liburan, kota wisata, pemandian pariban, telaga warna, gembiraloka, pantai legian, hutan mangrove pik

Baju Adat Konawe Selatan

Baju Adat Konawe Selatan – Daftar baju adat lengkap Indonesia mempunyai sebanyak tiga puluh empat pakaian adat. Jumlah ini cocok dengan jumlah provinsi Indonesia sebanyak 34. Dari puluhan jumlah provinsi hal yang demikian tentunya tiap-tiap daearh terdiri dari banyak suku yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang tentu berbeda dengan tempat lainnya.

Mengutip buku tentang Baju Adat Konawe Selatan karya Abdurachman, dkk (1995), pakaian adat tradisional tempat ialah salah satu elemen kebudayaan daerah. Unsur kebudayaan hal yang demikian mempunyai fungsi yang sesuai dengan pesan-pesan nilai budaya yang ada di dalamnya. Kecuali itu, terkait secara segera dengan aspek-aspek lain seperti aspek sosial, aspek ekonomi, aspek keamanan, sampai aspek politik.

Apa yang Dimaksud dengan Pakaian Adat?

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di sebagian tempat seperti Baju Adat Konawe Selatan masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud dengan pakaian adat setiap tempat di Indonesi?. Tiap wilayah di Indonesia mempunyai adat-istiadat yang berbeda-beda tergantung dengan perilaku dari adat istiadat sehari-hari masyarakatnya.

Baju Adat Konawe Selatan, kebudayaan banten

Indonesia terdiri dari keberagaman adat istiadat dan adat-istiadatnya di beberapa daerah (Baju Adat Konawe Selatan) masih dipertahankan secara turun temurun. Berbeda adat-istiadat, berbeda juga perilaku serta pakaian adatnya.

Apa yang dimaksud baju adat yaitu baju dibuat sebagai simbol untuk mengekspresikan label dari suatu klasifikasi masyarakat tertentu. Ini juga merupakan pakaian khas yang menjadi pembeda antardaerah.

Apa yang Dimaksud dengan Baju Adat Konawe Selatan?

Bukan hanya di Indonesia, tiap negara di segala dunia juga mempunyai Baju Adat Konawe Selatan masing-masing mewakili klasifikasi masyarakat mereka. Karena baju adat yaitu baju yang diciptakan dengan ciri dan karakteristik khas dari masyarakat daerah tertentu.

Setiap Baju Adat Konawe Selatan umumnya terdiri dari beberapa bagian lengkap dari kepala sampai kaki. Berikut ini ialah komponen bagian lazimnya ada pada baju adatnya.

1. Atasan

Atasan merupakan komponen inti yang selalu ada, pembuatannya pantas sama kebudayaan ada pada masyarakat. Seperti umpamanya baju seba panjang, baju kurung, kebaya atau juga jas. Lazimnya atasan ini juga dihiasi sama motif pantas dengan khas daerahnya.

2. Bawahan

Bawahan yaitu pasangan dari atasan yang juga ialah komponen penting. Modelnya juga bisa bervariasi, misalnya ada busana pria menggunakan celana panjang lalu dibalut dengan kain songket.

3. Tutup kepala

Bagian berikutnya adalah penutup kepala, contohnya mahkota, ikat kepala, blangkon, udheng, songkok dan lainnya. Antara pria dan wanita pastinya memiliki perbedaan.

4. Kain Selempang

Aksesoris atau komplemen berikutnya yakni kain selempang, kain ini berupa seledang yang panjang biasanya diletakan pada sisi bahu baik pria atau wanita. Bahan kain itu biasanya terbuat dari batik, ulos, songket dan lainnya.

5. Ikat Pinggang

Tiap tempat mempunyai khasnya masing-masing, formatnya juga dapat berbeda-beda. Namun tujuan adanya ikat pinggang biasanya sebagai barier bawahan. Ada berbahan kulit binatang, kain songket hingga logam mulia seperti emas.

6. Perhiasan dan Alas kaki

Perhiasan biasanya dijumpai pada baju khas wanita adalah gelang, kaling, cincin dan juga anting. Padahal alas kaki menjadi komponen pelengkap bagian bawah, modelnya beragam disesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Contoh Baju Adat Konawe Selatan

info pakaian adat suku kei maluku tenggara 302 x 633 · jpeg info pakaian adat suku kei maluku tenggara from bajukutunik.blogspot.com
keunikan pakaian adat sulawesi selatan baju adat tradisional 527 x 397 · jpeg keunikan pakaian adat sulawesi selatan baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com

nama pakaian adat sulawesi utara baju adat tradisional 200 x 200 · jpeg nama pakaian adat sulawesi utara baju adat tradisional from bajuadatradisional.blogspot.com
hut kemerdekaan pakaian adat buton dikirim istana presiden rubrik sultra 318 x 420 · jpeg hut kemerdekaan pakaian adat buton dikirim istana presiden rubrik sultra from rubriksultra.com

trend terbaru baju adat suku tolaki smart mommy 350 x 244 · jpeg trend terbaru baju adat suku tolaki smart mommy from iamasmartmommy.blogspot.com
mahar tanah sapi kerbau putra bupati konawe lamar putri bupati jeneponto lintas sultra 768 x 433 · jpeg mahar tanah sapi kerbau putra bupati konawe lamar putri bupati jeneponto lintas sultra from lintassultra.com

pakaian adat maluku utara ciri khas jenis jenisnya bataswaktucom 203 x 300 · jpeg pakaian adat maluku utara ciri khas jenis jenisnya bataswaktucom from bataswaktu.com
lets sing indonesia raya 375 x 247 · jpeg lets sing indonesia raya from julianarome.blogspot.com

pakaian adat sulawesi utara budaya indonesia 569 x 427 · jpeg pakaian adat sulawesi utara budaya indonesia from budaya-indonesia.org
sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa 1080 x 567 · jpeg sewa baju pengantin adat sewa baju bodo dewasa sd jumbo size sewa baju aceh pakaian sewa from pengantinnusantaradotcom.blogspot.com

pakaian adat maluku blog srjambi 236 x 354 · jpeg pakaian adat maluku blog srjambi from blog.sr28jambinews.com
festival tenun atraksi budaya daerah sulawesi tenggara vlixid 1265 x 711 · jpeg festival tenun atraksi budaya daerah sulawesi tenggara vlixid from www.vlix.id

upacara hardiknas baubau kental nuansa budaya rubrik sultra 1068 x 481 · jpeg upacara hardiknas baubau kental nuansa budaya rubrik sultra from rubriksultra.com
kebudayaan banten 300 x 300 · jpeg kebudayaan banten from dolanankuy.blogspot.com

gallery busana nusantara jagad dewa dewi 400 x 370 · jpeg gallery busana nusantara jagad dewa dewi from butikjdd.wordpress.com
parlemenid platform berita parlemen indonesia 640 x 358 · jpeg parlemenid platform berita parlemen indonesia from parlemen.id

Menjaga kelestarian adat-istiadat suatu tempat adalah tanggung jawab semua masyarakat. Salah satu wujud melestarikannya adalah memahami apa yang dimaksud dengan baju adat serta bagian.

Fungsi Pakaian Adat

Salah satu fungsi pakaian adat ialah untuk memeringati perayaan hari besar. Baju adat akan dikenakan dalam setiap perayaan hari besar. Nah, baju adat juga menunjukkan atau memutuskan peran seseorang dalam perayaan hari besar di tiap-tiap tempat, Kids. Baju adat memiliki fungsi sebagai tanda status sosial.

1. Jati diri Tiap-tiap Tempat

Baju adat yang berbeda-beda ini yaitu suatu ciri tiap daerah. Sahabat-sahabat bisa mengenali kebudayaan suatu tempat melewati Baju Adat Konawe Selatan yang dikenakan.

Seperti pakaian dengan motif batik dan kebaya menjadi ciri khas dan jati diri masyarakat Jawa. Meskipun kain ulos yang disampirkan atau disarungkan menjadi label masyarakat Batak.

2. Perayaan Hari Besar

Kecuali sebagai label tiap-tiap tempat, pakaian adat ini juga banyak diterapkan pada berjenis-jenis acara kebudayaan. Setiap perayaan hari besar di setiap daerah akan menggunakan pakaian adat.

Baju Adat Konawe Selatan ini juga akan memastikan posisi atau peran seseorang dalam sebuah acara atau perayaan hari besar. Seperti dikala perayaan hari besar di Bali, segala perempuan akan memakai kebaya dengan selendang di pinggang.

3. Pernikahan

Baju Adat Konawe Selatan juga tak jarang diterapkan dalam perayaan acara pernikahan. Pada acara besar itu, pengantin laki-laki dan perempuan akan menggunakan baju adat dengan beraneka dekorasinya.

Malah pada beberapa tempat, pasangan itu akan memasang penutup kepala yang khas dan unik. Seperi penganti perempuan suku Bugis yang menggunakan hiasan kepala dengan berat sekitar 2,5 kg.Hiasan kepala itu pun penuh ukiran yang menawan.

4. Penanda Umur atau Status Sosial

Hingga kini di sebagian daerah pakaian adat mempunyai bermacam-macam fungsi untuk menandai usia atau status sosial. Seperti di Bali, ada beberapa pakaian adat yang tak boleh dikenakan oleh perempuan atau laki-laki yang belum menikah. Atau di Yogyakarta, yakni beberapa pakaian adat yang hanya boleh dikenakan oleh sultan dan member kesultanan saja.

10 Pertanyaan dan Jawaban tentang Baju Adat Konawe Selatan

Peninggalan kerajaan konawe

Pertanyaan: Peninggalan kerajaan konawe

1. Bendera Tombino Konawe
2.Makam Raja Lakidende

konawe selatan menduduki peringkat keberapa se provinsi?​

Pertanyaan: konawe selatan menduduki peringkat keberapa se provinsi?​

Kabupaten Konawe adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Unaaha. Dulu kabupaten ini bernama Kabupaten Kendari. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 16.480 km² dan berpenduduk sebanyak 443.911 (2000). Kabupaten Konawe dikenal sebagai lumbung beras di provinsi Sulawesi Tenggara. Separuh produksi beras provinsi tersebut berasal dari Kabupaten Konawe.

Kabupaten Konawe Selatan adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Andoolo. Kabupaten ini berasal dari hasil pemekaran Kabupaten Kendari yang disahkan dengan UU Nomor 4 tahun 2003, tanggal 25 Februari 2003.

semoga membantu^^

Suku Konawe mendiami pulau

Pertanyaan: Suku Konawe mendiami pulau

JAWABAN:SULAWESI TENGGARA

MAP KL SLH:))

Sulawesi. maaf kalau salah

Nama bahasa daerah ,rumah adat,tarian daerah di kabupaten konawe

Pertanyaan: Nama bahasa daerah ,rumah adat,tarian daerah di kabupaten konawe

Bahasa daerah : Bahasa Tolaki

Rumah adat : Rumah Laika

Tarian daerah : Tari Malulo/Lulo

tarian yang digunakan di Konawe Kepulauan adalah​

Pertanyaan: tarian yang digunakan di Konawe Kepulauan adalah​

Jawaban:

tarian kontau

maaf kalau salah

Jelaskan tentang kerajaan konawe

Pertanyaan: Jelaskan tentang kerajaan konawe

Dari beberapa sumber informan maupun penulis sejarah lokal Sulawesi Tenggara (H. Surabaya, Prof. Eddy Mokodompit, Johan Mekuo, Muslimin Suud, B. Burhanuddin) mengemukakan bahwa wekoila adalah Raja I di Kerajaan Konawe. Saya menggaris bawahi pendapat tersebut mengapa Wekoila yang disepakati menjadi Raja I di Kerajaan Konawe, di jelaskan sebagai berikut :

Sebelum Wekoila menjadi mokole More I di Konawe, raja-raja yang pernah memerintah belum memiliki konsep (system) pemerintah yang teratur.

Raja-raja memerintah secara otokrasi, belum menggunakan aparat pembantu raja sehingga roda pemerintahan tidak berjalan dengan baik.

Raja-raja belum memahami apa yang harus dikerjakan, kepada siapa seharusnya bertanggung jawab, seakan-akan terjadi suatu kevakuman dalam pemerintahan ( R.Tamburaka, 1998 : 5)

Kehadiran Raja Wekoila memegang tumpuk pimpinan Kerajaan Konawe (± 948 – 968) dianggap sebagai Mokole I Kerajaan Konawe berkedudukan di Unaaha, sekaligus pertanda awal terbentuknya system pemerintahan yang mulai teratur dengan baik.

Sebagai buktinya dapat dijelaskan sebagai berikut :

Raja Wekoila telah menunjuk seorang WATI atau pembantu Raja dan pejabat-pejabat yang di gelar TONOMOTUO atau Pemimpin Masyarakat masing-masing, dibantu oleh pejabat-pejabat adat yang disebut TOLEA-PABITARA (Urusan Perapua= Perkawinan), POSUDA (Urusan Perbekalan/Logistik), OTADU (Urusan Pertahanan/Keamanan) dan TAMALAKI (Urusan Pertempuran/Peperanagan= Panglima Perang).

Pada masa pemerintah Wekoila, masyarakat Konawe diklasifikasikan dalam tiga tingkatan-stratifikasi social yaitu : (a) golongan tingkat atas disebut ANAKIA (Bangsawan), (b) golongan tingkat menengah disebut TOONONGGAPA (orang kebanyakan), (c) golongan tingkat bawah disebut OATA (Budak). (Monografi Sultra 1982 : 118)

Raja Wekoila memerintah disertai seperangkat-brenda (regalis) artinya untuk mengatur tata hidup masyarakat yang dikenal dengan adat KALO-SARA. Dalam pandangan falsafah masyarakat Tolaki di Konawe terhadap Kalo-Sara, dapat disimpulkan suatu Motto-filosofis dalam bahasa puitis Tolaki, berbunyi : “ INAE KONASARA IETO PINESARA, INAE LIASARA IETO PINEKASARA “ artinya; Barang siapa mentaati/menjujunjung tinggi hukum (Adat) akan diperlakukan dengan baik/adil, barang siapa melanggar hukum akan diberi ganjaran atau hukuman.

Nama pendiri kerajaan konawe

Pertanyaan: Nama pendiri kerajaan konawe

Jawaban:

didirikan oleh Suku Tolaki, Pendirinya ialah Larumbalangi.

Terima kasih

Jawaban:

kerajaan konawe merupakan kerajaan yang didirikan oleh suku tolaki. pendirinya ialah larumbalangi

Peninggalan kerajaan konawe

Pertanyaan: Peninggalan kerajaan konawe

Alquran besar dan benda-benda pusaka

SIAPA BUPATI PERTAMA KABUPATEN KONAWE ​

Pertanyaan: SIAPA BUPATI PERTAMA KABUPATEN KONAWE ​

Jawaban:

Abdullah Silondae

Masa jabatan 5 tahun

Penjelasan:

Jangan lupa beri bintang lima yaa..

YouTube, Instagram @Chennykelanik

Jawaban:

Drs. Abdullah silondae.

Alasan kemunduran kerajaan konawe

Pertanyaan: Alasan kemunduran kerajaan konawe

• Kerajaan Aceh mengalami kekalahan dalam perperangan melawan Portugis di Malaka
• Tidak ada tokoh yang cakap untuk menggantikan Sultan Iskandar Muda
• Daerah-daerah takhlukan banyak yang melepaskan diri, seperti Johor, Perlak, Minangkabau, dan Siak

Tidak cuma jawaban dari soal mengenai Baju Adat Konawe Selatan, kamu juga bisa mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti Nama pendiri kerajaan, tarian yang digunakan, Suku Konawe mendiami, Peninggalan kerajaan konawe, dan SIAPA BUPATI PERTAMA.

Check Also

Baju Adat Kota Ternate

Baju Adat Kota Ternate – Daftar baju adat komplit Indonesia mempunyai sebanyak 34 pakaian adat. …