liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Kota Kediri

Baju Adat Kota Kediri – Daftar pakaian adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 baju adat. Jumlah ini layak dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi tersebut tentunya setiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan daerah lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Kota Kediri karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional tempat adalah salah satu elemen kebudayaan tempat. Elemen kebudayaan tersebut memiliki fungsi yang pantas dengan pesan-pesan skor budaya yang ada di dalamnya. Kecuali itu, terkait secara seketika dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, hingga aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian daerah seperti Baju Adat Kota Kediri masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat setiap daerah di Indonesi?. Tiap wilayah di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari kebiasaan sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Kota Kediri, gambar rumah adat  indonesia gambar baju kaos lengan pendek wanita

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian daerah (Baju Adat Kota Kediri) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat adalah baju diciptakan sebagai simbol untuk mengekspresikan ciri dari suatu kategori masyarakat tertentu. Ini juga yakni pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Kota Kediri?

Bukan hanya di Indonesia, tiap negara di semua dunia juga mempunyai Baju Adat Kota Kediri masing-masing mewakili kategori masyarakat mereka. Sebab baju adat yaitu pakaian yang dibuat dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tersebut.

Tiap-tiap Baju Adat Kota Kediri umumnya terdiri dari beberapa bagian lengkap dari kepala hingga kaki. Berikut ini yakni komponen bagian biasanya ada pada pakaian adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan komponen inti yang selalu ada, pembuatannya cocok sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti seumpama pakaian seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Biasanya atasan ini juga dihiasi sama motif layak dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan ialah pasangan dari atasan yang juga adalah komponen penting. Modelnya juga bisa bervariasi, umpamanya ada busana pria mengaplikasikan celana panjang lalu dibalut dengan batik selutut.

3. Tutup kepala

Komponen selanjutnya merupakan penutup kepala, semisal mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, peci dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen selanjutnya adalah kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang lazimnya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu umumnya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap daerah memiliki khasnya masing-masing, bentuknya juga dapat berbeda-beda. Tetapi tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai pembendung bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket sampai logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan lazimnya dijumpai pada baju khas wanita ialah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Walaupun alas kaki menjadi komponen pelengkap bagian bawah, modelnya bermacam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Kota Kediri

makassar canangkan hari kebudayaan myko kompak pakai baju adat makassar terkini 1136 x 759 · jpeg makassar canangkan hari kebudayaan myko kompak pakai baju adat makassar terkini from makassar.terkini.id
filosofi pakaian adat jawa timur baju adat tradisional 640 x 404 · jpeg filosofi pakaian adat jawa timur baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

puteri indonesia  prewed kenakan baju adat kajang bulukumba  alasannya makassar terkini 853 x 905 · jpeg puteri indonesia prewed kenakan baju adat kajang bulukumba alasannya makassar terkini from makassar.terkini.id
persewaan baju adat dayak  surabaya 480 x 640 · jpeg persewaan baju adat dayak surabaya from ayhan1sulemankhel.blogspot.com

pakaian adat  berbagai provinsi terlengkap 855 x 449 · jpeg pakaian adat berbagai provinsi terlengkap from www.cekaja.com
reseller pakaian adat bali baju adat tradisional 480 x 252 · jpeg reseller pakaian adat bali baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

pakaian adat sumatera barat nama keunikan gambar 640 x 300 · jpeg pakaian adat sumatera barat nama keunikan gambar from www.yuksinau.id
gambar rumah adat  indonesia gambar baju kaos lengan pendek wanita 1000 x 1000 · jpeg gambar rumah adat indonesia gambar baju kaos lengan pendek wanita from gambarrumahadatdan.blogspot.com

puncak peringatan hari kesehatan nasional kabupaten tulungagung dimeriahkan  beragam 1068 x 601 · jpeg puncak peringatan hari kesehatan nasional kabupaten tulungagung dimeriahkan beragam from madu.tv
perbedaan pakaian adat yogyakarta  surakarta baju adat tradisional 1280 x 720 · jpeg perbedaan pakaian adat yogyakarta surakarta baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

pakaian adat minang koto gadang baju adat tradisional 720 x 452 · jpeg pakaian adat minang koto gadang baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
pakaian adat unik  keren  indonesia allaboutindonesianculture 154 x 239 · jpeg pakaian adat unik keren indonesia allaboutindonesianculture from allaboutindonesianculture.wordpress.com

galeri judika terima penghargaan  kerajaan surakarta keren ia pun terlihat dandan 630 x 948 · jpeg galeri judika terima penghargaan kerajaan surakarta keren ia pun terlihat dandan from musik.kapanlagi.com
provinsi  indonesia lengkap  pakaian tarian rumah adat senjata tradisionalsuku 400 x 300 · jpeg provinsi indonesia lengkap pakaian tarian rumah adat senjata tradisionalsuku from laskarpelangianakbangsa.blogspot.com

sigma fm kediri  radio 750 x 400 · jpeg sigma fm kediri radio from www.fik-soft.com
percetakan wisata mamuju republic grafika percetakan murah surabayarepublic grafika 500 x 375 · jpeg percetakan wisata mamuju republic grafika percetakan murah surabayarepublic grafika from percetakantermurahsurabaya.blogspot.com

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat ialah tanggung jawab seluruh masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya merupakan memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat adalah untuk memeringati perayaan hari besar. Pakaian adat akan dikenakan dalam tiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga memperlihatkan atau memutuskan peran seseorang dalam perayaan hari besar di setiap daerah, Kids. Pakaian adat mempunyai fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Identitas Tiap-tiap Tempat

Pakaian adat yang berbeda-beda ini ialah suatu ciri tiap-tiap daerah. Teman-teman dapat mengenali kebudayaan suatu daerah via Baju Adat Kota Kediri yang dikenakan.

Seperti baju dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Sedangkan kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi jati diri masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Selain sebagai label tiap-tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak dipakai pada bermacam acara kebudayaan. Tiap-tiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menerapkan pakaian adat.

Baju Adat Kota Kediri ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, seluruh perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Kota Kediri juga sering kali diaplikasikan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan memasang pakaian adat dengan bermacam-macam dekorasinya.

Malah pada sebagian daerah, pasangan itu akan memakai penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang memasang hiasan kepala dengan berat hingga 2,5 kg.Hiasan kepala itu malah penuh ukiran yang indah.

4. Penanda Usia atau Status Sosial

Sampai kini di beberapa daerah baju adat mempunyai berbagai fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tidak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, ialah sebagian baju adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan anggota kesultanan saja.

5 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Kota Kediri

01.Bacalah teks berikut dengan saksama.Rumah adat biasanya dipakai untuk acara-acara

Pertanyaan: 01.Bacalah teks berikut dengan saksama
.Rumah adat biasanya dipakai untuk acara-acara adat atau untuk tempat musyawarah adat. Rumah adat di
Indoensia terdiri atas beragam bentuk dan jenis. Rumah adat yang saat ini masih berdiri kokoh sengaja dipertahankan dan dilestarikan sebagai simbol budaya Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang tersebut.
Dalam teks laporan hasil observasi, kutipan teks di atas termasuk ke dalam …
a. pernyataan ulang
b. deskripsi manfaat
c. deskripsi bagian
d. deskripsi kebudayaan
e. penegasan umum
02. Perhatikan kutipan teks laporan hasil
observasi berikut!
1) Selama lima tahun terakhir, Pak Haidar berprofesi sebagai loper koran.
2) Pak Haidar biasanya berjualan di perempatan lampu merah dan menjajakan korannya dari warung makan ke warung makan.
3) Dalam sehari, dia bisa menghabiskan jatah 50 eksemplar. 4) Pak Haidar bercita-cita untuk membuka kios koran sendiri jika tabungannya sudah cukup terkumpul.
Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat nomor 1), 2), 3), dan 4) termasuk ke dalam contoh kalimat …

a. simpleks, kompleks, simpleks, kompleks
b. simpleks, kompleks, kompleks, kompleks
c. kompleks, kompleks, simpleks, kompleks
d. simpleks, simpleks, simpleks, kompleks
e. kompleks, kompleks, kompleks. Kompleks
03. Bacalah teks berikut!
1) Sebagai tempat hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. 2) Kelebihan-kelebihan laut, antara lain, suhu yang jarang berubah-ubah, dukungan yang lebih banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. 3) Dengan air yang cukup tersedia, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung masuk sistem tubuh. 4) Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.
Untuk menulis teks di atas, observasi harus dilakukan terhadap …
a. Kondisi umum laut dan darat
b. keadaan permukaan bumi
c. makhluk hidup di bumi
d. ketersediaan air dalam sistem tubuh
e. perubahan suhu di laut dan darat
04. Perhatikan kalimat berikut!
Topik : Pantai Natsepa
1). Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh
kilometer dari pusat kota.
2) Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya
seratus meter dari jalan utama
3) Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat
yang telah dilengkapi fasilitas penginapan

4) Di beberapa tempat yang agak condong ke
laut mengalami kerusakan
5) Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing
6) Bahkan, biasanya pengunjung sampai ke
Pantai Liang
Kalimat laporan yang sesuai dengan topik di atas adalah …
a. 1), 2), 3), dan 5) d. 2), 3), 5), dan 6)
b. 1), 2), 3), dan 4) e. 3), 4), 5), dan 6)
c. 1), 3), 5), dan 6)
05. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut!
“Enam puluh ribu kemahalan, Bang.
Empat puluh lima ribu saja ya? Saya beli dua baju, Bang.”
Dalam negosiasi jual beli, kalimat diatas termasuk ke dalam struktur …
a. permintaan d. pembelian
b. penawaran e. persetujuan
c. pemenuhan
06. Perhatikan kutipan dialog berikut!
Pramuniaga : “Sebentar, Kak, saya cek
dahulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis microSD 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.”
Calon Pembeli :”Wah, itu kemahalan,
Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya …”
Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah …
a. mengucapkan salam-membalas salam
b. bertanya – menjawab/tidak menjawab
c. meminta tolong – memenuhi/menolak
permintaan
d. menawarkan – menerima/menolak tawaran
e. mengusulkan – menerima/menolak usulan
07. Di dalam teks negosiasi, bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mau memenuhi permintaan kita adalah …
a. imperatif d. persuasif
b. interogatif e. deklaratif
c. informatif
08. Bacalah kutipan berikut!
“Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.”
Kalimat tersebut dalam negosiasi disebut …
a. interogatif d. deklaratif
b. eksklamatif e. imperatif
c. persuasif
09. Cincanglah garlic yang telah dibersihkan tadi. Masukkan cincangan tersebut ke dalam frying pan untuk ditumis. Tumislah bahan-bahan lain dengan cincangan garlic tersebut sampai menimbulkan aroma yang wangi.
Penilaian yang tepat terhadap teks prosedur di atas adalah …
a. teks di atas memuat struktur teks yang
lengkap
b. teks di atas banyak menggunakan bahasa
asing yang tidak ditulis sesuai ejaan
c. teks tersebut tidak memenuhi kalimat efektif
sehingga membingungkan pembaca
d. teks di atas sudah memenuhi aspek
kebahasaan
e. teks di atas banyak menggunakan kata
imperatif
10. Bacalah cuplikan di bawah ini!
1) Saat Anda bermaksud mencari peluang kerja, mulailah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. 2) Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio. 3) Kedua jenis media itulah yang kini menjadi corong utama bagi banyak perusahaan dalam merekrut karyawan baru.
Contoh kata kerja imperatif dalam teks di atas adalah
a. itulah d. mulailah
b. merekrut e. sebanyak-banyaknya
c. bermaksud

Teks laporan hasil observasi adalah salah satu jenis teks yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai hasil pengamatan terhadap suatu objek tertentu. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Dalam teks laporan hasil observasi, kutipan teks di atas termasuk ke dalam pernyataan ulang (A).
  2. Berdasarkan kompleksitasnya, kalimat nomor 1), 2), 3), dan 4) termasuk ke dalam contoh kalimat kompleks, kompleks, simpleks, kompleks (C).
  3. Untuk menulis teks di atas, observasi harus dilakukan terhadap keadaan permukaan bumi (B).
  4. Kalimat laporan yang sesuai dengan topik di atas adalah 1), 2), 3), dan 5 (A).
  5. Dalam negosiasi jual beli, kalimat diatas termasuk ke dalam struktur permintaan (A).
  6. Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah mengucapkan salam-membalas salam (A).
  7. Di dalam teks negosiasi, bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mau memenuhi permintaan kita adalah persuasif (D).
  8. Kalimat tersebut dalam negosiasi disebut deklaratif (D).
  9. Penilaian yang tepat terhadap teks prosedur di atas adalah teks di atas memuat struktur teks yang lengkap (A).
  10. Contoh kata kerja imperatif dalam teks di atas adalah merekrut (B).

Pembahasan:

Salah satu jenis teks yang kita ketahui yaitu teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi adalah salah satu jenis teks yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai hasil pengamatan terhadap suatu objek tertentu. Teks tersebut disusun setelah melakukan suatu penelitian.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang struktur teks laporan hasil observasi brainly.co.id/tugas/503953
  • Materi tentang pengertian gagasan pokok dan gagasan pendukung brainly.co.id/tugas/30713857
  • Materi tentang pengertian kalimat utama brainly.co.id/tugas/6231020

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Menyunting Berbagai Jenis Teks

Kode: 9.1.1

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

1. Perhatikan pantun berikut Mencangkul tanah agar gembur,mengcangkul hingga dekat

Pertanyaan:
1. Perhatikan pantun berikut Mencangkul tanah agar gembur,mengcangkul hingga dekat pagar. Banyak-banyaklah makan sayur,agar badan sehat dan segar. Isi pantun tersebut adalah ajakan untuk … *
5 poin
A. membuat pagar
B.menjaga tubuh
C. makan sayur
D. mencangkul
2. Perhatikan pantun berikut. Kumpul-kumpul mkan mangga ,mangga manalagi terasa legit. Jikalau rajin berolahraga,badan sehat jauh dari penyakit. Rima pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. a-b-a-b
B.b-a-b-a
C.a-b-a-a
D.a-a-a-a
3.Pantun yang berisi nasihat untuk beribadah disebut …. *
5 poin
A. adat
B.agama
C.nasihat
D. anak-anak
4. Perhatikan pantun berikut. Kalau kita pergi ke pasar,jangan lupa membeli cabai.Kalau kita rajin belajar,cita-cita pasti tercapai. Pantun tersebut termasuk jenis pantun … *
5 poin
A. agama
B.sukacita
C.nasihat
D,perkenalan
5. Perhatikan pantun berikut. Kain tradisional tenun ikat,dijahit menjadi sarung dan baju. Rukunlah dalam bermusyawarah,jika ingin hidup senang dan maju. Pantun tersebut termasuk jenis pantun… *
5 poin
A. kepahlawanan
B.agama
C.anak-anak
D. nasihat
6. Pahami pantun berikut . Hati-hatilah menyeberang,jangan sampai titian patah. Hati-hatilah dirantau orang,jangan sampai berbuat salah. Amanat yang terkandung dalam pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. Jangan melakukan kesalahan saat berada di negeri orang
B. Sikap berhati-hati diperlukan saat kita bepergian ke luar kota
C.Jika berhati-hati bertindak,kita akan selamat di negeri orang
D. Hasil bekerja di negeri orang akan dirasakan pada masa depan
7. Tanda intonasi dapat digunakan untuk mempermudah …. *
5 poin
A. pembuatan pantun
B.penggambaran isi pantun
C.pembacaan pantun
D.Penyimakan pantun
8. Bacalah pantun jenaka berikut . Pagi-pagi pergi ke pantai,udara pantai sehat untuk paru-paru. Tak terasa air mata geli berurai,melihat entok jalan terburu-buru. Pantun tersebut disebut pantun jenaka karena berisi …. *
5 poin
A. kisah perjalanan
B.lelucon
C.nasihat
D.pesan
Pantun untuk soal 9-10 Lirih terdengar lagu”Bintang Kecil”,ternyata dinyanyikan si Wahab.Meskipun kamu masih kecil,belajarlah rasa tanggung jawab. 9. Pantun tersebut termasuk jenis pantun … *
5 poin
A. jenaka
B. nasihat
C.teka-teki
D. kiasan
10. Makna pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. mengajak bernyanyi “Bintang Kecil”
B.meminta Wahab bertanggung jawab
C.menyuruh belajar tanggung jawab
D. mengajak Wahab bernyanyi
Pantun untuk soal 11-12 Banyak tanaman bunga di kebunku (1) daunnya layu sungguh ku tak tega (2) Kujaga organ peredaran darahku, (3) dengan rajin berolahraga (4) 11. Bagian isi ditunjukkan oleh angka …. *
5 poin
A. 1 dan 2
B.1 dan 3
C.2 dan 4
D. 3 dan 4
12. Tema pantun tersebut adalah rajin … *
5 poin
A.bertanam
B.berlari
C.berolahrga
D. berkebun
Pantun untuk soal 13-14 Tinggi kukuh berdiri gagah,rimbun nian si pohon jati. Lebih baik kita mencegah,daripada kita mengobati. 13. Sajak akhir pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. /ah/-,/i/-/ah/-/i/
B./ah/-/ti/-/ah/-/ti/
C./gah/-/ti/-/gah/-/ti/
D./gah/–/gah/-/ti/-/ti/
14. Isi pantun tersebut adalah ajakan untuk …. *
5 poin
A. menanam pohon jati
B.merawat pohon jati di kebun
C.mengobati luka diri sendiri
D.mencegah timbulnya penyakit
Pantun untuk soal 15-16 Tanaman mawar punya duri.,letaknya dekat pohon ara. Kita harus jaga diri,saat lakukan wawancara. 15. Sajak akhir pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. /i/-/a/-/i/-/a/
B./ri/-/a/-/ri/-/a/
C./ri/-/ra/-/ri/-/ra/
D./uri/-/ra/-/iri/-/ra/
16. Isi pantun tersebut adalah … *
5 poin
A. imbauan untuk berwawancara dengan ahlinya
B.imbauan untuk sopan saat lakukan wawancara
C.imbauan untuk menjaga keselamatan diri sendiri
D. imbauan untuk mencegah narasumber marah
Pantun untuk soal 17-18. Pergi ke pasar bersama mama,beli satu kilo avokad. Mari kita runding bersama,untuk capai kata mufakat. 17. Sajak akhir pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. /a/-/d/-/a/-/t/
B./a/-/ad/-/a/-/at/
C./ma/-/kad/-/ma/-/kat/
D./ama/-/kad/-/ama/-/kat/
18. Isi pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. ajakan musyawarah bersama dengan keluarga
B.ajakan untuk bersikap sopan saat berunding
C.ajakan berunding untuk mencapai mufakat
D.ajakan untuk mencapai mufakat sedini mungkin
Pantun untuk soal untuk 19 dan 20 Buat tapai pakai ragi,daun pisangnya dihinggapi lalat. Jika kita olahraga tiap pagi,tubuh kita semakin sehat. 19. Jumlah suku kata bagian isi adalah …. *
5 poin
a. 8 dan 11 suku kata
B.9 dan 12 suku kata
C. 12 dan 9 suku kata
D. 12 dan 11 suku kata
20. Pesan dalam pantun tersebut adalah …. *
5 poin
A. ajakan untuk olahraga setiap hari
B.ajakan untuk konsumsi menu sehat
C. ajakan untuk konsumsi tapai ragi
D. ajakan untuk memetik daun pisang

mksh untuk 50 poin​

Jawaban:

1. C

2. A

3. C

4. C

5. D

6. C

7. D

8. B

9. B

10. C

11. D

12. C

13. B

14. D

15. A

16. B

17. A

18. C

19. C

20. A

Penjelasan:

Semoga membantu:)

dalaman Materi Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Menyaksikan Karnaval

Pertanyaan: dalaman Materi Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1 Menyaksikan Karnaval Budaya Hari ini Ayah mengajak Adit menyaksikan karnaval budaya di dekat alun-alun kota. Karnaval budaya diseleng- garakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Karnaval ini bertema “Indahnya Keragaman Budaya Indonesia”. Karnaval akan menampilkan parade budaya dan iring-iringan mobil hias dari 34 provinsi di Indonesia. Ratusan peserta dan puluhan mobil hias berpartisipasi dalam acara ini. Peserta berasal dari berbagai kalangan, seperti pelajar, anggota komunitas, seniman, dan masyarakat umum. Peserta karnaval akan berjalan di sepanjang jalan kota. Adit dan Ayah bergabung bersama masyarakat lain untuk menyaksikan karnaval. Mereka berdiri dengan rapi di pinggir jalan. Adit segera mengeluarkan kamera milik Ayah. Ia mulai memotret parade budaya. Setiap rombongan peserta mewakili satu daerah di Indonesia. Mereka menampilkan budaya berupa pakaian adat, tari tradisional, dan kesenian daerah tersebut. Rombongan yang berjalan paling depan adalah perwakilan dari Provinsi Aceh. Di barisan pertama ada dua pasangan yang mengenakan pakaian adat Aceh. Peserta laki-laki mengenakan baju yang bernama linto baro, sedangkan untuk wanita bernama daro baro. Barisan selanjutnya 7 Indahnya Kebersamaan 4 – 1/PN​

Jawaban:

ayah bergabung bersama masyarakat sepanjang jalan kota

1. Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan sensus penduduk 2020 dengan

Pertanyaan: 1. Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan sensus penduduk 2020 dengan metode kombinasi. Metode ini berbeda dengan metode yang digunakan pada sensus penduduk sebelumnya. BPS menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus dan dilengkapi sampel survei. Makna kata sensus pada paragraf tersebut adalah …. *

1 poin

B. Pengelompokan penduduk dalam jangka waktu tertentu.

A. Pelaporan jumlah penduduk pada suatu wilayah.

D. Penghitungan jumlah penduduk dalam jangka waktu tertentu.

C. Pendataan kemampuan masyarakat pada suatu wilayah.

2. Baju itu terlalu sempit sehingga tidak nyaman dipakai. Antonim kata sempit pada kalimat tersebut adalah … . *

1 poin

A. luas

B. besar

C. longgar

D. lapang

3. Ada beberapa cara untuk menangani penderita diare. Penderita diare diberi banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Penderita diare diberi makanan rendah serat untuk memadatkan tinja. Penderita diare diberi suplemen prebiotik seperti yoghurt untuk melawan infeksi. Penderita diare diberi air rebusan daun jambu biji untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Mengapa penderita diare diberi banyak cairan? Penderita diare harus diberi banyak cairan karena …. *

1 poin

A. melawan infeksi

B. memadatkan tinja

C. mencegah dehidrasi

D. menghambat pertumbuhan bakteri

4. Daun pepaya dapat dijadikan lalapan atau pelunak daging. Bunganya dapat dimasak sebagai sayur. Buah pepaya dimakan dagingnya. Itulah beberapa manfaat pohon pepaya. Kalimat utama paragraf tersebut adalah … *

1 poin

A. Daun pepaya dapat dijadikan lalapan atau pelunak daging.

B. Bunganya dapat dimasak sebagai sayur.

C. Buah pepaya dimakan dagingnya.

D. Itulah beberapa manfaat pohon pepaya.

5. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Yogyakarta memiliki beberapa keistimewaan. Raja yang bertakhta di Keraton Yogyakarta otomatis menjabat sebagai Gubernur DIY. Seni dan budaya menyatu dengan setiap denyut kehidupan masyarakat Yogyakarta. Selain itu, Yogyakarta dikenal sebagai kota pendidikan dan wisata. Ide pokok paragraf tersebut adalah …. *

1 poin

A. julukan Kota Yogyakarta

B. kehidupan di Yogyakarta

C. keistimewaan DIY

D. Gubernur DIY

6. Madu lebah memiliki berbagai manfaat. Madu lebah mempercepat penyembuhan luka. Madu lebah dapat menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, melindungi fungsi hati. Ringkasan paragraf tersebut adalah … *

1 poin

A. Madu lebah bernilai tinggi serta dapat melindungi fungsi hati serta penyembuhan luka.

B. Madu lebah lebih ampuh untuk menurunkan kolesterol serta menurunkan kolesterol jahat.

C. Madu lebah bermanfaat untuk penyembuhan luka, menurunkan kolesterol, dan melindungi fungsi hati.

D. Madu lebah hanya ampuh untuk mempercepat penyembuhan dan menurunkan kolesterol jahat.

7. Presiden Joko Widodo mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero di Magelang. Beliau menanam pohon pulai sebagai salah satu upaya menjaga ekosistem. Presiden juga meninjau kebun bibit yang dibangun Kementerian Lingkungan Hidup dan warga setempat. Kebun bibit ini bertujuan untuk rehabilitasi hutan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah …. *

1 poin

A. Presiden meninjau kebun bibit hasil budidaya masyarakat Lereng Merapi.

B. Penanaman pohon pulai menjadi satu-satunya cara menjaga ekosistem.

C. Pendapatan masyarakat diharapkan meningkat dengan adanya kebun bibit.

D. Warga masyarakat Magelang menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

8. Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). Pendirian partai ini bertujuan Indonesia segera merdeka. Namun, pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin. Beliau dipenjara sampai tanggal 31 Desember 1931. Jenis paragraf tersebut adalah … *

1 poin

A. narasi

B. deskripsi

C. persuasi

D. argumentasi

9. Formalin merupakan bahan pengawet dan pembunuh kuman yang sering ditemukan pada makanan. Padahal formalin bukan bahan tambahan makanan yang aman bagi organ tubuh manusia. Namun, zat antijamur yang terdapat dalam formalin sering disalahgunakan untuk mengawetkan makanan. Larutan kimia yang berbahaya ini sering terkandung di dalam bakso, tahu, ikan asin, dan mi basah. Prediksi yang terjadi jika manusia mengonsumsi makanan yang mengandung formalin adalah… *

1 poin

A. Jamur yang terdapat di dalam tubuh manusia akan awet.

B. Makanan yang telah dikonsumsi bebas dari jamur.

C. Tubuh manusia akan bebas dari kuman.

D. Kesehatan manusia akan terganggu.

10. Andi berasumsi bahwa Nadin telah membocorkan rahasianya kepada Ikhsan.Sinonim dari kata asumsi dalam kalimat tersebut adalah . . . . *

1 poin

A. tindakan

B. anggapan

C. pendapat

D. prasangka​

Jawaban:

1.C

2.C

3.C

4.D

5.C

6.C

7.A

8.A

9.D

10.D

Penjelasan:

maaf kalok kurang tepat:)

Menyaksikan Karnaval Budaya Hari ini Ayah mengajak Adit menyaksikan karnaval

Pertanyaan: Menyaksikan Karnaval Budaya Hari ini Ayah mengajak Adit menyaksikan karnaval budaya di dekat alun-alun kota. Karnaval budaya diseleng- garakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Karnaval ini bertema “Indahnya Keragaman Budaya Indonesia”. Karnaval akan menampilkan parade budaya dan iring-iringan mobil hias dari 34 provinsi di Indonesia. Ratusan peserta dan puluhan mobil hias berpartisipasi dalam acara ini. Peserta berasal dari berbagai kalangan, seperti pelajar, anggota komunitas, seniman, dan masyarakat umum. Peserta karnaval akan berjalan di sepanjang jalan kota. Adit dan Ayah bergabung bersama masyarakat lain untuk menyaksikan karnaval. Mereka berdiri dengan rapi di pinggir jalan. Adit segera mengeluarkan kamera milik Ayah. la mulai memotret parade budaya. Setiap rombongan peserta mewakili satu daerah di Indonesia. Mereka menampilkan budaya berupa pakaian adat, tari tradisional, dan kesenian daerah tersebut. Rombongan yang berjalan paling depan adalah perwakilan dari Provinsi Aceh. Di barisan pertama ada dua pasangan yang mengenakan pakaian adat Aceh. Peserta laki-laki mengenakan baju yang bernama linto baro, sedangkan untuk wanita bernama daro baro. Barisan selanjutnya 7 Indahnya Kebersamaan 4 – 1/PN​

Jawaban:

pertanyaan / soalnya mana kak

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Kota Kediri, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti 1. Badan Pusat, dalaman Materi Bahasa, 1. Perhatikan pantun, Menyaksikan Karnaval Budaya, dan 01.Bacalah teks berikut.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …