.

6. Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…  

C. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.  

Penjelasan : Keberagaman merupakan kekayaan yang tentunya sangat berharga karena tidak dimiliki oleh negara lain.

7. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…

A. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.  

Penjelasan :Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti walaupun berbeda beda tapi tetap satu jua.

8. Negara Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting dari keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….  

C. Keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan.  

Penjelasan : Keberagaman tentunya membawa pengaruh positif bagi bangsa ialah bersatu untuk mencapai tujuan.

9. Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar…  

C. Golongan.  

Penjelasan : Keberagaman golongan contohnya adalah perbedaan pendapatan, pendidikan, dan latar belakang keluarga.

10. Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal…..  

B. Mempersatukan perbedaan yang ada.

Penjelasan : Dahulu, bangsa Indonesia bersatu dalam perbedaan untuk mengusir penjajah.

Pelajari lebih lanjut  

  1. Materi tentang ciri keberagaman budaya di Indonesia  brainly.co.id/tugas/12298073
  2. Materi tentang kekayaan bangsa Indonesia berupa keragaman https://brainly.co.id/tugas/27451655
  3. Materi tentang permasalahan akibat keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia brainly.co.id/tugas/26505171

———————————————————-

Detail jawaban  

Kelas: V

Mapel: IPS

Bab: Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Kode: 5.10.3

#TingkatkanPrestasimu

1. pakaian melayu terdiri dari dua jenis, yaitu pakaian harian

Pertanyaan: 1. pakaian melayu terdiri dari dua jenis, yaitu pakaian harian dan pakaian
a. adat
b. kenegaraan
c. bangsawan
d. kebesaran
2. pakaian harian melayu disebut juga dengan
a. baju kurungan
b. baju kurung
c. baju panjang
d. baju tenun
3. dalam menghadiri upacara adat penobatan raja, warna pakaian yang dikenakan kaum perempuan
adalah …..
a. warna kuning
b. warna merah
c. warna hitam
d. warna putih​

Jawaban:

1. D

2.D

3.A

maaf kalau salah y

a7. Ciri khas yang paling menonjol pada pakaianadat wanita Minangkabau

Pertanyaan: a
7. Ciri khas yang paling menonjol pada pakaian
adat wanita Minangkabau adalah…
A. Menggunakan tusuk konde.
B. Menggunakan penutup kain pada kepala.
C. Penutup kepala berbentuk runcing
(gonjong)
D. Memakai mahkota kuning keemasan.
8.
Dalam upaya
melestarikan pakaian adat, sikap
yang harus kita lakukan adalah…
A. Lebih menyukai memakai baju Jas.
B. Malu menggunakan pakaian adat.
C. Menganggap pakaian adat sendiri lebih
bagus.
D. Menghargai pakaian adat dari daerah lain.
9. Indonesia sangat kaya akan kesenian daerah
salah satunya adalah tarian. Tari yang
berasaldari Sumatra Barat yaitu….
A. Tari Pendet dan Tari Kecak
B. Tari Piring dan Tari Payung
C. Tari Melinting dan Tari Bedana
D. Tari Perang dan Tari Gawi
Empat) halaman​

Jawaban:

7.C

8.D

smoga membantu:)

maaf klo salah

1.menerima lah disetujui di bawah ini! 1.letak strategis wilayah indonesia

Pertanyaan: 1.menerima lah disetujui di bawah ini!
1.letak strategis wilayah indonesia
2.berasal dari nenek moyang yang berbeda
3.kondisi negara kepulauan
4.perbedaan kondisi alam
5.perbedaan pendapatan dan mata pencaharian
6.keadaan transportasi dan komunikasi

Dari menyetujui di atas,mana sajakah faktor yang menghubungkan beragam bangsa indonesia……
A.1,2,3,dan 4
B.2,3,4,dan 5
C.1,3,4,dan 6
D.3,4,5,dan 6

2.pada peringatan Hari Kartini,semua siswa kls 7 akan menggunakan pakaian adat.Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala,sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari makassar,yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya.Pakaian² adat yang akan dikenakan oleh siswa kls 7 merupakan bagian dari…..
A.ras
B.agama
C.suku bangsa
D.multi kulturalisme

3.menerima lah disetujui di bawah ini!
1.agama hindu dan budha dibawa oleh bangsa india
2.agama islam diambil oleh pedagang Gujarat
3.agama hindu dan Budha dibawa oleh bangsa eropa
4.agama islam diambil oleh pedagang malaysia
5.agama kong hu chu dibawa oleh pedagang dari cina
Pernyataan di atas yang benar terhadap proses mengenai keberagaman agama di indonesia adalah…..
A.1,2,4
B.1,2,5
C.1,3,4
D.1,3,5

4.bunga memiliki kulit seperti sawo matang,tubuh tinggi,mata besar dan berwarna cokelat muda,sedangkan jelita memiliki kulit kuning langsat,lurus,mata sipit ,dan berwarna cokelat tua.Perbedaan antara ciri² fisik antara bunga dan jelita ini disebut…..
A.ras
B.budaya
C.golongan
D.suku bangsa

5.negara indonesia yang beragam suku,bangsa,budaya,agama,ras,dan antar golongan jikalau dikelola dgn baik maka dapat…..
A.sumber pendapatan di daerah²
B.kekayaan bangsa yang sangat berharga
C.modal pokok dalam pembangunan nasional

Tolong dijawab y:)

Jawaban:

1.c

2.d

3.b

4.a

5.b

maaf ya kalo salah…

1. Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya

Pertanyaan: 1. Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan bisa saja mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip…
A. Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.
B. Kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat.
C. Musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian.
D. Kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan.

2. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
a) Letak strategis wilayah Indonesia.
b) Berasal dari nenek moyang yang berbeda.
c) Kondisi Negara kepulauan.
d) Perbedaan kondisi alam.
e) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian.
f) Keadaan transportasi dan komunikasi.
Dari pernyataan diatas mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia…
A. 1,2,3, dan 4
B. 2,3,4, dan 5
C. 1,3,4, dan 6
D. 3,4,5, dan 6

3. Pada peringatan Hari Kartini, semua siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari…
A. Ras.
B. Agama.
C. Suku bangsa.
D. Multi kulturalisme.

4.. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
a) Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.
b) Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.
c) Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa.
d) Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia.
e) Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.
Pernyataan diatas yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah…
A. 1, 2, 4
B. 1, 2, 5
C. 1,3, dan 4
D. 1,3, dan 5

5. Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita tersebut disebut…
A. Ras.
B. Budaya.
C. Golongan.
D. Suku bangsa.

6. Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…
A. Mendorong percepatan pembangunan daerah.
B. Sumber pendapatan di daerah-daerah.
C. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.
D. Modal pokok dalam pembangunan nasional.

7. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…
A. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.
B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia.
C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun.
D. Peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional.

8. Negara Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting dari keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….
A. Penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan.
B. Penyebab banyaknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat.
C. Keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan.
D. Keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas.

9. Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar…
A. Umat beragama.
B. Suku.
C. Golongan.
D. Daerah.

10. Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal…..
A. Berkompromi dengan penjajah.
B. Mempersatukan perbedaan yang ada.
C. Berdialog dengan penjajah.
D. Membentuk organisasi politik.

Jawaban:

1. Keanekaragaman dalam masyarakat menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan bisa saja mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebuah bentuk usaha untuk meningkatkan perdamaian antar suku, pemeluk agama, serta golongan sosial lainnya bisa dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip…

A. Kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati.

B. Kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat.

C. Musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian.

D. Kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan.✔

2. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!

a) Letak strategis wilayah Indonesia.

b) Berasal dari nenek moyang yang berbeda.

c) Kondisi Negara kepulauan.

d) Perbedaan kondisi alam.

e) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian.

f) Keadaan transportasi dan komunikasi.

Dari pernyataan diatas mana sajakah faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia…

A. 1,2,3, dan 4

B. 2,3,4, dan 5

C. 1,3,4, dan 6✔

D. 3,4,5, dan 6

3. Pada peringatan Hari Kartini, semua siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Melati akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala, sedangkan Husna akan menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian-pakaian adat yang akan dikenakan oleh siswa kelas 7 merupakan bagian dari…

A. Ras.

B. Agama.

C. Suku bangsa.✔

D. Multi kulturalisme.

4.. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!

a) Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India.

b) Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat.

c) Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa.

d) Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia.

e) Agama Kong Hu Chu di bawa oleh pedagang dari Cina.

Pernyataan diatas yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia adalah…

A. 1, 2, 4

B. 1, 2, 5

C. 1,3, dan 4

D. 1,3, dan 5✔

5. Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita tersebut disebut…

A. Ras.

B. Budaya.

C. Golongan.✔

D. Suku bangsa.

6. Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…

A. Mendorong percepatan pembangunan daerah.

B. Sumber pendapatan di daerah-daerah.

C. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.✔

D. Modal pokok dalam pembangunan nasional.

7. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…

A. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.✔

B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia.

C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun.

D. Peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional.

8. Negara Indonesia terdiri dari beberapa wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke.Indonesia juga mempunyai ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat tinggalnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting dari keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan bagi bangsa Indonesia yaitu salah satunya….

A. Penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan.

B. Penyebab banyaknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat.

C. Keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan.✔

D. Keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas.

9. Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar…

A. Umat beragama.

B. Suku.

C. Golongan.✔

D. Daerah.

10. Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal…..

A. Berkompromi dengan penjajah.

B. Mempersatukan perbedaan yang ada.

C. Berdialog dengan penjajah.

D. Membentuk organisasi politik.✔

MAAF YA KAK KALO SALAH

SEMOGA BERMANFAAT

andirianD. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraanPerkembangan budaya di kepulauan yang

Pertanyaan: andirian
D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan
Perkembangan budaya di kepulauan yang tersebar di Indonesia berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan
masyarakat dan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, muncullah keberagaman dalam masyarakat. Hal
tersebut disebabkan oleh …
A kondisi negara kepulauan
B. keadaan transportasi dan komunikasi
C. perbedaan kondisi alam
D. letak strategis wilayah Indonesia
menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang
adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna
Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Putri akan akan menggunakan pakaian
dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian …
A. ras
Gambar rumah adat disamping berasal dari propinsi…
A. Aceh
B. Sumatera Utara
C. Kalimantan Barat
D. Sumatera Barat
B. agama
suku bangsa D. multi kulturalisme
erhatikan pernyataan berikut :
Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India
Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat
Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa
Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia
Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina
nyataan yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia ditunjukkan oleh nomo
A. 1, 2,4
B. 1, 2,5
C. 1,3, dan 4
D. 1,3, dan 5
h memiliki kulit sawo matang, tubuh tinggi, mata besar, dan berwarna cokelat muda, sedangka
miliki kulit kuning langsat, rambut lurus, mata sipit, dan berwama cokelat tua. Perbedaan ciri-c​

Jawaban:

1.c. 2.a. 3. d

maaf klok salah

baju warna kuning dipakai untuk pakaian adat?a.orang besar kerajaanb.rajac.umumd.panglima dan

Pertanyaan: baju warna kuning dipakai untuk pakaian adat?

a.orang besar kerajaan
b.raja
c.umum
d.panglima dan hulu baling

Jawaban:

B. raja

maaf klo slh hehe

Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan

Pertanyaan: Negara Indonesia yang beragam suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan jikalau dikelola dengan baik maka dapat…
A. Mendorong percepatan pembangunan daerah.
B. Kekayaan bangsa yang sangat berharga.
C. Sumber pendapatan di daerah-daerah.
D. Modal pokok dalam pembangunan nasional.

Bunga mempunyai kulit seperti sawo yang matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Jelita mempunyai kulit kuning langsat, berambut lurus, mata sipit dan berwarna cokelat tua. Perbedaan dari ciri-ciri fisik antara Bunga dan Jelita tersebut disebut…
A. Ras.
B. Budaya.
C. Golongan.
D. Suku bangsa.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna, walaupun beragam.…
A. Peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional.
B. Pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia.
C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun.
D. Suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.

Nichol merupakan pelajar di sekolah favorit, yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga yang mampu. Lalu Nichol terpilih menjadi ketua kelas, padahal Nichol sendiri adalah siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.
Dari cerita cerita singkat di atas, menggambarkan bahwa di sekolah Nichol telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar…
A. Umat beragama.
B. Suku.
C. Golongan.
D. Daerah.

Kolaborasi dalam mendepak penjajah untuk mencapai kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti nyata kemampuan bangsa Indonesia dalam hal…..
A. Berkompromi dengan penjajah.
B. Mempersatukan perbedaan yang ada.
C. Berdialog dengan penjajah.
D. Membentuk organisasi politik.

Suatu bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bisa dilihat dalam kehidupan….
A. Hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, juga kehidupan umat beragama.
B. Sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta sistem peradilan.
C. Sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta kehidupan umat beragama.
D. Perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, juga kehidupan umat beragama.

Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip …
A. kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati
B. kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat
C. musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian
D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan

Perkembangan budaya di kepulauan yang tersebar di Indonesia berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan masyarakat dan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, muncullah keberagaman dalam masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh …
A. letak strategis wilayah Indonesia
B. keadaan transportasi dan komunikasi
C. perbedaan kondisi alam
D. kondisi negara kepulauan

Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Putri akan akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian …
A. ras B. agama C. suku bangsa D. multi kulturalisme

Bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, artinya bahwa bangsa kita terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan antar golongan. Keberagaman ini memiliki dampak negatif dan dampak positif.
Dibawah ini merupakan salah satu dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia, yaitu….
A. adanya ketidakharmonisan dalam hubungan kemasyarakatan
B. memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia
C. banyak bermunculan konflik antar masyarakat di daerah
D. perkembangan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat​

Jawaban:

1.A

2.A

3.D

4.C

5.D

6.A

7.B

8.C

9.C

10.A

Penjelasan:

-Semoga bermanfaat ya

-Maaf kalo ada salah Sedikit

#Salam belajar

Jawaban:

1). B

2). D

3). D

4). C

5). B

6). C

7). A

8). A

9). C

10). B

Penjelasan:

Semoga bermanfaat>_<

Maaf kalo salah

adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian

Pertanyaan: adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang dipakai
A. ras
B. agama
C. suku bangsa D. multi kultural
Gambar rumah adat disamping berasa
A. Aceh
B. Sumatera Utara
C. Kalimantan Barat
D. Sumatera Barat
Perhatil
1. Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India
2. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat
3. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa
4. Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia
5. Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina
Pernyataan yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia dit
A. 1, 2,4
B. 1, 2,5
C. 1,3, dan 4
D.
Dyah memiliki kulit sawo matang, tubuh tinggi, mata besar, dan berwarna cokelat
kuning langsat, rambut lurus, mata sipit, dan berwarna cokelat tua. Perbedaan ciri-ciri
A. Ras
B. Budaya
C. golongan
D
Ionesia keheragaman suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar​

Jawaban:

1.C. Suku Bangsa.

2.—

3.B. 1,2,dan 5.

4.Ras.

Penjelasan:

[tex]{green{boxed{boxed{red{semoga : bermanfaat}}}}}[/tex]

Don’t Report.

No Copas.

1.Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya adalah….

Pertanyaan: 1.Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya adalah….
A.Nama suku bangsanya
B.Jenis suku bangsa
C.Sejarah suku bangsa
D.Bahasa daerah

2.Jefri adalah pelajar di sekolah Favorit, yang kebanyakan siswanya berasal dari keluarga kaya. Jefri terpilih menjadi ketua kelas, padahal Jefri berasal dari keluarga yang kurang mampu. Dari cerita tersebut, menunjukkan bahwa di sekolah Jefri telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antara…. *
A.Umat beragama
B.Golongan
C.Suku
D.Daerah

3.Semboyan Bhinneka tunggal Ika dapat kita Jumpai dalam lambang negara Indonesia, yaitu…. *
A.UUD 1945
B.Garuda Pancasila
C.Pancasila
D.Perisai

4.Berikut manfaat menanamkan sikap toleransi, kecuali…. *
A.Hidup lebih tentram
B.Persatuan terwujud
C.Pembangunan negara mudah dilakasanakan
D.Menambah konflik antar daerah

5.Boy mempunyai kulit sawo matang, tubuh tinggi, mata besar dan berwarna cokelat muda, sedangkan Acok mempunyai kulit kuning langsat, rambut lurus, mata sipit dan berwarna coklat tua. Perbedaan ciri fisik tersebut disebut…. *
A.Ras
B.Budaya
B.Golongan
D.Suku bangsa

6.Suku bangsa sering disebut juga dengan istilah…. *
A.Ras
B.Masyarakat
C.Komunitas
D.Etnik

7.Pada hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat.Putri akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian adat dari Makassar yaitu baju Bodo lengkap dengan perhiasaannya. Pakaian adat yang dipakai kelas 7 merupakan bagian dari… *
A.Ras
B.Agama
C.Suku bangsa
D.Multikulturalisme

8.Suku dayak merupakan suku yang ada di pulau…. *
A.Kalimantan
b.Sumatera
C.Jawa
d.Sulawesi

9.Kita harus melestarikan budaya daerah agar tidak mudah dipengaruhi oleh…. *
A.Film asing
b.Musik barat
c.Pakaian barat
d.Kebudayaan asing​

Jawaban:

  1. Bahasa Daerah
  2. Golongan
  3. Garuda Pancasila
  4. Menambah konflik antar daerah
  5. Ras.
  6. Ras.
  7. Suku bangsa
  8. Kalimantan
  9. Kebudayaan Asing
  10. Suku bangsa, agama, Ras, dan antar golongan.tetapi kita tetap satu kesatuan.

Penjelasan:

  • Indonesia terdiri dari ribuan Suku bangsa, Kita sudah sepatutnya Menjunjung tinggi dan menghargai perbedaan antara lain.Seperti contoh, Kita orang yg Berkulit putih, sedangkan ada temanmu yg berkulit hitam. Maka kita tidak perlu menjauhinya atau mengejeknya.Semua itu adalah anugerah dari TUHAN YME.

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Kuningan, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Negara Indonesia yang, 1.Ciri-ciri mendasar yang, 1. pakaian melayu, 1.menerima lah disetujui, dan baju warna kuning.

Check Also

Baju Adat Bungo

Baju Adat Bungo – Daftar pakaian adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. Jumlah …