Baju Adat Kota Padang Sidempuan: Perpaduan Keindahan Alam dan Kearifan Lokal

Baju adat Kota Padang Sidempuan, yang juga dikenal sebagai baju adat Batak Toba, menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Batak Toba yang mendiami wilayah tersebut. Pakaian adat ini memiliki ciri khas tersendiri dan digunakan dalam berbagai acara adat, upacara, dan peristiwa penting dalam kehidupan masyarakat Batak Toba. Berikut adalah penjelasan mengenai baju adat Kota Padang Sidempuan:

Pria:

  1. Ulos: Ulos adalah kain tradisional yang menjadi bagian penting dari baju adat Batak Toba. Ulos dianggap sakral dan mempunyai makna mendalam dalam budaya Batak. Pada baju adat, ulos biasanya digunakan sebagai selendang di atas bahu pria.
  2. Soruba: Soruba adalah atasan atau baju panjang yang dipakai di bagian atas tubuh. Soruba memiliki potongan lebar dan longgar, sering kali dengan warna dasar hitam, biru, atau merah.
  3. Celana: Pria biasanya mengenakan celana panjang yang dipadukan dengan soruba. Warna celana sering kali senada dengan soruba yang dipakai.
  4. Songkok: Songkok adalah topi tradisional yang sering dipakai oleh pria Batak Toba. Biasanya berwarna hitam atau gelap, dan menjadi aksesori penting untuk melengkapi baju adat.

Wanita:

  1. Ulos: Seperti pria, wanita juga menggunakan ulos sebagai bagian dari baju adat mereka. Ulos ini digunakan sebagai selendang atau sebagai bagian dari hiasan di kepala.
  2. Ragidup: Ragidup adalah kain tradisional yang dikenakan di bagian atas tubuh. Ini merupakan kain khas wanita Batak Toba dan sering memiliki motif yang cantik dan berwarna-warni.
  3. Sarung: Wanita mengenakan sarung sebagai bawahan. Sarung ini berbeda dengan sarung umumnya, karena memiliki motif khas dan sering dihiasi dengan bordir tangan.
  4. Hiasan Kepala: Wanita Batak Toba juga mengenakan hiasan kepala yang terbuat dari perak atau emas. Hiasan ini memiliki bentuk yang rumit dan indah, menggambarkan status sosial atau keanggotaan dalam kelompok tertentu.

Perhiasan: Selain hiasan kepala, baik pria maupun wanita Batak Toba sering mengenakan perhiasan seperti kalung, gelang, dan cincin. Perhiasan ini sering terbuat dari logam mulia seperti perak atau emas, dan memiliki desain tradisional yang khas.

Baju adat Kota Padang Sidempuan atau Batak Toba ini bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga merupakan simbol identitas dan nilai-nilai budaya yang sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Pakaian adat ini terus dilestarikan dan digunakan dalam acara-acara adat dan peristiwa penting, serta menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin memahami lebih dalam tentang budaya dan tradisi masyarakat Batak Toba.

Kota Padang Sidempuan: Perpaduan Keindahan Alam dan Kearifan Lokal

Kota Padang Sidempuan adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Terkenal dengan keindahan alamnya dan kekayaan budaya serta sejarahnya, kota ini menjadi destinasi menarik bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi pesona Nusantara. Mari kita bahas lebih dalam tentang keunikan dan pesona Kota Padang Sidempuan.

Sejarah dan Budaya

Kota Padang Sidempuan memiliki sejarah yang kaya dan panjang. Sebagai bagian dari perjalanan sejarah Indonesia, kota ini telah melalui berbagai periode dan pengaruh budaya. Sebagai contoh, pada abad ke-12, wilayah ini merupakan bagian dari Kerajaan Pagaruyung. Jejak sejarah ini masih dapat ditemui dalam berbagai peninggalan bersejarah seperti candi-candi dan artefak kuno.

Kekayaan budaya Kota Padang Sidempuan tercermin dalam berbagai acara adat dan festival. Salah satunya adalah “Pawai Ta’aruf,” di mana masyarakat Padang Sidempuan berkumpul untuk berziarah dan berdoa bersama dalam rangka mempererat hubungan sosial antara sesama. Festival ini menjadi ajang untuk memamerkan kebudayaan dan kesenian tradisional yang melestarikan warisan nenek moyang mereka.

Keindahan Alam

Dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan yang indah, Kota Padang Sidempuan menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata yang populer adalah Danau Toba, yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini menawarkan pemandangan yang memukau dan berbagai aktivitas rekreasi, seperti berperahu, berenang, dan menikmati keindahan matahari terbenam.

Selain Danau Toba, kawasan hutan tropis dan air terjun yang masih alami juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dan penduduk lokal. Beberapa air terjun yang patut dikunjungi adalah Air Terjun Simarjarunjung, Air Terjun Sipiso-piso, dan Air Terjun Sampuran Efrata.

Kuliner Khas

Kuliner khas Kota Padang Sidempuan juga patut dicicipi. Makanan tradisional seperti “Daging Salai,” “Naniura,” dan “Arsik” merupakan hidangan yang menggugah selera. Daging Salai adalah daging yang diasap dengan bumbu khas, sedangkan Naniura adalah ikan mentah yang dicampur dengan rempah-rempah dan bumbu khas Sumatera Utara. Sementara itu, Arsik adalah ikan masak bercampur dengan andaliman, bambu, dan berbagai rempah lainnya.

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Pakpak

Pertanian dan Perdagangan

Kota Padang Sidempuan memiliki ekonomi yang didominasi oleh sektor pertanian dan perdagangan. Sebagai salah satu pusat perdagangan di wilayah tersebut, kota ini menjadi lokasi penting bagi para pedagang dari sekitar wilayah Sumatera Utara.

Pengembangan Infrastruktur

Pemerintah Kota Padang Sidempuan terus berusaha meningkatkan infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan wisatawan. Pengembangan transportasi, fasilitas kesehatan, dan sektor pendidikan menjadi fokus perhatian untuk menciptakan kesejahteraan bagi warga kota.

Kesimpulan

Kota Padang Sidempuan adalah destinasi yang menarik bagi para pencari petualangan dan wisatawan yang mengagumi keindahan alam dan kekayaan budaya. Dengan sejarah yang panjang, kebudayaan yang beragam, dan pesona alamnya yang menakjubkan, Kota Padang Sidempuan adalah contoh nyata perpaduan harmonis antara warisan masa lalu dan kemajuan masa kini. Dengan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, diharapkan kota ini akan terus menarik perhatian wisatawan dan berperan penting dalam perkembangan wilayah Sumatera Utara.

Baju Adat Kota Padang Sidempuan – Daftar baju adat komplit Indonesia memiliki sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini sesuai dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang mempunyai adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku seputar Baju Adat Kota Padang Sidempuan karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional daerah merupakan salah satu faktor kebudayaan tempat. Unsur kebudayaan hal yang demikian memiliki fungsi yang layak dengan pesan-pesan poin kultur yang ada di dalamnya. Selain itu, terkait secara langsung dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa tempat seperti Baju Adat Kota Padang Sidempuan masih dipertahankan secara turun temurun. Setiap adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan baju adat tiap-tiap tempat di Indonesi?. Setiap kawasan di Indonesia memiliki adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kebiasaan sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Kota Padang Sidempuan, kesenian bali bayu ratdana

Indonesia terdiri dari keberagaman kebiasaan dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Kota Padang Sidempuan) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta baju adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat merupakan pakaian diwujudkan sebagai simbol untuk mengekspresikan jati diri dari suatu golongan masyarakat tertentu. Ini juga ialah pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Kota Padang Sidempuan?

Bukan cuma di Indonesia, setiap negara di segala dunia juga mempunyai Baju Adat Kota Padang Sidempuan masing-masing mewakili kategori masyarakat mereka. Karena pakaian adat adalah baju yang diciptakan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Tiap-tiap Baju Adat Kota Padang Sidempuan biasanya terdiri dari sebagian bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini merupakan bagian bagian lazimnya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan ialah bagian inti yang senantiasa ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti umpamanya pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif sesuai dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yaitu pasangan dari atasan yang juga merupakan komponen penting. Modelnya juga dapat bervariasi, umpamanya ada busana pria menerapkan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya adalah penutup kepala, umpamanya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, kopiah dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya mempunyai perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya ialah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu bagus pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, formatnya juga dapat berbeda-beda. Tapi tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit hewan, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan umumnya dijumpai pada baju khas wanita yakni gelang, kaling, cincin dan juga anting. Meski alas kaki menjadi bagian komplemen komponen bawah, modelnya beragam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Kota Padang Sidempuan

ide keren baju adat sumatra padang nikies diary 640 x 640 · jpeg ide keren baju adat sumatra padang nikies diary from nikiesdiary.blogspot.com
kenali jenis baju adat kalimantan timur nama gambar 300 x 199 · jpeg kenali jenis baju adat kalimantan timur nama gambar from konveksi.co

beli pakaian adat bali jakarta baju adat tradisional 1032 x 581 · jpeg beli pakaian adat bali jakarta baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
pakaian adat padang sidempuan pakaian adat 540 x 540 · jpeg pakaian adat padang sidempuan pakaian adat from adat88.blogspot.com

pakaian adat padang filosofi pakaian bundo kanduang minangkabau raunholic pakaian adat 1280 x 720 · jpeg pakaian adat padang filosofi pakaian bundo kanduang minangkabau raunholic pakaian adat from ahmadyusfiana.blogspot.com
kota bekasi miliki stasiun pengisian kendaraan listrik umum koran satu 360 x 180 · jpeg kota bekasi miliki stasiun pengisian kendaraan listrik umum koran satu from koransatu.id

baju adat sumatera utara 243 x 207 · jpeg baju adat sumatera utara from bogobogo58.blogspot.com
kesenian bali bayu ratdana 208 x 299 · jpeg kesenian bali bayu ratdana from bayu011.wordpress.com

baju adat aceh singkil pakaian nusantara 800 x 532 · jpeg baju adat aceh singkil pakaian nusantara from adat10.blogspot.com
karnaval agustus medan 1021 x 679 · jpeg karnaval agustus medan from bryleeqwpoole.blogspot.com

gambar rumah adat provinsi sumatera selatan 640 x 480 · png gambar rumah adat provinsi sumatera selatan from www.contohbanner.com
gambar rumah adat pakaian adat sumatera barat baju adat tradisional 726 x 409 · jpeg gambar rumah adat pakaian adat sumatera barat baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

babe ndoet adat istiadat batak 320 x 240 · jpeg babe ndoet adat istiadat batak from babendoet.blogspot.com
sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat kalimantan barat paket rias melayu 443 x 332 · jpeg sanggar nusantara dot jakarta sewa baju adat kalimantan barat paket rias melayu from sanggarnusantaradotcom.blogspot.com

life beautiful samosir trip liburan kampung ompung 960 x 720 · jpeg life beautiful samosir trip liburan kampung ompung from dianaindah.blogspot.com
macam status angkola facebook riau tanah bunda melayu takkan hilang bumi 300 x 225 · jpeg macam status angkola facebook riau tanah bunda melayu takkan hilang bumi from angkolafacebook.blogspot.com

marazon sakti harahap zoe harahap sejarah kota padang sidempuan bireuen takengon aceh 305 x 220 · jpeg marazon sakti harahap zoe harahap sejarah kota padang sidempuan bireuen takengon aceh from zoeharahap.blogspot.com

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Pakpak

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu daerah ialah tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan pakaian adat serta bagian.

Fungsi Baju Adat

Salah satu fungsi pakaian adat yakni untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap-tiap perayaan hari besar. Nah, pakaian adat juga menunjukkan atau memastikan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap daerah, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Label Tiap Tempat

Baju adat yang berbeda-beda ini yakni suatu jati diri tiap-tiap tempat. Sahabat-teman dapat mengenali kebudayaan suatu daerah melewati Baju Adat Kota Padang Sidempuan yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan ciri masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi label masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai identitas tiap-tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak diaplikasikan pada beragam acara kebudayaan. Tiap perayaan hari besar di tiap-tiap daerah akan menggunakan baju adat.

Baju Adat Kota Padang Sidempuan ini juga akan memutuskan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti saat perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan memasang kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Kota Padang Sidempuan juga kerap dipakai dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan mengenakan baju adat dengan berjenis-jenis dekorasinya.

Bahkan pada sebagian daerah, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang mengenakan hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang menawan.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Hingga sekarang di beberapa daerah baju adat memiliki pelbagai fungsi untuk menandai umur atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang tidak menikah. Atau di Yogyakarta, yaitu sebagian baju adat yang cuma boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban perihal Baju Adat Kota Padang Sidempuan

baju adat yogyakarta: lagu daerah yogyakarta:rumah adat padang:baju adat padang:lagu

Pertanyaan: baju adat yogyakarta:
lagu daerah yogyakarta:

rumah adat padang:
baju adat padang:
lagu daerah padang:​

Jawaban:

1. Surjan

2. Suwe ora jamu

3. Minang

4. Limpapeh Rumah Nan Gadang

5. Lagu Kampuang Nan Jauh di Mato

semoga membantu dan maaf klo salah

Jawaban:

1.Surjan merupakan pakaian adat Yogyakarta yang sering digunakan pria untuk upacara Grebeg.

Kebaya beledumelambangkantindak tanduk wanita yang harus lemah lembut

2.Pitik Tukung

3.Rumah gadang.

4Pakaian Bundo Kanduang atau disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat

5.Takabek Gadih Rantau

Penjelasan:

Semoga membantu

pakaian adat Padang Sidempuan adalah….

Pertanyaan: pakaian adat Padang Sidempuan adalah….

Pakaian adat yg berasal dr kota padang sidempuan

keunikan rumah adat di daerah Padang Sidempuan​

Pertanyaan: keunikan rumah adat di daerah Padang Sidempuan​

Baca Juga:  Ciri Khas Suku Pakpak

Jawaban:

rumoah nya unik dan di dalam nya beragam

Rumah adat ini memiliki keunikan bentuk arsitektur dengan bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau dan dahulunya dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan sampai puluhan tahun

namun belakangan atap rumah ini banyak berganti dengan atap seng.

Penjelasan

Rumah Gadang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang

Rumah Gadang di bangun sejajar dengan arah mata angin dari utara ke selatan yang mana mengandung makna untuk membebaskan rumah dari terpaan angin kencang dan panas matahari.

Tetua adat tersebut mengatakan bahwa fungsi dari rumah adat Gadang tersebut untuk menyelingkupi kehidupan masyarakat Minangkabau.

Apakah nama baju adat padang

Pertanyaan: Apakah nama baju adat padang

Baju Adat daerah Padang Sumatera Barat adalah Batusangkar, Baju Batabue, Limpapeh Rumah Nan Gadang, Lambak, Pakaian Penghulu dan Tingkuluak Balapak

 

Pembahasan:

  • Batusangkar merupakan pakaian adat Sumatera Barat, pakaian Batusangkar biasanya dipadankan pakaian kurung dan songket serta baju yang digunakan berupa sulaman emas dibagian tangan dan leher pada bagian kepala juga digunakan penutup kepala.
  • Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat Sumatera Barat, Limpapeh Rumah Nan Gadang biasanya digunakan oleh kaum wanita Minang, Limpapeh Rumah Nan Gadang memiliki ciri khas yaitu berupa bagian kepala yang berbentuk seperti atap rumah Gadang Sumatera Barat. Makna yang terdapat pada Limpapeh Rumah Nan Gadang adalah melambangkan kebesaran.
  • Lambak merupakan pakaian adat Sumatera Barat merupakan sarung yang digunakan sebagai bagian dari pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang, Lambak merupakan kain songket yang menjadi bawahan dengan berbagai motif khas Sumatera Barat.
  • Pakaian Penghulu merupakan pakaian adat Sumatera Barat Pakaian Penghulu merupakan pakaian yang hanya boleh dipakai oleh pemangku adat, Pakaian Penghulu berupa celana panjang dan atasa berupa Teluk Belanga, Pakaian Penghulu berbahan dari kain beludru dan disertai penutup kepala yang disubut dengan Deta pakaian ini juga didominasi oleh warna hitam hal ini karena melambangkan kepemimpinan.
  • Tingkuluak Balapak merupakan pakaian adat Sumatera Barat Tingkuluak Balapak merupakan pakaian pelengkap bagi kaum perempuan yang menggunakan baju adat perbikahan Bundo Kanduang. Balapak merupakan berbentuk selendang yang biasa dikenakan oleh wanita asli Minang Balapak memiliki makna yaitu wanita telah siap dan bersedia untuk menikah.

 

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang makanan khas Padang Sumatera Barat https://brainly.co.id/tugas/16322548

Materi tentang makanan khas, Rumah adat, pakaian daerah dan tarian daerah Padang Sumatera Barat https://brainly.co.id/tugas/8554956

Materi tentang senjata khas https://brainly.co.id/tugas/15412110  

 

Detail jawaban:

Kelas: 3

Mapel: Seni Budaya  

Bab: 5

Kode: 3.19.5

 

#AyoBelajar

 

nama baju adat padang adalah….nama buju adat palembang adalah ….nama

Pertanyaan: nama baju adat padang adalah….
nama buju adat palembang adalah ….
nama baju adat lampung adalah ….​

Jawaban:

1.pakaian limpapeh rumah nan gadang atau bundo kanduang

2.aesan gede dan pak sangkong

3.baju tulang bawang

Tuliskan sejarah baju adat padang

Pertanyaan: Tuliskan sejarah baju adat padang

Jawaban:

Pakaian Bundo Kanduang atau disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan pakaian adat yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Pakaian Bundo Kanduang adalah pakaian adat Minangkabau yang umumnya dikenakan oleh perempuan yang telah menikah.

Dilansir dari situs Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, pakaian adat tersebut merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.

Limpapeh sendiri artinya tiang tengah dari bangunan rumat adat Sumatera Barat. Di mana peran limpapeh dalam memperkokoh bangunan rumah gadang adalah analogi dari peran ibu dalam sebuah keluarga.

Jika limpapeh rubuh, maka rumah juga akan rubuh. Begitu juga ibu atau perempuan tidak pandai mengatur rumah tangga, maka keluarganya juga tidak akan bertahan lama.

Pakaian adat Bundo Kanduang memiliki keunikan terutama pada bagian kepala. Di mana bagian penutup kepala berbentuk menyerupai tanduk kerbau atau atap rumah gadang yang menjadi ciri khas masyarakat Minangkabau.

Jarak dari kota medan ke padang Sidempuan 500 Km. Jika

Pertanyaan: Jarak dari kota medan ke padang Sidempuan 500 Km. Jika di gambar pada peta 5 cm. Tentukan skala nya?

Jarak dari kota medan ke padang Sidempuan 500 Km. Jika di gambar pada peta 5 cm. Tentukan skala nya?

jawab:

jp=5cm
js=500km=5.000.000cm

s=jp:js

=5/5.000.000

=1:1.000.000

maaf bgt klo salah

skala
→ Jarak Peta : Jarak sebenarnya
→ 5 : 500 km
→ 1 : 100
→ 1 : 10.000.000

walikota padang sidempuan

Pertanyaan: walikota padang sidempuan

walikota padangsidimpuan
Andar Amin Harahap

Jarak kota Padang Sidempuan Dan panyabungan pada peta 4cm ,

Pertanyaan: Jarak kota Padang Sidempuan Dan panyabungan pada peta 4cm , dengan skala 1 : 1.500.000, maka jarak antara Padang Sidempuan dan panyabungan sebenarnya adalah …….​

Jarak sebenarnya = Jp/Skala

Jarak sebenarnya = 4 cm/1:1.500.000

Jarak sebenarnya = 4 cm × 1.500.000

Jarak sebenarnya = 6.000.000 cm

Jarak sebenarnya = 60 km

Jawaban:

60 km

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Jarak sebenarnya

= jarak pada peta : skala

=4 cm : 1 / 1.500.000

=4 cm × 1.500.000

=6.000.000cm

ubah ke km (hilangkan 5 nol)

=60 km

baju adat padang merupakan simbol berupa

Pertanyaan: baju adat padang merupakan simbol berupa

tanduk kuda,sapi,kambing,banteng dan kerbau

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Kota Padang Sidempuan, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti nama baju adat, Tuliskan sejarah baju, keunikan rumah adat, Jarak dari kota, dan Apakah nama baju.

Check Also

Ciri Khas Suku Tengger

Ciri Khas Suku Tengger – Tingkat warisan budaya setempat etnis-etnis di Indonesia menampilkan sejuta pesona …